Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Fisika => Topik dimulai oleh: fitrie pada Agustus 25, 2008, 08:19:02 PM

Judul: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: fitrie pada Agustus 25, 2008, 08:19:02 PM
alo semua, aku anggota baru nih.

menurut teorema relativitas umum einstein bahwa bentuk alam semesta sebanding dengan besarnya rapat materi yang ada di jagad raya.
akibatnya, materi dan bentuk alam semesta ruang-waktunya melengkung. namun pada saat itu orang belum pada tertarik.

akhir-akhir ini, dengan kehadiran teori superstring, teori branes, dan dimensi ekstra, orang mulai menggali lagi kehadiran alam semesta paralel, sehingga jika solusi ini ada, berarti jagad raya yang kita tempati tidaklah tunggal, tetapi ada kembarannya.

nah kalo menurut forum gimana? apa bener alam semesta ini ada kembarannya?
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: rawWARus pada Agustus 25, 2008, 10:15:55 PM
sebenarnya sh ada beberapa pendapat, tapi saya lebih suka pendapat bahwa dunia paralel itu ada, namun karena berbeda kecepatan dan diselubungi horison peristiwa maka menjadi tak kasat mata, sementara itu dulu dh, tar dilanjut
pemanasan dulu ya fit3  ;) ;) ;)
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: fitrie pada Agustus 26, 2008, 07:43:17 AM
makasi penjelasannya  :) :)

cm secara teori ato sejarah, pernah gak ada orang yang sama berjumpa dalam satu waktu?
aku pernah denger kalo nasa itu pernah menangkap gambar televisi rekaman dari pidatonya hitler beberapa puluh/ ratus tahun yang lalu. tapi itu jaraknya jauh banget dr bumi. trus andaikan mereka (pada masa itu) punya teknologi yang sama dengan seperti kita sekarang, apa mungkin mereka juga bisa melihat ato mendengar sinyal dari kita.  ::) ::) ::) ::)
berarti kita bisa berkomunikasi donk dengan mereka  :o :o :o
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: Vermilion Bird pada Agustus 29, 2008, 09:03:16 AM
alo semua, aku anggota baru nih.

menurut teorema relativitas umum einstein bahwa bentuk alam semesta sebanding dengan besarnya rapat materi yang ada di jagad raya.
akibatnya, materi dan bentuk alam semesta ruang-waktunya melengkung. namun pada saat itu orang belum pada tertarik.

akhir-akhir ini, dengan kehadiran teori superstring, teori branes, dan dimensi ekstra, orang mulai menggali lagi kehadiran alam semesta paralel, sehingga jika solusi ini ada, berarti jagad raya yang kita tempati tidaklah tunggal, tetapi ada kembarannya.

nah kalo menurut forum gimana? apa bener alam semesta ini ada kembarannya?

Kalau yang dimaksud dengan dunia paralel itu adalah bahwa satu entitas bisa berada di dua dunia menurut saya itu nggak mungkin. Misalnya tubuh saya tidak mungkin berada di dua dunia sekaligus.

Tapi kalau yang dimaksud adalah adanya dua dunia yang tersusun dari entitas yang sama sekali berbeda tapi terjadi di 'ruang' yang sama maka menurut saya tidak tertutup kemungkinan adanya hal itu.
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: syx pada Agustus 30, 2008, 03:28:50 AM
ini bukan masuk pseudoscience ya?
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: fitrie pada Agustus 30, 2008, 10:24:55 AM
ini bukan masuk pseudoscience ya?

pseudoscience itu apa?  ??? ??? ??? ???
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: lovianettesherry_gonz pada September 01, 2008, 10:50:09 AM
lhoh..apa hubungannya superstring sama kembaran alam semesta??

@firtrie
aku suka penjelasan kamu tentang quantum gravity...baca buku apa sih??
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: lem pada September 03, 2008, 05:16:44 AM

nah kalo menurut forum gimana? apa bener alam semesta ini ada kembarannya?

tidak benar....
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: Pi-One pada September 03, 2008, 11:36:03 AM
pseudoscience itu apa?  ??? ??? ??? ???
Sesuatu yang tidak ilmiah, tapi diaku-aku sebagai hal ilmiah. Contohnya yang sederhana itu Harun Yahyaisme...

