Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 06, 2021, 11:40:07 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 23
Total: 23

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Dimensi n waktu relatif  (Dibaca 18082 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: Dimensi n waktu relatif
« Jawab #15 pada: Oktober 10, 2009, 10:36:51 AM »
@ cignus .
"indra kita di batasi utk melihat dimensi"
Tp apa gelompang yg d tangkap oleh indra bepengaruh dg dimensi? 

apakah untuk membedakan tanganmu dgn kibort dibutuhkan gelombang, tidak!! kmu tau dngn sendirinya tanpa harus melihat

@ cignus .
Kl hewan bs mengetahui hal yg akan terjadi bukan berarti bs melihat masa dpn kan? Cntohx bbrapa jenis hewan dpt melihat atau mendengar sesuatu yg tdk dpt qt rasakan. Sperti gelombang mikro, gelombang ultrasonic, dsb.

gelombang apa yg digunakan untuk mengetahui pemboman hotel jw meriot? maksudnya gitu bukan sesuatu yg bisa dirasakan dari gejala alam yg biasa, data2 kaya gini masuk dalam ilmu paraspikologi

batasan daya tangkap persepsi manusia dgn hewan yg sm2 dlm dimensi 4 berbeda krna pengaruh gelombang. Bnr tdk?

gak ngerti, apa iya dimensi dibentuk oleh cahaya ato gelombang sejenisnya. ato dimensi udah ada dngn sendirinya tanpa adanya gelombang. ato dimensi dpat dipengaruhi oleh cahaya, sehingga apa yg diliat hewan berbeda dngn yg dilihat qta. yg aku tau cuma massa dapat mempengaruhi kelengkungan ruang. mungkin ada yg bisa jawab?

yg aku tau bahwa hewan2 tertentu seperti lalat/cancorang merasakan waktu yg lebih cepat dibanding qta sekitar 1/300 jadi klo qta melihat sesuatu yg cepat mereka melihatnya lebih lambat 300x. sebenarnya otak qta melihat seperti sistem pembuatan film yaitu gambar2 yg berbeda diputar sehingga menghasilkan gambar yg bergerak, ini yg aku dapet dari penelitian dieropa katanya ada seseorang yg terkena strok, dia mengalami kerusakan otak bagian belakang secara simetris sehingga tidak dapat melihat benda2 yg bergerak. dari penelitian itu diketahui bahwa qta melihat seperti pembuatan film animasi, gitu. mungkin ada benernya juga klo apa yg qta liat dipengaruhi oleh gelombang. tapi apakah dimensi dipengaruhi oleh gelombang 

kok balik lagi ke materi itu nyata ato gak?

Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Alseven - Physics and Technology
Re: Dimensi n waktu relatif
« Jawab #16 pada: Oktober 14, 2009, 03:17:00 PM »
@ cignus . Nah lhoh, dr persepsi smua indra km dpt dr mn kl bukan gel0mbang? Meraba jg trmasuk kq, cz d teruskan oleh signal2 k otak. . Pada partikel2 mikro sendiri memiliki gel0mbang,, smua yg k otak dr indra t asalx persepsi dr qt dan perantara gel0mbang. . ;)


Contoh, kl qt tdk bs menyentuh makhluk halus t apa? Krna persepsi manusia oleh penerima signal otak kan qt menyentuh atau tidak?
Jika saraf perabaan mati, qt pun tdk bs meraba bhwa qt tlah menyentuh bnd2 d sktr qt atau tdk krn tdk ada gel0mbang atau signal yg smpai k otak. . :)
kunjungi MIL education (bandung) http://mileducation.wordpress.com

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Dimensi n waktu relatif
« Jawab #17 pada: Oktober 15, 2009, 07:56:27 AM »
HouwLiong

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: Dimensi n waktu relatif
« Jawab #18 pada: Oktober 16, 2009, 10:29:16 AM »
iya sih memang ipuls saraf dibentuk oleh listrik. ya klo mikirnya gitu kehidupan itu sendiri tidak lebih dari impuls2 listrik diotak. yg ini masih terus dipelajari jadi jangan nanya ke aku ya bos, ilmu gua lum nyampe
Jika saraf perabaan mati, qt pun tdk bs meraba bhwa qt tlah menyentuh bnd2 d sktr qt atau tdk krn tdk ada gel0mbang atau signal yg smpai k otak. . :)

tapi menurut ku saat qta mati rasa sekalipun qta tetap bisa membedakan mana yg diri dan bukan diri, artinya qta tetap bisa mebedakan yg kibort dan yg tangan. ato kata2 yg tepat memposisikan diri dalam ruang

