Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 02:07:14 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 37
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 12
Total: 12

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Gravitasi

Dimulai oleh Farabi, Mei 07, 2014, 09:55:18 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Farabi

Semisal saya mempunyai sebuah balok, balok saya jatuhkan dari ketinggian 1 meter, dan jatuh dengan akselerasi 1cm/per detik. Balok tersebut kemudian jatuh kebidang miring, kira kira bagaimana menghitungnya sampai balok benar benar jatuh ketanah ya?

Akselerasi 1cm/detik artinya
detik        akselerasi
1             1 cm
2             (detik 1)+1 cm
3            (detik 2)+1 cm
...
...
10         (Detik 9) + 1cm


Bagaimana cara menghitung gaya jatuhnya ketanah di bidang miring.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

Ini adalah simulasi partikel per satuan (quanta/quantum). Dalam simulasi partikel ini saya mensimulasikan partikel yang berinteraksi satu sama lain, saat sendirian, partikel tersebut mencari pasangannya dengan bergerak berdasarkan kekuatan gaya tarik quanta terdekat. Setelah mendapatkan pasangan baik berjumlah satu atau lebih partikel yang sendirian berhenti bergerak dan diam dalam keseimbangan.

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

Tiba tiba terlintas dalam fikiran saya kalau interaksi per quanta tidak demikian, melainkan, setiap partikel bertemu, ada interaski yang berbeda tergantung dari muatan pembedanya yang mengakibatkan benturan tergantung dari muatannya. Dan jika muatannya terlampau besar partikel tersebut meloncat menjadi benda yang kita sebut sebagai cahaya. Masih membutuhkan konfirmasi dari para ilmuan quantum.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

MenyaLa

ini kan judulnya gravitasi, blh tanya2 hal mendasar tentang gravitasi ga?

bayu220686

Pake Cara Newton lebih gampang,, itu pelajaran SMA Bos

Farabi

Kutip dari: MenyaLa pada Juni 04, 2014, 01:41:39 PM
ini kan judulnya gravitasi, blh tanya2 hal mendasar tentang gravitasi ga?

Wah saya sendiri ga begitu tahu apa itu gravitasi. cuma berusaha untuk meniru saja, apa sebenernya gravitasi saya ga tahu.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

superstring39

Gravitasi adalah interaksi tarik-menarik antara materi yang memiliki massa.

Blaise

om superstring maaf ni, tapi secara umumnya gravvitasi itu apa ya, soalnya klo pengertiannya "Gravitasi adalah interaksi tarik-menarik antara materi yang memiliki massa". Klo dihubungkan dengan blackhole gmna ?

Blaise

Kutip dari: Farabi pada Mei 07, 2014, 09:55:18 AM
Semisal saya mempunyai sebuah balok, balok saya jatuhkan dari ketinggian 1 meter, dan jatuh dengan akselerasi 1cm/per detik. Balok tersebut kemudian jatuh kebidang miring, kira kira bagaimana menghitungnya sampai balok benar benar jatuh ketanah ya?

Akselerasi 1cm/detik artinya
detik        akselerasi
1             1 cm
2             (detik 1)+1 cm
3            (detik 2)+1 cm
...
...
10         (Detik 9) + 1cm


Bagaimana cara menghitung gaya jatuhnya ketanah di bidang miring.


Om farabi, itu tinggi bidang miring dan sudutnya ko gak diketahui dan massa baloknya juga ?
Klo gaya dari titik awal sampai tepat saat sebelum menyentuh bidang miring itu besarnya :

misal massa balok 1 kg, sigma F = m.a, karena a=akselerasi= 1cm/s=0.01m/s. Jadi, sigma F = m.a = 1 kg.o.o1m/s = 0,01 Newton



Farabi

#9
Kutip dari: Blaise pada Juli 10, 2014, 09:33:18 PM
Om farabi, itu tinggi bidang miring dan sudutnya ko gak diketahui dan massa baloknya juga ?
Klo gaya dari titik awal sampai tepat saat sebelum menyentuh bidang miring itu besarnya :

misal massa balok 1 kg, sigma F = m.a, karena a=akselerasi= 1cm/s=0.01m/s. Jadi, sigma F = m.a = 1 kg.o.o1m/s = 0,01 Newton




Wah kurang ngerti saya nih. Misal bidangnya punya kemiringan 45 derajat aja deh. Gimana tuh. Katanya disebutnya friksi.


Jadi sejauh eksperimen saya, supaya jatuhnya benda terlihat wajar, kecepatan jatuhnya itu terus berakumulasi.

Misal detik pertama 1 cm/detik, detik kedua jadi 2 cm perdetik, dan detik ketiga jadi 3 cm perdetik, dimana detik ke 10 jadi 10 cm perdetik, jadi semakin tinggi benda itu jatuh kecepatannya semakin tinggi.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Pi-One

Kutip dari: Blaise pada Juli 10, 2014, 09:21:20 PM
om superstring maaf ni, tapi secara umumnya gravvitasi itu apa ya, soalnya klo pengertiannya "Gravitasi adalah interaksi tarik-menarik antara materi yang memiliki massa". Klo dihubungkan dengan blackhole gmna ?
Black hole itu memiliki massa besar tapi volume amat kecil.

Dr.F

kalau menurut saya pengertian yang paling moderat dari gravitasi adalah gaya yang dialami dua atau lebih materi yang mempunyai massa.
jadi misalkan ada suatu materi yang bermassa tetapi dia sendirian, gaya gravitasi tidak dialaminya, dengan asumsi materi tersebut tidak tersusun dari materi2 lainnya yang lebih kecil. Pengertian diatas juga tidak memihak pada salah satu pendapat tentang penyebab dari gaya gravitasi yang bermacam2.

Farabi

Kita bisa mendeteksi sebuah gravitasi dengan membuat sebuah kotak berisi sebuah bolah besi, dengan memasang sensor di setiap sudut tersebut kita bisa tahu apakah kita berada diruang bergravitasi atau berada diluar angkasa, juga kita bisa mengetahui apakah alat yang kita pakai menghadap ke arah mana. Tapi apa wujud gravitasi kita tidak tahu. Apakah gravitasi sebenarnya adalah radiasi magnet yang hanya berpengaruh kepada atom Fe saja? Sehingga sebetulnya kita tertarik ke bumi karena pada tubuh kita banyak mengandung atom Fe, karena saya lihat beberapa gas seperti hydrogen cenderung tidak tertarik kebumi, malah menyebar keudara, apalagi kalau tidak salah freon, gas tersebut hanya ada di atmosfer bumi.

Nah pertanyaan saya, kalau saya membuat sebuah simulasi gravitasi untuk skala quantum, kira kira menurut teori terbaru, interaksi antar atomnya bagaimana?
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Dr.F

Kutip dari: Farabi pada Oktober 04, 2014, 07:32:37 PM
Nah pertanyaan saya, kalau saya membuat sebuah simulasi gravitasi untuk skala quantum, kira kira menurut teori terbaru, interaksi antar atomnya bagaimana?

dalam skala quantum justru interaksi gravitasi justru hampir tidak ada mas, sehingga hampir mustahil untuk diorientasi, interaksi antar partikel yang dominan adalah eletromagnetik, dan gaya lemah.
teori yang  paling update demikian, ga tau lagi kalau saya yang gak gaul..   ;D ;D ;D

Farabi

Iya maksudnya, gaya tarik menarik antar molekul. Di skala quantum bagaimana? Mungkin nanti bisa dijelaskan bagaimana gravitasi bisa ada.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.