*Makanya, gak ada harapan dia bakal dapat nobel...
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada September 03, 2008, 02:00:31 PM
...
*Makanya, gak ada harapan dia bakal dapat nobel...

btw, nobel prize kan cuma buat physics, chemistry, medicine, literature, peace, dan economics.

(hehe, mathematics sama biology ga ada yah,,,)
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: superstring39 pada September 05, 2008, 11:16:55 PM
btw, nobel prize kan cuma buat physics, chemistry, medicine, literature, peace, dan economics.

(hehe, mathematics sama biology ga ada yah,,,)
setahu gw nobel buat matematika itu ada, untuk biology gak tahu deh.  ???

alo semua, aku anggota baru nih.

menurut teorema relativitas umum einstein bahwa bentuk alam semesta sebanding dengan besarnya rapat materi yang ada di jagad raya.
akibatnya, materi dan bentuk alam semesta ruang-waktunya melengkung. namun pada saat itu orang belum pada tertarik.

akhir-akhir ini, dengan kehadiran teori superstring, teori branes, dan dimensi ekstra, orang mulai menggali lagi kehadiran alam semesta paralel, sehingga jika solusi ini ada, berarti jagad raya yang kita tempati tidaklah tunggal, tetapi ada kembarannya.

nah kalo menurut forum gimana? apa bener alam semesta ini ada kembarannya?

Dalam Fisika sebuah teori haruslah memenuhi dua syarat; yang pertama harus indah dan yang kedua harus bisa dirumuskan dengan persamaan matematika. kalo dua syarat ini sudah terpenuhi barulah teori tersebut bisa dibilang teori fisika.

Teori tentang dunia paralel ini memang indah, tetapi sayang tidak bisa dibuktikan, bahkan hanya dengan persamaan matematika serumit apapun. Dalam cerita sci-fi mungkin keberadaan tentang dunia paralel ini sangat menarik untuk diikuti, tapi sayang dalam kenyataannya dunia paralel bahkan belum layak disebut sebagai sebuah teori fisika, mungkin bisa dibilang hayalannya orang fisika.  8)

Sesuatu yang tidak ilmiah, tapi diaku-aku sebagai hal ilmiah. Contohnya yang sederhana itu Harun Yahyaisme...

*Makanya, gak ada harapan dia bakal dapat nobel...

Btw Harun Yahya itu gak pernah berharap dapet nobel, dia cuma mengajak orang untuk berfikir dan semua yang dibahasnya berdasarkan penelitian dan penemuan ilmiah para ilmuan.
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: fitrie pada September 16, 2008, 05:46:39 AM
@ loviane  :
fitri gak  baca buku kok, cuma search aja di google  ;D ;D ;D ;D

@ superstring :
belum bisa dibuktikan yah? bagaimana dengan adanya black hole dan white hole?
terkadang memang ada fenomena yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah namun terjadi.
contoh dekatnya, bagaimana datangnya nyawa seseorang setelah berada 4 bulan dalam kandungan.
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: lovianettesherry_gonz pada September 20, 2008, 02:56:23 AM
dulu waktu aku masih terobsesi sama antimateri,aku nganggep kalo kembarannya alam sesmta itu adalah anti alam semsta..dan pastinya,gue mau salaman sama anti gue sendiri dong hehe
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: cheloniamydas pada September 20, 2008, 03:25:56 AM
dulu waktu aku masih terobsesi sama antimateri,aku nganggep kalo kembarannya alam sesmta itu adalah anti alam semsta..dan pastinya,gue mau salaman sama anti gue sendiri dong hehe

hehehe, kalau emang kayak gitu kejadiannya dan benar gua punya kembaran gua harap nggak anti ma gua, soalnya gua orangnya baek hehehehe, takutnya klo ada anti alam semesta kayak gitu ntar yang didalamnya ikut2an anti juga donk dengan dunia sekarang, biasanya manusia di darat ntar diantinya tinggal di air/ udara....
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: lovianettesherry_gonz pada September 20, 2008, 03:39:57 AM
hehehe, kalau emang kayak gitu kejadiannya dan benar gua punya kembaran gua harap nggak anti ma gua, soalnya gua orangnya baek hehehehe, takutnya klo ada anti alam semesta kayak gitu ntar yang didalamnya ikut2an anti juga donk dengan dunia sekarang, biasanya manusia di darat ntar diantinya tinggal di air/ udara....

