Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 20, 2021, 04:46:41 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: help me!!! efek doppler  (Dibaca 15909 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
help me!!! efek doppler
« pada: Agustus 30, 2008, 08:56:30 AM »
efek doppler adalah pengaruh kecepatan dan arah pendengar dan sumber bunyi terhadap freq yang di dengar.

masalah nya bagaimana jika sumber bunyi mendekati pendengar dengan  v lebih atau sama dengan kecepatan suara dan misalnya pendengar mendekati sumber dengan v = 60m/s. padahal manusia sudah bisa membuat pesawat dengan kecepatan 10 x kecepatan suara (mach 10) pada scramjet. jika v suara = 340m/s

1. jika v sumber = v suara
Fp = ( (340m/s + 60m/s) / (340m/s - 340m/s) ) x Fs = 400m/s / 0m/s = (tak hingga) Hz

MANA ADA freq tak hingga Hz

2. jika v sumber > v suara
Fp = ( (340m/s + 60m/s) / (340m/s - 360m/s) ) x Fs = -20m/s Fs

Frequensi minus (-) itu ada apa tidak.???

maaf ya banyak bertanya. mungkin malu bertanya sesat di jalan tapi klo banyak bertanya  tuh kan memalukan hehhehe.......
......i'am still stupid..... and always stupid......
----ORANG GENDENG----

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: help me!!! efek doppler
« Jawab #1 pada: Agustus 30, 2008, 11:27:35 AM »
pengen jawab ah, ber-nostalgila  :kribo:

sementara lupakan dulu matematikanya, karena ini fisika, liat dulu gejalanya
nih visualisasi sumber suara yang bergerak dengan kecepatan kurang dari -, sama dengan -, dan lebih cepat- dari kecepatan suara...

vsumber < vsuara:

vsumber = vsuara:

vsumber > vsuara:


untuk animasinya, ikuti link http://www.astro.ubc.ca/~scharein/a311/Sim/doppler/Doppler.html

nah keliatan kan, makna frekuensi tak hingga di situ karena memang panjang gelombang yang teramati ialah 0 m
untuk frekuensi negatif, bandingin aja yang frekuensi positif gimana kondisinya, berlawanan kan keadaannya...

 :kribo:

efek doppler tuh asik juga loh, aplikasinya bermanfaat...
kapan2 deh kita posting aplikasi efek doppler...

keep questioning... ;D
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
Re: help me!!! efek doppler
« Jawab #2 pada: Agustus 31, 2008, 01:46:14 AM »
ow suwon bos......
berarti freq tak hingga itu emang ada ya... ato mungkin Freq tak hingga tuh kayak gini paleng yo..



ato



tambahan


« Edit Terakhir: Agustus 31, 2008, 03:10:21 AM oleh dark_nekron »

Offline lovianettesherry_gonz

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 6
  • Gender: Wanita
  • see the future,be the future
Re: help me!!! efek doppler
« Jawab #3 pada: September 01, 2008, 10:56:34 AM »
itu gambar pesawat buat apaan??

aku lebih suka pengaplikasian efek doppler dengan bagaimana cara alam semesta berkembang...kan pengandaiannya tuh kalo kita niup balon yang dikasi titik-titik,maka makin balonnya gede,jarak antar titik makin jauh tapi tak adapun satu titik yang bisa dibilang sebagai pusat pengembangan...

eeeh,gak taunya dibimbel,gue diajarin soal polisi mengerjar supir soal efek doppler ini...

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
Re: help me!!! efek doppler
« Jawab #4 pada: September 01, 2008, 01:44:17 PM »
tuh pesawat saat memasuki mach 1. u pernah liat pilem ironman ga? saat si tony di kejar F-22 raptor si tony melaju dengan >mach 1.

n balon ? dikasih titik? bukannya itu teori perluasan alam semesta? u gak salah thread ta?
klo gak salah thread emang bisa suara melewati ruang hampa? n bukanya benar klo polisi ngejar supir itu efek doppler. tapi yang dibahas sekarang klo pada mach 1 tapi gpp seh klo polisi ngejar supir pada mach 1.
« Edit Terakhir: September 01, 2008, 01:46:04 PM oleh dark_nekron »

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: help me!!! efek doppler
« Jawab #5 pada: September 01, 2008, 02:10:50 PM »
itu gambar pesawat buat apaan??

