Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 06, 2021, 07:20:38 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: [ask] Kalor dari setrika  (Dibaca 4889 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
[ask] Kalor dari setrika
« pada: April 17, 2010, 01:22:07 PM »
Kk momod, profesor, dosen, ataupun siswa baru, ada yang tau ga kenapa kain kusut kalo digosok pake setrika panas bisa jadi mulus? Dari dulu belum terjawab nih... T_T
Makasi jawabannya...
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: [ask] Kalor dari setrika
« Jawab #1 pada: April 17, 2010, 01:57:10 PM »
karna panasnya setrika ngebikin molekul2nya kembali ke semula..
hahahaha~
(ngasal nih,, jgn didenger.. XD)
~ You are what you eat ~

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: [ask] Kalor dari setrika
« Jawab #2 pada: April 17, 2010, 02:09:09 PM »
hya~
penasaran nih... pertanyaan dari smp dulu sampe sekarang blm kjawab...huhuhu...
sedih..sedih..T_T

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: [ask] Kalor dari setrika
« Jawab #3 pada: April 17, 2010, 02:12:52 PM »
sabar.. tar ada tuh yg jawab..
hahaa~

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: [ask] Kalor dari setrika
« Jawab #4 pada: April 18, 2010, 01:37:30 AM »
karena sifat pemuaian benda jika dipanaskan. saat bahan atau kain dipanaskan maka akan memuai atau dengan kata lain jarak antar molekul bahan menjadi lebih renggang atau makin jauh. pada keadaan ini bahan akan menjadi lebih mudah dibentuk. karena itu jika cara menyetrikanya tidak benar atau banyak yang terlipat saat disetrika maka kain bukan jadi rapih tapi malah jadi tambah lecek =)

jangan pernah menyetrika karet, karena karet jika dipanaskan justru malah mengkerut... :) he..he.. common sense

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: [ask] Kalor dari setrika
« Jawab #5 pada: April 18, 2010, 01:41:47 AM »
Oh, begitu... Makasih buat penjelasannya.
Lalu apa pemuaian hampir mirip dengan elastisitas benda? Ada titik elastis dan titik statis? Contohnya karet. Kalau diolor kan ada batasnya. Nah, batas ini yg disebut titik statis, jika dipaksa terus, karetnya akan putus. Kalo di kalor, karet yg diberi panas sedikit, akan memuai. Tapi kalau diteruskan, akan terbakar. Apa seperti ini? Mohon koreksinya... :D

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: [ask] Kalor dari setrika
« Jawab #6 pada: April 18, 2010, 01:53:04 AM »
ya ada, namanya titik beku/leleh dan titik didih. jika benda padat dipanaskan terus maka suatu saat akan menemui titik leleh ma aia akan meleleh jika dipanaskan terus maka akan menguap. namun tidak semua benda seperti ini. ada yang bersifat dari padat jika dipanaskan terus akan langsung menjadi uap. ini bergantung dari sifat bahan, suhu dan tekanan udara di sekitar.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: [ask] Kalor dari setrika
« Jawab #7 pada: April 18, 2010, 01:55:06 AM »
Oh, das ist klar! Danke schoon!

Offline Christyo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: [ask] Kalor dari setrika
« Jawab #8 pada: Mei 05, 2010, 01:23:49 AM »
ohya aku mau nanya deh... fenomena apa yang terjadi pada saat karet di setrika kok mengkerut ya??
aku gak ngerti,, bukannya semua benda yang di beri panas itu akan memuai ya??

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: [ask] Kalor dari setrika
« Jawab #9 pada: Mei 05, 2010, 01:35:21 AM »
Aha! tau meleleh? that's it...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
4116 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 11, 2008, 01:31:59 PM
oleh Chemist Shen
3 Jawaban
7505 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 20, 2009, 09:43:55 PM
oleh superstring39
9 Jawaban
177303 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 12, 2015, 10:03:34 AM
oleh hasel1969
1 Jawaban
2667 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 19, 2014, 10:33:44 AM
oleh Sandy_dkk
0 Jawaban
15687 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 16, 2019, 06:03:38 AM
oleh Primasalim