anti gue yang gue maksudkan bukan kembaran gue yang sirik,jealous atau gak suka ma gue..tapi individu yang persis sama tapi terbuat dari antimateri makanya disebut anti..

kalo gue ma anti gue salaman ya jelas dong kita berdua berubah jadi foton alias mati,hehe
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: rawWARus pada September 21, 2008, 08:42:08 AM
masalah nobel kayaknya ilmuwan itu tujuannya bukan mendapat nobel deh tapi bagi mereka adalah didapatkannya suatu pencerahan ttg ilmu itu sendiri klo nobel itu sh bonus aza kali  ;D
seperti guru yg mendapat gelar PAHLAWAN TANPA TANDA JASA  ;)

saya pernah baca ahli fisika yg mengungkapkan parallel universe yakni salah satunya adl Dr. michio koku dan max tegmark (co-founder teori string field) dmn menganalogikan nya seperti keberadaan daerah luar kolam bagi seekor ikan yg tinggal dikolam (www.mkaku.org) ikan tsb tak bisa melihat daerah luar kolam tapi merasakannya dengan gelombang dari permukaan, getaran gelombang itu adalah gravitasi dan cahaya dari alam semesta lain yg kita rasakan sbg bukti keberadaannya.(www.sciam.com)
penelitian terbaru menyebutkan bahwa keberadaan alam semesta lain yg terdekat sekitar 10 pangkat 28 meter dari bumi (sori ga pake mmex  ;D ) dan belum dpt kita lihat krn jarak terjauh yg dapat kita lihat sampai saat ini adl batas alam semsta kita yaitu sekitar 4.10 pangkat 26 meter
Max tegmark mengungkapkan bahwa ahli fisika telah menetapkan ada 4 tingkatan parallel universe yakni
1.Beyond our cosmic horison
tak dapat dilihat karena berada diluar garis horison alam semesta kita
2.Other postiflation bubbles
tak dapat melihat karena cepatnya pengembangan alam semesta yg terus berlangsung
3.Quantum many word
proses kuantum acak menyebabkan alam semsta bercabang dgn banyak kemungkinan terjadi
4. Other mathematical structures
bahwa alam semesta lainnya tak hnya berada diluar garis horison tapi jg berbeda dalam semua hal, misal waktu, hukum fisika, dan jagat raya

salah satu bukti lainnya ditemukan oleh dua orang ahli fisika Dr. Robert Foot dan Dr. Saibal mitra asal melbourne, pd penelitian asteroid eros berupa percikan mirror matter dan bukti dari mirror matter adalah peluruhan orthopositrinium

lanjut lain kali...



Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: cignus pada Januari 21, 2009, 06:37:25 AM
alo semua, aku anggota baru nih.

menurut teorema relativitas umum einstein bahwa bentuk alam semesta sebanding dengan besarnya rapat materi yang ada di jagad raya.
akibatnya, materi dan bentuk alam semesta ruang-waktunya melengkung. namun pada saat itu orang belum pada tertarik.

akhir-akhir ini, dengan kehadiran teori superstring, teori branes, dan dimensi ekstra, orang mulai menggali lagi kehadiran alam semesta paralel, sehingga jika solusi ini ada, berarti jagad raya yang kita tempati tidaklah tunggal, tetapi ada kembarannya.

nah kalo menurut forum gimana? apa bener alam semesta ini ada kembarannya?
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: biobio pada Januari 21, 2009, 06:57:45 AM
tidak ada bukti yang benar2 ilmiah, cm asumsi dan analogi saja kan?
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: biobio pada Januari 21, 2009, 06:59:33 AM
tidak ada bukti yang benar2 ilmiah, cm asumsi dan analogi saja kan?
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: hsand pada Februari 13, 2009, 11:37:51 AM
menurutku ada kallian tau kan teori relativitas einstein kalo gak tau tanya om google kalo ndak tante yahoo.  :kribo: berarti kita bisa ke masa depan pake hukum ini donkz. berarti sekarang kita berada dimasa lalu dari masa depan donkz makanx aq bisa bilang dunia paralel itu ada ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Februari 14, 2009, 03:16:11 AM
Secara teori bisa dibangun model dunia paralel, namun secara observasi/eksperimen tidak bisa dibukutikan.
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 14, 2009, 07:49:03 AM
nah kalo menurut forum gimana? apa bener alam semesta ini ada kembarannya?

wallahu a'lam bis shawab.

