Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Fisika => Topik dimulai oleh: Alan adhityo pada September 21, 2009, 04:07:58 PM

Judul: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 21, 2009, 04:07:58 PM
Ak bingung ni, dlm teori dkatakan dimensi yg lbh tinggi dpt mlihat n membentuk dimensi d bwahnya . Bener ga?
(yg mendukungku alquran cz d alquran mjelaskan allah mahatinggi (dzat) sm artinya dimensi paling tinggi yg mdiami arsy' sbg singgasana, sdgkn allah mahamengetahui n mengendalikan segalanya)
Mnrt kalian?

Lalu apakah waktu relatif yg brada d dimensi kita dgn dimensi d atas kita sama ?
[d(t)=0] ?
Jika berbeda apa yg menyebabkannya?
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: Sky pada September 21, 2009, 04:23:18 PM
Hmm....untuk pertanyaan yang pertama, dari yang aku tangkap sih, sampai saat ini memang benar seperti itu.

Mungkin maksudnya gini, itu semua tergantung perspektif yang kita miliki.
Manusia, yang memiliki 2 mata (2 perspektif/2 cara pandang) mampu membentuk dan membedakan ke-3-dimensian suatu benda dalam otaknya.
Pokoknya mampu memproses dan menginderai objek 3 dimensi lah.
Hal ini dikarenakan manusia memiliki 2 perspektif tadi, yang menjadi input bagi otak untuk membentuk persepsi 3 dimensi.

Jika manusia hanya memiliki 1 mata, kemampuan persepsinya berkurang.
Dia tidak lagi dapat membedakan kedalaman suatu objek (dimensi yang ketiga).

Jika dalam konteks fisika di sini, (terutama fisika optis klasik) kita dapat merekonstruksi bayangan dan bentuk objek dari garis-garis perspektif (di seni rupa juga ada gambar perspektif).

Tapi, dilihat dari makna filosofis, perspektif ini tidak harus dari mata, dari indera lain juga bisa.
Contohnya, otak dapat merekonstruksi kejadian dalam suatu ruang di waktu tertentu (4 dimensi) dengan bantuan ingatan sebagai perspektif keempat.
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 21, 2009, 04:54:25 PM
Iya si,, Thx atas pndapatnya . persepi d indra kita mempengaruhi suatu bentuk dlm dimensi kita,, bnr tidak dlm suatu dimensi yg sm qt dpt melihat segala yg ada akan persepsi indra qt? Ak msh bingung, jika manusia pd umumx mampu mlihat hewan sekitar, hewan trtentu mampu melihat jin lalu mengapa manusia pd umumx tdk dpt mlihatnya jg? Apakah ada perbedaan dmensi?

Artinya indra manusia (mata,telinga,hidung,kulit) hny dpt menangkap signal gelombang dg trbatas y? Dan daya persepsi d dimensi qt oleh indra tdk maximal? Shingga manusia hny d bri ktrbatasan dlm brpikir, bnr bgtu?
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: Sky pada September 21, 2009, 05:15:38 PM
Hmm...
Ini masuknya topik filosofi agama juga kayaknya....
Mas moderator, gimana nih?

