Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 15, 2021, 05:55:21 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 78
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 74
Total: 74

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tanya Soal Fisika Dimensi Daya Dan Usaha  (Dibaca 167119 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ekyjoe

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
Tanya Soal Fisika Dimensi Daya Dan Usaha
« pada: Agustus 24, 2014, 06:44:02 AM »
sore semuanya saya mau menanyakan soal PR fisika saya.saya ga ngerti.

tentukan dimensi dari :

-Daya
-Usaha

tolong bantu jawab ya, jangan lupa di jelasin juga biar saya ngerti  :D

Offline Sandy_dkk

Re:Tanya Soal Fisika Dimensi Daya Dan Usaha
« Jawab #1 pada: Agustus 24, 2014, 10:28:28 AM »
- M L2 T−3
- M L2 T−2

kesulitannya dimana? apa yang belum dimengerti?
sudah ta definisi dimensi? kalau sudah pasti bisa mengerjakan PR ini. kalau belum, tanya gurunya. saya kira guru berkewajiban menerangkan segala definisi sebelum memberi PR.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Tanya Soal Fisika Dimensi Daya Dan Usaha
« Jawab #2 pada: Agustus 24, 2014, 01:52:36 PM »
Mungkin dia korban kurikulum 2013? Soalnya di kurikulum 2013 guru disuruh untuk tidak menjelaskan, namun meminta siswa untuk mencari sendiri penjelasan-penjelasan di internet. Makanya wajar kalau dia nanya di sini, yang merupakan salah satu bagian dari internet. Heran deh sama pola pikiran menteri pendidikan, kayaknya dia nggak punya anak yang masih duduk di bangku sekolah.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline Sandy_dkk

Re:Tanya Soal Fisika Dimensi Daya Dan Usaha
« Jawab #3 pada: Agustus 25, 2014, 12:09:12 AM »
jika benar guru tidak menjelaskan apa2, maka yang paling penting bagi siswa adalah mencari tahu apa definisi dari segala hal yang menjadi materi pelajaran sekolah, dan jangan langsung menanyakan soal di PR. ini penting bagi latihan proses penalaran para siswa agar tidak sekedar menghapal kecuali definisi, karena definisi memang perlu dihapal.  :)

dimensi misalnya. dalam fisika terkait materi besaran dan satuan, dimensi adalah cara bagaimana suatu besaran tersusun atas besaran-besaran pokok. dari situ kita bisa menelaah soal, dari besaran pokok apa saja dan bagaimana Daya dan Usaha yang merupakan besaran turunan tersusun atas besaran2 pokok tsb?

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Tanya Soal Fisika Dimensi Daya Dan Usaha
« Jawab #4 pada: Agustus 25, 2014, 12:42:50 AM »
Ilmu itu dipahami, bukan dihafal. Daripada menghafalkan definisi (yang justru membuat siswa semakin nggak paham akan esensinya) lebih baik memahami konsepnya.

Offline Sandy_dkk

Re:Tanya Soal Fisika Dimensi Daya Dan Usaha
« Jawab #5 pada: Agustus 25, 2014, 03:43:10 PM »
Ilmu itu dipahami, bukan dihafal. Daripada menghafalkan definisi (yang justru membuat siswa semakin nggak paham akan esensinya) lebih baik memahami konsepnya.

ok.
lalu, bagaimana cara memahami konsep?

seperti konsep dimensi dalam fisika yang dibahas disini misalnya, bagaimana cara memahami konsepnya?

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Tanya Soal Fisika Dimensi Daya Dan Usaha
« Jawab #6 pada: Agustus 25, 2014, 09:34:49 PM »
ok.
lalu, bagaimana cara memahami konsep?

seperti konsep dimensi dalam fisika yang dibahas disini misalnya, bagaimana cara memahami konsepnya?

Nih, saya kasih contoh saja dari postingan saya setahun yang lalu:
Yup. Aku dulu bingung sama fisika soalnya aku nggak menguasai konsepnya. Padahal aku suka matematika lho, tapi yang bikin aku nggak suka fisika walaupun suka matematika adalah: Kalau matematika kan semisal jawabannya nggak ketemu masih bisa diakali pakai cara lain (jadi kayak nge-game gitu), tapi kalau fisika kan rumusnya cuma itu-itu aja, jadi kalau nggak ingat rumusnya ya udah, mentog deh, jadi sama aja kayak pelajaran hafalan. Tapi ku mulai sedikit paham waktu liat ngajarin anak SMP soal percepatan. Aku liatin satuannya m/(s^2) yang berrarti (m/s)/s dimana m/s adalah satuan kecepatan dan s adalah satuan waktu. Berarti percepatan itu pertambahan kecepatan setiap detik. Aku baru sadar karena selama ini yang diajarkan di sekolah-sekolah tentang percepatan, dsb. adalah definisi, bukan konsep. Anak SMP mah jelas bakalan bingung kalau cuma dejejali definisi-definisi tanpa tahu maksudnya gimana.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
7106 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2010, 01:24:53 AM
oleh superstring39
5 Jawaban
179149 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2016, 12:38:30 PM
oleh Monox D. I-Fly
12 Jawaban
11416 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2011, 08:42:40 AM
oleh 12
usaha dan daya

Dimulai oleh cetol « 1 2 » Bimbel Fisika

23 Jawaban
18707 Dilihat
Tulisan terakhir November 06, 2011, 04:28:01 PM
oleh mhyworld
1 Jawaban
166452 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 22, 2015, 09:22:15 AM
oleh mhyworld