Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 01:43:38 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 37
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Di Cina gravitasi tidak tepat mengarah vertikal ke bawah??

Dimulai oleh Anton_Soepriyanto, Agustus 06, 2011, 11:02:45 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Anton_Soepriyanto

Ini sebenarnya menindaklanjuti pertanyaan saya sendiri sebelumya di http://www.forumsains.com/fisika/pertanyaan-tentang-rotasi-bumi/
dari pertanyaan itu saya iseng coba menghitung pengaruh forsa sentrifugal secara umum terhadap benda benda di permukaan bumi di lokasi manapun, di derajat lintang berapapun, tidak hanya di daerah lingkar kutub.
Jadi begini, di daerah lintang L derajat kan ada percepatan sentrifugal yg besarnya a=\omega^2r yang r itu sendiri jarak lokasi ybs ke poros rotasi bumi dan \omega itu kecepatan sudut rotasi bumi. Nah kalau kita ambil komponen percepatan yang mendatar a_x=\omega^2rsinL yang arahnya menjauhi kutub.Tapi  r = RcosL,  R jari jari bumi. Berarti
a_x=\omega^2RsinLcosL
Sekarang begini, di kutub itu kan ga ada percepatan sentrifugal, berarti komponen percepatan yg mendatar tadi nol, sedang di khatulistiwa juga arahnya tegak lurus, jadi juga ga ada percepatan yg mendatar. Nah artinya kan di antara kutub dan khatulistiwa ada percepatan mendatar yg nilainya maksimum.
\frac{da_x}{dL}=\omega^2R(cos^2L-sin^2L)=0
cos^2L=sin^2L
cosL=sinL
L=45^0
kalau lihat peta sih lintang 45 derajat misalnya 45 derajat lintang utara, itu kurang lebih ya di cina (ga tau juga kalau salah, petanya ga jelas).
Sekarang besarnya percepatan itu, dari google: kecepatan sudut rotasi bumi =7.2921E-5 derajat per detik. Jari jari bumi 6371000 meter. kita masukin ke sini:
a_x=\omega^2RsinLcosL dg L=45 derajat dapat:
a_x=0.01694 m/s^2.
Terus kita cari yang tegak lurus bumi:
a_y=\omega^2Rcos^2L
a_y=0.01694 m/s^2 (sama krn sin 45cos45=(cos45)^2) tapi ini masih dipakai buat mengurangi percepatan gravitasi bumi:
a_y'=9.80665-0.01694=9.78971 m/s^2.
jadi ada sudut kemiringan:
sudut=arctan\frac{0.01694}{9.78971}=0.00173^0
Artinya di Cina percepatan gravitasi tidak tepat mengarang vertikal ke bawah tapi ada beda sudut sekitar 0.00173 derajat. Memang kecil, tapi apa ini tidak mempengaruhi konstruksi gedung gedung tinggi di sana??
Atau justru saya yang salah hitung? Apa ada asumsi asumsi yg salah, atau ada faktor dan variabel yg belum dimasukan??
Saya mohon tanggapan dan koreksi saudara2 sekalian..... Mksh
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

semut-ireng

Cukup menarik.   Saya coba lihat di peta,  Cina terletak antara 20 derajat Lintang Utara/LU  sampai sekitar 50 derajat LU,  kalo diambil tengahnya 35 derajat LU,  ato ambil kota Beijing lintang geografinya 40 derajat LU,  silakan dihitung lagi ..... :)

Anton_Soepriyanto

Oh iya sudah, terima kasih. Masukkan 40 derajat ngga berpengaruh banyak dg hasil diatas, kurang lebih sama lah. Tapi saya masih merasa aneh, bahwa benda benda jatuhnya agak miring
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

12

Kutip dari: Anton_Soepriyanto pada Agustus 06, 2011, 12:48:37 PM
Oh iya sudah, terima kasih. Masukkan 40 derajat ngga berpengaruh banyak dg hasil diatas, kurang lebih sama lah. Tapi saya masih merasa aneh, bahwa benda benda jatuhnya agak miring
benda-benda (di belahan utara) ketika jatuh ke bumi tidak mengarah tepat ke pusat bumi melainkan agak melenceng ke bawah.
#12