Gimana ya?
Kalo secara fisis, yang kita lihat sehari-hari hanyalah persepsi dari otak kita saja.
Mungkin saja makhluk lain yang berbeda struktur otak melihat dunia secara berbeda dengan yang kita lihat.
Contohnya saja, hewan-hewan yang buta warna tertentu tidak dapat menangkap gelombang cahaya dalam frekuensi tertentu.
Namun jangan dibayangkan di dalam otak mereka objek berwarna menjadi grayscale atau yang lain-lain.
warna objek tersebut hanya tidak diproses oleh otak mereka.
Jadi seolah tidak ada, begitu saja.
Orang yang buta warna juga seperti itu.
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 22, 2009, 01:06:54 AM
Wahaha , iya , tp kl msk filosofi agama tdk akan terkuak dg hub sains dung?
Arti dsni ak mencoba membuktikan suatu peristiwa yg ada d alam ini utk membuktikan kbnran teori yg dpt qt kuatkan dg alquran. Bs d blg fisika filosofi cz yg plg tpat membahas ttg dimensi n wkt relatif adlh fisika. Xp
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: HyawehHoshikawa pada September 22, 2009, 01:35:23 AM
haa???
Kutip
(yg mendukungku alquran cz d alquran mjelaskan allah mahatinggi (dzat) sm artinya dimensi paling tinggi yg mdiami arsy' sbg singgasana, sdgkn allah mahamengetahui n mengendalikan segalanya)
emangnya kalo' dimensinya lebih tinggi, terus bisa mengetahui tindakan semua makhluk yang dimensinya lebih rendah?
ente juga kan ngga bisa ngamati semua hal yang terjadi dibidang 2 dimensi??
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 22, 2009, 02:02:26 AM
Bidang 2 dimensi jelas2 bs d amati n qt buat, tp apa d dlmnya ada pergerakan? Tidak, krn 2 dimensi hnya sbuah bidang datar dan 2 dimensi dpt membentuk 1 dimensi yaitu garis, ttp tdk dpt membentuk 3 dimensi. . Qt dimensi 4 dpt membentuk dan mengamatinya, tanpa slh 1 dimensi qt, dimensi wkt, qt tdk dpt mrubah posisi k posisi lain. Sm halnya dg dimensi 3 (diam). Ok guys?? n.n 
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 22, 2009, 02:07:05 AM
Utk ilmu dpt selalu qt buktikan dlm kbnrn agama qt, kcuali yg gaib, krna qt manusia d beri ktrbatasan akal, dimensi qt tdk mampu menggambarkan dimensi d atas qt. Dan persepsi qt mengenai alam tdk smua teory dpt d pandang benar.
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: The Houw Liong pada September 22, 2009, 07:27:40 AM
Teori relativitas menyatakan bahwa galaksi yang kecepatannya mendekati kecepatan cahaya, maka dt' = dt \sqrt{1-\frac{v^2}{c^2}}. Ini berarti dalam galaksi tsb dt' mendekati nol atau jika diambil limitnya ketika v-> c waktu berhenti.

Mengembangnya ruang-waktu dimensi 4 hanya bisa dilihat dari hyperspace dimensi 5
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: Sky pada September 22, 2009, 01:27:53 PM
Mengembangnya ruang-waktu dimensi 4 hanya bisa dilihat dari hyperspace dimensi 5

Ah, iya juga ya, keteraturan dari peristiwa pengembangannya tidak bisa dilihat di dimensi itu.

Contohnya, dalam sebuah lingkaran yang mengembang, kita dapat melihat setiap titik di garis lingkaran tersebut menjauhi titik pusat lingkaran dengan kecepatan yang sama, hanya dari dimensi ketiganya, yaitu tegak lurus bidang lingkaran tersebut.
Selanjutnya, pengembangan tiap titik yang ada di permukaan bola yang menjauhi pusat bola 3D dapat diamati pada dimensi ke empat.
Berarti pengembangan alam semesta yang 4D pun, diamati dari dimensi ke-lima.
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 23, 2009, 01:38:00 AM
Kl blh tw, dimensi ke-5 spesifikasinya apa y? Slain 3 dimensi dan waktu? O.o?
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: cignus pada September 28, 2009, 08:48:42 AM
aku juga gak tau dimensinya berbentuk apa? tapi jangan dibayangin sesederhana itu juga sih. bisa aja berbentuk lain dari yg pernah qta amati ato berbentuk sesuatu yg sering qta liat kaya waktu gitu cuma dengan pemahaman yg berbeda dari keyakinan selama ini.
coba inget dulu einstein memasukan waktu (t) kedalam vektor dengan mengalikannya sama kecepatan cahaya (c) sehingga didapat jarak. dari jarak ini kemudian dimasukin kerumus panjang vektor yaitu akar dari dimensi1 + dimensi2 + dimensi3 + dimensi4 (dikali apa di tambah ya aduh gua lupa cuba baca lagi vektor /dimensi 3 dalam mtk)

