Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Fisika => Topik dimulai oleh: Anton_Soepriyanto pada Maret 19, 2012, 03:19:09 AM

Judul: Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada Maret 19, 2012, 03:19:09 AM
http://sains.kompas.com/read/2012/03/17/18480014/Einstein.Benar.Tak.Ada.yang.Lebih.Cepat.dari.Cahaya
Ternyata ada kesalahan dalam pengukuran dalam eksperimen OPERA yg dulu mengklaim bahwa neutrino bergerak lebih cepat dari cahaya. Inilah ilmuwan sejati, berani mengakui kesalahan.
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Eistensi pada Maret 19, 2012, 10:25:46 AM
Thank's gay atas dukungannya
"thank you"
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: exile_rstd pada Maret 20, 2012, 02:16:36 AM
kalau boleh tau, neutrino itu apa?
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Fariz Abdullah pada Maret 20, 2012, 05:45:29 AM
Memang jika ada kecepatan melebihi cahaya, sepertinya semua buku fisika harus dikoreksi dan ditulis ulang..Ada perubahan fundamental dalam mekanika kuantum dan tentunya pemahaman fisika kita selama ini secara keseluruhan..

Tidak penting apakah Einstein benar atau salah..Dia juga manusia yang bisa salah..Yang penting adalah science itu sendiri..Just wait n see..
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: nʇǝʌ∀ pada Maret 20, 2012, 06:17:16 AM
kalau partikel bergerak melebihi kecepatan cahaya maka massa partikel itu menjadi imaginer, tapi sayangnya neutrino terbukti tidak lebih cepat daripada cahaya... oh mesin waktu, tampaknya dirimu masih jauh dari penciptaan hehehe :D hebat ya Einstein, dulu teori Newton dipatahkan sekarang masih blom ada yg matahin teorinya ini.
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: ytridyrevsielixetuls pada Maret 20, 2012, 07:26:36 AM
yang pertama kali bilang kecepatan cahaya kecepatan paling tertinggi itu James Maxwell, bukan Einstein. :(
BTW,
kalo massa dari suatu partikel menjadi imaginer cuma karena melebihi kecepatan cahaya, apa lantas partikel itu pasti pindah ke masa lalu atau masa depan ? siapa tahu malah musnah tanpa bekas, lantas bagaimana membuat kendaraan dan manusia jadi tanpa massa ???
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: ytridyrevsielixetuls pada Maret 20, 2012, 07:30:42 AM
lalu bagaimana dengan hukum kekekalan energi? kalo memang ada partikel bisa musnah atau berpindah dimensi waktu.... apa nga kontradiktif nantinya?
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada Maret 21, 2012, 03:47:05 AM
kalau boleh tau, neutrino itu apa?
setau saya neutrino itu salah satu partikel elementer yg sangat ringan, tidak bermuatan. Tapi bukan neutron. beda
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada Maret 21, 2012, 03:48:33 AM
logikanya begini, kalau kita mau bergerak dg kecepatan cahaya kita harus menambah kecepatan dari diam menuju ke kecepaatan cahaya. masalahnya, penambahan energi gerak tidak sebanding dg pertambahan kecepatan. kita menambah energi dorong, ka...takanlah kecepatan bertambah menjadi 80% kecepatan cahaya, tambah lagi jadi jd 99%c, tambah lagi kecepatan jd 99.999%, tambah lg jd 99.99999999999% kec.cahaya, dan semakin banyak kita tambah energi, kecepatan hanya mendekati kec.cahaya, tapi tdk pernah mencapai batas itu, disitulah masalahnya.
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada Maret 21, 2012, 03:51:11 AM
yang pertama kali bilang kecepatan cahaya kecepatan paling tertinggi itu James Maxwell, bukan Einstein. :(
BTW,
kalo massa dari suatu partikel menjadi imaginer cuma karena melebihi kecepatan cahaya, apa lantas partikel itu pasti pindah ke masa lalu atau masa depan ? siapa tahu malah musnah tanpa bekas, lantas bagaimana membuat kendaraan dan manusia jadi tanpa massa ???
justru karena imajiner itu, dikatakan tidak mungkin. coba, bagaimana "arti" massa imajiner itu? bil. imajiner cuma alat bantu, dlm kenyataan tdk pernah kita temui kuantitas fisis nilainya imajiner
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Maret 21, 2012, 05:35:55 AM
yang pertama kali bilang kecepatan cahaya kecepatan paling tertinggi itu James Maxwell, bukan Einstein. :(
BTW,
kalo massa dari suatu partikel menjadi imaginer cuma karena melebihi kecepatan cahaya, apa lantas partikel itu pasti pindah ke masa lalu atau masa depan ? siapa tahu malah musnah tanpa bekas, lantas bagaimana membuat kendaraan dan manusia jadi tanpa massa ???
Maxwell hanya mengatakan bahwa kecepatan gelombang elektromanetik (termasuk cahaya) ialah c.
Menurut Einstein kecepatan partikel tidak bisa melampaui c. Foton kecepatannya selalu sama dengan c.
Dari rumus m=m_o/Akar(1-v^2/c^2) , maka ada partikel yang masa diamnya imaginer , massanya real dan akan bergerak dengan kecepatan selalu  lebih besar dari cahaya.
Partikel ini dinamakan tachyon. Namun secara eksperimental partikel ini belum terdeteksi.