aku lebih suka pengaplikasian efek doppler dengan bagaimana cara alam semesta berkembang...kan pengandaiannya tuh kalo kita niup balon yang dikasi titik-titik,maka makin balonnya gede,jarak antar titik makin jauh tapi tak adapun satu titik yang bisa dibilang sebagai pusat pengembangan...

eeeh,gak taunya dibimbel,gue diajarin soal polisi mengerjar supir soal efek doppler ini...

itu efek dippler nya beda lagi, efek doppler untuk suara tidak bisa diaplikasikan untuk efek doppler untuk cahaya
tapi idenya bisa,, efek doppler untuk cahaya bisa diturunkan pake relativitas khusus
(hm,,, kamu kelas 3 yah? tunggu deh dapet pelajaran relativitas, asyik loh... ;D, tapi kamu kayaknya bisa aja deh langsung pelajari mulai sekarang  :kribo: lovianettesherry_gonz gitu loh  ;D ;D)

wilujeung...

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
Re: help me!!! efek doppler
« Jawab #6 pada: September 01, 2008, 02:48:51 PM »
eii... maksude klo misalnya bintang menjauhi satu sama lain maka spectrum elektromagnetiknya juga akan berubah.. n itu bisa digunakan untuk seberapa cepat suatu bintang ato galaxy menjauhi kita.

baru ngerti pas ksatriabajuhitam bilang cahaya..... thx bos. nih cuma nanya2 aja cz saat sma q guru q aku kasih pertanyaannya ini beliau jawabnya cuma

"ya nanti di pelajari diperkuliahan". hiks.... jurusan q juga nyasar di kedokteran lagi.

« Edit Terakhir: September 01, 2008, 02:54:46 PM oleh dark_nekron »

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: help me!!! efek doppler
« Jawab #7 pada: September 02, 2008, 11:21:26 PM »
itu gambar pesawat buat apaan??

aku lebih suka pengaplikasian efek doppler dengan bagaimana cara alam semesta berkembang...kan pengandaiannya tuh kalo kita niup balon yang dikasi titik-titik,maka makin balonnya gede,jarak antar titik makin jauh tapi tak adapun satu titik yang bisa dibilang sebagai pusat pengembangan...

eeeh,gak taunya dibimbel,gue diajarin soal polisi mengerjar supir soal efek doppler ini...

itu efek dippler nya beda lagi, efek doppler untuk suara tidak bisa diaplikasikan untuk efek doppler untuk cahaya
tapi idenya bisa,, efek doppler untuk cahaya bisa diturunkan pake relativitas khusus
(hm,,, kamu kelas 3 yah? tunggu deh dapet pelajaran relativitas, asyik loh... ;D, tapi kamu kayaknya bisa aja deh langsung pelajari mulai sekarang  :kribo: lovianettesherry_gonz gitu loh  ;D ;D)

wilujeung...

Intinya sih efek dopler baik buat suara maupun buat cahaya sama, yaitu tentang pergeseran frekuensi antara objek dan observer karena gerak relatif antar keduanya. cuma bedanya dalam perumusannya karena suara merupakan gelombang mekanik dan cahaya merupakan gelombang elektromagnetik. tapis secara umum keduanya bisa dihubungkan dengan persamaan gelombang (sedang dibahas di topik sebelah)  ;D

Offline lovianettesherry_gonz

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 6
  • Gender: Wanita
  • see the future,be the future
Re: help me!!! efek doppler
« Jawab #8 pada: September 05, 2008, 10:23:22 AM »
itu gambar pesawat buat apaan??

aku lebih suka pengaplikasian efek doppler dengan bagaimana cara alam semesta berkembang...kan pengandaiannya tuh kalo kita niup balon yang dikasi titik-titik,maka makin balonnya gede,jarak antar titik makin jauh tapi tak adapun satu titik yang bisa dibilang sebagai pusat pengembangan...

eeeh,gak taunya dibimbel,gue diajarin soal polisi mengerjar supir soal efek doppler ini...

itu efek dippler nya beda lagi, efek doppler untuk suara tidak bisa diaplikasikan untuk efek doppler untuk cahaya
tapi idenya bisa,, efek doppler untuk cahaya bisa diturunkan pake relativitas khusus
(hm,,, kamu kelas 3 yah? tunggu deh dapet pelajaran relativitas, asyik loh... ;D, tapi kamu kayaknya bisa aja deh langsung pelajari mulai sekarang  :kribo: lovianettesherry_gonz gitu loh  ;D ;D)

wilujeung...

wah sebenernya aku lebih suka belajar logikanya rwativitas umum..tapi tolong ajarin aku deh relativitas...ntar guru yang ngajarain aku gak asik orangnya...

