Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 06:30:02 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 71
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 59
Total: 59

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

MEDAN MAGNET

Dimulai oleh utusan langit, November 10, 2008, 07:12:17 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

utusan langit

apa sebenarnya medan magnet itu? apakah elektron atau apa?
apakah medan elektromagnet sama dengan medan magnet alam?

Idad

Medan magnet ialah area di sekitar magnet yang terpengaruh oleh Gaya Magnet
jadi ia bukan Elektron atau apa

Medan Elektromagnet tidak sama dengan Medan Magnet Alam
Karena Medan Elektromagnet merupakan Medan MAgnet yang dihasilkan oleh gejala Listrik, Sedangkan Medan Magnet Alam merupakan Medan Magnet yang terbentuk dan dihasilkan secara Alami dan tidak melalui proses kelistrikan.

CMIIW

ksatriabajuhitam

tambahan aja,,,,
medan magnet alam juga dihasilkan dari proses kelistrikan,
detilnya saya kurang tau (lagi males baca wiki :D ), seingat saya karena lapisan bawah bumi itu cair (teori lempeng tektonik: lempeng bumi terapung di atas fluida), cairan ini panas dan terionisasi sehingga gerakannya bisa menghasilkan medan magnet (medan magnet muncul dari muatan listrik yang bergerak)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

superstring39

Jadi begini ehem... ehem...
gejala kelistrikan dan gejala kemagnetan sebenarnya satu kejadian yang sama hanya tinggal kita melihatnya dari sudut pandang apa?
Coba kalian semua membayangkan sebuah muatan yang sedang bergerak dengan kecepatan konstan -misalkan elektron- ke arah tertentu (lurus). Jika kita bergerak bersama elektron dalam arti dengan kecepatan dan arah yang sama dengan elektron maka yang kita alami adalah (jika kita adalah muatan) medan listrik yang muncul disekitarnya. tapi jika kita diam sehingga elektron bergerak relatif terhadap kita maka yang kita alami adalah gejala medan magnet. Nah kalo muatannya dipercepat atau berosilasi maka yang muncul adalah gelombang elektromagnet.

utusan langit

lha kalo gitu gaya tarik magnet disebabkan oleh apaan dong? lha terus mengapa kemagnetan magnet berbeda-beda?
mohon penjelasannya!!

superstring39

yaaaa.... karena medan magnet  :)

utusan langit

pleaseee tolong jelasin dong!!

superstring39

Kamu tahu elektron? dia memiliki muatan dan melakukan spin setiap saat. saat melakukan spin maka medan listrik disekitarnya berubah-ubah sehingga timbulah medan magnet disekitar elektron. dalam logam terdapat banyak sekali elektron bebas yang semuanya memiliki spin dan momen magnetik. jika kecenderungan spin elektron-elektron ke arah CW sama dengan jumlah elektron yang memiliki spin CCW maka logam tersebut tidak bersifat magnet karena saling menghilangkan. namun jika kecenderungan spin atau momen magnetik dalam logam lebih besar ke arah tertentu maka logam tersebut memiliki sifat magnet. kenapa kuat medan magnet setiap magnet berbeda, hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya jumlah elektron bebas di permukaan logam, jumlah elektron yang memiliki kecendrungan spin ke arah tertentu (kita bisa memperbesarnya dengan induksi, elektromagnet, menggosok dll).

dani_yosman

sebenernya setiap benda mempunyai arus listrik, karena arah arusnya tidak beraturan maka arus nettonya sama dengan nol, karena itu jika kita menggosok-gosok besi dengan magnet alami/buatan dengan arah lurus tanpa bolak-balik maka arus yang berada di besi tersebut arahnya menjadi lurus, begitu pula jika kita tambahkan arus listrik pada besi tersebut, arah arus listrik dengan arah arus di besi akan lurus, itulah yang menimbulkan medan magnet.
dani