Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 25, 2021, 11:19:53 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 79
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tanya: Benda Transparan  (Dibaca 5789 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Logan

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 81
  • IQ: 7
Tanya: Benda Transparan
« pada: Agustus 30, 2010, 07:24:21 AM »
Bagaimana sejatinya sebuah benda bisa tampak tembus pandang (transparan)? ???

Suatu benda bisa terlihat jika benda tersebut memantulkan sinar yang diterimanya dan cahaya pantulan tersebut ditangkap oleh retina mata dan diteruskan ke otak. karena peristiwa ini kita bisa melihat benda dengan beraneka macam warna. Lalu, Bagaimana dengan benda transparan?

Offline M51

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 5
Re: Tanya: Benda Transparan
« Jawab #1 pada: September 02, 2010, 01:52:33 AM »
ya klo benda transparan ada sebagian sinar yg dipantulkan dan ada sebagian yg dibiaskan, gitu aja kok repot

Offline Logan

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 81
  • IQ: 7
Re: Tanya: Benda Transparan
« Jawab #2 pada: September 03, 2010, 12:05:36 AM »
Lalu bagaimana dengan jaket transparan (tembus pandang)?

Kalau pada benda transparan biasa, sebagian cahaya dibiaskan dan sebagian lainnya dipantulkan karena benda tersebut homogen, namun jaket ini hanya homogen pada "jaket"-nya sedangkan orang yang memakainya sama sekali tak homogen dengan jaket tersebut. Bagaimana dengan fenomena ini?

Offline botrezkii

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 179
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
Re: Tanya: Benda Transparan
« Jawab #3 pada: September 16, 2010, 12:35:48 AM »
"Gravity is not a version of the truth. It is the truth. Anyone who doubts it is invited to jump out a tenth-storey window."

Offline neoarm23

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 77
  • IQ: 2
Re: Tanya: Benda Transparan
« Jawab #4 pada: September 16, 2010, 02:23:04 AM »
metamaterial kayak yang tenda di film 3idiots dan jubah harry potter itu yah?

Offline botrezkii

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 179
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
Re: Tanya: Benda Transparan
« Jawab #5 pada: September 16, 2010, 05:07:22 AM »
yup, semacam itulah kurang lebih ;D

Offline physicsfighter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 3
Re: Tanya: Benda Transparan
« Jawab #6 pada: September 16, 2010, 12:38:43 PM »
Wah... berarti kita bisa bikin jubah "menghilang" seperti harry potter tu..?

Offline neoarm23

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 77
  • IQ: 2
Re: Tanya: Benda Transparan
« Jawab #7 pada: September 16, 2010, 02:00:58 PM »
yup, memang itu bukan hanya sekedar dongeng saja..

kalau ada yang nonton 3idiots di akhir cerita ada tenda yang tembus pandang, itulah yang berbahan metamateria. :D

akan tetapi perkembangan researchnya sampai saat ini saya masih belum tahu sejauh mana. :o

Offline botrezkii

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 179
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
Re: Tanya: Benda Transparan
« Jawab #8 pada: September 16, 2010, 04:10:08 PM »
hmm, kalo di wiki itu sih udah banyak yang riset dan teori yang dipropose tapi belum ada implementasi yang sukses sepertinya...

tapi seinget saya 2 atau 3 taun lalu saya sempet liat berita di kompas ada ilmuwan jepang yang memeragakan jaket tembus pandangnya *meskipun gak 100% tembus pandang sih*, sayang saya lupa siapa namanya...

Offline physicsfighter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 3
Re: Tanya: Benda Transparan
« Jawab #9 pada: September 18, 2010, 01:02:53 PM »
itu hnya sekadar tembus pandang atau bisa menembus benda?

Offline neoarm23

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 77
  • IQ: 2
Re: Tanya: Benda Transparan
« Jawab #10 pada: September 18, 2010, 02:59:22 PM »
itu hnya sekadar tembus pandang atau bisa menembus benda?
maksudnya??
ilusi optik saja itu.. ;D

Offline Logan

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 81
  • IQ: 7
Re: Tanya: Benda Transparan
« Jawab #11 pada: September 19, 2010, 10:41:18 AM »
Ada yang bisa jelasin cara kerja "metamateria" ni? ???

Offline neoarm23

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 77
  • IQ: 2

Offline physicsfighter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 3
Re: Tanya: Benda Transparan
« Jawab #13 pada: September 19, 2010, 11:39:58 AM »
menarik nih..
patut dicoba...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
27399 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 26, 2009, 11:44:38 PM
oleh Wahyudy
24 Jawaban
19928 Dilihat
Tulisan terakhir September 10, 2009, 02:56:55 AM
oleh faiqhr
5 Jawaban
9921 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 30, 2009, 09:40:46 PM
oleh superstring39
18 Jawaban
16122 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 10, 2009, 06:06:00 AM
oleh Muztank
0 Jawaban
2008 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 04, 2014, 09:33:17 PM
oleh vincentiuz