Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2021, 07:38:14 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 30
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 17
Total: 17

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan  (Dibaca 119265 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

optik

  • Pengunjung
Re: Mengkoreksi Hukum Kekekalan Energi "ENERGI BISA DICIPTAKAN & BISA DIMUSNAHKAN"
« Jawab #15 pada: November 27, 2008, 01:47:41 AM »
wow penemuan yang keren.. terus sampai sekarang bagaimana?ada tindak lanjut?kalau emang benar gt brarti semua materi pelajaran tingkat sekolah sampai dengan kulkiah gugur dong!tapi mengapa sampai sekarang masih dipakai/ dianut tuh hukum!

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: POLING SEPUTAR PRO DAN KONTRA HUKUM KEKEKALAN ENERGI
« Jawab #16 pada: November 28, 2008, 07:56:53 AM »
sekedar tambahan, magnet bisa menciptakan gerakan pada besi untuk mendekatinya,. bukankah yang menggerakkannya itu energi magnetik, taukah bahwa kemagnetan bisa dihilangkan?
itu artinya energi magnet bisa dihilangkan dari magnetnya...
bukan begitu?

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: POLING SEPUTAR PRO DAN KONTRA HUKUM KEKEKALAN ENERGI
« Jawab #17 pada: November 28, 2008, 03:19:44 PM »
jawaban komentar h4ry

coba deh cari paper or tulisan einstein tentang hal tersebut, bukan berubah, namun disebut juga pergeseran panjang gelombang karena medan gravitasi. bukan pengurangan energi kinetik namun pengurangan energi frekuensi.


jawaban komentar utusan langit (gila nih nama keren abis hehehe...)

energi gerak bisa diciptakan dari medan magnet karena ternyata benda tersbut menjadi mempunyai energi kinetik sedangkan magnet pas saat diukur dengan permagraf ia energi magnetnya masih tetap tidak berkurang karena menggerakkan benda tersebut. dari manakah energi kinetik tersebut sedangkan energi magnet yang terkandung dalam medan magnet tidak berkurang??? hal ini namanya TERCIPTA energi kinetik bukan dari hasil konversi energi magnet tersebut.


benar energi magnet bisa dimusnahkan, gila selain namanya keren abis ternyata utusan langit jenius juga nih....
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: MENGKOREKSI HUKUM KEKEKALAN ENERGI (ENERGI BISA DICIPTAKAN & DIMUSNAHKAN)
« Jawab #18 pada: Desember 01, 2008, 03:04:57 AM »
Wah... jadi pengen tahu euy...

Jelasin lagi dunk disini....!!  ;D
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: MENGKOREKSI HUKUM KEKEKALAN ENERGI (ENERGI BISA DICIPTAKAN & DIMUSNAHKAN)
« Jawab #19 pada: Desember 01, 2008, 01:56:25 PM »
1. saat benda dilempar keatas dengan energi sebesar 50 KJ, maka saat itu benda mempunyai energi kinetik, tetapi saat benda itu jatuh, maka benda tersebut tidak memiliki energi sama sekali. mengapa tidak memiliki energi? karena benda itu diam, dan ketinggian = 0. menurut saya sih,
a. enegi yang dimiliki benda yang dilempar tadi tidak cukup untuk melakukan usaha. sehingga terkesan benda itu tak berenergi.
b. energi tersebut hilang dengan meninggalkan effect-effect yang bisa kita lihat.

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #20 pada: Desember 03, 2008, 03:59:03 AM »
Ass.Wr.Wb.

