Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 30, 2022, 01:03:46 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 198
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 53
Total: 53

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Medan magnet bumi

Dimulai oleh Alan adhityo, September 21, 2009, 03:42:05 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Alan adhityo

Hi guys , i wanna ask , xp

Knp d bumi dpt muncul medan magnet? Pd dasarnya medan magnet timbul akibat arus, brti ada brbagai ion brgerak d sktr bumi? Bgaimana arah pergerakannya?

Apabila tdk ada medan magnet bumi apakah yg akan trjd?

sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Alan adhityo

Sip . Tanya lg . Kl medan magnet bumi arahnya berlawanan dgn yg ada. Efek apa yg timbul? n.n

sisca, chemistry

kyknya ga bisa la b'lawanan...
klo uda b'lawanan,,, bakalan melawan hukum2 di fisika,,
bgtu kata org2,,
hoho~
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Alan adhityo

Wow, keren . Oia, besarnya medan magnet d stiap wilayah d bumi berbeda. Apa y yg menyebabkan? Apa unsur logam d perut bumi?

sisca, chemistry

Pada umumnya sebuah magnet terbuat dari bahan besi dan nikel. Keduanya memiliki sifat kemagnetan karena tersusun oleh magnet- magnet  elementer. Batuan-batuan pembentuk bumi juga mengandung magnet elementer.

mungkin perbedaan byknya logam itu g beda2 sehinga ngebuat besarnya medan magnet di bumi beda2...
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

hoho~
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

The Houw Liong

Medan magnet bumi disebabkan oleh gerak fluida metalik yang terjadi di dalam bumi yang dikenal sebagai efek dinamo.




\delta\theta\
HouwLiong

cronny

btw, ada yg tahu mengenai medan magnet bumi yg makin melemah ngak?
Gua nonton discovery, katanya medan magnet ini melemah setiap tahun nya... Juga ada kemungkinan, medan magnet bumi berbalik arah.
Ngeri juga kalau sampe bener stop atau berbalik arah... Kalau balik arah sih katanya pernah, tapi ngak tau kan dampak nya buat kita... Kalau sampe stop... moga2 aja ngak deh.
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

The Houw Liong

Betul, medan magnetik Bumi bisa melemah dan berbalik arah, namun periodanya ribuan tahun sesuai dengan teori gerak fluida metalik yang ada di dalam Bumi. Jadi tidak perlu khawatir tiba-tiba berbalik arah.
HouwLiong

cronny

kalau gitu bukan nya bakal akan melemah terus sampe stop baru akhir nya berbalik arah?
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

Alan adhityo

Jd, Fenomena Magnet reversal telah tercatat sejak 330 juta tahun yang lalu. Selama waktu tersebut lebih dari 400 reversal terjadi atau dengan kata lain reversal terjadi setiap 700.000 tahun. Dan reversal terakhir terjadi sekitar 780.000 tahun yang lalu. Pada saat itu, medan magnet bertransisi dari keadaan reversed menjadi keadaan normal. Keadaan normal adalah keadaan medan kutub magnetic sekarang ini.

Fenomena magnetic reversal ini dapat diamati dari beberapa fakta, diantaranya :

Adanya perbedaan polarisasi batuan di daerah spreading, Ketika batuan beku yang terbentuk di dalam atau permukaan bumi, mengalami pendinginan dan mengeras, maka pada batuan tersebut akan terdapat rekaman magnetik. Jika pendinginan batuan berlangsung cepat, maka akan diperoleh rekaman singkat dari medan magnet. Pendinginan batuan yang lambat, seperti terjadi pada batuan yang terbentuk di dalam bumi, maka akan diperoleh rekaman dalam waktu yang lebih lama. Batuan jenis tertentu tidak hanya memberikan informasi mengenai medan magnet saat dia terbentuk,tetapi juga kita bisa menentukan perubahan arah dan intensitas medan ketika terjadi reversal magnetik.

Semakin melemahnya medan magnetik di bumi ini selama 200 tahun. Pada masa sekarang ini, medan magnet bumi semakin melemah. Pada masa dinosaurus menguasai bumi, kekuatan medan magnet berkisar 2.5 Gauss, atau sekitar 80% lebih kuat daripada sekarang. Sedangkan pada saat sekarang, terjadi pengurangan, dan diperkirakan kuat medan magnet sekarang hanya tinggal 0.5 Gauss.

cronny

Gua ketemu situs ini waktu nyari2 ttg earth magnetic field.
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Dalam bahasa inggris sih.
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

ksatriabajuhitam

Kutip dari: Alan adhityo pada September 21, 2009, 03:42:05 PM
Hi guys , i wanna ask , xp

Knp d bumi dpt muncul medan magnet? Pd dasarnya medan magnet timbul akibat arus, brti ada brbagai ion brgerak d sktr bumi? Bgaimana arah pergerakannya?
...
sudah terjawab rasanya, silakan kalo ada yg mau menambahkan/mendetailkan

Kutip dari: Alan adhityo pada September 21, 2009, 03:42:05 PM
...
Apabila tdk ada medan magnet bumi apakah yg akan trjd?
salah satunya tidak ada sabuk magnetik yg melindungi bumi dari partikel-partikel bermuatan dari luar angkasa (a.k.a. angin matahari)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Sky

Kutip dari: ksatriabajuhitam pada Oktober 04, 2009, 06:40:18 AM
Kutip dari: Alan adhityo pada September 21, 2009, 03:42:05 PM
Hi guys , i wanna ask , xp

Knp d bumi dpt muncul medan magnet? Pd dasarnya medan magnet timbul akibat arus, brti ada brbagai ion brgerak d sktr bumi? Bgaimana arah pergerakannya?
...
sudah terjawab rasanya, silakan kalo ada yg mau menambahkan/mendetailkan

Kutip dari: Alan adhityo pada September 21, 2009, 03:42:05 PM
...
Apabila tdk ada medan magnet bumi apakah yg akan trjd?
salah satunya tidak ada sabuk magnetik yg melindungi bumi dari partikel-partikel bermuatan dari luar angkasa (a.k.a. angin matahari)
dan itu berarti badai matahari bisa langsung merusak bumi, menyebabkan kekacauan elektromagnet dan sebagainya...
Selain itu, kalo ga ada medan magnet bumi, tidak ada aurora