Balya

mantep banget pikirannya...
:)

tapi mau nanya nih..
kalo gravitasinya ga vertikal kebawah, itu berarti klau lmpar bola keatas secara vertikal smpurna, jatuhnya bkln ga vertikal lagi kah garisnya jatuh itu (apa sih namanya bingung, :D)...
ya pkknya, gitu deh,,

tpi kok bisa ya jadi mmbntuk sudut?
???
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

12

walaupun melenceng dari pusat bumi tetap saja lintasan benda itu tegak lurus dengan permukaan air kolam tapi jika lintasan itu diteruskan ke dalam bumi maka tidak akan pernah menemui pusat bumi tapi agak melenceng kebawah. karena bumi itu tidak bulat seperti bola melainkan agak lonjong seperti elips.
#12

Balya

Kutip dari: 12 pada Agustus 07, 2011, 04:28:07 PM
walaupun melenceng dari pusat bumi tetap saja lintasan benda itu tegak lurus dengan permukaan air kolam tapi jika lintasan itu diteruskan ke dalam bumi maka tidak akan pernah menemui pusat bumi tapi agak melenceng kebawah. karena bumi itu tidak bulat seperti bola melainkan agak lonjong seperti elips.
bisa minta referensinya nih?
baru kali ini dengar...
???
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

12

#12

Anton_Soepriyanto

@12 Oh begitu, karena bumi tidak  bulat sempurna jadi percepatan jatuh benda tetap tegak lurus permukaan tanah....ok.. makasih makasih...
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

semut-ireng

Kutip dari: 12 pada Agustus 06, 2011, 05:31:20 PM
benda-benda (di belahan utara) ketika jatuh ke bumi tidak mengarah tepat ke pusat bumi melainkan agak melenceng ke bawah.

kalo gak salah sudah ada percobaannya,  dan percobaan itu untuk membuktikan bahwa bumi berotasi dari arah Barat ke Timur.

Balya

Kutip dari: semut-ireng pada Agustus 10, 2011, 09:46:16 AM
kalo gak salah sudah ada percobaannya,  dan percobaan itu untuk membuktikan bahwa bumi berotasi dari arah Barat ke Timur.

searah jarum jam?
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

semut-ireng

Kutip dari: Balya pada Agustus 10, 2011, 12:55:41 PM
searah jarum jam?

Tergantung dari mana melihatnya.   Dilihat dari kutub utara ekliptika :  berlawanan arah jarum jam,  dilihat dari kutub selatan ekliptika :  searah jarum jam.

Balya

hah?
bigung,
tapi kalau diimajinasikan sama aja kyanya...
???

aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

nate river

Kutip dari: semut-ireng pada Agustus 10, 2011, 02:58:06 PM
Tergantung dari mana melihatnya.   Dilihat dari kutub utara ekliptika :  berlawanan arah jarum jam,  dilihat dari kutub selatan ekliptika :  searah jarum jam.

eh iya...bener....saya paham  :D

Kutip dari: Balya pada Agustus 10, 2011, 04:15:47 PM
hah?
bigung,
tapi kalau diimajinasikan sama aja kyanya...
???



coba puter benda apalah, atau contohnya gasing....
misalnya poros atas gasing kutub U,poros bawah kutub S...
misal diasumsikan orang A mengamati dari poros U,sedangkan orang B mengamati poros S..
jadi muternya gasing dengan kondisi poros U berhadapan dengan muka si A,poros S berhadapan dengan muka si B...
hasilnya jika si A muter gasing itu searah jarum jam maka si B akan melihat gasing itu berlawanan arah jarum jam  :)
hidup itu seperti asimtot...
meski mustahil mencapai titik kesempurnaan, tapi kita akan selalu berusaha mendekati kesempurnaan....

Balya

oh, jadi kita ngliatnnya keluar bumi dulu yah?? (atau pakai satelit gitu)

ya dikirain, kita masih berada di bumi ngeliatnnya...
:D
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.