Saya ingin mempublikasikan penemuan kami, bahwa ternyata energi bisa diciptakan dan bisa dimusnahkan. Hal ini mengkoreksi hukum kekekalan energi, yang sebenarnya adalah hukum perbandingan tuk mengkonversi energi.

kami sudah membuat dua paper. Paper pertama secara teori dan fakta pada alam serta secara matematis. Paper kedua berisi contoh alat dan desain alat tuk membuktikan penemuan kami.
 
penemuan ini sudah kami publikasikan di dalam negeri oleh saya dan diluar negeri oleh dosen saya yang sekarang sedang keluar negeri.

di dalam negeri saya telah publikasikan ke kepala departemen fisika dengan pak santoso, dan ke itb dengan prof. the houw liong. serta berbagai instansi yang terkait dengan fisika seperti lipi, bppt, menristek, dan lainnya. serta kami publikasikan lewat internet.

mungkin kalian semua tidak percaya, saya kan jabarkan sedikit ringkasan dalam paper saya yang pertama.

1. hal yang pertama kali membuktikan hukum kekekalan energi adalah Tuhan. Ia adalah maha pencipta, bukan mengkonversi dari dirinya.
2. ilmu pengetahuan yang terbaru. Einstein meramalkan bahwa cahaya yang lewat medan gravitasi akan hilang sebagian energinya, hilang bukan karena dikonversi namun karena musnah. Teori bigbang, bahwa alam diciptakan dari ketiadaan oleh suatu ledakan dahsyat. Dan semua ini sudah terbukti.
3.secara teori. apakah energi gerak planet? ia dikonversi dari energi apa? sedangkan jika mobil-mobilan bergerak karena hasil konversi energi dari baterai.
4. contoh nyata pada alam. Lihat satelit jupiter yaitu IO, ia bisa menciptakan listrik. Dan lihat pasang surut air laut tak akan pernah habis selama masih ada gravitasi bulan dan matahari, dari pasang surut ini kita bisa membuat energi gerak lalu dikonversi ke energi listrik.
5. secara matematis. Bagi kalian yang merasa jago fisika atau matematis, coba hitung hal berikut.
misal saya lempar apel besi dari planet bumi dengan energi awal 100.000 joule. lalu apel besi tersebut melayang keluar angkasa sampai tidak tersentuh gravitasi lagi. Hitung apakah benar total energi awal saat saya lemparkan sama dengan jumlah energi akhir saat apel tersebut sudah tidak tersentuh gravitasi lagi?

dalam paper kedua kami sedang membuat alat tersebut, prototype Pembangkit Listrik Tenaga Kekal. Dengan alat ini tak akan ada lagi sanggahan dari ilmuwan lain yang masih konservatif. Dengan alat ini energi akan menjadi murah bahkan bisa gratis. Kami mempunyai sepuluh desain alat namun masih kami simpan dan hanya kami publikasikan dua dahulu.

penemuan kami bisa menyelamatkan umat manusia saat ini (saat minyak bumi akan habis). Dan saat masa depan (saat Matahari kehabisan bahan bakarnya atau hidrogen) lihat dalam website Nasa matahari memasuki tahap merah.

menurut data-data yang kami dapat minyak bumi akan habis dari dunia sekitar tahun 2030an atau 22 tahun dari sekarang (2008). Sehingga kami memprediksi dunia dan Indonesia akan terkena krisis dasyat sekitar 11 tahun lagi. Jika prediksi kami benar maka seiring itu harga minyak bumi dari tahun ke tahun akan terus melambung tinggi.

Namun jika kami gagal merakit alat tersebut, kami harap ada ilmuwan lain yang mau membuka ladang biodiesel di Indonesia, mulai dari sekarang.

Jika ada yang berminat atau tertarik, kami (saya dan dosen-dosen kami yang mendukung) bisa mempresentasikan penemuan kami.

was.wr.wb.

Karno Giyantono 
Drs. C. E. Rustana, BSC (Hans, Ph.D)
Universitas Negeri Jakarta
karnogiyantono2007@yahoo.com
karno_giyantono@plasa.com
021-68626127


Saya kok menemukan beberapa tulisan yang sama ya?

di sini, lalu di sini. Oh.. di sini juga benar-benar mirip.

Ada juga tulisan Anda yang lainnya yang hampir mirip, seperti tulisan ini.

