Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 18, 2022, 07:38:58 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 45
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 23
Total: 23

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan  (Dibaca 119810 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #120 pada: Desember 17, 2008, 10:54:21 AM »
energi yang seperti itu yang bakal dibutuhkan 100 tahun lagi yah.... :- ???
secepatnya,sy kira. (tp kalo bnr2 ada lho)
"The pen is mightier than the sword"

Offline b0cah

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Kreatif Edukatif Interaktif
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #121 pada: Desember 18, 2008, 04:52:29 AM »
Kutip
K: dunia memang tidak abadi karena menurut agama pasti ada yang namanya kiamat kan begitu menurut kamu, kalo kamu percaya agama berarti kamu nyakin donk kalo akherat itu kekal.

Kutip
sekarang kenyataannya selama ada massa, maka selama itu pula ada gravitasi. energi kekal adalah hasil pengaruh dari gaya kekal seperti gravitasi.

Kutip
bagi yang belum jelas coba deh baca dari pertama dulu, kalo masih mau memilih hukum kekekalan energi yang dikemukakan james prescoot joule, kenapa? gak setuju dimananya?

Lho anda sendiri sebenarnya termasuk penganut energi itu kekal atau tidak? kalau anda menganut bahwa energi itu kekal, anda sendiri mengatakan bahwa energi gravitasi itu kekal, nah apakah gravitasi akan ada terus di akhirat nanti?

lalu kalau anda penganut bahwa energi itu tidak kekal? lha kenapa pula anda menggagas ide2 energi yang kekal (seperti energi gravitasi tersebut)
Kreatif Edukatif Interaktif
http://bocah.info

Offline h4ry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 541
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Sweet
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #122 pada: Desember 18, 2008, 09:10:21 PM »
Hahahahahah   tambah seru jga , , ,oh ya mpe ga keiinget , , ,



bukannya tadi tulisan di atas energi diciptakan dari energi laen yang kekal yah ?




tadi kata pa guru karno , , ,  ;D ;D ;D ;D


berarti energi yang kekal tersebut mank ga bisa dimusnahkan donkz  :D :D :D :D
_Don't Be Affraid_

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #123 pada: Desember 19, 2008, 01:19:00 AM »
aduh payah banget deh ah... pada gak nanggep juga nih... malah maen kata-kata. ayo donk yang komment....

energi kekal yaitu energi yang gak habis-habis, energi ini bisa terjadi karena adanya gaya kekal seperti gravitasi.

jadi sebenernya Tuhan memberikan kita tiga sumber daya alam, yaitu:
1. sumber daya alam yg tidak dapat diperbaharui dan pasti akan habis, seperti BBM
2. sumber daya alam yang dapat diperbaharui, seperti tumbuhan dan hewan
3. sumber daya alam yang kekal yang tidak akan pernah habis, seperti gravitasi.

ternyata jika kita memanfaatkan sumber daya alam yang kekal kita bisa menciptakan (membuat dari tidak ada menjadi ada) energi lain yang baru.

ngerti gak..................................................
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #124 pada: Desember 19, 2008, 01:20:37 AM »
woyyyyyyyyyyyyyy
itu sapa sih 5 orang yang milih james prescot joule pada pooling diatas!!!!!!!

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #125 pada: Desember 19, 2008, 01:32:47 AM »
1. aduh payah banget deh ah... pada gak nanggep juga nih... malah maen kata-kata. ayo donk yang komment....
2. ngerti gak..................................................
1. kalo comment, ntar diamarahi pak guru...
2. ngerti kalo apa? kalo Bung Joule bener? ngerti laahh..

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #126 pada: Desember 19, 2008, 01:34:27 AM »
woyyyyyyyyyyyyyy
itu sapa sih 5 orang yang milih james prescot joule pada pooling diatas!!!!!!!
aku bantu deh...pak guru tinggal nyari 4 org laennya, karna yg milih prescot joule salah satunya aku... ehm, yg milih karno salah satunya bung karno sndiri y?

