Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 01, 2021, 04:35:02 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 31
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: bagaimana kita melihat arah cahaya?  (Dibaca 17519 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline milkqwe

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 1
bagaimana kita melihat arah cahaya?
« pada: Juli 25, 2010, 03:30:09 PM »
bagaimana cara kita bisa melihat arah cahaya yang gak menuju ke mata kita?

seandainya ada hamburan foton (karena gesekan atau karena sebab yang lain) yang masuk ke mata,mengapa foton tersebut bisa membuat persepsi arah cahaya?
padahal foton yang menuju ke mata kita itu bukan pantulan dari foton yang tetap bergerak lurus (tidak terhamburkan)..

maaf kalau kalimat pertanyaannya sulit dimengerti..
tapi saya betul2 bingung dengan pertanyaan yg tiba2 saya pikirkan ini.. ???
mohon bantuannya kk2 semua.. ;D

Offline M51

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 5
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #1 pada: Agustus 28, 2010, 03:51:32 AM »
apa maksud foton dapat membuat persepsi arah cahaya?
dan apa maksudnya ini :
padahal foton yang menuju ke mata kita itu bukan pantulan dari foton yang tetap bergerak lurus (tidak terhamburkan)..

semua benda yg dapat dilihat oleh mata adalah akibat cahaya yg terpantul oleh benda menuju mata. Apabila suatu benda terkena cahaya benda tersebut memantulkan foton biliunan (per secon) banyaknya menghambur kesegala arah. sisi sebuah objek yg lebih gelap (bayangan) terjadi akibat cahaya terpantul lebih banyak sebelum masuk ke mata sehingga mengalami pengurangan energi kinetik dibandingkan cahaya yg datang dari sisi terang yg langsung masuk kemata. 

Offline milkqwe

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 1
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #2 pada: Desember 20, 2010, 05:56:03 AM »
itu kan kalau yang kita lihat "benda".
yang saya maksud bagaimana kita melihat cahaya.?
seandainya saya berdiri di dalam suatu ruangan gelap.
saya menghadap ke utara. lalu ada seberkas cahaya yang bergerak dari timur ke barat.
apa saya bisa melihat cahaya itu??

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #3 pada: Desember 20, 2010, 10:22:27 PM »
Sepertinya foton atau cahaya tidak bisa dilihat deh, kecuali dia menabrak suatu medium yang bisa dilihat...
Ironis yah, kita bisa melihat karena cahaya, tapi kita tidak bisa melihat cahaya itu sendiri hehehe...
BSJS (Benarkan Saya Jika Salah)...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline BadutBingung

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 1
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #4 pada: Desember 27, 2010, 01:56:26 AM »
bukan nya bisa?
itu lho yg di praktek in anak SMP.....
yang pake prisma....
truz klo pagi2 juga bisa di lihat kan??

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #5 pada: Desember 27, 2010, 09:11:32 PM »
itu bukan "cahaya" atau foton... tapi atom/molekul prisma yang berpendar karena tertabrak foton...
cahaya pagi hari pun "bukan cahaya", tapi kabut yang berpendar karena ditabrak foton...

BSJS...

Offline BadutBingung

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 1
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #6 pada: Desember 30, 2010, 04:08:07 PM »
owh~
tapi yang pasti kan cahaya itu mejauhi sumber nya kan???
jadi bisa dihipotesiskan klo matahari ke atas, pasti arah rambat cahaya akan menjauhi matahari bila di siang hari..
seperti yang terjadi di jam matahari kan??

BSJS too..

Offline milkqwe

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 1
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #7 pada: Januari 06, 2011, 10:21:20 AM »
saya pikir kita hanya bisa melihat foton yang arahnya menuju mata. jadi kalo ada foton yang gak menuju mata. ya gak keliatan.
memang jadi sangat ironis..tapi sepertinya cukup logis.
CMIIW..