Mohon ke depan jika berniat untuk diskusi, cukup tampilkan dalam sebuah tulisan saja. Agar diskusinya terfokus dan tidak mencar-mencar. Dan mohon tidak memberikan junk alias "komentar sampah" yang hanya berupa titik.

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #21 pada: Desember 03, 2008, 01:13:40 PM »
sory yah... namanya juga lagi publikasi.
saya kirim semua informasi ke semua aspek ilmuwan dan fisikawan di seluruh indonesia dan dunia. eh gak taunya saya nemuin kawan lama di sini... itu superstring39. pi kalo gak boleh ya gpp. apus aja...

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: MENGKOREKSI HUKUM KEKEKALAN ENERGI (ENERGI BISA DICIPTAKAN & DIMUSNAHKAN)
« Jawab #22 pada: Desember 03, 2008, 01:39:01 PM »
tuk insan sains
sebagai seorang guru fisika, saya juga bingung mau jelasin dimana jika tidak tahu bingung ya dimana??? biasanya agar  saya tahu kesalahan siswa. saya suka kasih soal tuk latihan dan feedback ke saya lalu, saya tahu ternyata siswa bingung dibagian tersebut lalu bisa dibahas ulang. jadi insan sains mau dijelasin dimana nh???

tuk utusan langit
wah ini bisa nambah referensi... dan bahan kajian yang bagus. dan bisa dipikirkan secara lebih mendalam.

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #23 pada: Desember 04, 2008, 08:07:42 AM »
setelah mempelajari lebih jauh, saya (pelajar SMA) ingin menjawb pertanyaan karno

2. ilmu pengetahuan yang terbaru. Einstein meramalkan bahwa cahaya yang lewat medan gravitasi akan hilang sebagian energinya, hilang bukan karena dikonversi namun karena musnah. Teori bigbang, bahwa alam diciptakan dari ketiadaan oleh suatu ledakan dahsyat. Dan semua ini sudah terbukti.
teori bigbang, bisa terjadi karena ada reaksi kimia. dan itu adalah energi kimia.
untuk ramalan cahaya einstein. mungkin yang dimaksud bukan hilang energinya, tapi berkurangnya intensitas.


3.secara teori. apakah energi gerak planet? ia dikonversi dari energi apa? sedangkan jika mobil-mobilan bergerak karena hasil konversi energi dari baterai.

energi planet dikonversi dari energi ledakan bigbang yang membuat semuanya berjalan pada medan grafitasi pusat masing-masing dengan kontrol gaya sentripetal.

4. contoh nyata pada alam. Lihat satelit jupiter yaitu IO, ia bisa menciptakan listrik. Dan lihat pasang surut air laut tak akan pernah habis selama masih ada gravitasi bulan dan matahari, dari pasang surut ini kita bisa membuat energi gerak lalu dikonversi ke energi listrik.


1 gram plutonium dan uranium dapat memberi energi listrik 200 rumah (ukuran rumah tangga).

bahkan 2 buah jeruk (sudah dilunakkan tanpa merobek kulit) yang sudah di beri anoda dan katoda berupa besi dan tembaga bisa memutar jam tangan (1.5 volt).

untuk pasag surut air laut, disebabkan grafitasi serta suhu permukaan tanah(energi kalor).
5. secara matematis. Bagi kalian yang merasa jago fisika atau matematis, coba hitung hal berikut.
misal saya lempar apel besi dari planet bumi dengan energi awal 100.000 joule. lalu apel besi tersebut melayang keluar angkasa sampai tidak tersentuh gravitasi lagi. Hitung apakah benar total energi awal saat saya lemparkan sama dengan jumlah energi akhir saat apel tersebut sudah tidak tersentuh gravitasi lagi?

jawaban mengenai ini energi kinetik dan potensial memang nol, tapi bukankah benda yang melewati atmosfer bumi akan terbakar? maka jawabannya energi 100.000 Joule berubah jadi energi kalor.

