Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 06:40:30 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 88
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

beda logam buatan india dengan indonesia dalam pembuatan laras senjata

Dimulai oleh gulasa, September 19, 2010, 10:34:49 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

gulasa

sampai dengan sekarang ini PT PINDAD masih mengimport logam untuk membuat laras senjata, apa negara kita tidak mampu menciptakan logam yang sejenis yang dihasilkan india tersebut ?

InuuMauPinter

weleh, bukan itu aja bung yang impor, orang ahlinya juga. Tapi kalu soal pembantu / tenaga kasar kita bisa ekspor.. orang pinter pada ngekor. perusahaan lokal ngaku tekor.. heheheee...sekedar ucapan warung kopi.

Begini bung, saya cuma berpendapat atas apa yang saya dengar dan tahu pada dunia industri. Kenapa PT PINDAD mengimport logam dari India. Ini bukan masalah kualitas tapi masalah harga beli yang cukup bersaing dari pada produksi logam milik Krakatau Steel. jangan kan laras senjata tiang tower BTS aja perusahaan lokal pun memilih besi siku dan H bem dari Cina. Yang saya tau harga dari negeri tersebut cukup murah dan kualitas pun sama. Faktor yang menyebabkan mereka bisa memproduksi produk yang murah adalah UMR pekerja yang murah dan Tersedianya sumber daya material tersebut yang melimpah.

Perlu diketahui juga bahwa india dan cina merupakan negeri penghasil biji besi terbersar di dunia. Indonesia pun juga termaksud di dalamnya. Tapi amat disayangkan pengolahan sumber daya tersebut masih dikendalikan pada faktor ekspor impor yang menambah devisa negara. Mungkin saja bukan.

Yang jelas indonesia ini memiliki potensi segalanya yang di ingin. dengan sedikit contoh, bahwa baja yang dihasilkan PT Krakatau steel memiliki kualitas yang baik, akan tetapi harganya tidak bisa bersaing dengan barang import. sedang barang import bisa memberikan kualitas yang baik dengan harga yang murah pula.
[move]Ayoo..Belajar...[/move]