Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 26, 2022, 08:52:28 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,632
  • Total Topik: 10,389
  • Online today: 62
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 47
Total: 47

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

ARAH BUNYI

Dimulai oleh sheriid, Januari 28, 2012, 01:42:58 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

sheriid

Mohon pencerahan dari rekan-rekan...
Suatu bunyi pendek ditimbulkan pada ujung sebuah pipa yang panjang. Sebelum rambatan bunyi sampai dipertengahan pipa, pipa dibalik 180°. Apakah arah rambatan bunyi kembali ke asalnya?

Mr.Smiley

Saya rasa itu masuk akal, tapi saya rasa juga itu tidak mungkin. Kecepatan suara di udara sekitar 332 m/s atau 1195 km/jam (sumber : catatan pelajaran fisika), jadi, gelombang suara sudah didengar teman anda di seberang sebelum pipa sempat dibalik.

Ada pendapat lain ?
;D

mhyworld

berapa lama waktu yang diperlukan untuk membalik pipa panjang (anggaplah 1 km) sebesar 180°?
once we have eternity, everything else can wait

sheriid

Untuk panjamg pipa 1 km anggaplah waktu untuk berbalik 180° ≈ 1 detik. Apakah mungkin membalik arah rambatan bunyi tanpa dipantulkan?

mhyworld

Pada dasarnya bunyi di udara adalah merambatnya perubahan tekanan udara. Dalam model thermodinamika Maxwell, udara dianalogikan sebagai kumpulan partikel kecil berbentuk bola yang bergerak secara acak. Tekanan udara pada suatu tempat ditentukan oleh kepadatan partikel udara pada tempat tersebut, serta momentum (kecepatan gerak dikalikan massa) partikel udara di tempat itu.

Misalkan sumber suara ada di sebelah kiri pipa, pada titik A, sedangkan penerima ada di sebelah kanan, pada titik B. Kalau menggunakan model gas ideal Maxwell, maka saat pipa diputar balik, perubahan tekanan udara tetap merambat dari titik A ke titik B meskipun pada kondisi akhir, titik A dan B sudah bertukar tempat.

Analisis di atas masih berupa perkiraan teoritis. Jika percobaan di atas dipraktekkan, tentunya diperlukan percepatan sudut yang besar untuk membalik pipa. Di samping itu juga akan ada percepatan centripetal untuk menghasilkan gerak memutar. Hal ini akan menimbulkan perubahan tekanan udara di beberapa tempat di dalam pipa, yang berpotensi mengubah kecepatan suara dalam pipa, serta menghasilkan bunyi tambahan.
once we have eternity, everything else can wait

12

#5
akibat adanya ketukan dari ujung pipa menyebabkan energi pada titik pipa tersebut dan juga energi pada udara disekitar titik tersebut lebih tinggi dari pada bagian lain sepanjang pipa.
energi/suara menyebar dari titik yang tinggi energinya ke titik yang rendah energinya.
selama energi di ujung yang lain lebih rendah dari ujung sumber bunyi maka suara akan mengalir ke sana

dalam kasus pipa diputar 180 derajat (dengan kecepatan pemutaran yang sangat tinggi/sangat ekstrim) maka suara akan kembali ke titik semula

#12