<b>mari kita gunakan forum sains untuk kemajuan </b>
« Edit Terakhir: Desember 04, 2008, 08:10:36 AM oleh utusan langit »

Offline kn8_satria

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 26
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • matter is void
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #24 pada: Desember 04, 2008, 08:35:18 AM »
punten, menurut yang sya tau, energi merupakan suatu besaran yang manusia tetapkan untuk mendefinisikan suatu keadaan materi..
Saya percaya energi dapat diciptakan, Namun hanya tuhan yang bisa(keyakinan ini yang membuat saya tetap beragama)..
Klo anda mengklaim dapat menghasilkan mesin penghasil energi hingga melebihi 100%, saya sangat tertarik mengetahui argumen anda, karena akan menjadi terobosan terbesar sepanjang sejarah umat manusia.
Namun, sebagai manusia yang juga pernah mempelajari termodinamika, saya tidak dapat menemukan cara menciptakan sistem yang melebihi efisiensi carnot.

Tolong sering di up-date..trm ksh
Segalanya berawal dari ketiadaan..

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #25 pada: Desember 04, 2008, 02:20:39 PM »
aduh saya cape nih jelasin terus, bentar lagi alat tuk pembuktian teori ini akan kami publikasikan.

jawaban untuk utusan langit

2. Itu bukan intensitasnya pi itu adalah frekuensinya yang berubah (mungkin tuk lebih jelasnya coba cari jurnal, paper atau buku karangan einstein). Bigbang bukan karena hasil kimia loh... pi karena hasil penciptaan oleh yang maha kuasa. Dari tidak ada menjadi ada. Menurut teori ini semesta diciptakan dari suatu titik bervolume nol dengan kerapatan tak terhingga akibat adanya suatu ledakan besar.

Fenomena terakhir yang diajukan oleh Einstein berhubungan dengan hilangnya sebagian energi cahaya ketika sebuah berkas cahaya keluar dari medan gravitasi sebuah benda angkasa. Ketika sebuah berkas sinar kehilangan sebagian energi, panjang gelombangnya menjadi lebih panjang mengakibatkan warna cahaya tersebut akan bergeser ke arah warna merah. Itulah sebabnya fenomena ini disebut sebagai pergeseran warna merah akibat medan gravitasi.
Eksperimen terkenal untuk membuktikan prediksi ini dilakukan oleh R.V. Pound dan G.A. Rebka di universitas Harvard pada tahun 1959 dengan menggunakan teknik yang disebut sebagai efek Mossbauer. Sinar gamma yang dihasilkan oleh elemen radioaktif kobalt dipancarkan dari lantai dasar laboratorium fisika Jefferson di kampus itu. Melalui lubang yang didesain mencapai tingkat teratas laboratorium setinggi 22.5 meter menghasilkan konfirmasi perbedaan frekuensi cahaya yang dihasilkan.


3. Jika misalkan dikonversi dari energi bigbang, pasti planet akan berhenti berevolusi donk... Energi gerak planet ini adalah kekal, tak akan habis. Ia digerakkan oleh suatu gaya yang kekal yaitu gravitasi. Sedangkan mobil-mobilan bisa berhenti bergerak karena tenaga geraknya bukan dari gaya yang kekal. Ingat W=F.S  planet mempunyai massa dan melakukan perubahan kecepatan pada titik perihelium dan aphelium, berarti kita dapat F. Sekarang S adalah total jarak yang telah ia tempuh. Jika mobil-mobilan W ya sudah jelas dari energi baterai sehingga kia bisa memprediksi jarak tempuh mobil tersebut. nah definisi energi adalah tenaga pendorong benda tersebut untuk bergerak, jika tenaganya atau gayanya habis maka ia akan berhenti. sedangkan planet akan berhenti bergerak jika gaya gravitasi sudah habis. sedangkan gravitasi itu adalah gaya kekal, tak akan habis dan berhenti menarik benda yang bermassa. ngerti gak???

