Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 01, 2022, 04:59:37 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 76
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 63
Total: 63

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

[ask] Kalor dari setrika

Dimulai oleh Takagi Fujimaru, April 16, 2010, 10:22:07 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Takagi Fujimaru

Kk momod, profesor, dosen, ataupun siswa baru, ada yang tau ga kenapa kain kusut kalo digosok pake setrika panas bisa jadi mulus? Dari dulu belum terjawab nih... T_T
Makasi jawabannya...
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

sisca, chemistry

karna panasnya setrika ngebikin molekul2nya kembali ke semula..
hahahaha~
(ngasal nih,, jgn didenger.. XD)
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Takagi Fujimaru

hya~
penasaran nih... pertanyaan dari smp dulu sampe sekarang blm kjawab...huhuhu...
sedih..sedih..T_T
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

sisca, chemistry

sabar.. tar ada tuh yg jawab..
hahaa~
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

superstring39

karena sifat pemuaian benda jika dipanaskan. saat bahan atau kain dipanaskan maka akan memuai atau dengan kata lain jarak antar molekul bahan menjadi lebih renggang atau makin jauh. pada keadaan ini bahan akan menjadi lebih mudah dibentuk. karena itu jika cara menyetrikanya tidak benar atau banyak yang terlipat saat disetrika maka kain bukan jadi rapih tapi malah jadi tambah lecek =)

jangan pernah menyetrika karet, karena karet jika dipanaskan justru malah mengkerut... :) he..he.. common sense

Takagi Fujimaru

Oh, begitu... Makasih buat penjelasannya.
Lalu apa pemuaian hampir mirip dengan elastisitas benda? Ada titik elastis dan titik statis? Contohnya karet. Kalau diolor kan ada batasnya. Nah, batas ini yg disebut titik statis, jika dipaksa terus, karetnya akan putus. Kalo di kalor, karet yg diberi panas sedikit, akan memuai. Tapi kalau diteruskan, akan terbakar. Apa seperti ini? Mohon koreksinya... :D
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

superstring39

ya ada, namanya titik beku/leleh dan titik didih. jika benda padat dipanaskan terus maka suatu saat akan menemui titik leleh ma aia akan meleleh jika dipanaskan terus maka akan menguap. namun tidak semua benda seperti ini. ada yang bersifat dari padat jika dipanaskan terus akan langsung menjadi uap. ini bergantung dari sifat bahan, suhu dan tekanan udara di sekitar.

Takagi Fujimaru

Oh, das ist klar! Danke schoon!
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Christyo

ohya aku mau nanya deh... fenomena apa yang terjadi pada saat karet di setrika kok mengkerut ya??
aku gak ngerti,, bukannya semua benda yang di beri panas itu akan memuai ya??

Takagi Fujimaru

Aha! tau meleleh? that's it...
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.