nah iya pokoknya gitulah klo qta udah tau sesuatu yg bisa dijadikan dimensi coba ubah dia menjadi sekala jarak kemudian cari cara untuk ngitungnya. kebetulan teori relatifitas ngitungnya pake vektor untuk melihat perubahan jaraknya, dapetdeh rumus relativitas

klo gak salah teori spring bilang klo ada 10 dimensi tapi apa itu aku juga gak tau. buku yg ngebahas masalah ini masi dikit dan basa inggriku lemah juga siih.

hosikawa tuh cowok yyaaaaaaaaaa. ketipu gua
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: cignus pada September 28, 2009, 09:04:40 AM
oh iya lupa, bisa aja indra qta justru membatasi qta untuk melihat dimensi lo.
hewan2 tertentu dapat melihat keadaan gempa sebelum terjadi, sehingga mereka lari sebelum terjadi gempa, banyak teori yg diusulkan diantaranya perubahan medan maknet akibat pergeseran lempeng yg dapat dirasakan hewan. tapi para ilmuan gak bisa menjelaskan kenapa hewan2 dapat kabur sebelum terjadi perang ato pemboman mendadak oleh tentara ketika peperangan, seperti mereka dapat melihat masa depan. ya didunia ini masih banyak yg belum dimengerti

otak qta dapat membedakan mana yg diri dan mana yg bukan ato lebih tepatnya menentukan letak qta dalam ruang, klo gak salah letaknya bagian belakang apa namanya aku juga lupa. seorang yogi ato orang lain yg sering meditasi berusaha untuk mejebol batas ini sehingga merasa bersatu dngn alam mereka juga merasakan ziro mind, bisa gak ya dibilang mengindra keadaan pada t = 0 abis banyak sih seorang medium yg menembus batas sains. hebat ya padahal ilmuan aja baru bisa mengamati kejadian pada saat t = 10 pangkat -15 ato femto sekon

Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada September 28, 2009, 09:21:52 AM
analogi ini mungkin bisa membantu:

lingkaran dalam 2D bisa dibentuk oleh:
- proyeksi bola 3D pada 2D
- proyeksi tabung 3D pada 2D
- proyeksi elipsoid 3D pada 2D
- dan lain-lain
tetapi pola di 2D tidak dapat menemukan dibentuk dari bangun 3D apakah.

atau sebaliknya, bangun 3D tabung dapat membentuk:
- lingkaran 2D
- elips 2D
- segi empat 2D
tergantung posisi proyeksinya.

(kalo ga salah Pak The How Liong yg pernah ngajarin analogi ini :D )
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 29, 2009, 01:04:49 PM
@ cignus .
"indra kita di batasi utk melihat dimensi"
Tp apa gelompang yg d tangkap oleh indra bepengaruh dg dimensi? Kl hewan bs mengetahui hal yg akan terjadi bukan berarti bs melihat masa dpn kan? Cntohx bbrapa jenis hewan dpt melihat atau mendengar sesuatu yg tdk dpt qt rasakan. Sperti gelombang mikro, gelombang ultrasonic, dsb. batasan daya tangkap persepsi manusia dgn hewan yg sm2 dlm dimensi 4 berbeda krna pengaruh gelombang. Bnr tdk?

@ ksatria . Jd dimensi 3 dpt membentuk dimensi 2 , sdgkan dimensi 2 tdk dpt membentuk dimensi 3. Y kan?
Jd ksimpulannya dimensi yg lbh tinggi dpt membentuk dimensi yg lbh rendah.
Dr pernyataan d atas, apa kah dimensi 5 menggambarkan dimensi 4? Jd waktu dpt dibentuk dr dimensi 5?
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: cignus pada Oktober 10, 2009, 10:36:51 AM
@ cignus .
"indra kita di batasi utk melihat dimensi"
Tp apa gelompang yg d tangkap oleh indra bepengaruh dg dimensi? 