4. satelit jupiter IO itu ibaratkan seperti dinamo. dinamo kita putar maka menghasilkan energi listrik akibat mengkonversi dari energi gerak putar. sekarang IO berevolusi dan berotasi karena gaya gravitasi yang kekal, ia tercipta energi listrik pada kedua kutubnya. ini artinya energi listrik dikonversi dari energi gerak sedangkan yang  membuat satelit itu berputar dan berevolusi selamanya adalah gaya kekal yaitu gravitasi. jadi "Energi Bisa Diciptakan dari Energi Lain yang Kekal", sehingga saya berasumsi dari suatu hal yang kekal pasti mempunyai kemampuan untuk menciptakan (membuat dari tidak ada menjadi ada). Sekarang selain gaya gravitasi, adhesi, kohesi, dan gaya coulomb apa lagi di dunia ini yang kekal??? didalam Al-Quran dijelaskan bahwa Tuhan itu adalah kekal. dari sini saya sangattttttttttttt yakin bahwa penemuan saya benar, ilmu hukum buatan manusia hanya bersifat sementara, saya telah menemukan hukum yang lebih tinggi dari James Presscot Joule.

pasang surut air laut bukan karena kalor namun karena gaya kekal yaitu gravitasi, dari pergerakan air yang naik dan turun kita bisa mengkonversi menjadi energi listrik. namun gravitasi bulan dan matahari tidak akan pernah habis.

ini membuat kita berfikir ternyata Allah memberikan kita 3 sumber daya alam yaitu, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi yang sebentar lagi akan habis. sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti tumbuhan dan hewan. dan sumber daya alam yang kekal yang bisa menciptakan energi baru, yaitu gravitasi, gaya coulomb, gaya kohesi dan adhesi, gaya lorent.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #26 pada: Desember 04, 2008, 02:34:24 PM »
Usaha melanggar hukum kekekalan energi, seperti yang dilakukan @Karno Giyantono sebenernya udah cukup lama dilakukan. Emang sangat menarik utk selalu mencoba mencari kesalahan hukum ini ya  ;D Sayangnya, sampe saat ini ngga ada satu orang pun yang bisa membantah hukum kekekalan energi.

Yang coba dijelaskan di sini saya ga ngerti. Argumennya apa? Modelnya kira-kira seperti apa?
Setidaknya ada dua topik lain di forum fisika ini yang juga membahas hal yang sama. Dua topik ini walaupun dah cukup berumur cukup hangat sampai saat ini :

1. Hantu Maxwell
2. perpetual motion

Maap kalo udah cape jelasin, tapi bener deh, sumpah... ga jelas sama sekali buat saya apa idenya.
@Karno Giyantono bisa tolong dijelaskan lagi idenya seperti apa?

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #27 pada: Desember 04, 2008, 03:01:09 PM »
"ENERGI BISA DICIPTAKAN DARI ENERGI LAIN YANG KEKAL"
"ENERGI BISA DICIPTAKAN DARI ENERGI LAIN YANG KEKAL"
"ENERGI BISA DICIPTAKAN DARI ENERGI LAIN YANG KEKAL"
"ENERGI BISA DICIPTAKAN DARI ENERGI LAIN YANG KEKAL"
"ENERGI BISA DICIPTAKAN DARI ENERGI LAIN YANG KEKAL"

TERSERAH MAU BILANG APA.
SAYA DAH CAPE MENJELASKAN SECARA TEORI,  BERSILAT LIDAH ADU FILSAFAT.
LEBIH BAIK SAYA BUAT SAJA ALATNYA.

PI TERNYATA ADA JUGA TUH YANG BERPIKIRAN SAMA DENGAN SAYA, SEPERTI HANTU MAXWELL DAN PERPETUAL MOTION. WAH INI BISA JADI REFERENSI YANG BAGUS (THANKS JUGA NIH TUK REBORN DAN FORUM SAINS)

SAYA ADA SEKITAR 10AN DESAIN ALAT, LEBIH BAIK DAN LEBIH EFEKTIF... PI YANG SAYA PUBLIKASIKAN HANYA DUA YAITU APEK PIKA (PIPA KAPILER) DAN APEK PERTE (PERBEDAAN TEKANAN) SEPERTI SIRKULATOR POMPA GRAVITASI.

