Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 28, 2022, 03:59:09 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 75
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 42
Total: 42

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

apa spektrum warna cahaya tampak yang dominan di cahaya matahari??

Dimulai oleh herrutama, Februari 20, 2011, 12:18:23 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

herrutama

matahari memiliki spektrum cahaya tamapak yang berbeda-beda
yang biasanya terbagi menjadi merah,jingga,kuning,hijau,biru,nila,dan ungu....

setiap warna tadi memiliki frequensi yang berbeda-beda,
jadi menurut teman-teman dengan menggunakan hukum fisika khususnya tentang radiasi
warna apa yang lebih dominan diantara warna tersebut?????

...

topazo

Bicara tentang matahari kita berbicara tentang bintang...
Bicara tentang warna kita bicara tentang spektrum warna...

Matahari termasuk bintang yang ber [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] G2V yang berati kelas G atau berwarna kuning... Berarti sudah bisa disimpulkan bahwa spektrum dan frekuensi dominan matahari adalah spektrum [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]...
bintang2 pun mempunyai spektrum warna yang beragam, mulai dari biru sampai merah... semakin biru maka bintang akan semakin panas, semakin merah maka akan semakin dingin (meskipun tetap aja panas heheheh...)





BSJS, semoga membantu... Maaf saya gak pake fisika2an, para suhu mungkin yang lebih tahu kalau perlu penjelasan sampai ke sana (contoh: karena ikatan hidrogen bintang Kelas G lebih rendah daripada Kelas F atau Kelas A)

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

herrutama

hmmm...
saya pernah berfikir juga kalo warna yang dominan di matahari adalah kuning
...dan mungkin semua orang berpikir hal sama
tapi dengan melihat fenomena alam seperti mengapa langit berwarna biru, mengapa laut berwarna biru, itu membuat kesimpulan bahwa warna dominan itu berwarna biru?

dengan menggunakan hukum pergeseran wien pun warna biru yang dominan,

jadi bagaimana itu sob??

topazo

Intinya Boss herrutama menanyakan "warna hakiki" dari matahari yah...
Waduh, Jadi berat nih... Kalau saya sih simpel aja, spektrum warna yang tertangkap oleh mata, maka itulah warna dominan sang benda...

Kalau dihubungkan dengan pergeseran Wien, kalo gak salah hukum ini menyatakan semakin panas benda, semakin banyak radiasi yang dipancarkannya... Radiasi yang dipancarkan akan mempengaruhi warna... Tapi kenapa mempengaruhi warna, ini yang saya belum tahu...

Kalau masalah air, air ternyata memang berwarna biru karena struktur fisika dan kimia dari hidrogen dan oksigen itu sendiri... Kata Mbah Wiki sih:

KutipThe light turquoise blue color is caused by weak absorption in the red part of the visible spectrum. Absorptions in the visible spectrum are usually attributed to excitations of the electronic energy states in matter. Water is a simple 3-atom molecule, H2O, and all its electronic absorptions occur only in the ultraviolet region of the electromagnetic spectrum and are therefore not responsible for the color of water in the visible region of the spectrum.

Kalau mengapa sebagian bintang menjadi biru, sebagian putih, sebagian kuning, dan sebagian merah... Itu juga ada hubungannya dengan ikatan hidrogen dan reaksi fusinya sehingga memancarkan radiasi... Tapi saya kurang ngerti mengapa suatu ikatan menghasilkan warna tertentu...
BSJS...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

herrutama

hemm

warna yang dominan pada tiap benda karena tiap benda memantulkan warna dominan itu sendiri (ato itu yang dominan tertangkap mata)...

jadi, kalo kita melihat langit berwarna biru, laut berwarna biru....
gag salah kalo kita ngambil kesimpulan laut dan langit memantulkan lebih dominan warna biru.

dan warna biru itu lah yang dominan pada matahari.... :-\

topazo

Memang langit biru salah satunya karena disinari matahari, tapi birunya langit kayaknya lebih berhubungan dengan "warna dominan atmosfer" kita dan bukan "warna dominan matahari"... Buktinya tiap subuh dan magrib warna langit bukan biru tuh...
Berarti warna dominan matahari biru atau jingga?  ???
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Monox D. I-Fly

Kutip dari: topazo pada Februari 22, 2011, 09:22:30 AM
Memang langit biru salah satunya karena disinari matahari, tapi birunya langit kayaknya lebih berhubungan dengan "warna dominan atmosfer" kita dan bukan "warna dominan matahari"... Buktinya tiap subuh dan magrib warna langit bukan biru tuh...

Aq setuju sama pendapat yg ini.

Kutip dari: topazo pada Februari 20, 2011, 02:37:22 PM
bintang2 pun mempunyai spektrum warna yang beragam, mulai dari biru sampai merah... semakin biru maka bintang akan semakin panas, semakin merah maka akan semakin dingin (meskipun tetap aja panas heheheh...)

Bisa dikasih urutannya?

Btw, kalo' warna dominan bumi kita apa ya? Kalo' dari jauh warnanya ijo biru sih, tapi tanahnya warnanya coklat tuh...
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

herrutama

hmm, untuk pendapat
KutipMemang langit biru salah satunya karena disinari matahari, tapi birunya langit kayaknya lebih berhubungan dengan "warna dominan atmosfer" kita dan bukan "warna dominan matahari".
saya berpikir

apakah atmosfer memancarkan sprektum cahaya tampak? tidak bukan.
atmosfer hanya memantulkan warna yang dipancarkan matahari.

jika, kita lihat pada siang hari warna langit biru,
berarti armosfir bumi dominan memantulkan spektrum cahaya biru matahari.
berarti cahaya biru dominan di matahari.

dan, jika subuh ato senja warna langit jingga.
itu sih menurut saya karena efek pembiasan saja, karena saat subuh ato senja matahari tidak berapa di atas kita sehingga cahaya matahari mengalami efek pembiasan saja.

utusan langit

hmmf,..
bukannya kalau warna langit itu kaitannya dengan panjang gelombang matahari??
kalau sor atau pagi hari langit kemerah merahan, karena panjang gelombang matahari pas panjang panjangnya,.. berbanding terbalik dengan pas siang hari,.. bukan begitu?

semakin biru semakin panas, dan semakin merah semakin tidak panas.
semakin siang semakin panas, dan semakin sore atau pagi semakin tidak panas,..

bukan begitu?

topazo

Nah, kalau di ruang vakum atau di luar angkasa warna matahari apa? Bukannya G2V itulah yang terlihat, warna kuning... Apa bukan kuning kalau begitu cahaya dominan dari matahari?
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

herrutama

Kutipbukannya kalau warna langit itu kaitannya dengan panjang gelombang matahari??
kalau sor atau pagi hari langit kemerah merahan, karena panjang gelombang matahari pas panjang panjangnya,.. berbanding terbalik dengan pas siang hari

memang warna berhubungan dengan panjang gelombang.
tiap warna memiliki panjang gelombang yang berbeda-beda.

dan dari panjang gelombang yang berbeda-beda itulah maka ada satu warna yang dominan.
itu lah yang menjadi permasalahnnya, warna apa yang lebih dominan pada cahaya matahari




12

kalau saya melihat matahari secara langsung warnanya putih terang menyilaukan, kadang kuning, kadang kemerahan. tidak pernah berwarna biru
jadi kalu menurut saya spektrum warna matahari yang dominan adalah kuning. warnanya kemudian menjadi kemerahan karena jarak matahari tengah menjauh. warnanya kembali putih terang benderang ketika posisinya tepat diatas kepala.
#12