Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 16, 2021, 05:42:55 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139631
  • Total Topik: 10391
  • Online Today: 50
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 40
Total: 40

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Hemat energi?  (Dibaca 11555 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Hemat energi?
« pada: Agustus 06, 2008, 09:02:21 AM »
Kulkas menghabiskan banyak energi utk bisa membuat ruangan dan benda di dalamnya tetap dingin. Misalkan gw punya jus jeruk yang gw taro di dalam kulkas. Trus gw ambil jus itu dan gw minum sebagian. Mana yang lebih hemat energi : jusj jeruk secepat mungkin gw masukin ke dalam kulkas atau gw biarin di luar selama mungkin baru gw taro kulkas lagi?

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Hemat energi?
« Jawab #1 pada: Agustus 11, 2008, 05:05:54 AM »
ini pertanyaan menjebak bukan sih??

Kalo menurutku sih, kulkas akan mengeluarkan energi yang lebih kecil dengan memasukkan jus yang baru diminum sebagian itu, soalnya suhunya kurang lebih masih sama dengan suhu kulkas sebelum jus itu diminum. Nah.. kalo dibiarkan dulu di luar ruangan, si kulkas butuh energi lebih besar untuk menyamakan suhu jus dengan suhu yang di setting di kulkas itu sendiri.
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Hemat energi?
« Jawab #2 pada: Agustus 23, 2008, 04:31:31 AM »
kalo menurut gw sich sama aja. misalnya kita menyalakan kulkas dalam keadaan kosong kemudian kita isi sampai penuh, maka kita akan melihat (di meteran listrik) kedua keadaan tersebut menghabiskan energi yang sama. kecuali jika di dalam kulkasnya terdapat sensor yang bisa mendeteksi suhu yang bekerja sebagai berikut: (misal) saat suhu dalam kulkas > 18 derajat maka kulkas akan mendinginkan kemudian saat suhu dalam kulkas < 18 derajat maka kulkas akan berhenti mendinginkan (kayak prinsip saklar otomatis pada tower air). nah kalo jenis kulkas kayak begitu baru akan lebih hemat seperti pendapat mas insan sains.  ;)

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
Re: Hemat energi?
« Jawab #3 pada: Agustus 26, 2008, 07:32:30 AM »
ngomong2 masalah kulkas hemat energy.... fitri punya ini nih :

http://www.scienceinafrica.co.za/2004/september/refrigeration.htm

disana ada pendingin tanpa listrik
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Hemat energi?
« Jawab #4 pada: Agustus 27, 2008, 06:47:30 AM »
@insan_sains
yeee... wong nanya kok difitnah ngejebak sih  >:(

Nah, ada dua jawaban sekarang :
insan sains bilang masukin jus jeruk secepat mungkin sedangkan superstring39 berpendapat sama aja, temen2 yang lain gimana?

@fitrie
kok ga kebuka yah di sini linknya? Atau koneksi gw yang ngaco?
prinsip kerjanya gimana tuh?
« Edit Terakhir: Agustus 27, 2008, 08:16:20 AM oleh reborn »

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
Re: Hemat energi?
« Jawab #5 pada: Agustus 27, 2008, 06:57:06 AM »
@insan_sains
yeee... wong nanya kok difitnah ngejebak sih  >:(

Nah, ada dua jawaban sekarang :
insan sains bilang masukin jus jeruk secepat mungkin sedangkan superstring39 berpendapat sama aja, temen2 yang lain gimana?

@rawWARus
ga salah kok, ini bahasan fisika. yang salah malah yang ngereply beli es batu, apa hubungannya?

@fitrie
kok ga kebuka yah di sini linknya? Atau koneksi gw yang ngaco?
prinsip kerjanya gimana tuh?

masa gak kebuka? :o :o
di t4 fitri bisa buka ko

website itu nyeritain ttg petani di nigeria  :kribo: :kribo: :kribo: namanya Hawa Osman
dia bisa nyimpen buah ato sayuran utk tetep seger tanpa kulkas ato listrik.
sistimnya begini,....(cieeeee kaya dah ahli aja  ;D ;D)
ada dua buah pot dari porselen, yang gede satu terus yang satunya lagi kecil.
pot yang kecil dimasukin ke pot yang besar yang diantaranya diberi pasir campur air.
trus pasir + air tadi berfungsi utk menyerap panas dari pot yang kecil.
kira2 seperti itu lah :angel: :angel:

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Hemat energi?
« Jawab #6 pada: Agustus 27, 2008, 07:02:43 AM »
beneran ga bisa. mungkin koneksinya ngaco nih.
thanks dah dijelasin ya... hmm... (cieeee kaya beneran mikir aja ;D ;D)
unik juga ya, ada penjelasan fisisnya ga ya? Gimana caranya pasir+air menyerap panas dan sebesar apa panas yang bisa diserap?
Thanks ya ;D

