Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 01, 2021, 01:56:22 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 31
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 28
Total: 28

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: alam ini acak atau teratur?  (Dibaca 28553 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
alam ini acak atau teratur?
« pada: Maret 23, 2010, 12:41:58 PM »
Alam ini teratur. Banyak sekali contohnya di sekitar kita. Bumi yang berputar mengelilingi matahari, apel jatuh dari pohonnya, air menguap dan lain-lain. Adanya hukum fisika sudah sangat jelas mendukung pendapat ini.

Tapi kalau kita lihat lagi lebih mendalam, ternyata hukum fisika pun menemukan adanya ketidakaturan dalam alam ini. Sesuatu yang nilainya selalu acak dan tidak bisa diprediksi. Semuanya hanyalah kemungkinan-kemungkinan. Atom-atom berpeilaku seperti hantu yang geraknya tidak dapat diprediksi setiap saat. Semua terlihat begitu acak, kadang disini kadang disana.

Lalu bagaimana mungkin dari keacakan timbul keteraturan? atau bagaimana mungkin keteraturan dibentuk dari hal-hal yang acak?

Sekedar sharing aja.. mohon pendapatnya temen-temen.
Aku adalah sesuatu yang tersembunyi. Aku berkehendak untuk dikenal, maka Aku ciptakan makhluk agar mereka mengenalKu

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #1 pada: Maret 23, 2010, 03:00:43 PM »
Acak atau teratur itu masalah sudut pandang

Offline Hand15

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 4
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #2 pada: Maret 23, 2010, 04:01:41 PM »
Alam ini teratur. Banyak sekali contohnya di sekitar kita. Bumi yang berputar mengelilingi matahari, apel jatuh dari pohonnya, air menguap dan lain-lain. Adanya hukum fisika sudah sangat jelas mendukung pendapat ini.

Tapi kalau kita lihat lagi lebih mendalam, ternyata hukum fisika pun menemukan adanya ketidakaturan dalam alam ini. Sesuatu yang nilainya selalu acak dan tidak bisa diprediksi. Semuanya hanyalah kemungkinan-kemungkinan. Atom-atom berpeilaku seperti hantu yang geraknya tidak dapat diprediksi setiap saat. Semua terlihat begitu acak, kadang disini kadang disana.

Lalu bagaimana mungkin dari keacakan timbul keteraturan? atau bagaimana mungkin keteraturan dibentuk dari hal-hal yang acak?

Sekedar sharing aja.. mohon pendapatnya temen-temen.

Itu terjadi karena penurunan entropi sistem. Tentu saja entropi alam semestanya meningkat, tapi secara lokal, entropinya menurun.
Misalnya pembekuan air menjadi es dll...

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #3 pada: Maret 24, 2010, 09:31:09 PM »
betul juga, entropi selalu meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Berarti alam semesta ini menuju kekacauan. Dan pada akhirnya ketika entropi sudah mencapai maksimal, alam ini acak ;D

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #4 pada: Maret 25, 2010, 02:03:03 AM »
..bagaimana kalo ketidak teraturan membuat kestabilan?...misalnya bila suatu benda yang berbeda kutub dengan benda lain saling mendekat, maka benda itu di lemparkan oleh benda yang memiliki gaya magnet lebih kuat sampai berada pada posisi yang stabil, dan bila ada benda angkasa yang tidak stabil maka akan saling terbentur dengan benda stabil lalu melenyapkan benda yang tidak stabil...?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #5 pada: Maret 25, 2010, 03:31:37 AM »
@nandaz
sori, saya ga ngerti pertanyaannya. bisa dijelaskan dengan bahasa yang lebih sederhana  :P

Offline Scorpion

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 125
  • IQ: 1
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #6 pada: Maret 25, 2010, 11:59:57 AM »
masak iya sih atom bergerak gak jelas kayak gtu..? se enggak enggak jelasnya atom bergerak mngkin ada gaya yang mmbuatnya brgerak kayak gtu paleeng..

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #7 pada: Maret 26, 2010, 03:52:44 AM »
@nandaz
sori, saya ga ngerti pertanyaannya. bisa dijelaskan dengan bahasa yang lebih sederhana  :P
ini pendapat lho, pendapat...
sama halnya dengan sistem tata surya, misalkan ada benda asing seperti sampah2 asteroid yang saling tidak berarturan posisinya terlempar atau tertarik oleh gaya grafitasi benda sekitarnya(misalnya saja planet2 atau bulan2 dari planet yang memiliki gaya grafitasi cukup kuat) dan tentu saja benda yang lemah gaya grafitasinya terperangkap dan jatuh ke permukaan planet tersebut, taukan di bulan2 banyak kawah besar akibat terbentur asteroid2...kejadiannya terjadi terus menerus sampai semua stabil, maka nantinya yang tersisa adalah benda2 yang stabil interaksi gayanya...

