Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 29, 2024, 02:09:55 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 207
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 164
Total: 164

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Gravitasi

Dimulai oleh MuhAlexander, Mei 05, 2013, 05:18:38 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

MuhAlexander

Salam sains.

Sebelumnya saya ingin memperkenalkan sebuah karya hasil pemikiran saya yang mungkin masih mengandung banyak imperfeksi didalamnya.

Gravitasi dewasa ini menjadi pembicaraan yang agaknya meyakinkan kita untuk berpusing ria jika dibahas. tidak seperti apa yang dikatakan Newton yang hanya menyatakan eksistensi dari gravitasi itu sendiri. Namun masalahnya kini apa yang menyebabkan gravitasi itu terjadi?

menurut pendapatku, setiap penda pastilah terdiri dari molekul - molekul yang dibentuk oleh beberapa atom. atom sendiri dapat dijelaskan sebagai unit sangat kecil yang tersusun dari Proton (+) dan Elecktron (-) atau mengandung muatan listrik. Nah karena muatan inilah maka sekumpulan atom - atom yang membawa banyak elektron akan membentuk gaya elektromagnetik yang dapat menarik benda - benda yang bermuatan atau dapat disebut atom - atom lainya. Seperti di awal tadi, setiap benda tersusun dari atom - atom yang saling berikatan, (bahkan mungkin kepadatanya pun juga dipengaruhi oleh kuat lemahnya ikatan). jadi dapat disimpulkan setiap benda bermassa yang tersusun dari atom memiliki gaya gravitasi. hanya saja permasalahanya apakah gaya itu cukup kuat untuk dirasakan.

semakin besar massa atau mungkin semakin besar kuantitas materi penyusun suatu benda maka akan menghasilkan medan elektromagnetik yang besar pula. mungin seperti itulah yang kita lihat di alam smesta ini, semakin besar ukuran suatu benda semakin kuat gaya gravitasinya.

berdasarkan teori diatas juga bisa dibuktikan dengan teori yang jga sudah berlaku selama ini bahwa "Massa berbanding lurus dengan gaya gravitasi dan berat benda adalah hasil kali dari Gravitasi X Massa benda tertarik. W=m(g)


Saya juga berharap masukan dan pendapat dari teman - teman sekalian, barangkali sekiranya memberikan sanggahan itupun saya sadari demi kemajuan bersama.

Wassalam  :kribo:
Seruan logika lebih tajam, sedangkan seruan perasaan lebih menusuk.