Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 07:31:51 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 37
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 15
Total: 15

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Temperatur Negatif

Dimulai oleh superstring39, Desember 14, 2007, 09:33:35 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

superstring39

Di sekolah sewaktu belajar tentang temperatur kita dikenalkan kepada beberapa jenis skala suhu seperti celcius, farenheit, reamur dan kelvin. suhu nol mutlak adalah suhu 0 kelvin dimana semua molekul berhenti bergetar dan diam sama sekali, namun suhu negatif (dalam skala kelvin) adalah suhu yang sangaaaat puaaanaaas sekali.

Terbaik

heh, emang bisa ada suhu negatif kelvin.
kata dosenku, jaman sekarang itu belum ada orang yang mampu membuat suhu 0 kelvin, apalagi minus kelvin

:o :o :o

??? ??? ???

astronomsableng

Bila sebuah sistem memiliki suhu negatif dalam skala Kelvin artinya sistem tersebut lebih panas daripada sistem yang sama dengan suhu tak hingga. Masalahnya Suhu negatif tak mungkin dicapai.

Secara teoritis, suhu nol mutlak juga tak mungkin dicapai. Namun suhu beberapa pikoKelvin telah dicapai (1 per 10 milyar Kelvin). Pada suhu ini, akan terjadi efek2 yang tak tercapai pada kondisi umum, misalnya superkonduktivitas (tahanan listrik mendekati nol) dan superfluiditas (tidak ada friksi alias gesekan).

BadutBingung

apa mungkin hal tersebut tidak mungkin??

beberapa abad silam jg kita bilang ga mungkin manusia bisa terbang. tapi sekarang ad pesawat yg bisa bikin kita terbang kan??

tp apa yg terjadi klo bener² bisa meminimum kan suhu sampai 0 kelvin yaa??

HyawehHoshikawa

eh...iya kmaren baca di wiki suhu negatif kelvin justru panas, ceritanya gimana sih?
knapa bisa panas?
0 kelvin katanya juga ngga bikin diem sama sekali btw...EK-nya masi ada (dikit)
or something like that.
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

12

Kutip dari: superstring39 pada Desember 14, 2007, 09:33:35 AM
namun suhu negatif (dalam skala kelvin) adalah suhu yang sangaaaat puaaanaaas sekali.

saya gak ngerti dengan pernyataan itu. karena setau saya tidak ada suhu negatif dalam skala kelvin. kalaupun ada suhu negatif kelvin maka mengapa justru terasa sangat panas?

kalo begitu pertanyaan saya lebih panas mana suhu 9000 K atau -1 K?

@superstring39 saya minta penjelasan anda.
#12

syx

dingin juga bisa menyebabkan burn sensation pada kulit...

12

Kutip dari: syx pada Januari 27, 2011, 08:31:10 AM
dingin juga bisa menyebabkan burn sensation pada kulit...

mungkin lebih tepatnya sensasi tidak nyaman bukan sensasi panas

secara teori, benda terasa panas karena atom-atom penyusun benda tersebut bervibrasi, semakin cepat vibrasinya maka akan semakin panas. sebaliknya semakin rendah vibrasi atom-atom penyusun benda itu maka benda itu menjadi terasa dingin.

mungkin saya ingin tau dulu apa definisi dari suhu negatif kelvin? (kalo ada minta referensinya) ???
#12

superstring39

Kutip dari: 12 pada Januari 27, 2011, 05:59:22 PM
mungkin saya ingin tau dulu apa definisi dari suhu negatif kelvin? (kalo ada minta referensinya) ???
mungkin lebih lengkapnya bisa baca di sini :
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

12

#9
trims, saya udah baca artikelnya.

"Scientists have found equations that describe how many of the atoms are in which energy state...................if you know what fraction of the atoms are in each energy state, you can plug that into the equation and solve for the temperature."

".....they're [the system are] in an abnormal state, with lots more atoms than normal in the high energy state. If you plug this abnormal distribution into the equation and solve for temperature, you may get a negative number."

mmm......dalam waktu dekat mungkin akan ada koreksi dalam teori temperatur?







#12

12

atau equation nya yg salah?
#12

12

#11
temperatur negatif hanya terjadi pada sistem tertentu. misalnya laser.
temperatur bisa dijelaskan dari sudut pandang teori kinetik gas, termodinamika, mekanika statistik, atau mekanika kuantum.
temperatur negatif ini mungkin fenomena yg ada di bidang mekanika kuantum.

penjelasan ringkasnya bisa coba disini:
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]




#12

Monox D. I-Fly

Kutip dari: Terbaik pada Maret 07, 2008, 02:54:32 PM
heh, emang bisa ada suhu negatif kelvin.
kata dosenku, jaman sekarang itu belum ada orang yang mampu membuat suhu 0 kelvin, apalagi minus kelvin

:o :o :o

??? ??? ???

Kelvin itu yang mana? Apa yg Celcius + 273 itu?
Btw, disini ada yg tahu titik beku absolut nggak? Yaitu titik beku yg paling dingin alias suhunya udah nggak mungkin lebih dingin lagi, itu berapa Celcius? Kalo' dijadiin Kelvin masa' belum negatif?

Kutip dari: syx pada Januari 27, 2011, 08:31:10 AM
dingin juga bisa menyebabkan burn sensation pada kulit...

Yup. Coba pegang es batu, genggam selama sekitar 2 menit gitu... Lama2 tangan yg menggenggam es batu justru berasa kayak kebakar kan?
Atau yg dulu waktu dikhitan biusnya dengan cara disemprot, yg awal2nya kerasa dingin makin lama makin dingin & akhirnya malah jadi berasa panas...
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.