Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 26, 2022, 09:57:10 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,632
  • Total Topik: 10,389
  • Online today: 62
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 49
Total: 49

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

berat, Waktu, dan Panjang..

Dimulai oleh muhmus88, April 10, 2009, 01:59:11 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

muhmus88

Ada yang tau ga 1 meter tu berapa panjang???
1 detik itu berapa lama???
dan 1 Kg tu berapa berat???

Bisa ga disuruh biat garis yang panjangnya 1 meter tanpa penggaris??
tentuin lamanya 10 detik tanpa jam..
tentuin 1 kg tanpa timbangan....

kasih tau donk caranya....
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

Pi-One

Kutip dari: muhmus88 pada April 10, 2009, 01:59:11 PM
Ada yang tau ga 1 meter tu berapa panjang???
1 detik itu berapa lama???
dan 1 Kg tu berapa berat???

Bisa ga disuruh biat garis yang panjangnya 1 meter tanpa penggaris??
tentuin lamanya 10 detik tanpa jam..
tentuin 1 kg tanpa timbangan....

kasih tau donk caranya....
Untuk air, kasarnya adalah berat 1 liter air. Untuk yang lain, kurang yakin caranya.

muhmus88

Kutip dari: Pi-One pada April 10, 2009, 02:28:42 PM
Untuk air, kasarnya adalah berat 1 liter air. Untuk yang lain, kurang yakin caranya.

cara nentuin 1 liter air tanpa alat bantu gimana???

misalnya menggunakan sesuatu di bumi ini yang sifatnya konstan...
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

biobio

Kutip dari: muhmus88 pada April 10, 2009, 02:45:38 PM
cara nentuin 1 liter air tanpa alat bantu gimana???

misalnya menggunakan sesuatu di bumi ini yang sifatnya konstan...
inget2 pas SMP dulu...patokan standard SI=
1 kg=platina iridium berdiameter 39 mm dan tinggi 39 mm
1 detik=waktu yang dibutuhkan oleh cahaya untuk merambat di ruang hampa dalam waktu berapa detik gitu...
itu kalo ga salah lo
"The pen is mightier than the sword"

muhmus88

Kutip dari: biobio pada April 10, 2009, 03:47:40 PM

1 detik=waktu yang dibutuhkan oleh cahaya untuk merambat di ruang hampa dalam waktu berapa detik gitu...
itu kalo ga salah lo

o... gitu ya?? tapi kalo yang kita cari waktu 1 detik kok percobaan yang kita lakukan seolah2 membutuhkan informasi waktu???
padahal kan waktu yang kita cari????
gmana critanya??

hehehehehe....

jelasin lagi donk...
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

nandaz

....kalo nentuin waktu gimana dengan tongkat  panjang, kamu berdiriin tongkat itu saat tongkat mencapai bayangan paling pendek( jam 12 siang), dan telusuri waktu siang- malam- pagi dan kembali kesiang pukul 12 dimana bayangan yang telah kamu tandai dengan suatu alat coretan, atau apalah....maka bayangan itu akan kembali ke bayangan kemarin, itu bertanda jamnya sama dengan jam kemarin...kayak jam matahri, perkiraan satu detiknya sama dengan menjatuhkan setetes air H2O yang Mr :18 pada ketinggian satu meter.....satu meternya didapat dari air yang seberat 1 ton kedalam sebuah wadah, kubus yang berussuk 1X1 meter..... selanjutnya berat kg, didapat dari.....kalo ngga salh pake unsur atom periodik tapi lupa....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

muhmus88

Kutip dari: nandaz pada April 10, 2009, 05:33:17 PM
....kalo nentuin waktu gimana dengan tongkat  panjang, kamu berdiriin tongkat itu saat tongkat mencapai bayangan paling pendek( jam 12 siang), dan telusuri waktu siang- malam- pagi dan kembali kesiang pukul 12 dimana bayangan yang telah kamu tandai dengan suatu alat coretan, atau apalah....maka bayangan itu akan kembali ke bayangan kemarin, itu bertanda jamnya sama dengan jam kemarin...kayak jam matahri, perkiraan satu detiknya sama dengan menjatuhkan setetes air H2O yang Mr :18 pada ketinggian satu meter.....satu meternya didapat dari air yang seberat 1 ton kedalam sebuah wadah, kubus yang berussuk 1X1 meter..... selanjutnya berat kg, didapat dari.....kalo ngga salh pake unsur atom periodik tapi lupa....