Offline BadutBingung

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 1
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #8 pada: Januari 24, 2011, 04:11:34 PM »
klo ga menuju mata???
emank kita tw klo foton mana aja yang menuju mata sama yang ga menuju mata kita???
tolong di kasih contoh ny~~

dari kata "ga kliatan", yang ga kliatan apa nya nih??
foton nya ato cahaya yang di pantul in benda² ke mata qta??

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #9 pada: Januari 25, 2011, 02:37:23 PM »
Intinya, cahaya "adalah" foton... Jadi kalau ada cahaya, pasti ada yang namanya foton... Kapan kita bisa tahu bahwa foton itu menuju mata? yah kalau kita bisa melihat suatu benda, berarti sudah pasti pancaran/pantulan/biasan foton dari benda tersebut mengarah ke mata kita...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #10 pada: Januari 31, 2011, 11:33:07 AM »
kalo einstein berpendapat cahaya merupakan energi dan energi memiliki massa, maka cahaya itu sendiri tentunya benda...mungkin yang dimaksud benda itu adalah foton, apa lagi mata bersifat mendeteksi cahaya, tidak harus cahaya itu mengenai sipelaku khan... ::)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #11 pada: Februari 01, 2011, 12:21:21 AM »
^
^ Kalau menurut saya sih, cahaya harus menabrak mata dulu, baru bisa terlihat... Cahaya yang tidak mengenai mata akan terdefenisi sebagai "Gelap"...
Jadi, cahaya yang tidak menuju arah mata pengamat, mustahil terlihat oleh si pengamat... tapi pengamat lain yang mempunyai sudut lain, ada kemungkinan melihat cahaya tersebut karena beda sudut, beda arah pantulan cahaya dan kemungkinan menabrak mata...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #12 pada: Februari 02, 2011, 04:36:37 AM »
bagaimana dengan senter? saat gelap kita bisa melihat cahaya senter meski senter itu sendiri tidak mengarah pada kita...hmm apa itu bisa dijadikan contoh ya? ::)

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #13 pada: Februari 02, 2011, 09:27:39 AM »
Coba ujung cahaya senter itu tidak mengenai apa2 (ruang gelap kosong)... Pasti kita tidak bisa melihat cahaya senter... Setelah cahaya senter "menabrak" debu, batu, atau benda lainnya, maka foton dari cahaya akan menyebar dan akhirnya sebagian dari foton tersebut masuk ke mata... Akhirnya baru deh benda2 tersebut terlihat...

Gitu kan?

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
Re: bagaimana kita melihat arah cahaya?
« Jawab #14 pada: Februari 04, 2011, 05:25:59 AM »
bagaimana cara kita bisa melihat arah cahaya yang gak menuju ke mata kita?

cahaya itu sendiri merupakan gelombang elektromagnetik yg tampak oleh mata yg memiliki panjang gelombang antara 380 nm - 400 nm dan frekuansi antara 405 THz - 790 THz.
cahaya adalah paket energi (foton) yg tampak oleh mata.
jadi kayaknya gak mungkin dech melihat cahaya jika cahaya itu gak menuju ke mata kita ???

bagaimana dengan senter? saat gelap kita bisa melihat cahaya senter meski senter itu sendiri tidak mengarah pada kita...hmm apa itu bisa dijadikan contoh ya? ::)

walaupun senter tidak mengarah ke mata tapi mungkinkah foton dari lampu senter itu "mampir" ke mata kita?? jujur sebenernya saya juga bingung sich :angel:

« Edit Terakhir: Februari 04, 2011, 06:10:31 AM oleh 12 »
#12

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Bagaimana cara kita mengingat?

Dimulai oleh advisor « 1 2 » Kesehatan

16 Jawaban
16057 Dilihat
Tulisan terakhir November 23, 2009, 03:52:57 AM
oleh r.a.n
22 Jawaban
16465 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 12, 2008, 10:39:10 AM
oleh ksatriabajuhitam
4 Jawaban
10225 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 28, 2011, 01:42:49 AM
oleh 12
1 Jawaban
2876 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2013, 12:01:38 PM
oleh MuhAlexander
17 Jawaban
261378 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 13, 2021, 07:08:57 AM
oleh sorosoro