Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2021, 06:42:52 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 30
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan  (Dibaca 119263 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #195 pada: Desember 22, 2008, 11:45:36 AM »
@admin,...
sebaiknya tread ini di tutup SEMENTARA waktu, menunggu draft paper dari Bung Karno di publish di sini,...

@all,
ini menyangkut teori fundamental fisika,.. sebaiknya didiskusikan dengan benar, terarah, dan jangan cuma ada pada angan-angan saja, kalo bisa jangan pake Emosi ya,.. ini Sains, harus dipikirkan secara objectif dan bukan secara subjectif.

@Bung Karno
sebaiknya Paper beserta data penelitian dan hasil yang kuantitatif secepatnya dipublis disini, biar pembicaraan tidak terkesan ngalor ngidul,....

Follow the River and you will to the sea,...
Salam Forsa,....

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #196 pada: Desember 22, 2008, 03:12:56 PM »
to "reborn" thanks deh... oia yang pertama menyerang, menyindir, dan sentimentil tuh bukan saya. tolong ditinjau ulang prasangka itu...

dari kata-katanya saya baru tahu ada forum yang dikunci, mungkinkah penyebab dikuncinya adalah orang-orang yang itu-itu juga???

sejak awal saya sudah tekankan jangan bermain dengan kata-kata dan memutar balikan.

kalo misalkan mau ditutup baiknya itu hanya untuk orang-orang yang menyerang dan berkata kasar.

saya jadi ingat jika disekolah saya mengajarkan pelajaran serius dengan santai bercanda dan game or gokil dikit namun dengan kesopanan, agar siswa tidak BT dan bersemangat. namun jika ada siswa yang berkata kasar, menghina dan berkata kotor saya suruh keluar dari kelas biar ia belajar sendiri dengan bukunya.

jadi jangan kelas atau forumnya yang ditutup namun siswa yang bandel aja yang disuruh keluar nanti kasian siswa yang lain donk yang ingin tahu dan ingin belajar.

"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #197 pada: Desember 22, 2008, 03:33:26 PM »
@karno
.........

Saya pribadi udah males baca thread ini setelah pada halaman awal anda tidak pernah fokus pada masalah, tidak menjawab pertanyaan dari member lain. Tolong, kalo emang mau diterusin diskusinya, silakan diskusikan HANYA masalahnya, bukan yang lain-lain. Ingat anda membuka diskusi di Forum Fisika, bukan Forum Agama atau Sci-fi.
...........
bener banget nih.
kita bahas masalah 1+1=?, nah disini belum selesai udah lompat ke masalah sin x=?. bener2 ngga foskus khan? kapan diskusi bisa nyamung kalo gini? kalo orang jawa sih bilang nylimur.

Offline h4ry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 541
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Sweet
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #198 pada: Desember 23, 2008, 12:42:29 AM »
1.aduh payah banget deh ah... pada gak nanggep juga nih... malah maen kata-kata. ayo donk yang komment....

2.energi kekal yaitu energi yang gak habis-habis, energi ini bisa terjadi karena adanya gaya kekal seperti gravitasi.


3.ternyata jika kita memanfaatkan sumber daya alam yang kekal kita bisa menciptakan (membuat dari tidak ada menjadi ada) energi lain yang baru.

4.ngerti gak..................................................

sorry baru baca , ,kmren da proyek , , hehehehe

1.hmm , , ,tapi saiia ga bermain dengan kata2 koq , ,hehehehe

2. Berarti energi bisa diciptakan dari gaya ? ohhhh , , , ,gitu ya ? :o :o :o ,berarti dengan adanya gaya gesek bisa menimbulkan energi kalor ma mekanik ?bner ga ??energi berarti sejalan dengan gaya , ,dmna da gaya disitu da energi ya ?

3.Wah berarti bisa ada energi baru donkz , , ,asyk2 , ,kira2 energi pa ya ?seruuu . . . .


4.hmm , , ,setelah saya baca lmyan jga , , ,hehhehhehe , ,



smgt pa karno jngn NATO(No Action Talk Only)  , , ,kaya guru saiia dlo , , ,hehehe




SMGTTTTTTTTTTTTTTTTTTT




BAPA pasti bisa  ;D ;D ;D ;D
_Don't Be Affraid_

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Energi Bisa Diciptakan dan Bisa Dimusnahkan
« Jawab #199 pada: Desember 23, 2008, 03:15:03 AM »
Menurut saya, kok sebaiknya thread ini dipindahkan saja. Karena walaupun membahas fisika, tapi kontennya mengandung diluar cakupan rasional otak manusia (termasuk menyangkut keyakinan). Sedangkan fisika adalah apa yang dapat dijangkau manusia baik melalui indera maupun peralatan maupun dapat dinalar otak sampai sekarang.
Saya juga meyakini Allah sebagai awal segalanya.
Harus diverifikasi lagi pemahaman tentang energi. Energi adalah sesuatu yang kita sendiri membayangkannya sebagai kemampuan untuk melakukan usaha. Kemudian dibuat ukuran (besaran) energi menggunakan gaya yang bekerja dan perpindahan.
Prescout Joule membuat percobaan untuk kesetaraan usaha dan kalor. Pada mulanya kalor dianggap berbeda dari energi.
Okay, seyakin apapun kita terhadap kekekalan Tuhan sebagai pencipta dan awal segalanya (saya juga seorang muslim Bung Karno), selama dalam jangkauan kemampuan nalar manusia melihat adanya kekekalan energi, maka ilmu fisika tidak bisa mendukung adanya energi dapat dimusnahkan atau dimunculkan dari ketiadaan kecuali kalau ada percobaan yang solid dan kesimpulan yang logis). Tapi walaupun tidak didukung ilmu fisika, bukan berarti terus salah. Karena bagaiamanapun fisika itu kan suatu usaha pendekatan untuk mengungkap yang sebenarnya.
Anda mengenal perumusan gas ideal di SMA (PV=nRT)? Benarkah rumus itu? Harap tahu saja, bahwa rumus itu hanya berlaku untuk gas ideal. Dan tahukah anda, bahwa gas yang ideal tak pernah ada..... Tapi itu adalah suatu usaha pendekatan untuk memahami fenomena yang ada.
Maaf lho Bung Karno, sepertinya anda tidak punya latarbelakang fisika...tapi ini hanya dugaan saya saja. Walaupun bukan larangan untuk ke forum ini, tapi anda telah melontarkan thread seperti ini, setidaknya didukung persiapan yang baik.

Maaf kalau ada kata-kata yang kurang mengenakkan, bukan maksud saya untuk menyinggung. Wassalam

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Naik sepeda kok bisa ga jatuh?

Dimulai oleh pinokio « 1 2 3 » Fisika

32 Jawaban
32200 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2009, 06:02:23 AM
oleh bukan siapa siapa
Helikopter bisa terbang?

Dimulai oleh advisor Fisika

6 Jawaban
14507 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 19, 2007, 06:01:55 PM
oleh krigjsman
Apakah jantung bisa mengingat?

Dimulai oleh cqe3 « 1 2 3 » Biologi

33 Jawaban
24549 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 05, 2010, 07:48:05 AM
oleh Idad
4 Jawaban
8178 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 19, 2008, 12:06:48 PM
oleh rawWARus
5 Jawaban
5178 Dilihat
Tulisan terakhir November 23, 2008, 07:15:54 PM
oleh andriana