Tapi asumsi saya mengatakan, gak ada.
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: Siapa_saya pada Juni 29, 2009, 01:08:09 PM
nah kalo menurut forum gimana? apa bener alam semesta ini ada kembarannya?

wallahu a'lam bis shawab.

Tapi asumsi saya mengatakan, gak ada.
Saya juga demikian
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: Karno Giyantono pada Juni 30, 2009, 12:05:40 AM
yg pasti2 aja lah...

mungkin ada mungkin gak

tapi yg saya tau ada dunia lain adalah akherat
tapi menurut penelitian
ada sebuah planet yg sangat besar tapi ia tidak bisa dilihat oleh mata, planet itu adalah suatu energi, dan setiap saat gelombang energi dari bumi, mengalir ke planet tak tampak kasat mata, mungkin karena pantulan yah itu tidak sesuai dengan daerah cahaya tampak mejikuhibinu

yg jadi pertanyaan

cara yah...
bgmn
cara menembus dunia paralel
cara kembali ke masa lalu
cara ke masa depan

petunjuk yah adalah kecepatan cahaya, namun cahaya itu sendiri adalah bukti kegagalan teori itu, ketahuilah bagi orang2 yg berfikir...

:)
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: Siapa_saya pada Juni 30, 2009, 01:42:02 AM
@bio2 repost tuh
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: Oshe pada Juli 09, 2009, 03:47:24 AM
Menurut pemikiranku Sebenarnya juga dunia paralel itu hanya asumsi manusia "jika saya mengambil pilihan yang berbeda??" jadi bisa ada bisa gak ada ??? kita hanya dapat melihat hasilnya dengan cara membuat mesin waktu kemudian mengubah masa lalu kita! kita hanya bisa melihat itu jika kita berada satu ruangan, jadi tidak tetutup kemungkinan ada orang yang mirip kita sedang menjalani kehidupan yang berbeda di ruangan yang lain! klo mau melihat kita di dua ruangan sekaligus maka kita harus keluar dari ruangan artinya kita harus keluar dari alam semesta kita?????????
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada Juli 09, 2009, 11:55:23 AM
salah satu model untuk "menghindari" grandfather paradox
Judul: Re: apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: rawWARus pada Juli 27, 2009, 10:36:35 AM
tapi sederhananya aja mgkn berhubungan dengan sebab akibat, jika kita melakukan aktivitas A1 maka akan menjadi B1, jika tidak mau menjadi B1 maka lakukanlah aktivitas A2, Dan q masih yakin akan adanya dunia paralel meski q blm bs melihatnya,hehehe, itu terkait dgn E=mc2...
Judul: Re:apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Juni 11, 2013, 01:34:52 AM
tidak ada bukti yang benar2 ilmiah, cm asumsi dan analogi saja kan?

Schrodinger's Cat?  :P

cara ke masa depan

Nih saya sudah ke masa depan: Waktu saya selesai memposting postingan saya ini, saya sudah bergerak ke masa depan sejauh beberapa detik sejak saya mulai memposting.  :P
Judul: Re:apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: Blaise pada Juli 10, 2014, 01:12:25 PM
wallahu a'lam bis shawab.

Tapi asumsi saya mengatakan, gak ada.

Saya sependapat dengan itu
Judul: Re:apakah dunia paralel itu ada?
Ditulis oleh: Blaise pada Juli 10, 2014, 01:16:10 PM
Kalo pun ada, gagasan itu akan terus berlanjut. dan kalo pertanyaannya itu diteruskan bisa bahaya utk pemahaman akidah agama Islam