Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Fisika => Topik dimulai oleh: MonDay pada September 23, 2009, 10:43:23 PM

Judul: Energi
Ditulis oleh: MonDay pada September 23, 2009, 10:43:23 PM
Hmm...

Hukum Kekekalan Energi:
energi tidak dapat dimusnahkan hanya dapat diubah ke dalam bentuk energi lain

Teori teman saya yang disimpulkan dari Hukum Newton:
jagat raya terkandung atas masa dan energi

Rumus Einstein:
E=MC2
Setiap masa mengandung energi yang besarnya mendekati masa benda

Nah dari situ saya menyimpulkan bahwa semua yang ada di jagat raya ini dibentuk atas energi
Jadi menurut saya yang kita dapat disentuh dan tak tersentuh terbentuk atas energi
jadi jagat raya terkandung atas masa dan energi saja
Kita juga terbentuk atas energi
Alam juga sumber energi
Saya pernah membaca seorang anak kelas 8 bertapa di bawah pohon selama bertahun-tahun
tanpa makan dan minum dan dia bisa bertahan. Saya rasa itu karena ia menyerap energi dari alam.
Kita makan untuk membentuk energi
Energi bersifat kekal, di mana-mana dan merasuki apa saja

Dari teori di atas mungkin ga teleport atau warp akan ditemukan
Mungkin ga kalau jutsu-jutsu seperti anime-anime itu sebenarnya memang ada

Saya juga menemukan hal ini dari ilmu pengeleakan di Bali
di Bali (dan di Jawa juga) ada ilmu yang bisa merubah wujud (merubah energi ke bentuk lain)
apa ini bisa dijelaskan juga dengan fisika?
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 24, 2009, 08:03:02 PM
Wow, terlalu terbawa k anime nih. Tp kbnyakan anime menjurus k sains fiksi.

Kl warp mgkn bs,, tp blm ada penemuan utk mrbh tbuh atau bnda ini mjd partikel2 kecil agar memiliki kcpatan mendekati cahaya dan merubahnya kmbli seperti semula (perpindahan posisi).

Hm,, bgaimana dg energy yg merasuki? Org bertapa menyerap energi dr alam? (energi berupa apa dl?)
Saya rasa itu msh gaib, jika bs d buktikan dg eksperimen dan mendukung opini tsb blh jd bnr. n.n
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: MonDay pada September 25, 2009, 09:42:09 AM
hehehe iya bos
kebanyakan nonton anime
jadi ngayal deh :)

soalnya dalam buku yang saya baca
ada hal-hal seperti merago sukmo atau berubah wujud hehe
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: loser1942 pada September 25, 2009, 07:54:31 PM
kalo soal gaib-gaib dan lain-lain itu yang belom bisa dijelaskan dgn sains itu dimasukkan ke dalam ilmu metafisika, bukan sains.
kalo lo perhatiin tuh rumus einstein yaitu E=mc2 itukan dari, E = energi, m = massa, c = kecepatan cahaya di ruang hampa.
kan di fisika rumus itu bisa diputer2 asalkan lo muternya bener, berarti adanya massa dan energi mana mungkin energi doank.
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: cartiman pada September 26, 2009, 12:07:37 AM
Energi itu ada karena ada perubahan massa .. jadi rumusnya itu : E = (m1 - m0 ) c2
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: loser1942 pada September 26, 2009, 09:01:08 AM
Kutip dari: cartiman pada September 26, 2009, 12:07:37 AM
Energi itu ada karena ada perubahan massa .. jadi rumusnya itu : E = (m1 - m0 ) c2

sep setuju, serta massa ada karena apa?
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: MonDay pada September 26, 2009, 06:41:19 PM
nah masa ada karena energi

lihat tubuh manusia
tumbuh dan berkembang karena suplai energi
di mana sel membelah diri karena itu
agak maksa ya (-_-")
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: loser1942 pada September 26, 2009, 07:03:51 PM
no coment dah, ayo para forsers berpendapat.
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: utusan langit pada September 26, 2009, 07:39:44 PM
dalam keadaan apapun selama dalam sistem tertutup,. massa akan selalu sama!
jika ada perubahan massa berarti ada massa yang berpindah! ingat,.. massa sebelum reaksi = massa sesudah reaksi?
dan massa tidak muncul karena energi!