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #8 pada: Maret 26, 2010, 11:42:04 AM »
jadi hubungannya dengan ketidakaturan membuat kestabilan apa? *sori kalau agak lemot :p

Offline genjer-genjer

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 34
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #9 pada: Maret 26, 2010, 12:03:41 PM »
Kalo menurut pendapat saya, alam itu berada dalam ketidakpastian

Ingat Prinsip Ketidakpastian Heisenberg atau Paradoks Kucing Schrodinger....

Cogito ergo sum

Offline gema

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #10 pada: Maret 30, 2010, 04:02:35 AM »
sebenarnya keteraturan atau ketidakteraturan tidak berkaitan dengan prinsip ketidakpastian heisenberg,karena teratur adalah ukuran kualitatif.

Pada skala makroskopis yang kita temukan adalah keteraturan,sedangkan pada skala mikroskokpis kita temukan adalah ketidakteraturan.
Dan fisika memang ada bukan untuk keledai tapi untuk manusia yang matanya tidak tertipu oleh keteraturan yang terlihat.

Fisika ilmu pembongkar kulit
Mpunya sombong dan salah.

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #11 pada: Maret 30, 2010, 07:15:04 AM »
mungkin kalau pertanyaannya diganti jadi seperti ini bisa lebih jelas:
alam ini deterministik atau acak?

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #12 pada: Maret 30, 2010, 08:33:00 AM »
mungkin kalau pertanyaannya diganti jadi seperti ini bisa lebih jelas:
alam ini deterministik atau acak?
Alam semesta ini berjalan sesuai hukum alam.

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #13 pada: Maret 30, 2010, 07:57:36 PM »
Alam semesta ini berjalan sesuai hukum alam.
bener juga..
biarpun hukum alam hanya mampu menampillkan probabilitas.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: alam ini acak atau teratur?
« Jawab #14 pada: Maret 30, 2010, 11:20:05 PM »
Jika melihat pertanyaan awal, "Apakah alam ini acak atau teratur?", maka secara umum saya mengatakan bahwa alam ini penuh dengan keteraturan. bahkan sesuatu dengan ketidak teraturan yang tinggipun memeiliki keteraturan, atau ketidak teraturan yang teratur. teratur disini tidak selalu yang berhubungan dengan properti periodik alam seperti bumi mengelilingi matahari, bulan mengelilingi bumi, atau sifat periodik unsur-unsur alam. Selain dari itu teratur disini berarti selaras antara satu dengan yang lainnya, misalnya reaksi kimia atau reaksi nuklir, kekealan energi, kekekalan momentum dll.

Alam selalu menuju kestabilan, atau dengan kata lain selalu menuju tingkat energi serendah-rendahnya, tingkat enteropi setinggi-tingginya. memang sedikit aneh tingkat enteropi tinggi berarti tingkat kekacauan yang tinggi namun itulah yang stabil menurut alam dan pada akhirnya saat enteropi memuncak, saat itu pula tingkat energi alam menuju tingkat terendahnya, entah sekejap atupun berkala, yang jelas saat itu akan terjadi suatu waktu nanti.

bagi sudut pandang kita, manusia, sebagai pengamat, alam ini dipenuhi probabilitas-probabilitas. kejadian yang terjadi, biasanya yang memiliki probabiltas tertinggi. menurut saya, alam ini sangat teratur dan predictable secara exact. probabilitas merupakan keterbatasan ilmu yang kita miliki saat ini. pada jaman dulu manusia bahkan tidak dapat menentukan atau memperkirakan kecepatan atau kapan apel yang jatuh dari phon samapi ke tanah. mungkin suatu saat nanti kita dapat menentukan secara lebih tepat apa yang kita sebut sekarang sebagai probabilitas.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
8428 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 16, 2009, 12:23:32 AM
oleh insan sains
.ini atau itu.

Dimulai oleh rafy « 1 2 ... 114 115 » Otak Jayus

1717 Jawaban
1281536 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 04, 2014, 03:59:37 AM
oleh Monox D. I-Fly
77 Jawaban
32523 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2011, 09:56:49 AM
oleh exile_rstd
0 Jawaban
175568 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 18, 2012, 02:56:09 AM
oleh ibnu nugraha
7 Jawaban
7353 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 20, 2014, 02:34:15 PM
oleh IdontSpeakHuman