Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Agustus 05, 2021, 06:15:08 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26721
  • Latest: joseqgq
Stats
  • Total Tulisan: 139661
  • Total Topik: 10401
  • Online Today: 299
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 44
Total: 44

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: bunyi hukum ke 2 thermodynamics  (Dibaca 186874 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline rai

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
bunyi hukum ke 2 thermodynamics
« pada: Mei 24, 2008, 12:56:30 PM »
mohon bantuan dong tentang bunyi hukum ke 2 thermodinamik yang udah dalam bahsa inggris soalnya aku lemah nee dalam bahsa inggris. please help me ::)

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: bunyi hukum ke 2 thermodynamics
« Jawab #1 pada: Mei 24, 2008, 01:13:20 PM »
http://en.wikipedia.org/wiki/Laws_of_thermodynamics

The four laws are:

    * Zeroth law of thermodynamics, stating that thermodynamic equilibrium is an equivalence relation.
        If two thermodynamic systems are separately in thermal equilibrium with a third, they are also in thermal equilibrium with each other.

    * First law of thermodynamics, about the conservation of energy
        The change in the internal energy of a closed thermodynamic system is equal to the sum of the amount of heat energy supplied to the system and the work done on the system.

    * Second law of thermodynamics, about entropy
        The total entropy of any isolated thermodynamic system tends to increase over time, approaching a maximum value.

    * Third law of thermodynamics, about absolute zero temperature
        As a system asymptotically approaches absolute zero of temperature all processes virtually cease and the entropy of the system asymptotically approaches a minimum value; also stated as: "the entropy of all systems and of all states of a system is zero at absolute zero" or equivalently "it is impossible to reach the absolute zero of temperature by any finite number of processes".

    * Onsager reciprocal relations (sometimes called the Fourth Law of Thermodynamics)
        Express the equality of certain relations between flows and forces in thermodynamic systems out of equilibrium, but where a notion of local equilibrium exists.

Offline marshall

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 162
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: bunyi hukum ke 2 thermodynamics
« Jawab #2 pada: Mei 25, 2008, 12:34:52 PM »
 ;D kalo dalam bahasa indonesia..kira2 gini bro..

    * Hukum Awal (Zeroth Law) Termodinamika

        Hukum ini menyatakan bahwa dua sistem dalam keadaan setimbang dengan sistem ketiga, maka ketiganya dalam saling setimbang satu dengan lainnya.

    * Hukum Pertama Termodinamika

        Hukum ini terkait dengan kekekalan energi. Hukum ini menyatakan perubahan energi dalam dari suatu sistem termodinamika tertutup sama dengan total dari jumlah energi kalor yang disuplai ke dalam sistem dan kerja yang dilakukan terhadap sistem.

    * Hukum kedua Termodinamika

        Hukum kedua termodinamika terkait dengan entropi. Hukum ini menyatakan bahwa total entropi dari suatu sistem termodinamika terisolasi cenderung untuk meningkat seiring dengan meningkatnya waktu, mendekati nilai maksimumnya.

    * Hukum ketiga Termodinamika

        Hukum ketiga termodinamika terkait dengan temperatur nol absolut. Hukum ini menyatakan bahwa pada saat suatu sistem mencapai temperatur nol absolut, semua proses akan berhenti dan entropi sistem akan mendekati nilai minimum. Hukum ini juga menyatakan bahwa entropi benda berstruktur kristal sempurna pada temperatur nol absolut bernilai nol.

;D kalo ada yang ga bener..protes sama yang nerjemahin yah;D

http://id.wikipedia.org/wiki/Termodinamika
".............

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
hukum ke 2 thermodynamics dan perpetual motion
« Jawab #3 pada: Mei 25, 2008, 01:49:13 PM »
Nah, caca kemaren buka topik tentang perpetual motion, "mimpi" yang bersinggungan erat sama hukum kedua termodinamika ini.

Kok bisa ya entropi cenderung positif? Suatu peristiwa pasti terjadi secara spontan kalo entropinya positif.... segala sesuatu pasti menuju chaos.
« Edit Terakhir: Mei 25, 2008, 02:05:36 PM oleh reborn »

Offline marshall

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 162
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: bunyi hukum ke 2 thermodynamics
« Jawab #4 pada: Mei 26, 2008, 11:26:14 AM »
kekuatan hitam..lupa saya.. ??? apa ya orang sains biasa menyebut nya;D

ngerujuk ke awal ya bro? ;Dbisa ga ya kalo disangkut pautin dengan itu  ???

begini maksud saya,  ;D biasanya sih,kalo ga mau tambah pusing, mak saya selalu bilang "karena tuhan sudah menciptakan nya seperti itu nak.." waktu saya bertanya tentang ini-itu,knapa begini knapa begitu kepada beliau.
aah..jadi teringat dengan dirimu mak.. :'( I luv U mom :-*

saya juga secara pribadi berani menyimpul kan, kalau seandainya ada hal/sesuatu yang luput dari aturan hukum termodinamika tersebut, saya akan menyebut/memanggilnya "Tuhan"..;D


caca

  • Pengunjung
Re: bunyi hukum ke 2 thermodynamics
« Jawab #5 pada: Mei 28, 2008, 11:42:51 AM »
topiknya menarik...

tapi sayang gw udah butek banget ini malem...  ::)


Vinchemz

  • Pengunjung
Re: bunyi hukum ke 2 thermodynamics
« Jawab #6 pada: Juli 28, 2008, 04:53:54 AM »
Maskudnya entropi itu apa sih??