apakah untuk membedakan tanganmu dgn kibort dibutuhkan gelombang, tidak!! kmu tau dngn sendirinya tanpa harus melihat

@ cignus .
Kl hewan bs mengetahui hal yg akan terjadi bukan berarti bs melihat masa dpn kan? Cntohx bbrapa jenis hewan dpt melihat atau mendengar sesuatu yg tdk dpt qt rasakan. Sperti gelombang mikro, gelombang ultrasonic, dsb.

gelombang apa yg digunakan untuk mengetahui pemboman hotel jw meriot? maksudnya gitu bukan sesuatu yg bisa dirasakan dari gejala alam yg biasa, data2 kaya gini masuk dalam ilmu paraspikologi

batasan daya tangkap persepsi manusia dgn hewan yg sm2 dlm dimensi 4 berbeda krna pengaruh gelombang. Bnr tdk?

gak ngerti, apa iya dimensi dibentuk oleh cahaya ato gelombang sejenisnya. ato dimensi udah ada dngn sendirinya tanpa adanya gelombang. ato dimensi dpat dipengaruhi oleh cahaya, sehingga apa yg diliat hewan berbeda dngn yg dilihat qta. yg aku tau cuma massa dapat mempengaruhi kelengkungan ruang. mungkin ada yg bisa jawab?

yg aku tau bahwa hewan2 tertentu seperti lalat/cancorang merasakan waktu yg lebih cepat dibanding qta sekitar 1/300 jadi klo qta melihat sesuatu yg cepat mereka melihatnya lebih lambat 300x. sebenarnya otak qta melihat seperti sistem pembuatan film yaitu gambar2 yg berbeda diputar sehingga menghasilkan gambar yg bergerak, ini yg aku dapet dari penelitian dieropa katanya ada seseorang yg terkena strok, dia mengalami kerusakan otak bagian belakang secara simetris sehingga tidak dapat melihat benda2 yg bergerak. dari penelitian itu diketahui bahwa qta melihat seperti pembuatan film animasi, gitu. mungkin ada benernya juga klo apa yg qta liat dipengaruhi oleh gelombang. tapi apakah dimensi dipengaruhi oleh gelombang 

kok balik lagi ke materi itu nyata ato gak?
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: Alan adhityo pada Oktober 14, 2009, 03:17:00 PM
@ cignus . Nah lhoh, dr persepsi smua indra km dpt dr mn kl bukan gel0mbang? Meraba jg trmasuk kq, cz d teruskan oleh signal2 k otak. . Pada partikel2 mikro sendiri memiliki gel0mbang,, smua yg k otak dr indra t asalx persepsi dr qt dan perantara gel0mbang. . ;)


Contoh, kl qt tdk bs menyentuh makhluk halus t apa? Krna persepsi manusia oleh penerima signal otak kan qt menyentuh atau tidak?
Jika saraf perabaan mati, qt pun tdk bs meraba bhwa qt tlah menyentuh bnd2 d sktr qt atau tdk krn tdk ada gel0mbang atau signal yg smpai k otak. . :)
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Oktober 15, 2009, 07:56:27 AM
Lihat :

http://www.forumsains.com/fisika/waktu/msg57099/#new
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: cignus pada Oktober 16, 2009, 10:29:16 AM
iya sih memang ipuls saraf dibentuk oleh listrik. ya klo mikirnya gitu kehidupan itu sendiri tidak lebih dari impuls2 listrik diotak. yg ini masih terus dipelajari jadi jangan nanya ke aku ya bos, ilmu gua lum nyampe
Jika saraf perabaan mati, qt pun tdk bs meraba bhwa qt tlah menyentuh bnd2 d sktr qt atau tdk krn tdk ada gel0mbang atau signal yg smpai k otak. . :)

tapi menurut ku saat qta mati rasa sekalipun qta tetap bisa membedakan mana yg diri dan bukan diri, artinya qta tetap bisa mebedakan yg kibort dan yg tangan. ato kata2 yg tepat memposisikan diri dalam ruang
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: oyi pada Oktober 25, 2009, 01:01:33 AM
boleeh gabung ya, tapi mengingatkan kembali, karena kemampuan saya yang sangat minim dalam masalah itung2an fisika apalagi teorinya, mugkin tulisan yang saya buat ini dalam format yang kurang ilmiah dan hampir ke filosofi

