Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 30, 2022, 01:42:52 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 198
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 69
Total: 69

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Energi

Dimulai oleh MonDay, September 23, 2009, 10:43:23 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

raisuien

coba lg deh...

Penyimpangan hukum kekekalan massa dapat terjadi pada sistem terbuka dengan proses yang melibatkan perubahan energi yang sangat signifikan seperti reaksi nuklir. Salah satu contoh reaksi nuklir yang dapat diamati adalah reaksi pelepasan energi dalam jumlah besar pada bintang. Hubungan antara massa dan energi yang berubah dijelaskan oleh Albert Einstein dengan persamaan E = m.c2. E merupakan jumlah energi yang terlibat, m merupakan jumlah massa yang terlibat dan c merupakan konstanta kecepatan cahaya. Namun, perlu diperhatikan bahwa pada sistem tertutup, karena energi tidak keluar dari sistem, massa dari sistem tidak akan berubah.

Alan adhityo

Oia rai . Masuk ni .

Sbnrnya yg ak perasalahkan t sat teori mengatakan bhwa energi pd peristiwa big bang ada dr suatu keadaan nol atau blm ada dimensi. Lalu energi yg besar t mjdkan sistem tata surya ini.
Lalu energi t dr mn y? Subhanallah.

Kl mengembangnya tata surya t krena pengaruh bingbang jg atau apa y rai?

raisuien

wah.. sorry....
kayaknya mesti nanya sama yg ahlinya di bagian astronomi dan kosmologi serta fisika...

td nyari2 trus nemu ini....
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Alan adhityo

Wah nemu d mana t rai . Bagus kq . :)
Kl anak astro atau fisika dsini sp aja ni rai?

Hm,
Jd gmn cranya y energi ada dr nol? Sigh*

Dpt mempelajari dunia ini t keren . . :D

raisuien

di yahoo answers
anak astro yg sering keliatan Pi-One, loser, kamu...
klo untuk fisika kayaknya HyawehHoshikawa, sky, The Houw Liong, kamu...
aku cuma inget ini ja sih...
sorry buat penghuni astro n kosmo serta fisika klo namanya gag disebutkan...

Alan adhityo

Oh . Iya deh . Thx infonya . :)
Jd buat topik aja nih ttg bigbang n munculnya energi dr keadaan nol? :D

HyawehHoshikawa

#21
waah...jadi malu, nama gw disebut, tapi si Rai lupa sama ICONnya Fisika si SuperString... ;D

hmm...ini pendapat pribadi gw aj,tanpa didukung teori apapun...
sebenernya sih gw ga yakin ada waktu disaat bigbang belum dimulai,
gw yakin alam semesta ini tidak berkembang dengan linier (misal t=1, V=1; t=10, V=10...)
gw ga tau grafiknya kayak apa tapi tentu ada grafik yang mengijinkan nilai minimal=0
misal:
V=volum,
t=waktu
V=\frac{1}{t^2+1}
maka
V=0 di t=-\inft & t=\inft
dan kemudian ditengahnya
t=0 V=1
menurut gw kita belom nglewatin phase ini,(kalo' kita udah nglewatin bakalannya alam semesta tidak mengembang lagi...)
sekalli lagi ini cuman pendapat gw yang menyatakan kemungkinan...
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

cignus

eh iya ada penelitian lain yg menunjukkan bahwa jika sinar gamma dipercepat (dibenturkan ke atom) mereka akan membentuk elektron dan positron (materi dan anti materi) yg bukan dari atom yg dibenturkan, mungkin alam mempunyai aturan tertentu ya sehingga energi bisa menjadi massa dan massa menjadi energi. sebenarnya kekekalan energi bisa dibantah sih dari teori ini inget gak teori kuantum deltaT x deltaE mendekati 1 (sori gak bisa mimitex) jika qta menggunakan rumus ini untuk penelitian diatas sebenarnya pada waktu yg amat singkat kekekalan E dapat dibantah, tetapi qta mengamatinya tetap kekal karena qta gak bisa mengamati delta T yg amat singkat sehingga dari acuan qta E tetap kekal. mungkin sistem mendapatkan E dari percepatannya untuk membentuk massa yg lebih besar. 

ksatriabajuhitam

not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

MonDay

iya menurutkan masa itu bentukan energi
jd semua yang berbentuk (masa) sebenernya energi juga
shg teori big bang dalam keadaan 0 sebelum terbentuk masa
jg bisa dijelaskan

Alan adhityo

Kl massa membentuk eneri dan sbaliknya. Lalu energi sblm adanya bigbang dr keadaan 0 asalnya dr mn y? :D

MonDay

kalo menurut saya itu dari Tuhan sebagai sumber energi utama
sulit menjelaskan karena bersifat abstrak dan terjadi di masa lampau
itu pun masih berupa pendapat :)

HyawehHoshikawa

sebenernya kalo' diitung antara jumlah energi pas masa awal bigbang(selama waktu planck), dengan jumlah energi(termasuk yang bewujud massa) di masa sekarang juga ga sama.
hmm....jatuh dari ruangan imajiner kali'yah?
kayak grafik y=x^2+1 (akar2-nya imajiner) berangsur-angsur
jadi y=x^2(akar2nya kembar) hanya menyinggung {ceritanya pas awal mula bigbang}
sampai sekarang y=x^2-1 (akar2nya real) dan hanya 2 titik yang real-lah inilah yang bisa kita amati...
yaah... itu cuman analogi sih...

tapi apakah alam semesta ini harus berasal dari 0?atau apakah harus ada masa dimana alam semesta belum mencapai 0?
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Alan adhityo

Bntr, mgkn ga y dimensi d atas kita yg mengadakan suatu energi tsb? :)

humaam dz.

Kutip dari: Alan adhityo pada September 29, 2009, 11:11:26 AM
Bntr, mgkn ga y dimensi d atas kita yg mengadakan suatu energi tsb? :)

sebelum alam semesta tercipta atau sebelum ledakan bigbang ruang dan waktu juga belum ada.
ruang dan waktu tercipta setelah peristiwa itu.
jika teorinya seperti ini gak mungkin dimensi diatas dimensi 3 yang merupakan asal dari energi itu.
[move]akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.[/move]