Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Fisika => Topik dimulai oleh: reborn pada Februari 05, 2011, 11:05:40 AM

Judul: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: reborn pada Februari 05, 2011, 11:05:40 AM
Uranium adalah mineral yang memancarkan radiasi nuklir atau bersifat radioaktif, digunakan dalam berbagai bidang salah satunya adalah sebagai bahan bakar nuklir. Uranium merupakan suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang U dan nomor atom 92. Sebuah logam berat, beracun, berwarna putih keperakan dan radioaktif alami, uranium termasuk ke seri aktinida (actinide series). Uranium biasanya terdapat dalam jumlah kecil di bebatuan, tanah, air, tumbuhan, dan hewan (termasuk manusia).

Baca selengkapnya
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: zxcvb pada Februari 06, 2011, 12:16:34 AM
persamaan umum reaksi nuklir---> E = mc^2

artinya 1 kg bahan radioaktif yg mengalami reaksi nuklir akan menghasilkan energi sebesar

3000000002 = 90.000.000.000.000.000 joule dalam bentuk radiasi dan panas
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Februari 06, 2011, 04:46:16 AM
untuk bikin Uranium jadi bahan bakar, kita butuh wadah yang tahan suhu tinggi donk yak...?
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: SAMID pada Februari 08, 2011, 02:05:14 AM
lalu  apa pendapat anda mengenai iran yang ingin mengusai teknologi pengolahan uranium? padahal iran hanya ingin mengolah uranium untuk pemanfaatan energi.......
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Februari 08, 2011, 05:14:41 AM
Maksud pertanyaan bung SAMID itu gimana ya? XD
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: 12 pada Februari 09, 2011, 02:57:45 PM
lalu  apa pendapat anda mengenai iran yang ingin mengusai teknologi pengolahan uranium? padahal iran hanya ingin mengolah uranium untuk pemanfaatan energi.......
ini kayaknya soal politik, he2 tapi saya salut Iran sudah sejauh itu sedangkan kita kayaknya belum. tapi gak tau juga sich
menurut teman2 forsa apakah bangsa indonesia sudah siap menerapkan teknologi nuklir?
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: topazo pada Februari 15, 2011, 11:34:49 PM
Negara kita belum memanfaatkan uranium, padahal mempunyai BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) yang sudah berdiri semenjak 1950an... Ironis yah...
Selain masalah politik, rakyat juga kayaknya terlalu parno gara2 kasus Chernobyl

Padahal menurut saya, BATAN sebagai badan negara, sudah siap dari kapan tahun untuk buat PLTN, bahkan bom atom sekalipun...
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: ikansalmon pada Februari 16, 2011, 11:03:27 PM
menurut saya, perlu pendekatan yang intensif juga kepada masyarakat. karena pada umumnya, belum apa-apa masyarakat sudah reaktif dan cenderung negatif thinking. perlu dijelaskan dengan "bahasa ringan" mengenai dampak dan manfaat dari teknologi nuklir ini. kalau BATAN sendiri, sebagai lembaga pemerintah ya tinggal nunggu instruksi saja, dari yang "di atas". memang anehnya, di negara kita, isu apapu akan dibawa ke ranah politik, jangankan urusan NUKLIR, urusan CABE RAWIT saja bisa jadi fasilitas untuk menyerang lawan politik hehehe... ;D
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: ikansalmon pada Februari 16, 2011, 11:10:29 PM
Negara kita belum memanfaatkan uranium, padahal mempunyai BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) yang sudah berdiri semenjak 1950an... Ironis yah...
Selain masalah politik, rakyat juga kayaknya terlalu parno gara2 kasus Chernobyl

Padahal menurut saya, BATAN sebagai badan negara, sudah siap dari kapan tahun untuk buat PLTN, bahkan bom atom sekalipun...

mungkin hal ini terkait juga dengan masalah politik luar negeri negara kita. Bagaimanapun juga, negara-negara barat seperti Amerika dan Perancis ( pengguna teknologi nuklir terbesar) memiliki standar ganda, mereka menggunakan teknologi nuklir dan negara lain "dilarang". perlu keberanian diplomatik dalam masalah ini. mengapa Iran bisa mengembangkan uranium? karena adannya keberanian dari pemerintahannya untuk tidak mendengar apa kata Amerika.. kalau kita... yaaah... tahu sendiri lah...
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: herrutama pada Februari 23, 2011, 02:38:10 AM
saya tertarik dengan ini
Kutip
untuk bikin Uranium jadi bahan bakar, kita butuh wadah yang tahan suhu tinggi donk yak...?

jadi mengapa tidak kita membuat teknologi fusi dingin???
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: topazo pada Februari 23, 2011, 06:09:06 AM
saya tertarik dengan ini
jadi mengapa tidak kita membuat teknologi fusi dingin???
Fusi dingin masih berada dalam ranah teori... Banyak yang mengklaim sudah dapat dipraktekkan, tapi sekali lagi, ini cuman klaim dan belum ada bukti yang meyakinkan dunia sains...
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: herrutama pada Februari 23, 2011, 07:11:05 PM
hahaha. berarti itu adalah sesuatu yang mungkin akan ada sob.