Offline b0cah

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Kreatif Edukatif Interaktif
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #127 pada: Desember 19, 2008, 04:03:40 AM »
Kutip
energi kekal yaitu energi yang gak habis-habis, energi ini bisa terjadi karena adanya gaya kekal seperti gravitasi.

penjelasan anda 100% saya terima, tapi sekali lagi mohon di tunjukkan bagian mana yang mendukung "teori" bahwa energi itu bisa diciptakan?? (lha wong gravitasi kan gak usah di ciptakan udah ada, hmm kecuali di manfaatkan gitu kan?)

saya mungkin memang gob**k, atau mungkin gak bisa memahami penjelasan "jenius" kamu-kamu sekalian, tapi ijinkan saya terus mendengar dan menyimak.

Offline b0cah

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Kreatif Edukatif Interaktif
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #128 pada: Desember 19, 2008, 04:07:28 AM »
Kutip
ternyata jika kita memanfaatkan sumber daya alam yang kekal kita bisa menciptakan (membuat dari tidak ada menjadi ada) energi lain yang baru.

nah disini anda sendiri mendefinisikan bahwa yang ada adalah KONVERSI energi dari eneri gravitasi menjadi energi lainnya (begitu yang saya simpulkan, mohon di koreksi kalau saya salah)

Kutip
aduh payah banget deh ah... pada gak nanggep juga nih... malah maen kata-kata. ayo donk yang komment....

lantas dengan fakta di atas nampaklah sebenarnya siapa yang main kata2?? Menciptakan energi = Mengkonversikan energi??



Offline b0cah

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Kreatif Edukatif Interaktif
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #129 pada: Desember 19, 2008, 04:25:47 AM »
Kutip
jadi sebenernya Tuhan memberikan kita tiga sumber daya alam, yaitu:
1. sumber daya alam yg tidak dapat diperbaharui dan pasti akan habis, seperti BBM
2. sumber daya alam yang dapat diperbaharui, seperti tumbuhan dan hewan
3. sumber daya alam yang kekal yang tidak akan pernah habis, seperti gravitasi.

ijinkan saya kemukakan persoalan pengelompokan ENERGI dalam kaitannya dengan pemanfaatannya,

bahwa semua sumber energi di bumi ini dikelompokkan hanya menjadi dua yaitu
1. ENERGI SOURCE SYSTEM
2. ENERGY STORAGE SYSTEM

secara singkat dengan pemahaman bahwa setiap sumber energi memiliki INPUT energi dan OUTPUT energi maka :

ENERGI SOURCE SYSTEM terjadi jika INPUT << OUTPUT (inputnya jauuuuuh lebih kecil dari outputnya)

ENERGY STORAGE SYSTEM terjadi jika INPUT =>> OUTPUT (inputnya sama atau lbh besar dari putputnya)

CONTOH :
minyak bumi, "inputnya" kecil sekali dibandingkan output yang dihasilkannya (terlepas dari biaya untuk mendapatkannya tentunya, yang menyebabkan harga jadi "mahal", tapi prinsipnya tidak ada "input" apapun yang dilakukan manusia untuk membuat minyak bumi memberi "output" energi)

Bettery, "inputnya" didapat dari charging listrik, yang kemudian bisa kita manfaatkan, nah terlihat disini bahwa "tenaga output" yang bisa dihasilkan oleh battery, tidak pernah lebih besar dari input "listrik" yang  dimasukkan kepadanya

KESIMPULAN :
segala upaya pemanfaatan energi (termasuk energi gravitasi) memelukan "keseimbangan" dalam hal pemberian "input" dan "output", dengan kata lain perlu "usaha" dan upaya untuk membuat ENERGI itu bisa dimanfaatkan.

nah apakah upaya ini layak dan pantas disebut MENCIPTAKAN ENERGI??, barankali kalau konteksnya adalah "membuat" sumber dengan tipe ENERGY SOURCE SYSTEM barulah disebut menciptakan ENERGI...

semoga tulisan ini menginspirasi kamu-kamu sekalian
« Edit Terakhir: Januari 21, 2011, 02:38:26 PM oleh reborn »

Offline kn8_satria

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 26
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • matter is void
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #130 pada: Desember 19, 2008, 04:39:46 AM »
Skedar ngasih tambahan...