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: bunyi hukum ke 2 thermodynamics
« Jawab #7 pada: September 06, 2008, 04:15:33 AM »
entropi = tingkat kekacauan sebuah sistem

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: bunyi hukum ke 2 thermodynamics
« Jawab #8 pada: Juni 09, 2009, 05:02:42 AM »
Aku tulis ulang Hukum Termodinamik dalam persamaan Matematik

*Hukum ke-Nol Termodinamika:

Jika dari suatu sistem termodinamika yang setimbang diperoleh persamaan:
P(x)=Q(x).
Kemudian dari sistem termodinamika lain yang setimbang diperoleh persamaan:
Q(x)=R(x).
Maka berlaku: P(x)=R(x)

*Hukum Pertama Termodinamika:

Persamaan Matematisnya:
\Delta U=Q+W
dengan:
\Delta U: perubahan energi internal sistem
Q : Kalor yang masuk atau keluar sistem (masuk positif)
W : Usaha terhadap sistem (sistem dikenakan usaha, positif)

Catatan penting :
W=- \int pdV
p : Tekanan yang dialami sistem
dV : Perubahan kecil volume

*Hukum Kedua Termodinamika

S>=0 untuk sistem terisolasi
dengan:
S: Entropi sistem
Catatan penting :
S=\int \frac {\delta Q}T
T : Suhu sistem (dlm Kelvin)

*Hukum Ketiga Termodinamika
T->0, S->C
Saat suhu menuju nol di suatu sistem, Entropi akan menuju nilai minimumnya (Suatu nilai C).

Offline nickandi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
Re: bunyi hukum ke 2 thermodynamics
« Jawab #9 pada: Agustus 05, 2009, 12:55:00 AM »
Tau nggak Rahasia Hk II Termodinamika, "entropi suatu sistem dari waktu ke waktu akan bertambah" kan??? jadi ketidakteraturan suatu sistem (entropi) itu makin lama makin bertambah.

ARTINYA : Setiap gaya yang kita lakukan, baik mbakar/gundulin hutan, merokok, tidur, bergerak bahkan bernafas sekalipun adalah salah satu upaya membawa bumi ini mendekati kehancuran alias "KIAMAT", jd intinya kalopun "tangan Tuhan" tidak bertindak, atau kalimat Allah "CUR maka HANCURLAH" nggak terkumandang, sejak zaman azali alam semesta ini memang diciptakan otomatis mendekati kehancuran...

Jd klo udah tau hal itu, konsekwensinya APA ?

setiap tindakan yg kita lakukan sebaiknya membawa manfaat, habis gimana lagi BAIK / BURUK perbuatan yg kita lakuakn toh tetep mendekatkan dunia ini ke arah kehancuran... Jadi siap bwt 2012....????

Wallahualam

Offline nickandi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
Re: bunyi hukum ke 2 thermodynamics
« Jawab #10 pada: Agustus 05, 2009, 12:57:13 AM »
Tau nggak Rahasia Hk II Termodinamika, "entropi suatu sistem dari waktu ke waktu akan bertambah" kan??? jadi ketidakteraturan suatu sistem (entropi) itu makin lama makin bertambah.

ARTINYA : Setiap gaya yang kita lakukan, baik mbakar/gundulin hutan, merokok, tidur, bergerak bahkan bernafas sekalipun adalah salah satu upaya membawa bumi ini mendekati kehancuran alias "KIAMAT", jd intinya kalopun "tangan Tuhan" tidak bertindak, atau kalimat Allah "CUR maka HANCURLAH" nggak terkumandang, sejak zaman azali alam semesta ini memang diciptakan otomatis mendekati kehancuran...

Jd klo udah tau hal itu, konsekwensinya APA ?

setiap tindakan yg kita lakukan sebaiknya membawa manfaat, habis gimana lagi BAIK / BURUK perbuatan yg kita lakuakn toh tetep mendekatkan dunia ini ke arah kehancuran... Jadi siap bwt 2012....????

Wallahualam

ada yg LUPA http://andizoone.blogspot.com

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:bunyi hukum ke 2 thermodynamics
« Jawab #11 pada: September 17, 2016, 11:57:11 AM »
setiap tindakan yg kita lakukan sebaiknya membawa manfaat, habis gimana lagi BAIK / BURUK perbuatan yg kita lakuakn toh tetep mendekatkan dunia ini ke arah kehancuran... Jadi siap bwt 2012....????

2012 sudah terlewat, dan tidak ada perubahan yang signifikan selain susahnya cari barang haram alias file-file download'an ilegal... :angel:
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
11768 Dilihat
Tulisan terakhir November 27, 2011, 01:29:46 AM
oleh BadutBingung
ARAH BUNYI

Dimulai oleh sheriid Fisika

5 Jawaban
5696 Dilihat
Tulisan terakhir April 02, 2012, 01:51:40 PM
oleh 12
3 Jawaban
16075 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 21, 2019, 09:18:17 PM
oleh The Houw Liong
11 Jawaban
152276 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 29, 2016, 01:44:27 AM
oleh zoldik
4 Jawaban
152631 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 01, 2017, 07:49:33 AM
oleh sheriid