Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 24, 2020, 09:57:57 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139604
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 251
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 46
Total: 46

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Fisika Komputasi  (Dibaca 175829 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline RaihandaMangawe

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 0
  • IQ: 0
  • ForSa!
Fisika Komputasi
« pada: Oktober 31, 2016, 12:03:58 PM »
Hay, salam kenal ya semuanya.. Di Kesempatan pertama ini, saya mau bahas secara singkat mengenai Fisika Komputasi.

Mungkin, ada yang sudah pernah dengar tentang fisika komputasi, atau mungkin ada juga yang belum pernah dengar, atau bahkan ada yang barusan dengar tentang ini. sebenarnya, apa sih, fisika komputasi itu?

Fisika Komputasi itu, gabungan dari Fisika, Ilmu/Teknik Komputer, dan Matematika. Menurut tinjauan teori, Fisika Komputasi adalah studi implementasi numerik algoritma untuk memecahkan masalah dibidang fisika dimana teori kuantitatifnya sudah ada. Dalam sejarah, fisika komputasi adalah aplikasi ilmu komputer modern pertama di bidang sains, dan sekarang menjadi subbagian dari sains komputasi.

Dalam fisika, berbagai teori yang berdasarkan permodelan matematikamenyediakan prediksi yang akurat mengenai bagaimana sebuah sistem bergerak. Namun seringkali penggunaan permodelam matematika untuk sebuah sistem khusus yang bertujuan untuk menghasilkan prediksi yang bermanfaat tidak bisa dilakukan ketika itu. Hal ini terjadi karena solusi permasalahan tidak memiliki ekspresi bentuk tertutup(closed-form expression) atau terlalu rumit. Dalam banyak kasus, perkiraan numerik dibutuhkan. Fisika komputasi adalah subjek yang berhubungan dengan berbagai perkiraan numerik; perkiraan solusi yang ditulis sebagai sejumlah besar bilangan terbatas (finite) dari operasi matematika sederhana (algoritma), dan komputer digunakan untuk melakukan operasi tersebut dan menghitung solusi dan errornya.

Offline Emerald_Eyes

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 114
  • IQ: 6
Re:Fisika Komputasi
« Jawab #1 pada: November 14, 2016, 09:23:15 AM »
Terima kasih RaihandaMangawe.
Fisika komputasi saat ini tidak bisa dilepaskan dari riset-riset di berbagai cabang fisika dan teknik. Eksperimentalis pun saat ini juga banyak yang belajar teknik2 komputasi disebabkan karena sistem fisis yang mereka selidiki terlalu sulit untuk diselesaikan secara analitis.
Kalau mas Raihan punya pengalaman di bidang ini, bisa mungkin dituangkan pengalamannya dalam bentuk tutorial singkat dengan topik tertentu, semisal menyelesaikan persamaan differensial secara numerik atau lainnya.

Offline sloth

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 30
  • IQ: 8
  • ForSa!
Re:Fisika Komputasi
« Jawab #2 pada: Desember 14, 2016, 03:11:58 PM »
Salam kenal, saya orang baru di sini.

Berhubung topiknya tentang fisika komputasi, mau sekalian tanya, teman2 di sini yg bermain main di bidang ini pakai bahasa pemrograman apa? Saya tertarik, biarpun bukan fisikawan, juga bukan mahasiswa (lagi), cuma buat ngisi waktu luang aja. ingin mulai belajar tapi masih bingung memilih python-scipy atau octave.
Juga mungkin ada literatur yg direkomendasikan? Khususnya buat simulasi gelombang elektromagnetik.

Offline Emerald_Eyes

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 114
  • IQ: 6
Re:Fisika Komputasi
« Jawab #3 pada: Desember 16, 2016, 10:51:51 AM »
Saya pakai Matlab dan Fortran90. Saya kurang familiar dengan simulasi gelombang EM, tapi kalau gelombang EMnya untuk aplikasi optik atau fotonik, mungkin bisa pakai OptiFDTD:
https://optiwave.com/resources/academia/free-fdtd-download/
Aplikasi ini gratis.

Offline sloth

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 30
  • IQ: 8
  • ForSa!
Re:Fisika Komputasi
« Jawab #4 pada: Desember 16, 2016, 01:53:51 PM »
Terima kasih sarannya.
Khusus utk optik ya... (lagian itu cuma buat os windows :-[)
sebenernya sih penasaran. saya punya mini drone kecil. kalo saya perhatikan, jika dioperasikan dekat access point wifi atau tethering wifi, drone itu seringkali ngga merespon perintah dari controllernya. ceritanya pengen bikin simulasi buat ngelihat, secara teoritis, seberapa sering peluangnya data yg dikirim transmitter gagal diterima sama receiver mini drone itu.

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:Fisika Komputasi
« Jawab #5 pada: Desember 17, 2016, 08:46:55 AM »
jadi maksudnya tu fisika komputasi itu secama kalkulator kah? cuma untuk memecahkan soal-soal Fisika. :D
sorry nih rada gaptek soalnya
BTW gimana kalo dihadapkan pada soal-soal Fisika yang masih belum ketahuan jawabannya, misal tentang Lubang Hitam gitu. soalnya dalam Fisika masih banyak juga hipotesis.
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline Emerald_Eyes

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 114
  • IQ: 6
Re:Fisika Komputasi
« Jawab #6 pada: Desember 25, 2016, 10:28:53 PM »
jadi maksudnya tu fisika komputasi itu secama kalkulator kah? cuma untuk memecahkan soal-soal Fisika. :D
sorry nih rada gaptek soalnya
BTW gimana kalo dihadapkan pada soal-soal Fisika yang masih belum ketahuan jawabannya, misal tentang Lubang Hitam gitu. soalnya dalam Fisika masih banyak juga hipotesis.
Masalahnya adalah fisika komputasi kan juga bergantung pada pemodelan yang kita pakai, dengan kata lain hasil dari fisika komputasi pun juga bergantung pada hipotesis. Nah kalau hipotesisnya salah, hasil komputasinya juga salah, maka jadi pointless perhitungannya.

Offline Yusriandi Pratam

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:Fisika Komputasi
« Jawab #7 pada: September 18, 2019, 07:22:28 PM »

Hay, salam kenal ya semuanya.. Di Kesempatan

Mau tanya nih kak topik yang cocok untuk tugas akhir fisika komputasi apa yah?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
6116 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 10, 2009, 01:10:11 AM
oleh insan sains
8 Jawaban
5275 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 26, 2009, 06:48:57 AM
oleh HyawehHoshikawa
1 Jawaban
3576 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 01, 2010, 11:56:12 PM
oleh Haryanto
2 Jawaban
3005 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 05, 2012, 03:10:19 PM
oleh CakapCakap
0 Jawaban
3919 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2017, 08:05:48 AM
oleh Sevi Nurafni