Offline oyi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 12
Re: Dimensi n waktu relatif
« Jawab #19 pada: Oktober 25, 2009, 01:01:33 AM »
boleeh gabung ya, tapi mengingatkan kembali, karena kemampuan saya yang sangat minim dalam masalah itung2an fisika apalagi teorinya, mugkin tulisan yang saya buat ini dalam format yang kurang ilmiah dan hampir ke filosofi

[Ak bingung ni, dlm teori dkatakan dimensi yg lbh tinggi dpt mlihat n membentuk dimensi d bwahnya . Bener ga?
(yg mendukungku alquran cz d alquran mjelaskan allah mahatinggi (dzat) sm artinya dimensi paling tinggi yg mdiami arsy' sbg singgasana, sdgkn allah mahamengetahui n mengendalikan segalanya)]
Mnrt kalian?
'seperti ini, semua yang ada di langit dan di bumi adalah mahluk yang diciptakan-Nya, termaksuk ruang dan waktu adalah mahluk yang tunduk kepada-Nya [yang sejauh ini kita tau adalah waktu ketika awal mula semesta ini diciptakan] dan ada penjelasannya bahwa tinggi yang dimaksud disini bukan masalah atas bawah, tapi Sang pencipta itu berada diluar segalanya itu dan memiliki kekuasan pengendalian terhadap segala sesuatunya, dan janganlah sekali-kali mengatakan Tuhan itu dimana dan kapan
Tuhan itu ada dengan segala sifatNya (jgn coba2 memikirkan tentang zatNya)
ingat, kita cenderung terjebak dengan apa yang Tuhan setting untuk kita, dalam benak kita, ketika kita memikirkan alam semesta yang tidak ada ujungnya, pasti otak kita mendefinisikan pasti ada batas, seberapaun kita keras memikirkannya, memang itulah manusia, seperti halnya katak dalam tempurung

[Lalu apakah waktu relatif yg brada d dimensi kita dgn dimensi d atas kita sama ?
[d(t)=0] ?
Jika berbeda apa yg menyebabkannya?]
dalam Al-Quran juga dijelaskan bahwa ada dimensi waktu yang lebih cepat dengan dimensi waktu kita [lupa ayatnya] yaitu 1 hari di bumi = 1000 tahun -lengkapnya baca aja waktu dalam kehidupan kita karangan Al-Qardhawi- atau Misteri Kehidupan, lengkap disitu :D
jadi, sistem pergerakan yang berbeda akan memiliki dimensi waktu yang berbeda pula

untuk gampangnya begini saja, bayangkan bahwa dimensi yang ada ini ada yang ukuranya dari 0 sampai tak hingga, dan interaksi macam-macam dimensi itu saling tumpang tindih, seperti dimensi jin misalnya (haha, dunia metafisik yang membingungkan)

nah itulah kawan,

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Dimensi n waktu relatif
« Jawab #20 pada: Oktober 25, 2009, 01:44:43 AM »
Menurut teori relativitas bukan dimensi waktu relatif melainkan waktu adalah relatif terhadap kerangka pengamatnya. Secara ilmiah sains hanya bisa melakukan observasi mengenai segala kejadian yang terjadi dalam ruang-waktu.
Dalam fisika teoritis bisa saja membahas hyperspace berdimensi-n, tetapi yang bisa terobservasi hanya ruang-waktu saja.

Secara teologi/filsafat bisa saja mengatakan bahwa malaikat berada dalam ruang dimensi-n, sehingga bisa keluar dari ruang-waktu.Namun hal ini tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.
« Edit Terakhir: Oktober 25, 2009, 01:52:35 AM oleh The Houw Liong »

Offline ks@tri@

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 23
  • IQ: 6
Re: Dimensi n waktu relatif
« Jawab #21 pada: Oktober 31, 2009, 03:56:48 PM »
Coba di download ini juga, mungkin bs mmbntu:

Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Alseven - Physics and Technology
Re: Dimensi n waktu relatif
« Jawab #22 pada: November 17, 2009, 04:45:13 AM »
Mantap jaya . . . :)
Matter (materi) yg dpt d jangkau dlm dimensi ruang waktu bkisar 4% sj dr total yg ada. .
Utk observasi d luar itu mgkn tdk bs kita amati. ;)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
7254 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2010, 01:24:53 AM
oleh superstring39
2 Jawaban
5925 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 06, 2011, 04:08:48 PM
oleh khenstein
2 Jawaban
3437 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2011, 02:47:27 AM
oleh Alan adhityo
1 Jawaban
4967 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 21, 2012, 04:22:23 AM
oleh Anton_Soepriyanto
3 Jawaban
56085 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2017, 04:50:04 AM
oleh Pi-One