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: help me!!! efek doppler
« Jawab #9 pada: September 05, 2008, 10:50:47 PM »
wah sebenernya aku lebih suka belajar logikanya rwativitas umum..tapi tolong ajarin aku deh relativitas...ntar guru yang ngajarain aku gak asik orangnya...

saya coba jelaskan analogi pergeseran spektrum cahaya berdasarkan relativitas umum (tapi ini bukan efek dopler  ::))

coba bayangkan sebuah slinky (sejenis pegas yang biasa digunakan untuk menjelaskan gelombang longitudinal) kita rentangkan pada sebuah bidang datar dan tidak bergerak. kita lihat jarak antar gulingan slinky relatif sama. pada salah satu bagian slinky kita lalui pada sebuah bidang lengkung diantara bidang datar. maka bagian slinky yang melengkung mengikuti bidang akan tampak melengkung ke bawah, pada bagian ini jarak antar gulungan slinky agak lebih lebar dibandingkan bagaian pada bidang datar.

Analoginya dengan cahaya: saat cahaya melintas di daerah yang gravitasinya kecil atau nol (bidang datar) maka panjang gelombangnya semua seragam setiap titik. namun saat cahaya melalui daerah yang memiliki gravitasi yang cukup besar (bidang lengkung) maka panjang gelombang cahaya pada daerah tersebut akan bertambah panjang atau bergeser ke arah spektrum merah. hal ini disebut pergeseran merah.

tolong korekasi kalau ada yang kurang  ;D

Offline Didobi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 32
  • IQ: 4
Re: help me!!! efek doppler
« Jawab #10 pada: November 25, 2008, 07:29:32 AM »
sorry
klo menghitung kecepatan pada sumbernya ada yg tau nggaknya caranya??  :)

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: help me!!! efek doppler
« Jawab #11 pada: November 25, 2008, 09:52:12 PM »
sorry
klo menghitung kecepatan pada sumbernya ada yg tau nggaknya caranya??  :)

Pertanyaannya bisa diperjelas ta?  ???

Offline Didobi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 32
  • IQ: 4
Re: help me!!! efek doppler
« Jawab #12 pada: November 27, 2008, 02:46:05 AM »
maksud saya adalah bagai mana cara untuk menghitung kecepatan dari sumber bunyinya seperti mobil ambulan
nah bisa nggak sih kita menghitung kecepatan mobil ambulan tersebut ketika mendekati sipengamatnya yg sedang diam (orangnya)
biasanya kan menghitung frekuensi yg di dengar oleh pengamat yg sedang diam

mohon bantuannya...  :-\

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: help me!!! efek doppler
« Jawab #13 pada: November 27, 2008, 04:03:43 AM »
bisa dunk nich rumusnya:
{\pm}\nu_s = \left(\frac{f_s}{f_p} . (\nu_u \pm \nu_p) \right) - \nu_u

dengan:
vs : kecepatan sumber suara
vp : kecepatan pengamat
vu : kecepatan suara di udara
fs : frekuensi yang dipancarkan sumber suara
fp : frekuensi yang di dengar pengamat

ket:
kalo sumber mendekati pengamat maka nilai vs (-)
kalo sumber menjauhi pengamat maka nilai vs (+)
kalo pengamat mendekati sumber maka nilai vp (+)
kalo pengamat menjauhi sumber maka nilai vp (-)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Efek Shisha

Dimulai oleh Eifraim « 1 2 3 » Kesehatan

32 Jawaban
21737 Dilihat
Tulisan terakhir September 19, 2010, 03:32:17 AM
oleh neoarm23
21 Jawaban
231922 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2016, 01:30:32 AM
oleh Monox D. I-Fly
14 Jawaban
7719 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 10, 2010, 09:04:42 AM
oleh Huriah M Putra
15 Jawaban
9630 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 09, 2012, 12:30:07 AM
oleh exile_rstd
4 Jawaban
4147 Dilihat
Tulisan terakhir September 02, 2010, 09:37:14 PM
oleh qarrobin