Hukum kekekalan Energi memberikan penjelasan telak mengenai tidak ada energi yang dimusnahkan selama ini, maka energi juga tidak diciptakan!

so,. dunia ini memang terbentuk dari massa dan Energi!
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: MonDay pada September 26, 2009, 08:09:50 PM
coba deh baca pendapat saya di terkecil dan terbesar http://www.forumsains.com/fisika/terkecil-dan-terbesar/
jadi dr sana saya juga menyimpulkan penyusun masa adalah energi *ngotot wekeke...*
dan dari beberapa sumber yang saya baca bahwa Tuhan adalah sumber energi utama
Beliaulah yang menciptakan jagat raya
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: loser1942 pada September 26, 2009, 08:28:32 PM
Kutip dari: utusan langit pada September 26, 2009, 07:39:44 PM
dalam keadaan apapun selama dalam sistem tertutup,. massa akan selalu sama!
jika ada perubahan massa berarti ada massa yang berpindah! ingat,.. massa sebelum reaksi = massa sesudah reaksi?


serius lo??
berarti reaksi nuklir??
itukan ada pengurangan massa, massa yang "hilang" itu kan berubah jadi energi.
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 27, 2009, 01:04:49 AM
Lho, kl d pkr2 reaksi nuklir massa yg hlg akibat reaksi dg molekul atau partikel lain t kemana y?
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: raisuien pada September 27, 2009, 01:14:40 AM
pengurangan massa akan disertai dengan pelepasan energi yang cukup besar

contoh : sebuah neutron ditembakkan pada inti uranium-235. hasil yang diperoleh adalah uranium-236 dengan umur yang pendek karena tidak stabil. uranium-236 segera pecah menjadi unsur lain yaitu barium-141 dan kripton-92 disertai neutron cepat

mungkin begitu kali y?
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 27, 2009, 01:18:23 AM
Tp bentar . Skg gmn kl qt lihat dimensi satuan energi dan massa. Energi ada krna massa, tanpa massa energi tdk akan ada. Kl energi muncul tnpa massa dimensi satuan energi bukan joule dung dl SI ?

Sigh*

Kl mslh pertumbuhan memang membutuhkan energi (makanan) utk membentuk massa (dlm pembelahan sel) . Tetapi energi tdk sepenuhnya membentuk massa, ttpi d gunakan utk melakukan aktifitas. Jd ada massa ada energi atau sbliknya. Sesuai dimensi satuan tnpa massa,energi tdk akan terbentu.

Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 27, 2009, 01:20:58 AM
Wah, kl mslh massa yg hilang ak msih gelap rai . Xp
Bth masukan . .:D
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: raisuien pada September 27, 2009, 01:51:29 AM
coba lg deh...

Penyimpangan hukum kekekalan massa dapat terjadi pada sistem terbuka dengan proses yang melibatkan perubahan energi yang sangat signifikan seperti reaksi nuklir. Salah satu contoh reaksi nuklir yang dapat diamati adalah reaksi pelepasan energi dalam jumlah besar pada bintang. Hubungan antara massa dan energi yang berubah dijelaskan oleh Albert Einstein dengan persamaan E = m.c2. E merupakan jumlah energi yang terlibat, m merupakan jumlah massa yang terlibat dan c merupakan konstanta kecepatan cahaya. Namun, perlu diperhatikan bahwa pada sistem tertutup, karena energi tidak keluar dari sistem, massa dari sistem tidak akan berubah.
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 27, 2009, 02:14:18 AM
Oia rai . Masuk ni .

Sbnrnya yg ak perasalahkan t sat teori mengatakan bhwa energi pd peristiwa big bang ada dr suatu keadaan nol atau blm ada dimensi. Lalu energi yg besar t mjdkan sistem tata surya ini.
Lalu energi t dr mn y? Subhanallah.

Kl mengembangnya tata surya t krena pengaruh bingbang jg atau apa y rai?
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: raisuien pada September 27, 2009, 02:40:07 AM
wah.. sorry....
kayaknya mesti nanya sama yg ahlinya di bagian astronomi dan kosmologi serta fisika...

td nyari2 trus nemu ini....
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 27, 2009, 02:46:53 AM
Wah nemu d mana t rai . Bagus kq . :)
Kl anak astro atau fisika dsini sp aja ni rai?

