Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 17, 2024, 10:14:51 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 44
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Gaya efektif

Dimulai oleh mr_FBS, Januari 12, 2010, 01:24:03 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

mr_FBS

kk, mau tanya soal fisika nih

Dua buah lampu bertuliskan 40W ~ 60V dipasang secara seri,kemudian dihubungkan dengan sumber listrik 60V yang hanya mampu memasok arus listrik 0,5Ampere. Besar gaya efektif lampu tersebut adalah....

a. 20 W
b. 22,5 W
c. 25 W
d. 30 W
e. 40 W

caranya gimana ya kk?
thx ya..  ;)

setiawanfisika

kok GAYA..???? satuannyapun Watt....

apakah bukan DAYA..?????

masih Q kerjain dulu yach.... rada2 lupa ama materi ini... lama gak buka....
Ntar Q posting hasilnya...

mr_FBS

Kutip dari: setiawanfisika pada Februari 20, 2010, 03:27:46 PM
kok GAYA..???? satuannyapun Watt....

apakah bukan DAYA..?????

masih Q kerjain dulu yach.... rada2 lupa ama materi ini... lama gak buka....
Ntar Q posting hasilnya...

oh iya kk,lupa..hehe...itu uda ketemu belom kk cara kerjainnya gimana? yang aku bingung itu tuh kok ada 0,5 Amperenya ya? nah itu kira2 buat apa ya?
atau ga guna?

mohon pencerahannya ^^

ngajakmikir

kalau yang ditanya adalah daya, ya tinggal kalikan saja tegangan dengan arusnya
60 x 0.5 = 30
jadi meskipun lampu tersebut punya daya 40 W tapi daya yang diterimanya cuma 30 W
Aku adalah sesuatu yang tersembunyi. Aku berkehendak untuk dikenal, maka Aku ciptakan makhluk agar mereka mengenalKu

setiawanfisika

Bukane Daya = Arus x Tegangan

Ya pastilah Arusnya yang 0,5 A dibutuhin....

Tuch udah dijawab ama Bung Ngajaknikir.....

galihutomo

Kutip dari: mr_FBS pada Januari 12, 2010, 01:24:03 PM
Dua buah lampu bertuliskan 40W ~ 60V dipasang secara seri,kemudian dihubungkan dengan sumber listrik 60V yang hanya mampu memasok arus listrik 0,5Ampere. Besar gaya efektif lampu tersebut adalah...

Klo setahu saya nilai yang gak berubah dari suatu lampu adalah hambatannya.....

R = V2/P = 602/40 = 90 ohm

Rtotal = R1 + R2 = 90 + 90 = 180 ohm (karena disusun seri)

Psebenarnya = V2/R = 602/180 = 20 watt

truss arus yang mengalir = V/R = 60/180 = 0,33 A

hmmmm..... trus 0,5 A itu apa???? kan V nya jelas2 60 V dan R nya = 180 ohm harusnya kan I = 0,33 A.