Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 01, 2021, 07:29:20 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139621
  • Total Topik: 10384
  • Online Today: 57
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 32
Total: 32

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Another question about light  (Dibaca 4321 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Another question about light
« pada: Juni 29, 2010, 06:48:00 AM »
Kenapa:
1. Cahaya matahari di sore hari lebih menyilaukan daripada pagi hari?
2. 'Cahaya bulan' yang sedang gerhana dan yang sedang purnama berbeda warnanya?
3. Pantulan cahaya dari cermin lebih terang dibandingkan dengan aslinya? (apa karena interferensi konstruktif?)

Sekian dulu, makasih atas jawabannya n mohon maaf jika salah tempat.  ::)
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
Re: Another question about light
« Jawab #1 pada: Juni 29, 2010, 12:52:37 PM »
1. kalau saya lihat sama terangnya antara matahari pagi dan sore
2. cahaya bulan berasal dari matahari, ketika bulan tertup oleh bumi, hanya cahaya yang berenergi rendah saja yang dapat mencapai bumi
3. cermin apa dulu nih? cermin cekung atau cembung?

bonus
foto2 tentang gerhana, dapet dari kask*s

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Aku adalah sesuatu yang tersembunyi. Aku berkehendak untuk dikenal, maka Aku ciptakan makhluk agar mereka mengenalKu

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Another question about light
« Jawab #2 pada: Juni 29, 2010, 06:41:15 PM »
1. masa? aq naik motor jam 7an silaunya ga terlalu, tapi kalau jam 4an, kudu ditutupi pake tanga. apa perasaanq aja ya? Hmmmmmmmmmm

2. ok, clear. thx :)

3. cermin datar! coba pantulkan sinar matahari dan jatuhkan pantulannya pada daerah yg terkena sinar matahari. Jadi lebih terang kan?

Offline binekas

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 201
  • IQ: 6
Re: Another question about light
« Jawab #3 pada: Juli 05, 2010, 08:22:16 AM »
kalau panasny beda kan antara matahari d siang hari dan sore hari? sebabnya apakah karena matahari lebih dekat ketika siang hari atau gimana??

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Another question about light
« Jawab #4 pada: Juli 05, 2010, 08:31:26 AM »
Mungkin juga.
Guru SDq dulu pernah bilang, walaupun sama2 berjarak 2 jam jari jam 12 siang, tapi matahari pada jam 2 siang lebih panas daripada jam 10 pagi.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Another question about light
« Jawab #5 pada: Juli 05, 2010, 09:50:08 AM »
Eeee? Yg q maksud bukan panasnya, tapi silaunya!
Kalau soal panas, itu karena intensitas penyinaran saja. Makin lama penyinaran, makin banyak kalor yg diserap. Coba bandingkan jam 4 pagi dan jam 4 sore. Kenapa berbeda? karena intensitas penyinarannya pun berbeda!

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Another question about light
« Jawab #6 pada: Juli 12, 2010, 11:38:17 AM »
...kalo panas itu kalo pake lensa cembung pasalnya lensa cembung divergen khan...contohnya Lup yang memfokuskan pantulan sinar pada jerami. Pendapatku sama saja kuat sinar pantul antara cermin datar dengan sinar langsung dari matahari, yang membedakannya cuma kedudukan kita selaku objek yang kena sinar...coba praktekkan ini, berdirilah dibawah terik matahari kemudian tutupi kedua matamu dari dengan tanganmu(mata fokuskan melihat telapak tangan), tahan dulu sementara (jangan sampai sinarnya masuk lewat celah jari, buat matamu ngga kena sinar matahari sehingga dapat melihat warna tanganmu merah)... kemudian sekitar kurang dari 2 menit secara cepat pindahkan  tangan maka terjadilah silau bukan....
   logisnya ini sih disebabkan zat fotokimia peka cahaya, sel kerucut yang bertanggung jawab ya...atau mudahnya mata beradaptasi gelap....ini pendapat ya :P
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Another question about light
« Jawab #7 pada: Juli 13, 2010, 09:22:14 AM »
@bung nandaz
Hmmmm... masukan diterima. tapi bukan itu maksudq... nanti q coba uploadkan gambarnya deh...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Another question about light
« Jawab #8 pada: Juli 14, 2010, 04:29:01 AM »
...baik ditunggu

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
11 Jawaban
24258 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 16, 2011, 10:00:03 AM
oleh isaactaruma23
1 Jawaban
6128 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 14, 2009, 01:36:25 AM
oleh cartiman
3 Jawaban
3008 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 27, 2010, 01:17:08 PM
oleh davzrmid
0 Jawaban
1875 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 20, 2012, 04:53:48 PM
oleh azizvoid
2 Jawaban
2257 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2012, 12:25:48 PM
oleh rhesa.varian