http://en.wikipedia.org/wiki/Tachyon
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: exile_rstd pada Maret 21, 2012, 11:51:32 PM
setau saya neutrino itu salah satu partikel elementer yg sangat ringan, tidak bermuatan. Tapi bukan neutron. beda
lalu neutrino sendiri bentuknya seperti apa? apa seperti partikel mikroskopik? dimana kita bisa menemukan neutrino?
dan apakah neutrino sudah dikembangkan oleh para scientist?
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada Maret 22, 2012, 06:19:33 AM
lalu neutrino sendiri bentuknya seperti apa? apa seperti partikel mikroskopik? dimana kita bisa menemukan neutrino?
dan apakah neutrino sudah dikembangkan oleh para scientist?

neutrino itu partikel yg sangat ringan, kalau ditanya dimana, bisa dibilang ada dimana mana. Tiap hari kita "mandi" neutrino. Neutrino sendiri banyak dihasilkan dari matahari. Tapi kita terpapar neutrino itu bukan hanya siang hari, malam hari pun juga, karena neutrino itu bisa menembus bumi. Dia ini lebih hebat dari sinar x, kalau sinar X palin2 hanya menembus benda beberapa meter, sedang neutrino, tidak bisa dihentikan oleh apapun. segalanya "transparan" buat partikel ini. Neutrin itu partikel yg sulit berinteraksi dg partikel lain, jadi efeknya buat tubuh kita tidak ada. Penelitian tentang neutrino sendiri sudah banyak. kalau kegunaannya sendiri setahu saya belum ada.
Begitu.
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Maret 22, 2012, 08:57:03 AM
neutrino itu partikel yg sangat ringan, kalau ditanya dimana, bisa dibilang ada dimana mana. Tiap hari kita "mandi" neutrino. Neutrino sendiri banyak dihasilkan dari matahari. Tapi kita terpapar neutrino itu bukan hanya siang hari, malam hari pun juga, karena neutrino itu bisa menembus bumi. Dia ini lebih hebat dari sinar x, kalau sinar X palin2 hanya menembus benda beberapa meter, sedang neutrino, tidak bisa dihentikan oleh apapun. segalanya "transparan" buat partikel ini. Neutrin itu partikel yg sulit berinteraksi dg partikel lain, jadi efeknya buat tubuh kita tidak ada. Penelitian tentang neutrino sendiri sudah banyak. kalau kegunaannya sendiri setahu saya belum ada.
Begitu.