Dalam prinsip kekekalan energi, ada yang namanya enthropi, pada suatu proses yang 'riil', yang dapat benar2 terjadi, yang namanya produksi enthropi selalu >0...Dari Paparan yang saudara karno berikan tentang "Energi yang kekal yang muncul dari gaya graviatasi yang kekal" harus ditinjau ulang dari segi produksi enthropinya..

Klo bisa kita saling berargumen dengan dengan logis, jgn saling menyerang pribadi...
no offense

 :D ;D ;D
Segalanya berawal dari ketiadaan..

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #131 pada: Desember 19, 2008, 04:52:57 AM »
saya setengah setuju dengan pak Karno dan juga setuju 100% ;) dengan Tuan P.Joule....
energi kekal yang dicontohkan itu adalah Grafitasi....Grafitasi amat berbanding lurus dengan massa Bumi dengan arti kata bumi semakin terkuras dan massa bumi tentu berkurang sedikit demi sedikit...bila akan di buat pesawat luar angkasa yang amat banyak untuk Proyek " Go To MARS "...tentu yang kekal itu semakin berobah.... :)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline b0cah

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Kreatif Edukatif Interaktif
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #132 pada: Desember 19, 2008, 05:03:50 AM »
Kutip
Skedar ngasih tambahan...

Dalam prinsip kekekalan energi, ada yang namanya enthropi, pada suatu proses yang 'riil', yang dapat benar2 terjadi, yang namanya produksi enthropi selalu >0...

anda benar, hal itulah yang pada awalnya sudah pula saya kemukakan dulu
Kutip
mengenai penjelasan tenaga panas bisa diubah menjadi energi gerak, nah justru dalam kasus mesin uap itu jelas-jelas disebutkan bahwa efisiensinya tidak bisa 100%, kalau kita bicara energi, jangan lupakan juga ENTROPI, bagaimanapun hingga kini masih belum ada upaya untuk membuat "sampah kalor" itu bermanfaat


Offline b0cah

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Kreatif Edukatif Interaktif
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #133 pada: Desember 19, 2008, 05:08:00 AM »
Kutip
.......kata bumi semakin terkuras dan massa bumi tentu berkurang sedikit demi sedikit...

benarkah demikian? massa bumi semakin berkurang? menjadi apa gerangan ?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #134 pada: Desember 19, 2008, 05:22:27 AM »
benarkah demikian? massa bumi semakin berkurang? menjadi apa gerangan ?
...yah, kalo pesawat yang dibuat itu diambil dari alam bumi itu sendiri.....dan diledakkan diluar angkasa....bisa diterima nggak?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Naik sepeda kok bisa ga jatuh?

Dimulai oleh pinokio « 1 2 3 » Fisika

32 Jawaban
32326 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2009, 06:02:23 AM
oleh bukan siapa siapa
Helikopter bisa terbang?

Dimulai oleh advisor Fisika

6 Jawaban
14549 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 19, 2007, 06:01:55 PM
oleh krigjsman
Apakah jantung bisa mengingat?

Dimulai oleh cqe3 « 1 2 3 » Biologi

33 Jawaban
24635 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 05, 2010, 07:48:05 AM
oleh Idad
4 Jawaban
8206 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 19, 2008, 12:06:48 PM
oleh rawWARus
5 Jawaban
5207 Dilihat
Tulisan terakhir November 23, 2008, 07:15:54 PM
oleh andriana