SAYA DAH LIAT DESAIN-DESAIN LAIN ADA KEKURANGANNYA YAITU KARENA ADANYA GESEKAN.

DAN SAYA MAU MENANTANG ILMUWAN TERHEBAT TUK MEMECAHKAN KEANEHAN BERIKUT

KEANEHAN HUKUM KEKEKALAN ENERGI
Masukkan kipas angin dan baterai dalam suatu kotak yang terisolasi dengan lingkungan sehingga tidak ada kalor yang berpindah dari sistem ke lingkungan dan sebaliknya.
Jam 10.00 ada energi pada baterai sekitar 1000 joule, setelah itu kipas dinyalakan, lalu berhenti pada jam 10.30 karena energi listrik pada baterai telah dikonversi habis menjadi energi gerak dan kalor. Sesuai hukum kekekalan energi didapatkan.
1000 j (listrik) -> 900 j (gerak) + 100 j (kalor)
Diukur kembali energi pada jam 10.31 terdapat energi apa saja yang terdapat didalam kotak yang terisolasi tersebut? Ternyata hanya kalor pada logam pada kipas sebesar 100j(kalor), kemanakah energi gerak? Ia menghilang kemana? Energi yang telah dikonversi menjadi energi gerak tersebut jika tidak dikonversi lagi menjadi energi lain yang bisa disimpan seperti energi listrik maka ia akan hilang dari dunia. Buktinya sekarang kita tidak bisa mengambil energi 900 j dari kotak setelah jam 10.31.

Awalnya sebelum kipas berputar
Jam 10.00 pada kotak terdapat 1000 j (energi listrik)
Akhirnya setelah kipas berhenti
Jam 10.31 pada kotak hanya terdapat 100 j (kalor)

Jika memang benar hukum kekekalan energi maka jumlah energi saat jam 10.00 sama dengan jam 10.31 pada kotak tersebut. Adakah ilmuwan yang bisa membuktikannya jika benar???????????

Setelah melakukan eksperimen ini benarkah hukum kekekalan energi ini? Teori yang dikemukan oleh James Prescoot Joule ternyata masih ada kekurangan, menurut ia energi tidak bisa diciptakan dan dimusnahkan. Benar, jika sebagian energi listrik itu dirubah menjadi gerak dan sebagian lagi menjadi kalor, namun benarkah jumlah energi awal = jumlah energi akhir? Seharusnya jika benar energi tidak dapat dimusnahkan maka jumlah energi akan selalu sama selamanya dalam kotak tersebut. Ini bukan hukum kekekalan energi namun hukum perubahan atau konversi energi.

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #28 pada: Desember 04, 2008, 03:11:33 PM »
oia pernah liat perpetual motion yang jadi kenyataan gak???

saya pernah... lihat jam bandul buatan galileo.

jam klasik yang besar, ia bergerak karena adanya bandul yang bergerak.

Jam Klasik Pendulum
Jam klasik yang desain awalnya adalah hasil rancangan Galileo. Jam ini memanfaatkan ayunan bandul atau pendulum untuk menghasilkan energi untuk menggerakan jarum jam, menghasilkan suara, menggerakkan benda seperti boneka burung yang keluar dari jam tersebut.
Kenapa gesekan tidak menyebabkan sudut ayunan bandul menjadi lebih kecil dan lebih kecil sampai ayunan bandul akhirnya  berhenti bergerak? Jawabannya adalah bahwa dua gigi yang secara berurutan yang terdapat pada roda/kemudi gigi ini. Dua gigi ini ada di gunakan untuk melalaikan sudut sedemikian sehingga gigi roda telah memberi suatu desakan yang sangat kecil ke arah di mana gigi sedang bergerak ketika itu melepaskan gigi roda. Hal itulah yang memberi desakan kecil untuk mengatasi gesekan, dan memelihara bandul terayun.
Awal digoyangkan bandul dengan energi awal sebesar mgh lalu akhirnya tercipta energi gerak dan suara yang lebih besar dari energi awal.