Lho? Berarti Neutrino nggak bisa dipantulkan oleh apapun dong?   :o
Terus bisa berhenti nggak?  :-\
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: ytridyrevsielixetuls pada Maret 22, 2012, 11:58:17 AM
saya rasa neutrino mampu disedot oleh Black Hole. kan sudah terbukti nga lebih cepat daripada cahaya.
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: nʇǝʌ∀ pada Maret 22, 2012, 12:23:05 PM
setau saya neutrino itu salah satu partikel elementer yg sangat ringan, tidak bermuatan. Tapi bukan neutron. beda

pas cari-cari di internet, ternyata penjelasan lengkap tentang neutrino sudah ada di ForSa

Artikel

Forum

saya rasa neutrino mampu disedot oleh Black Hole. kan sudah terbukti nga lebih cepat daripada cahaya.

bahkan cahaya sendiri bisa kok terpengaruh oleh grafitasi padahal dia lebih cepat daripada neutrino. bagaimanapun juga, cahaya masih termasuk partikel bermassa... ::)
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Eistensi pada Maret 29, 2012, 05:16:24 AM
Mnurut sya chya tdak trmsuk prtkel brmssa, nmun ia trmsuk sjenis glmbang. Nmun ia bisa trsedot lubang hitam krena jaraknya trlalu dekat dengan lubang htam. Nmun objek yg memdejati tersebut bisa lolos melalui perilaku "terowongan kuantum".
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada Maret 30, 2012, 08:06:51 AM
Mnurut sya chya tdak trmsuk prtkel brmssa, nmun ia trmsuk sjenis glmbang. Nmun ia bisa trsedot lubang hitam krena jaraknya trlalu dekat dengan lubang htam. Nmun objek yg memdejati tersebut bisa lolos melalui perilaku "terowongan kuantum".
Cahaya itu bisa dianggap gelombang maupun partikel. Kenapa bisa dianggap partikel karena dia punya momentum, cari aja di google efek compton. Partikel cahaya namanya foton. Foton tidak bermassa, tapi punya momentum, mungkin kedengaran aneh, tapi baik secara teori atau eksperimen memang begitu kenyataannya. Cahaya tidak bisa lolos dari lubang hitam karena gravitasi lubang hitam melengkungkan ruang-waktu sedemikian rupa sehingga waktu yg dibutuhkan cahaya utk kabur tidak terhingga, dg kata lain cahaya terjebak didalam selama lamanya.
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: exile_rstd pada Maret 31, 2012, 02:39:20 AM
Cahaya itu bisa dianggap gelombang maupun partikel. Kenapa bisa dianggap partikel karena dia punya momentum, cari aja di google efek compton. Partikel cahaya namanya foton. Foton tidak bermassa, tapi punya momentum,
ng? setahu saya momentum sendiri hasil bagi massa dengan kecepatan..
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: nʇǝʌ∀ pada Maret 31, 2012, 05:06:43 AM
Mnurut sya chya tdak trmsuk prtkel brmssa, nmun ia trmsuk sjenis glmbang. Nmun ia bisa trsedot lubang hitam krena jaraknya trlalu dekat dengan lubang htam. Nmun objek yg memdejati tersebut bisa lolos melalui perilaku "terowongan kuantum".

hmm... jadi cahaya tidak punya massa ? tampaknya gua missuderstood soal itu karena foton punya energi.

E = hf

di mana h adalah konstanta Planck dan f adalah frekuensi dari foton. Dan energi itu ekuivalen dengan massa berdasarkan E = mc²
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: ytridyrevsielixetuls pada Maret 31, 2012, 05:34:00 AM
berdasarkan apa yang saya baca di sini kesimpulannya ada dualisme dalam pengkategorian cahaya sehubungan dengan ciri-cirinya. cahaya itu punya karakter seperti gelombang tapi bertindak layaknya partikel.
jadi sepertinya foton itu special, jadi punya dual-degree ;D
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: mhyworld pada Maret 31, 2012, 10:33:07 AM
ng? setahu saya momentum sendiri hasil bagi massa dengan kecepatan..
mungkin maksudnya hasil kali?
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada April 02, 2012, 12:24:52 AM
Yg saya maksud massa diam, cahaya tdk punya massa diam. Yg E=mc^2 itu kan massa diam (?). Begini lho:
E^2=p^2c^2+m^2_0c^4
Dari percobaan Compton didapat E=pc, berarti m_0=0
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: exile_rstd pada April 06, 2012, 10:16:27 PM
mungkin maksudnya hasil kali?
oia maaf salah ingat.
Yg saya maksud massa diam, cahaya tdk punya massa diam.
ng? apa itu massa diam?
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada April 06, 2012, 10:59:45 PM
massa benda berubah jika bergerak. Kalau suatu benda diam terhadap kita, massa yg terukur itu massa diamnya.

Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada April 06, 2012, 11:03:32 PM
dalam kasus cahaya, momentum bukan lagi perkalian massa dg kecepatan setahu saya. Tapi jadi semacam besaran yg agak sulit didefinisikan, meski bisa diukur
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: The Houw Liong pada April 07, 2012, 05:07:12 AM
dalam kasus cahaya, momentum bukan lagi perkalian massa dg kecepatan setahu saya. Tapi jadi semacam besaran yg agak sulit didefinisikan, meski bisa diukur
Dalam teori relativitas mementum dan energi merupakan komponen dari vektor-4  (p_x,p_y,p_z, E/c) seperti juga ruang dan waktu (x,y,z,ct).

http://en.wikipedia.org/wiki/Four-momentum
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: lustforscience pada Mei 14, 2012, 10:26:35 AM
Saya masih belum tahu caha bermassa atau tidak, tapi tentang blackhole menarik cahaya ya itu sudah pasti. Gravitasi memengaruhi gerak cahay jadi bisa ditarik dan dibengkokan. Bayangkan cahaya seperti kereta super cepat, dan ruangwaktu adalah relnya. Jika kita belokan relnya secara spontan pun kereta ikut belok. dan gravitasi adalah lengkungan ruangwaktu, sementara tentang black hole. Bayangkan saja Kereta masuk ke jurang
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: lustforscience pada Mei 14, 2012, 10:33:13 AM
tentang tak ada yang lebih cepat dari kecepatan cahaya, hmm mungkin. Soalnya Massa benda akan bertambah jika bergerak, jadi sangat tidak memungkinkan untuk sesuatu bergerak lebih dari kecepatan cahaya. Tapi bagaimana tentang quantum entanglement? hubungan suatu elektron dalam atom dengan elektron lainnya yang memerlukan 0 gerakan jadi semacam teleportasi ya.
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: deni agprianta pada Juni 18, 2012, 01:10:46 AM
neutrino itu partikel yg sangat ringan, kalau ditanya dimana, bisa dibilang ada dimana mana. Tiap hari kita "mandi" neutrino. Neutrino sendiri banyak dihasilkan dari matahari. Tapi kita terpapar neutrino itu bukan hanya siang hari, malam hari pun juga, karena neutrino itu bisa menembus bumi. Dia ini lebih hebat dari sinar x, kalau sinar X palin2 hanya menembus benda beberapa meter, sedang neutrino, tidak bisa dihentikan oleh apapun. segalanya "transparan" buat partikel ini. Neutrin itu partikel yg sulit berinteraksi dg partikel lain, jadi efeknya buat tubuh kita tidak ada. Penelitian tentang neutrino sendiri sudah banyak. kalau kegunaannya sendiri setahu saya belum ada.
Begitu.


kakak, jika neutrino ada dimana mana,, saya ingin bertanya "adakah bukti yg jelas bahwa neutrino itu dapat menembus bumi dan tidak bisa dihentikan oleh apapun?? thaks   
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada Juni 18, 2012, 03:11:26 AM
ada eksperimennya, yang intinya memasang detektor neutrino di bawah tanah, dan neutrino masih terdeksi. Itu artinya neutrino bisa menembus bumi
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada Juni 18, 2012, 03:16:27 AM
kalau ngga salah sekian kilometer dibawah tanah
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: bayu220686 pada Agustus 06, 2012, 07:29:19 AM
Jadi Neutrino adalah salah satu dari bentuk cahaya, selain foton ya..
Judul: Re:Einstein Masih benar
Ditulis oleh: zecklawdark pada Januari 18, 2015, 11:45:41 AM
apa landasan teori kenapa einstein benar padahal teorinya sudah di bantahkan dengan adanya materi neutrino dan takhion