Hm,
Jd gmn cranya y energi ada dr nol? Sigh*

Dpt mempelajari dunia ini t keren . . :D
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: raisuien pada September 27, 2009, 03:02:24 AM
di yahoo answers
anak astro yg sering keliatan Pi-One, loser, kamu...
klo untuk fisika kayaknya HyawehHoshikawa, sky, The Houw Liong, kamu...
aku cuma inget ini ja sih...
sorry buat penghuni astro n kosmo serta fisika klo namanya gag disebutkan...
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 27, 2009, 03:09:24 AM
Oh . Iya deh . Thx infonya . :)
Jd buat topik aja nih ttg bigbang n munculnya energi dr keadaan nol? :D
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: HyawehHoshikawa pada September 27, 2009, 12:39:47 PM
waah...jadi malu, nama gw disebut, tapi si Rai lupa sama ICONnya Fisika si SuperString... ;D

hmm...ini pendapat pribadi gw aj,tanpa didukung teori apapun...
sebenernya sih gw ga yakin ada waktu disaat bigbang belum dimulai,
gw yakin alam semesta ini tidak berkembang dengan linier (misal t=1, V=1; t=10, V=10...)
gw ga tau grafiknya kayak apa tapi tentu ada grafik yang mengijinkan nilai minimal=0
misal:
V=volum,
t=waktu
V=\frac{1}{t^2+1}
maka
V=0 di t=-\inft & t=\inft
dan kemudian ditengahnya
t=0 V=1
menurut gw kita belom nglewatin phase ini,(kalo' kita udah nglewatin bakalannya alam semesta tidak mengembang lagi...)
sekalli lagi ini cuman pendapat gw yang menyatakan kemungkinan...
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: cignus pada September 27, 2009, 05:25:27 PM
eh iya ada penelitian lain yg menunjukkan bahwa jika sinar gamma dipercepat (dibenturkan ke atom) mereka akan membentuk elektron dan positron (materi dan anti materi) yg bukan dari atom yg dibenturkan, mungkin alam mempunyai aturan tertentu ya sehingga energi bisa menjadi massa dan massa menjadi energi. sebenarnya kekekalan energi bisa dibantah sih dari teori ini inget gak teori kuantum deltaT x deltaE mendekati 1 (sori gak bisa mimitex) jika qta menggunakan rumus ini untuk penelitian diatas sebenarnya pada waktu yg amat singkat kekekalan E dapat dibantah, tetapi qta mengamatinya tetap kekal karena qta gak bisa mengamati delta T yg amat singkat sehingga dari acuan qta E tetap kekal. mungkin sistem mendapatkan E dari percepatannya untuk membentuk massa yg lebih besar. 
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada September 27, 2009, 06:11:42 PM
mirip dengan http://www.forumsains.com/fisika/materi-nyata-atau-tidak/
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: MonDay pada September 28, 2009, 02:04:07 PM
iya menurutkan masa itu bentukan energi
jd semua yang berbentuk (masa) sebenernya energi juga
shg teori big bang dalam keadaan 0 sebelum terbentuk masa
jg bisa dijelaskan
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 29, 2009, 10:43:44 AM
Kl massa membentuk eneri dan sbaliknya. Lalu energi sblm adanya bigbang dr keadaan 0 asalnya dr mn y? :D
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: MonDay pada September 29, 2009, 11:00:31 AM
kalo menurut saya itu dari Tuhan sebagai sumber energi utama
sulit menjelaskan karena bersifat abstrak dan terjadi di masa lampau
itu pun masih berupa pendapat :)
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: HyawehHoshikawa pada September 29, 2009, 11:05:52 AM
sebenernya kalo' diitung antara jumlah energi pas masa awal bigbang(selama waktu planck), dengan jumlah energi(termasuk yang bewujud massa) di masa sekarang juga ga sama.
hmm....jatuh dari ruangan imajiner kali'yah?
kayak grafik y=x^2+1 (akar2-nya imajiner) berangsur-angsur
jadi y=x^2(akar2nya kembar) hanya menyinggung {ceritanya pas awal mula bigbang}
sampai sekarang y=x^2-1 (akar2nya real) dan hanya 2 titik yang real-lah inilah yang bisa kita amati...
yaah... itu cuman analogi sih...

tapi apakah alam semesta ini harus berasal dari 0?atau apakah harus ada masa dimana alam semesta belum mencapai 0?
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: Alan adhityo pada September 29, 2009, 11:11:26 AM
Bntr, mgkn ga y dimensi d atas kita yg mengadakan suatu energi tsb? :)
Judul: Re: Energi
Ditulis oleh: humaam dz. pada Oktober 08, 2009, 07:56:08 AM
Kutip dari: Alan adhityo pada September 29, 2009, 11:11:26 AM
Bntr, mgkn ga y dimensi d atas kita yg mengadakan suatu energi tsb? :)

sebelum alam semesta tercipta atau sebelum ledakan bigbang ruang dan waktu juga belum ada.
ruang dan waktu tercipta setelah peristiwa itu.
jika teorinya seperti ini gak mungkin dimensi diatas dimensi 3 yang merupakan asal dari energi itu.