Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 16, 2024, 02:27:24 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 50
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 30
Total: 30

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Resistansi/Tahanan

Dimulai oleh driew, Agustus 08, 2008, 06:39:07 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

driew

mo nanya donk..soalnya..
suatu kawat listrik panjang 5 m
diameter d = 6 mm
rho = 4,57x10-8 C
hitung :
a. tahanan/resistansi kawat
b. bila kawat berupa serabut yg terdiri dari 20 lembar, hitung tahanan listrik sekarang

korewa

Kutip dari: driew pada Agustus 08, 2008, 06:39:07 AM
mo nanya donk..soalnya..
suatu kawat listrik panjang 5 m
diameter d = 6 mm
rho = 4,57x10-8 C
hitung :
a. tahanan/resistansi kawat
b. bila kawat berupa serabut yg terdiri dari 20 lembar, hitung tahanan listrik sekarang


hehe, saya udah lupa rumusnya :kribo:

reborn

Kutip dari: driew pada Agustus 08, 2008, 06:39:07 AM
mo nanya donk..soalnya..
suatu kawat listrik panjang 5 m
diameter d = 6 mm
rho = 4,57x10-8 C
hitung :
a. tahanan/resistansi kawat
b. bila kawat berupa serabut yg terdiri dari 20 lembar, hitung tahanan listrik sekarang


Tahanan/resistansi kawat berbanding lurus dengan panjang kawat dan berbanding terbalik dengan luas penampang lintang kawat :
R = \rho \frac{L}{A}

udah ada semua nilainya, tinggal dimasukin ke persamaan di atas.

superstring39

tambahan:
kalo ada 20 serabut maka hasil R yang diperoleh dari om reborn dibagi 20  :o

Hoshizora

BTW ada yang punya daftar hambatan jenis kawat2 g????

untuk kawat konstan brp ya hambatan jenisnya...!!!!! ??? ??? ;D
"berpedomanlah kepada wahyu memandu ilmu"

kuin

gak inget lagi...dulu pernah baca....

galihutomo

#6
coba aja gogling......

misal...

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

tapi yang di atas tabelnya gak begitu jelas...

Hoshizora

ty yah, tapi saya nyari kawat konstan ma nikrom...!!!

??? ???

buat perbandingan praktikum...!!!

dah browsing dimana2 g da...!!! ??? ???
"berpedomanlah kepada wahyu memandu ilmu"

binekas

Kutiprho = 4,57x10-8 C

d krain apa eh ternyata rho yg itu...hehehe :o :o :o