Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 15, 2022, 05:34:38 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 19
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 26
Total: 26

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

APA ITU WAKTU

Dimulai oleh satukosonk, Februari 20, 2012, 12:11:16 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

sirius_A

Kutip dari: Fariz Abdullah pada Maret 13, 2012, 08:19:16 PM
Mengacu kepada hukum kedua thermodinamika pada perspektif makroskopis, maka peningkatan entropi di alam semesta menunjukkan tidak ada time reversal..Karena itu waktu adalah one way direction, di mana Arthur Eddington menyebutnya sebagai 'arrow of time'..Bukan siklus..

CMIIW..

Waktu adalah sesuatu yg berawal dan pasti berakhir.

sy tdk membantah bahwa waktu adalah one way direction. hal ini tergantung dari sudut pandang anda. jika anda melihat panah yg lurus maka anda akan benar. bagaimana jika panah tersebut dibengkokkan. maka tentu saja suatu saat akan kembali ke ttk awalnya. bukankah  bumi sebenarnya bergerak lurus, tapi ruang dibengkokkan maka bumi "seakan" bergerak melingkar. sy tdk mengatakan bahwa waktu adalalah sesuatu yg berbalik.

sy kurang sepakat jika mengatakan waktu adalah suatu siklus, karena seakan-akan siklus berarti sesuatu yg pasti berulang.
sedangkan waktu yg sy pahami adalah sesuatu yg berawal dan pasti berakhir, tapi belum tentu berulang.




Fariz Abdullah

#16
Mengapa manusia memunculkan idea 'waktu'?..Mungkin terminologi waktu itu muncul ketika manusia ingin mengukur interval antara 2 kejadian (event) atau ingin mengukur durasi suatu kejadian..Sebagaimana idea 'panjang' muncul ketika manusia ingin mengukur interval antara 2 titik..

Dalam fisika, segala sesuatu yang bisa diukur dan dihitung disebut BESARAN..Waktu SMA dulu saya diajari bahwa ada 7 besaran pokok yaitu panjang, massa, waktu, kuat arus listrik, suhu, jumlah molekul, dan intensitas cahaya..Di mana besaran yang lain bisa diturunkan dari 7 besaran pokok ini..

Jadi kalau pengukuran interval 2 titik memunculkan idea 'panjang' yang berdimensi spatial, maka pengukuran interval 2 event memunculkan idea 'waktu' yang berdimensi temporal..

Tetapi rupanya ini pengertian klasik..Dalam konteks relativitas, waktu yang berdimensi temporal tidak terpisah dari ruang yang yang berdimensi spatial..Hal ini disebabkan karena waktu bagi pengamat tergantung dari KECEPATAN obyek relatif terhadap pengamat..Kita tahu kecepatan adalah turunan besaran panjang dan waktu..

Jadi pengukuran interval 2 event ternyata adalah gabungan spatial dan temporal sekaligus, yang kemudian dikenal sebagai spacetime interval..

Jadi kesimpulannya apakah 'waktu' itu? Tidak mudah untuk menjawabnya dalam kalimat sederhana..Kadang bahasa sendiri menjadi penghalang..Yang saya hanya tahu, waktu  adalah physical quantity (besaran), itu saja..Definisi waktu sendiri nampaknya terus menjadi perdebatan yang akhirnya mengarah ke disiplin filosofi (science phylosophy)..

CMIIW..
[move]DOUBT EVERYTHING AND FIND YOUR OWN LIGHT[/move]

Eistensi

Menurut saya, jika di pandang dari teori relativitas umum, mka waktu adlh hal yg relatif, mksudnya relatif adlh pndngn kta trhdap wktu trsebut. Pndngn prtama, jk dlhat dr prses brkrjanya mka wktu bknlah hl yg linear, tpi d pstikn wktu brjlan trus scara mutlak. Pndngan ke2, jk dlhat dr objek yg brgntung dngannya, mka wktu seolah diam saat objk trsebut pun diam. Prses brkrjanya jga trhitung relatif, mksudnya trgntung dri yg memperhtikan dan "objek pmbntu" yg d prhtikn. Plus wktu bkanlah energi, nmun saat ia "brkrja" trkdang trjadi prses sirkulasi energi.

12

waktu adalah ukuran  banyaknya detik yang terjadi dalam suatu peristiwa
#12

The Houw Liong

HouwLiong

12

artikel di wikipedia mengaitkan entropi dengan arah-waktu (arrow of time)
dari yang saya ketahui, waktu tidak mempunyai arah, jadi mungkin yang mempunyai arah adalah proses entropi itu sendiri. misalnya satu partikel gas bergerak dari satu titik didalam kontainer ke titik yang lain. gerakan gas ini memiliki arah tetapi dalam proses itu waktu sama sekali tidak mengalir dan dengan demikian waktu tidak memiliki arah.
kita memang bisa membedakan masa lalu dan masa sekarang dengan mengamati meningkatnya entropi didalam sistem. tetapi hal itu tidak berarti waktu telah mengalir dari masa lalu ke masa sekarang.
#12

lustforscience

ya mungkin jika sudah ketahuan jawaban "waktu" dan hubungannya dengan ruang. mungkin bisa didefinisikan. Karena 1 detik 5 menit itu bukan waktu bagi einstein. karena waktu itu merupakan dimensi ke 4 dan merupakan penyusun ruang waktu. berarti seharusnya waktu itu dipisah, menjadi waktu (dimensi) dan bilang saja "lama" (1 menit merupakan lama) mungkin suatu saat semua buku akan dirubah  ;D ;D maaf sok tau