kita tunggu saja para ilmuwan menemukan fusi dingin dan membantu dunia akan issue kehabisan energi
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: topazo pada Februari 23, 2011, 09:18:48 PM
Memang mudah2an bakal ada... Saya juga berharap semua yang dianggap pseudoscience sekarang, merupakan science di masa yang akan datang... Mudah2an hal itu terjadi di masa hidup saya...
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: egacandraleeuwenhoekcanf pada Mei 10, 2011, 06:56:57 AM
Ngomong-ngomong, kalau di Jawa, Cari Uranium tu dimana y ?
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: topazo pada Mei 10, 2011, 07:23:09 AM
Ngomong-ngomong, kalau di Jawa, Cari Uranium tu dimana y ?
Ke Bandung aja, ke BATAN hehehehe...
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: Mada pada Mei 23, 2011, 12:28:38 AM
hahaha. berarti itu adalah sesuatu yang mungkin akan ada sob.

kita tunggu saja para ilmuwan menemukan fusi dingin dan membantu dunia akan issue kehabisan energi

Hemmm, klo mmbicarakan msalah energi . . ada baiknya kita lebih memanfaatkan yang lbih ramah lingkungan, dan dapat diperbarui, karena menurut saya di zaman yang akan datang, kita semua akan kembali dengan alam, *kaya mati aja!! Hihi.
sebagai contoh, kita dapat memanfaatkan energi matahari dengan maksimal (arti luas), trus kita sering juga penelitian tentang cara mahluk hidup lain untuk menghasilkan energi, misalnya tumbuhan (arti luas), "dsb" !!! 
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: isaactaruma23 pada Juli 23, 2011, 10:04:20 PM
hahaha Indonesia mau bikin listrik tenaga nuklir gitu?
lihat deh standar keamanan kita.. ini bangsa yang ga bisa ngelindungin rakyatnya..
contoh simpel: di surabaya di daerah kalianak, rungkut, wiyung dll ga pagi ga malem truk tronton gede" itu lalu lalang terus! dan daerah sana itu daerah padet penduduk. ngeri woi! gila deh kalo lo pada liat gimana sepeda motor kelindes tronton..
di luar negeri, ga boleh tuh trek gede" jalan di jalanan umum pagi malem apalagi yang padet penduduk.. mereka sadar keselamatan.
nah kita? yang sepele gitu aja ga bisa ngejaga, apalagi bikin PLTN, kalo bocor kaya fukushima siapa yang mau tanggung jawab? bisa abis nih negara!
bukannya gua sok ngerti nih ya tapi menurut gua pake aja dulu yang ada, ada energi ombak, bahkan energi solar aja belum maksimal banget disini.. nah nanti kalo udah emang kita bener" butuh listrik pasokan besar dan emang punya sistem yg bagus baru deh bikin PLTN :)
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: 47k pada Agustus 14, 2011, 03:15:36 AM
Jika dilihat dari manfaatnya yang begitu besar, b'arti fungsi dari PLN, PLTA, dan pembangkit listrik lainnya akan tutup dunk ya? ok, mgkn ini yg terlintas diipikiranku saat ini...

back to the topic, manfaat besar, dan juga resiko nya yg besar, btw klo boleh tau, resiko nya itu apa aja? dan yg harus diperhatikan itu apa aja? jika memang yg harus diperhatikan...

dan apakah dana yg dikeluarkan untuk pemanfaatannya sebading ga dengan yg diterima nantinya...
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: 47k pada Agustus 14, 2011, 03:17:23 AM
Hemmm, klo mmbicarakan msalah energi . . ada baiknya kita lebih memanfaatkan yang lbih ramah lingkungan, dan dapat diperbarui, karena menurut saya di zaman yang akan datang, kita semua akan kembali dengan alam, *kaya mati aja!! Hihi.
sebagai contoh, kita dapat memanfaatkan energi matahari dengan maksimal (arti luas), trus kita sering juga penelitian tentang cara mahluk hidup lain untuk menghasilkan energi, misalnya tumbuhan (arti luas), "dsb" !!! 

Kalau soal kembali ke alam, mgkn gak secepat itu bro, memang klo memanfaatkan enegeri matahari mgkn sudah mulai gan, coba liat panel2 surya di jalanan, kemarin sih ane pas jalan (jakarta) ketemu klo lampu yg buat jalanan itu uda pake panel surya loh... dan dengar2 klo panel itu harganya sangat mahal...
Judul: Re: Artikel Forsa - Pemanfaatan Uranium Sebagai Bahan Bakar
Ditulis oleh: sammi19 pada Agustus 17, 2011, 10:08:43 AM
seorang ilmuwan sejati tidak akan membuat sesuatu yang dapat membahayakan banyak orang.
ilmuwan sejati adalah penemu yang mempentingkan banyak orang...........
jd energi nuklir harus selalu dalam pengawasan kita semua.
menurut saya hehehe  ;)
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.