Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Desember 14, 2024, 01:05:51 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 27,928
  • Latest: MCeroft
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 85
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 39
Total: 39

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Tanya Soal Fisika Dimensi Daya Dan Usaha

Dimulai oleh ekyjoe, Agustus 23, 2014, 03:44:02 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

ekyjoe

sore semuanya saya mau menanyakan soal PR fisika saya.saya ga ngerti.

tentukan dimensi dari :

-Daya
-Usaha

tolong bantu jawab ya, jangan lupa di jelasin juga biar saya ngerti  :D

Sandy_dkk

- M L2 T−3
- M L2 T−2

kesulitannya dimana? apa yang belum dimengerti?
sudah ta definisi dimensi? kalau sudah pasti bisa mengerjakan PR ini. kalau belum, tanya gurunya. saya kira guru berkewajiban menerangkan segala definisi sebelum memberi PR.

Monox D. I-Fly

Mungkin dia korban kurikulum 2013? Soalnya di kurikulum 2013 guru disuruh untuk tidak menjelaskan, namun meminta siswa untuk mencari sendiri penjelasan-penjelasan di internet. Makanya wajar kalau dia nanya di sini, yang merupakan salah satu bagian dari internet. Heran deh sama pola pikiran menteri pendidikan, kayaknya dia nggak punya anak yang masih duduk di bangku sekolah.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Sandy_dkk

jika benar guru tidak menjelaskan apa2, maka yang paling penting bagi siswa adalah mencari tahu apa definisi dari segala hal yang menjadi materi pelajaran sekolah, dan jangan langsung menanyakan soal di PR. ini penting bagi latihan proses penalaran para siswa agar tidak sekedar menghapal kecuali definisi, karena definisi memang perlu dihapal.  :)

dimensi misalnya. dalam fisika terkait materi besaran dan satuan, dimensi adalah cara bagaimana suatu besaran tersusun atas besaran-besaran pokok. dari situ kita bisa menelaah soal, dari besaran pokok apa saja dan bagaimana Daya dan Usaha yang merupakan besaran turunan tersusun atas besaran2 pokok tsb?

Monox D. I-Fly

Ilmu itu dipahami, bukan dihafal. Daripada menghafalkan definisi (yang justru membuat siswa semakin nggak paham akan esensinya) lebih baik memahami konsepnya.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Sandy_dkk

Kutip dari: Monox D. I-Fly pada Agustus 24, 2014, 09:42:50 AM
Ilmu itu dipahami, bukan dihafal. Daripada menghafalkan definisi (yang justru membuat siswa semakin nggak paham akan esensinya) lebih baik memahami konsepnya.

ok.
lalu, bagaimana cara memahami konsep?

seperti konsep dimensi dalam fisika yang dibahas disini misalnya, bagaimana cara memahami konsepnya?

Monox D. I-Fly

Kutip dari: Sandy_dkk pada Agustus 25, 2014, 12:43:10 AM
ok.
lalu, bagaimana cara memahami konsep?

seperti konsep dimensi dalam fisika yang dibahas disini misalnya, bagaimana cara memahami konsepnya?

Nih, saya kasih contoh saja dari postingan saya setahun yang lalu:
Kutip dari: Monox D. I-Fly pada Juli 24, 2013, 09:51:53 AM
Yup. Aku dulu bingung sama fisika soalnya aku nggak menguasai konsepnya. Padahal aku suka matematika lho, tapi yang bikin aku nggak suka fisika walaupun suka matematika adalah: Kalau matematika kan semisal jawabannya nggak ketemu masih bisa diakali pakai cara lain (jadi kayak nge-game gitu), tapi kalau fisika kan rumusnya cuma itu-itu aja, jadi kalau nggak ingat rumusnya ya udah, mentog deh, jadi sama aja kayak pelajaran hafalan. Tapi ku mulai sedikit paham waktu liat ngajarin anak SMP soal percepatan. Aku liatin satuannya m/(s^2) yang berrarti (m/s)/s dimana m/s adalah satuan kecepatan dan s adalah satuan waktu. Berarti percepatan itu pertambahan kecepatan setiap detik. Aku baru sadar karena selama ini yang diajarkan di sekolah-sekolah tentang percepatan, dsb. adalah definisi, bukan konsep. Anak SMP mah jelas bakalan bingung kalau cuma dejejali definisi-definisi tanpa tahu maksudnya gimana.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.