[Ak bingung ni, dlm teori dkatakan dimensi yg lbh tinggi dpt mlihat n membentuk dimensi d bwahnya . Bener ga?
(yg mendukungku alquran cz d alquran mjelaskan allah mahatinggi (dzat) sm artinya dimensi paling tinggi yg mdiami arsy' sbg singgasana, sdgkn allah mahamengetahui n mengendalikan segalanya)]
Mnrt kalian?
'seperti ini, semua yang ada di langit dan di bumi adalah mahluk yang diciptakan-Nya, termaksuk ruang dan waktu adalah mahluk yang tunduk kepada-Nya [yang sejauh ini kita tau adalah waktu ketika awal mula semesta ini diciptakan] dan ada penjelasannya bahwa tinggi yang dimaksud disini bukan masalah atas bawah, tapi Sang pencipta itu berada diluar segalanya itu dan memiliki kekuasan pengendalian terhadap segala sesuatunya, dan janganlah sekali-kali mengatakan Tuhan itu dimana dan kapan
Tuhan itu ada dengan segala sifatNya (jgn coba2 memikirkan tentang zatNya)
ingat, kita cenderung terjebak dengan apa yang Tuhan setting untuk kita, dalam benak kita, ketika kita memikirkan alam semesta yang tidak ada ujungnya, pasti otak kita mendefinisikan pasti ada batas, seberapaun kita keras memikirkannya, memang itulah manusia, seperti halnya katak dalam tempurung

[Lalu apakah waktu relatif yg brada d dimensi kita dgn dimensi d atas kita sama ?
[d(t)=0] ?
Jika berbeda apa yg menyebabkannya?]
dalam Al-Quran juga dijelaskan bahwa ada dimensi waktu yang lebih cepat dengan dimensi waktu kita [lupa ayatnya] yaitu 1 hari di bumi = 1000 tahun -lengkapnya baca aja waktu dalam kehidupan kita karangan Al-Qardhawi- atau Misteri Kehidupan, lengkap disitu :D
jadi, sistem pergerakan yang berbeda akan memiliki dimensi waktu yang berbeda pula

untuk gampangnya begini saja, bayangkan bahwa dimensi yang ada ini ada yang ukuranya dari 0 sampai tak hingga, dan interaksi macam-macam dimensi itu saling tumpang tindih, seperti dimensi jin misalnya (haha, dunia metafisik yang membingungkan)

nah itulah kawan,
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Oktober 25, 2009, 01:44:43 AM
Menurut teori relativitas bukan dimensi waktu relatif melainkan waktu adalah relatif terhadap kerangka pengamatnya. Secara ilmiah sains hanya bisa melakukan observasi mengenai segala kejadian yang terjadi dalam ruang-waktu.
Dalam fisika teoritis bisa saja membahas hyperspace berdimensi-n, tetapi yang bisa terobservasi hanya ruang-waktu saja.

Secara teologi/filsafat bisa saja mengatakan bahwa malaikat berada dalam ruang dimensi-n, sehingga bisa keluar dari ruang-waktu.Namun hal ini tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: ks@tri@ pada Oktober 31, 2009, 03:56:48 PM
Coba di download ini juga, mungkin bs mmbntu:
Judul: Re: Dimensi n waktu relatif
Ditulis oleh: Alan adhityo pada November 17, 2009, 04:45:13 AM
Mantap jaya . . . :)
Matter (materi) yg dpt d jangkau dlm dimensi ruang waktu bkisar 4% sj dr total yg ada. .
Utk observasi d luar itu mgkn tdk bs kita amati. ;)