Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 29, 2024, 10:15:08 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 27,572
  • Latest: glfiefs
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 96
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 72
Total: 72

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

bunyi hukum ke 2 thermodynamics

Dimulai oleh rai, Mei 23, 2008, 09:56:30 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

rai

mohon bantuan dong tentang bunyi hukum ke 2 thermodinamik yang udah dalam bahsa inggris soalnya aku lemah nee dalam bahsa inggris. please help me ::)

reborn

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

The four laws are:

    * Zeroth law of thermodynamics, stating that thermodynamic equilibrium is an equivalence relation.
        If two thermodynamic systems are separately in thermal equilibrium with a third, they are also in thermal equilibrium with each other.

    * First law of thermodynamics, about the conservation of energy
        The change in the internal energy of a closed thermodynamic system is equal to the sum of the amount of heat energy supplied to the system and the work done on the system.

    * Second law of thermodynamics, about entropy
        The total entropy of any isolated thermodynamic system tends to increase over time, approaching a maximum value.

    * Third law of thermodynamics, about absolute zero temperature
        As a system asymptotically approaches absolute zero of temperature all processes virtually cease and the entropy of the system asymptotically approaches a minimum value; also stated as: "the entropy of all systems and of all states of a system is zero at absolute zero" or equivalently "it is impossible to reach the absolute zero of temperature by any finite number of processes".

    * Onsager reciprocal relations (sometimes called the Fourth Law of Thermodynamics)
        Express the equality of certain relations between flows and forces in thermodynamic systems out of equilibrium, but where a notion of local equilibrium exists.

marshall

 ;D kalo dalam bahasa indonesia..kira2 gini bro..

    * Hukum Awal (Zeroth Law) Termodinamika

        Hukum ini menyatakan bahwa dua sistem dalam keadaan setimbang dengan sistem ketiga, maka ketiganya dalam saling setimbang satu dengan lainnya.

    * Hukum Pertama Termodinamika

        Hukum ini terkait dengan kekekalan energi. Hukum ini menyatakan perubahan energi dalam dari suatu sistem termodinamika tertutup sama dengan total dari jumlah energi kalor yang disuplai ke dalam sistem dan kerja yang dilakukan terhadap sistem.

    * Hukum kedua Termodinamika

        Hukum kedua termodinamika terkait dengan entropi. Hukum ini menyatakan bahwa total entropi dari suatu sistem termodinamika terisolasi cenderung untuk meningkat seiring dengan meningkatnya waktu, mendekati nilai maksimumnya.

    * Hukum ketiga Termodinamika

        Hukum ketiga termodinamika terkait dengan temperatur nol absolut. Hukum ini menyatakan bahwa pada saat suatu sistem mencapai temperatur nol absolut, semua proses akan berhenti dan entropi sistem akan mendekati nilai minimum. Hukum ini juga menyatakan bahwa entropi benda berstruktur kristal sempurna pada temperatur nol absolut bernilai nol.

;D kalo ada yang ga bener..protes sama yang nerjemahin yah;D

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
".............

reborn

#3
Nah, caca kemaren buka topik tentang perpetual motion, "mimpi" yang bersinggungan erat sama hukum kedua termodinamika ini.

Kok bisa ya entropi cenderung positif? Suatu peristiwa pasti terjadi secara spontan kalo entropinya positif.... segala sesuatu pasti menuju chaos.

marshall

kekuatan hitam..lupa saya.. ??? apa ya orang sains biasa menyebut nya;D

ngerujuk ke awal ya bro? ;Dbisa ga ya kalo disangkut pautin dengan itu  ???

begini maksud saya,  ;D biasanya sih,kalo ga mau tambah pusing, mak saya selalu bilang "karena tuhan sudah menciptakan nya seperti itu nak.." waktu saya bertanya tentang ini-itu,knapa begini knapa begitu kepada beliau.
aah..jadi teringat dengan dirimu mak.. :'( I luv U mom :-*

saya juga secara pribadi berani menyimpul kan, kalau seandainya ada hal/sesuatu yang luput dari aturan hukum termodinamika tersebut, saya akan menyebut/memanggilnya "Tuhan"..;D

