Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 21, 2020, 07:35:49 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139604
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 96
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 28
Total: 28

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: newton theority  (Dibaca 11957 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ravarafael

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • VINI VIDI VICI
newton theority
« pada: Juli 09, 2008, 03:23:13 AM »
newton theority
- benda akan bergerak jika ada daya/gaya yang menggerakkannya, sehingga hukum ini bermanfaat dalam pengembangan dan aplikasi teknologi dewasa ini
- besaran gerak benda sesuai dengan daya/gaya yang dihasilkan
dan inilah yang menjadi dasar pengembangan dari teori-teori newton lainnya............ ??? ???

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: newton theority
« Jawab #1 pada: Juli 10, 2008, 07:03:30 PM »
Hukum I Newton
Dikenal dengan hukum inersia. Setiap benda akan tetap berada dalam keadaan diam atau  bergerak dengan kecepatan konstan kecuali ada gaya luar yang bekerja pada benda tersebut
\sum F = 0

Hukum II Newton
Besarnya percepatan yang dialami oleh suatu benda adalah sebanding dengan besarnya gaya yang diberikan pada benda tersebut.
F = \frac d{\ dt}mv

Hukum III Newton
Dikenal dengan Aksi-Reaksi. Setiap gaya selalu berpasangan. Kedua gaya tersebut besarnya sama dan berlawanan arah.
F_a = - F_r

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: newton theority
« Jawab #2 pada: Juli 11, 2008, 09:12:52 AM »
Eh reborn, klo tenaga inersia dari atom menurut mu bs dijadikan sumber energi kinetik/mekanik ga?
mengingat jk satu atom dgn kecepatan mendekati kec cahaya menghasilkan gaya sama dengan gambaran orang ditabrak dgn truk yg melaju 40 km/jam
jk gaya itu dijadikan energi gerak,yakni dgn mengandalikan gerak atom itu kan kayaknya bisa y? ::)
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: newton theority
« Jawab #3 pada: Juli 26, 2008, 07:27:00 AM »
@roborn: itu cara nulis rumusnya kayak gimana?? Make Latex ya??

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: newton theority
« Jawab #4 pada: Juli 26, 2008, 07:32:52 AM »
@Vinchemz

He eh, thanks to latex ;D ini tutorialnya kalo butuh.

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: newton theority
« Jawab #5 pada: Juli 28, 2008, 04:44:46 AM »
Maaf OOT: Kalau mo belajar ngepost Latex,di mana ya??

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: newton theority
« Jawab #6 pada: Juli 28, 2008, 04:47:43 AM »
Bisa coba-coba ngepost di sini : http://www.forumsains.com/bukan-sains/

Offline korewa

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 86
  • IQ: 19
Re: newton theority
« Jawab #7 pada: Agustus 03, 2008, 12:50:28 AM »
mugnkin sedikit teka-teki saja

misalkan anda berada dalam sebuah mobil dan sedang mengendarai mobil tersebut dengan kecepatan konstan...
lalu ada seekor lalat dalam mobil tersebut yang melayang atau bisa dikatakan terbang dalam mobil anda...
ketika anda akan mengerem, otomatis anda akan merasakan gaya dorongan akibat hukum newton..

apa yg terjadi dengan lalat?
apakah si lalat akan mengalami gaya dorongan juga hingga si lalat terbentur ke kaca?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: newton theority
« Jawab #8 pada: Agustus 03, 2008, 04:33:59 PM »
Lucu nih teka tekinya. Harusnya yang juga jadi pertanyaan, kalo mobil kecepatan mobil adalah x km/jam, apakah si lalat terbang dengan kecepatan x km/jam? Jawabannya tidak. Karena lalat relatif diam terhadap mobil. Nah, mengacu dari jawaban itu, bahwa lalat dan mobil adalah satu kerangka inersia, maka andai mobil mengerem lalat pasti ikut terdorong ke depan.

Offline korewa

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 86
  • IQ: 19
Re: newton theority
« Jawab #9 pada: Agustus 03, 2008, 11:03:52 PM »
Lucu nih teka tekinya. Harusnya yang juga jadi pertanyaan, kalo mobil kecepatan mobil adalah x km/jam, apakah si lalat terbang dengan kecepatan x km/jam? Jawabannya tidak. Karena lalat relatif diam terhadap mobil. Nah, mengacu dari jawaban itu, bahwa lalat dan mobil adalah satu kerangka inersia, maka andai mobil mengerem lalat pasti ikut terdorong ke depan.

oke, anda bilang lalat pasti terdorong ke depan, tapi kenyataan nya??
Bisa anda coba....

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: newton theority
« Jawab #10 pada: Agustus 04, 2008, 08:45:41 AM »
Kalo kerangka berpikirnya seperti di atas, seharusnya emang terdorong.
Mo dicoba gimana? Naik mobil, bawa lalat suruh terbang terus ngerem mendadak? Weksss... bahaya amat :P

Offline korewa

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 86
  • IQ: 19
Re: newton theority
« Jawab #11 pada: Agustus 05, 2008, 01:53:18 PM »
kalo tuh lalat tidak terbang misalkan saja nempel di tubuh kita atau pada bgian mobil (jok, dsb) kira2 apa tuh lalat juga akan kelempar?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: newton theority
« Jawab #12 pada: Agustus 05, 2008, 01:57:22 PM »
harusnya terpengaruh, belum tentu terlempar dong. Karena kan tergantung massa juga

Offline korewa

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 86
  • IQ: 19
Re: newton theority
« Jawab #13 pada: Agustus 05, 2008, 11:45:44 PM »
yah, kalo tuh lalat nempel, setidaknya gaya dorong akan lebih berasa...
hehe..menurut saya sih gitu...

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: newton theority
« Jawab #14 pada: September 06, 2008, 04:58:01 AM »
masih masalah lalat. disini ada dua keadaan, yang pertama lalat melayang-layang di udara dalam mobil. Jadi begini, udara dalam mobil yang tertutup relatif diam terhadap mobil, sedangkan lalat berada di udara yang bergerak bersama dengan mobil. jadi jika kerangka acuannya mobil dikatakan lalat tidak bergerak. saat mobil berhenti mendadak maka udara dalam mobil akan bergerak ke depan karena inersianya karena udara di bagian depan menjadi rapat maka akan mendorong lalat ke belakang.

keadaan ke dua adalah lalat menempel pada mobil atau orang yang duduk dalam mobil. maka pada keadaan ini saat mobil mengerem mendadak maka lalat akan terlontar ke depan.
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
6978 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 17, 2010, 11:14:25 AM
oleh Haryanto
1 Jawaban
2948 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 29, 2010, 02:25:44 AM
oleh M51
Hukum Newton

Dimulai oleh Chanz99 Fisika

5 Jawaban
6364 Dilihat
Tulisan terakhir November 01, 2011, 01:21:49 AM
oleh mhyworld
9 Jawaban
7219 Dilihat
Tulisan terakhir November 24, 2012, 03:17:39 PM
oleh skuler
9 Jawaban
6232 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 07, 2014, 04:10:34 PM
oleh bayu220686