Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 13, 2022, 06:47:16 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 35
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

[ask] entropi

Dimulai oleh HyawehHoshikawa, September 17, 2009, 08:58:57 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

HyawehHoshikawa

eh, eh,
jelasin dong tentang entropi..
gw ga paham apa-apa ni tentang entropi(paling cuman tau nyangkutnya ke hk.2 termodinamika)
ga pernah dijelasin je pas SMA...-__-
kalo' bisa jelasinya:

entropi itu apa dll
contoh soalnya(bserta cara + jawaban)
contoh soal(tanpa  jawaban)

btw, entropi tu yang bener:
S=\int \frac 1Q dT

(eh, entropi tu lambangnya "S"-kan?)
ato

S=\frac{dT}{dQ}
Tq b4
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

sisca, chemistry

entropi bukannye keadaan suatu reaksi kimia yg b'langsung utk mngetahui suatu reaksi spontan ato gag...?

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

HyawehHoshikawa

hmm...
mboh, gw masi buta tentang entropi...
tapi ente ga lagi ngomongin tentang entalpi kan?

entropi tu setau gw derajat ketidakteraturan suatu sistem....

"Entropi suatu sistem dalam ruang tertutup cenderung untuk tetap atau meningkat" hk2.termodinamika
Bre**sek-nya hukum ini:
kamar gw selalu berada dalam keadaan berantakan, unless ada usaha dari luar(usaha gw) buat ngrapiin kamar...
kira-kira begitu...
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

raisuien


sisca, chemistry

oo,,
di termokimia ada penjelasanye dikit ttg entropi,,,
ttg reaksi spontan dan tdk spontan,,

delta G = delta H - T . delta S

tapi klo yg difisika mah ga tau dech y,,
maap,,,
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Sky

Sebenarnya yang di Fisika dan Kimia sama aja sih....

@sisca
Ayo dong, belajar LaTex, biar tulisan rumusnya manis...

@Hoshikawa
Yap, ente bener ko.
Entropi adalah besaran yang digunakan untuk menunjukkan tingkat keacakan suatu objek.
Makin besar entropinya, berarti makin acak.
Entropi nol, artinya keadaan yang sangat teratur. Alias diam/mati.

Kalau mau disambungkan ke kimia, reaksi kimia hanya bisa berlangsung dalam keadaan keacakan tertentu. Makin teratur ikatan molekulnya, makin sulit berreaksi.
Kalo dilihat lagi rumus yang ditulis sisca, perubahan energi bebas negatif menunjukkan reaksi yang spontan. perubahan energi bebas makin negatif jika entropinya makin besar.

Oya, definisi Entropi yang formal tidak menggunakan differensial total, tapi differensial parsial, seperti ini:

dS=\frac {\delta q_{rev}}T

Ini yang digunakan di Hukum Termodinamika II.
Rev itu maksudnya dalam keadaan reversibel.

Untuk dapat S, integralkan saja kedua ruas.

Oya, di Forsa juga ada topik yang udah bahas Hukum Termodinamika di sini:
http://www.forumsains.com/fisika-smu/bunyi-hukum-ke-2-thermodynamics/