saya dah melakukan riset dan penelitian bersama murid-murid saya dan tukang service jam bandul. saya beri energi awal, lalu saya hitung total energi balik yang jam pendulum tersebut berikan seperti energi intensitas suara, pergerakan boneka burung yang keluar masuk jam dan sebagainya ternyata lebih besar dari energi awal yang saya beri. jam ini hanya menggunakan gaya gravitasi sebagai penggeraknya TANPA BATERAI..........................................

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #29 pada: Desember 04, 2008, 10:07:06 PM »
Dalam bahasa Inggris, "Hukum Kekekalan Energi" itu : "Law of Conservation Energy". kata "conservation" ini diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi "kekal" menurut saya kurang tepat. Jika di dalam bahasa Indonesia ada kata "konservasi" merupakan padanan kata dari "Conservation" dalam bhs Inggris. Hal ini karena keterbatasan bahasa Indonesia untuk mencari padanan kata yang sesuai.

Menurut saya kata "conservation" ini bukan berarti kekal atau abadi, namun lebih berarti 'mengembalikan keadaan seperti keadaan semula' atau 'mengembalikan keadaan seperti sebelumnya'. contohnya:
- konservasi hutan: mengembalikan keadaan hutan seperti sebelum dirusak
- pemikiran konservatif: kembali ke pemikiran lama

Jadi "Law of conservation energy" bisa bermakna "hukum yang menyatakan bahwa dalam suatu perubahan energy, maka keadaan (jumlah) sebelum berubah dan setelah berubah itu sama" namun untuk memudahkan kita untuk mengingat dan memahaminya maka disebut "kekal" tapi bukan berarti dia abadi atau berlangsung selama-lamanya. Jika keadaan awal jagad raya ini berasal dari ketiadaan maka akan berakhir seperti keadaan awalnya yaitu ketiadaan. tapi saat diciptakan pada keadaan awalnya sudah mengandung semua materi dan energy yang ada bahkan hingga saat ini, sampai suatu saat nanti ia kembali keadaannya seperti semula (sebelum diciptakan). menurut saya itu pengertian lebih umum lagi dari hukum ini.

Oh.. iya... sekedar menambahkan Gravitasi merupakan suatu sumber gaya konservatif, artinya jika ada suatu objek dalam medan gravitasi bergerak dan kembali ke titik awalnya maka total energinya sama dengan nol. masih inget soal SMA ini, jika kita mengankat benda setinggi 1m dan meletakan lagi ke bawah maka total energi yang bekerja pada benda sama dengan nol. begitu pula orbit planet yang terus berputar dan kembali ke titik awal. contoh medan konservatif lainnya yaitu medan magnet.
maka persamaan usaha dalam sebuah medan gaya konservatif:

nb: tanda integral diatas adalah integral tertutup, atau gampangnya menyatakan lintasan tertutup.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Naik sepeda kok bisa ga jatuh?

Dimulai oleh pinokio « 1 2 3 » Fisika

32 Jawaban
32200 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2009, 06:02:23 AM
oleh bukan siapa siapa
Helikopter bisa terbang?

Dimulai oleh advisor Fisika

6 Jawaban
14507 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 19, 2007, 06:01:55 PM
oleh krigjsman
Apakah jantung bisa mengingat?

Dimulai oleh cqe3 « 1 2 3 » Biologi

33 Jawaban
24549 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 05, 2010, 07:48:05 AM
oleh Idad
4 Jawaban
8178 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 19, 2008, 12:06:48 PM
oleh rawWARus
5 Jawaban
5178 Dilihat
Tulisan terakhir November 23, 2008, 07:15:54 PM
oleh andriana