".............

caca

topiknya menarik...

tapi sayang gw udah butek banget ini malem...  ::)


Vinchemz


superstring39

entropi = tingkat kekacauan sebuah sistem

Sky

Aku tulis ulang Hukum Termodinamik dalam persamaan Matematik

*Hukum ke-Nol Termodinamika:

Jika dari suatu sistem termodinamika yang setimbang diperoleh persamaan:
P(x)=Q(x).
Kemudian dari sistem termodinamika lain yang setimbang diperoleh persamaan:
Q(x)=R(x).
Maka berlaku: P(x)=R(x)

*Hukum Pertama Termodinamika:

Persamaan Matematisnya:
\Delta U=Q+W
dengan:
\Delta U: perubahan energi internal sistem
Q : Kalor yang masuk atau keluar sistem (masuk positif)
W : Usaha terhadap sistem (sistem dikenakan usaha, positif)

Catatan penting :
W=- \int pdV
p : Tekanan yang dialami sistem
dV : Perubahan kecil volume

*Hukum Kedua Termodinamika

S>=0 untuk sistem terisolasi
dengan:
S: Entropi sistem
Catatan penting :
S=\int \frac {\delta Q}T
T : Suhu sistem (dlm Kelvin)

*Hukum Ketiga Termodinamika
T->0, S->C
Saat suhu menuju nol di suatu sistem, Entropi akan menuju nilai minimumnya (Suatu nilai C).

nickandi

Tau nggak Rahasia Hk II Termodinamika, "entropi suatu sistem dari waktu ke waktu akan bertambah" kan??? jadi ketidakteraturan suatu sistem (entropi) itu makin lama makin bertambah.

ARTINYA : Setiap gaya yang kita lakukan, baik mbakar/gundulin hutan, merokok, tidur, bergerak bahkan bernafas sekalipun adalah salah satu upaya membawa bumi ini mendekati kehancuran alias "KIAMAT", jd intinya kalopun "tangan Tuhan" tidak bertindak, atau kalimat Allah "CUR maka HANCURLAH" nggak terkumandang, sejak zaman azali alam semesta ini memang diciptakan otomatis mendekati kehancuran...

Jd klo udah tau hal itu, konsekwensinya APA ?

setiap tindakan yg kita lakukan sebaiknya membawa manfaat, habis gimana lagi BAIK / BURUK perbuatan yg kita lakuakn toh tetep mendekatkan dunia ini ke arah kehancuran... Jadi siap bwt 2012....????

Wallahualam

nickandi

Tau nggak Rahasia Hk II Termodinamika, "entropi suatu sistem dari waktu ke waktu akan bertambah" kan??? jadi ketidakteraturan suatu sistem (entropi) itu makin lama makin bertambah.

ARTINYA : Setiap gaya yang kita lakukan, baik mbakar/gundulin hutan, merokok, tidur, bergerak bahkan bernafas sekalipun adalah salah satu upaya membawa bumi ini mendekati kehancuran alias "KIAMAT", jd intinya kalopun "tangan Tuhan" tidak bertindak, atau kalimat Allah "CUR maka HANCURLAH" nggak terkumandang, sejak zaman azali alam semesta ini memang diciptakan otomatis mendekati kehancuran...

Jd klo udah tau hal itu, konsekwensinya APA ?

setiap tindakan yg kita lakukan sebaiknya membawa manfaat, habis gimana lagi BAIK / BURUK perbuatan yg kita lakuakn toh tetep mendekatkan dunia ini ke arah kehancuran... Jadi siap bwt 2012....????

Wallahualam

ada yg LUPA [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Monox D. I-Fly

Kutip dari: nickandi pada Agustus 04, 2009, 09:55:00 AM
setiap tindakan yg kita lakukan sebaiknya membawa manfaat, habis gimana lagi BAIK / BURUK perbuatan yg kita lakuakn toh tetep mendekatkan dunia ini ke arah kehancuran... Jadi siap bwt 2012....????

2012 sudah terlewat, dan tidak ada perubahan yang signifikan selain susahnya cari barang haram alias file-file download'an ilegal... :angel:
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.