Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 25, 2022, 08:05:06 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,632
  • Total Topik: 10,389
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 70
Total: 70

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

tugas sekolah emngenai gelombang

Dimulai oleh williamluffy, Agustus 20, 2009, 03:57:33 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

williamluffy

teman2 aku ada tugas sekolah mengenai gelombang nih bahas bareng2 yuk

1. dalam suatu ruanga besar, ani menerima gelombang bunyi dari sebuah sumber bunyi 120 m jauh nya
dari dia. ia juga menerima gelombang bunyi dari sumber yang sama setengah gelombang bunyi ini dipantulkan
dari langit-langit ruang yang tinggi nya 25 m di suatu titik tengah-tengah di antara dia dan sumber bunyi
berapakah panjang gelombang bunyi yang akan menyebabkan ani mendengar
a. bunyi paling kuat
b. bunyi paling lemah

2. seutas kawat yang memiliki massa jenis linear 0,05 g/cm ditegangkan diatara 2 tiang kaku dengan tegangan
450 N. diamati bahwa kawat beresonansi pada frekuensi 450 Hz. frekuensi lebih tinggi berikut nya di mana kawat
beresonansi 525 Hz. panjang kawat tersebut adalah

4. seutas kawat yang apanjang nya 25 cm dan memiliki massa 2,5 g ditegangkan sebuah pipa yang tertutup salah satu ujungnya memiliki panajang 40 cm. ketika kawat diatur bergetar pada harmonik kedua nya dan udara dalam pipa bergetar
pada nada dasarnya, terdengar 8 layangan persekon. diamati bahwa dengan mengurangi tegangan kawat akan
mengurangi frekuensi layangan. jika cepat rambat bunyi di udara adalah 320 m/s. hitunglah tegangan dalam kawat

oh y maaf y teman2 aku belum belajar latex
kalo belajar latex di forum ini ada tutorial y g???

thanks

superstring39

Jawabannya:
1. a. panjang gelombangnya kelipatan bulat dari 10m
   b. panjang gelombangnya kelipatan ganjil dari 5m

2. 0,2m

4. 2,740N

williamluffy

superstring bisa kasih penjelasan nya kok bisa jawab segitu

terima kasih

superstring39

1. karena lagi males gambar coba banyangkan segitiga sama kaki ABC dengan C puncak dari segitiga. posisi A ditempati oleh pendengar, posisi B ditempati oleh sumber dan C adalah titik pantul suara oleh atap. Jarak AB adalah 120m jadi tengah-tengahnya adalah 60m jika tinggi atap adalah 25m maka dengan pytagoras diketahui bahwa jarak BC dan AC adalah masing-masing 65m. Jarak tempuh suara sumber ke orang adalah 120m, sedangkan jarak tempuh suara dari sumber melalui pantulan ke orang adalah BC + CA jadi 130m. selisih jarak tempuh kedua suara adalah 130-120=10m. kalo suara yang di sengar orang adalah terkuat maka kelipatan bulat selisih jarak tempuh adalah panjang gelombangnya. jika yang terdengar terlemah maka kelipatan ganjil setengah selisih jarak tempuh adalah panjang gelombangnya.

2. lagi males nulis pake latex jadi dijelasin aja ya. pertama cari cepat rambat gelombang dengan cara akar dari - tegangan dibagi dengan massa jenis linear-. langkah kedua, kita tahu bahwa frekuensi resonansi untuk harmonik ke-n pada senar adalah; fn=(nv)/(2L), untuk harmonik ke-(n+1); f(n+1)=((n+1)v)/(2L). jika dibandingkan; (fn)/(f(n+1))=(n)/(n+1)=(450)/525). jika persamaan ini diselesaikan maka akan diperoleh n=6. kemudian dimasukkan ke rumus (fn) maka akan diperleh L=0.2m.

williamluffy

makasih superstring atas bantuan y
yang nomor 4 belum di jwb tuh aku masih bingung
kasih penjelasan y

Monox D. I-Fly

Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.