Forum Sains Indonesia

Pendidikan dan Karir => Bimbingan Belajar => Bimbel Fisika => Topik dimulai oleh: senopati pada Juli 30, 2009, 08:50:50 AM

Judul: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: senopati pada Juli 30, 2009, 08:50:50 AM
 ??? ??? ??? ??? om ak g ngerti vektor nh hhu .
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Juli 30, 2009, 12:20:50 PM
emangnya ini pelajaran ttg apa...? n yg kelas brapa????
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: HyawehHoshikawa pada Agustus 01, 2009, 02:22:37 AM
hah???
siswa baru yah..
lain kali, kalo' pertanyaannya emang ga memerlukan voting usahakan tidak memakai voting yah.
vektor itu yah besaran yang punya arah dan punya satuan.
vektor bisa dijumlahkan dan juga bisa dikalikan.
penjumlahan vektor tidak hanya dipengaruhi oleh besarnya namun juga arahnya.

contoh:
kamu jalan ke utara 4km terus ke timur 3km, alhasil kamu 5km arah timur laut dari tempat awal kamu.(phitagoras), walopun sebenernya kamu jalan sejauh 7km(skalar), tapi perpindahan kamu dari posisi awal hanya 5km(vektor).
rumusnya:
ibarat penjumlahan kuadrat
kalo' besaran skalar
a+b = a+b
(a+b)^2 = a^2 + 2ab + b^2
pada vektor karena , arah itu berpengaruh maka
(a+b)^2 = a*a*\cos(\alpha) + 2a*b*\cos(\beta) + b*b*\cos(\gamma)
dimana
\alpha = sudut yang dibentuk oleh vektor "a" dengan vektor "a" (dengan kata lain 0o)
\beta = sudut yang oleh vektor "a" dengan vektor "b",(di contoh tadi berarti 90o karena sudut antara utara dengan timur = 90o)
\gamma = sudut yang dibentuk oleh vektor "b" dengan vektor "b" (dengan kata lain 0o)
sehingga disederhanakan menjadi:
(a+b)^2 = a^2 + 2ab\cos(\beta) + b^2
begitu pula untuk penjumlahan 3 ato lebih vektor, misal:
ada vektor a,b dan c maka jadinya:
(a+b+c)^2=... males nulisnya panjang...
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 01, 2009, 02:35:07 AM
coba ke sini...
http://www.gurumuda.com/penjumlahan-vektor

semoga berguna.... ^^
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: sith lord pada Agustus 03, 2009, 06:54:46 AM
double trit nih
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: senopati pada Agustus 06, 2009, 09:09:48 AM
terima kasih kaka2 dan om2
mav y dobel trit na msh n00b c ^^
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 06, 2009, 10:39:03 AM
kasi aq soal ttg fisika yg ada vektor2nya itu lo...
coz aq bxok ulangan di ckul...
hhe,,,
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: sith lord pada Agustus 09, 2009, 01:40:17 PM
^masih kelas X?
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 09, 2009, 02:38:43 PM
sisca mah uda klas XI...
he..

bingung ttg gerak parabola...
hikz...
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 09, 2009, 02:42:22 PM
bingung yg mana?
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 09, 2009, 02:46:19 PM
rumusnya.,...
yg ada sin2 alfanya....

sisca gag tau sin kuadrat alfa atau sin 2 alfa...
hm,.,.
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 09, 2009, 02:55:33 PM
sin 2 alfa
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 09, 2009, 03:00:16 PM
sin 2 alfa..

xmua rumusnya pake sin 2 alfa...?

sin 2 alfa b'arti,,,
nyari hasil sin sudutnya, baru di kuadrat kan lgi hasilnya...?
bingung...
gag pinter trigonometri...
hikz...
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 09, 2009, 03:12:17 PM
klo sin 2 alfa artinya alfa kali 2 ru di sin-kan
klo sin kuadrat alfa artinya sin alfa dlu ru kuadrat-kan

gak semua rumus pake sin 2 alfa

rumus tinggi maks: h = Vo^2 kali (sin alfa)^2 dibagi 2g
jarak mendatar terjauh: X = Vo^2 kali sin 2 alfa dibagi g

h = tinggi
X = jarak mendatar
Vo = kecepatan mula-mula
g = gravitasi
Judul: Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 09, 2009, 03:14:44 PM
o,,,,
he...
oke2...
siiipppz...

kirain sama xmuanya....
iy,,,
rumusnya sama,,,,
he...
Judul: Re:om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada September 17, 2016, 12:05:54 PM
contoh:
kamu jalan ke utara 4km terus ke timur 3km, alhasil kamu 5km arah timur laut dari tempat awal kamu.(phitagoras), walopun sebenernya kamu jalan sejauh 7km(skalar), tapi perpindahan kamu dari posisi awal hanya 5km(vektor).

Kalau begitu, interpretasi saya:
Vektor = Jarak literal 2 titik
Bener nggak? ::)