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
Re: Hemat energi?
« Jawab #7 pada: Agustus 27, 2008, 07:16:35 AM »
beneran ga bisa. mungkin koneksinya ngaco nih.
thanks dah dijelasin ya... hmm... (cieeee kaya beneran mikir aja ;D ;D)
unik juga ya, ada penjelasan fisisnya ga ya? Gimana caranya pasir+air menyerap panas dan sebesar apa panas yang bisa diserap?
Thanks ya ;D

secara fisis ya? ??? ??? ???
ntar de fitri tanyain kedosen fitri dulu ya ;D ;D :D

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Hemat energi?
« Jawab #8 pada: Agustus 27, 2008, 09:37:08 PM »
Pada kasus di nigeria itu suhu udaranya panas, lebih tinggi dari suhu air bahkan pasir. karena itu pasir akan menyerap panas lebih banyak, sedangkan ditambahkan air secara periodik untuk menjaga pasir tetap dingin dan air merupakan penyerap panas yang baik.  :kribo:

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Hemat energi?
« Jawab #9 pada: Agustus 28, 2008, 04:09:31 AM »
Agak OOT dikit dari pertanyaan yang disampaikan di awal thread. Tapi masih berhubungan dengan kulkas. Saya tertarik dengan keterangan dari fitri :

 
ngomong2 masalah kulkas hemat energy.... fitri punya ini nih :

http://www.scienceinafrica.co.za/2004/september/refrigeration.htm

disana ada pendingin tanpa listrik

Saya pernah membaca di salah satu situs, ada proyek refrigerator menggunakan gelombang ultrasonic. Masih pake listrik sih, tapi tidak ada freon. Benar-benar fantastis. Dah telah dicoba pada sebuah perusahaan es-krim. Sorry lupa link-nya, bagi yang tahu silahkan di share.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Hemat energi?
« Jawab #10 pada: Agustus 28, 2008, 04:46:00 AM »
@superstring39
penjelasannya masuk akal tuh. Thanks. Kalo diterapkan pada daerah dengan suhu dingin berarti ga bisa dong ya?


Eh, pertanyaan awal masih belum terjawab nih ???

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Hemat energi?
« Jawab #11 pada: Agustus 28, 2008, 06:24:28 AM »
kayaknya udah terjawab pada jawaban #2
untuk kulkas konfensional hasilnya sama saja
kalo gak percaya tanya aja sama tukang kulkas yang jujur  :P

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
Re: Hemat energi?
« Jawab #12 pada: Agustus 28, 2008, 09:47:46 AM »
Pada kasus di nigeria itu suhu udaranya panas, lebih tinggi dari suhu air bahkan pasir. karena itu pasir akan menyerap panas lebih banyak, sedangkan ditambahkan air secara periodik untuk menjaga pasir tetap dingin dan air merupakan penyerap panas yang baik.  :kribo:

iya juga sih, tapi kalo mau tambah dingin tinggal dikasi katalis. biasanya orang make perak iodida (AgI) seperti yang dipake buat nurunin hujan buatan.  8) 8) 8) 8) 8) 8) (ahli berbicara) :D :D :D

energi untuk memindahkan panas dipake gelombang akustik yang generatornya dari speaker (istilahnya thermo akustik).

linknya apa ya????

kemrin sih ada di dalam flashdisk. tapi disknya bervirus si, jadi ilang semua... :'( :'( :'( :'( :'( :'(

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Hemat energi?
« Jawab #13 pada: Agustus 30, 2008, 03:38:37 AM »
ngomong2 masalah kulkas hemat energy.... fitri punya ini nih :

http://www.scienceinafrica.co.za/2004/september/refrigeration.htm

disana ada pendingin tanpa listrik
pernah dibahas juga di forum tanaman buas karena nyari sistem yang hemat energi tapi bisa bikin lingkungan hidup tanaman tetep adem. terutama untuk tanaman highlander yang dipaksa turun gunung ke kota-kota yang panas. sorry kalo OOT, tapi info seperti ini kami butuh banget.

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
Re: Hemat energi?
« Jawab #14 pada: Agustus 30, 2008, 10:23:30 AM »
mungkin pot-pot itu bisa dipake, cuma masih terlalu kecil efektivitasnya (hanya bisa mendinginkan sampai 15 derjat)

jika digunakan dalam sistem termo akustik mungkin bisa lebih meningkatkan efisiensinya. cma fitri belum dapet info ttg desain pembuatannya. apalagi kalo digabung sama AgI.

nggg......
ada yang punya literaturnya gak? ttg disain termo akustik dengan menggunakan perak iodida sebagai "katalis" dingin?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
15 Jawaban
10057 Dilihat
Tulisan terakhir September 20, 2009, 05:41:11 AM
oleh Sky
Energi

Dimulai oleh MonDay « 1 2 » Fisika

29 Jawaban
15707 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2009, 10:56:08 PM
oleh humaam dz.
1 Jawaban
6643 Dilihat
Tulisan terakhir November 25, 2010, 05:02:58 AM
oleh walesa
Energi

Dimulai oleh ChanChan Fisika

10 Jawaban
8417 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 01, 2011, 09:05:12 AM
oleh 12
21 Jawaban
232327 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2016, 01:21:09 AM
oleh Monox D. I-Fly