bukannya posisi matahari terhadap bumi selalu berubah yah???
jadi ga bisa dijadiin patokan donk???

hayo..

terus masalah yang panjang 1 meter kok yang digunakan kubus rusuk 1x1 m??kan yang kita cari 1m tu brapa???

ya ga???
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

nandaz

kubus yang 1X1 itu lewat pengukuran panjang nya harus sama dengan lebar dan tinggi....biasanya lewat alat semacam itu belum ditemukan di era primitif(soalnyakan mau yang primitif,kan)....susah juga yah...... walupun begitu itu semua adalah besaran pokok dalam fisika....he..he..he... ;Dlebih hobi ke kimia sih....jadi jawabannya ngga memuaskan....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

HyawehHoshikawa

Kutip1 detik=waktu yang dibutuhkan oleh cahaya untuk merambat di ruang hampa dalam waktu berapa detik gitu...
itu kalo ga salah lo

bukan...
1 detik tu waktu yang dibutuhkan oleh cahaya untuk merambat sejauh (1/299792458) m (ga taw knapa milih angkanya ngga enak gini-_-)
1 meter tu pake platina tadi itu kayaknya bener,
1 kg juga pake berat standar tu juga ada simpenannya dimana...gitu
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

muhmus88

benar tapi gini..

misalnya anda bekerja di pabrik penbuatan timbangan..
terus cetakannya ilang...
nah gimana tuh solusinya???
masa maen kira2, atau pinjem ma pabrik sebelah???
kayaknya ga pernah tUH..

1 kg di sini = 1 kg di eropa kan???

ga mngkin kan kita pinjem cetakan dari eropa..
nah jadi patokannya itu apa???
beri penjelasan donk????
awalnya ditetapkan 1 kg tu dasarnya apa???

okey...
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

HyawehHoshikawa

jah, jaman sekarang kan udah ada yang namanya timbangan???

Kutipberi penjelasan donk?
awalnya ditetapkan 1 kg tu dasarnya apa???
Itu kan cuman kesepakatan, kayak 1 hari 24 jam, lingkaran punya sudut 3600

CMIIW
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

biobio

bukan milih angka yang enak atau gak,karena satu detik sebenarnya sudah "ditetapkan" dari pengalaman manusia...sedangkan definisi "kilogram standar", "meter standar",dll itu cuma untuk patokan secara ilmiah aja.
"The pen is mightier than the sword"

muhmus88

Kutip dari: biobio pada April 11, 2009, 03:54:06 PM
bukan milih angka yang enak atau gak,karena satu detik sebenarnya sudah "ditetapkan" dari pengalaman manusia...sedangkan definisi "kilogram standar", "meter standar",dll itu cuma untuk patokan secara ilmiah aja.

maksudnya gimana mas bio2??

ga ngerti..
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

biobio

Kutip dari: muhmus88 pada April 11, 2009, 08:12:35 PM
maksudnya gimana mas bio2??

ga ngerti..
nah karena dulu kan itungannya pake jengkal,depa,dll yang gak sama untuk tiap orang...maka dibuatlah ukuran baku, dengan "patokan" yang nyaris tidak bisa salah,mis:1 kg = massa platina iridium tabung dengan diameter 39 mm dan tingi 39 mm.gitu..
"The pen is mightier than the sword"

muhmus88

oke musuk...

thx banget infonya..

ada yang mau comment lagi ga??
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.