Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 26, 2022, 11:07:02 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 38
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

inti atom

Dimulai oleh sisca, chemistry, Maret 21, 2010, 02:52:52 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

sisca, chemistry

tanya donk
inti atom itu kan kumpulan proton dan neutron ya...
kalo gitu proton yg b'muatan positive itu kok bisa b'gabung.. padahal kan sama2 positive.. seharusnya mreka tolak menolak...
jadi kenapa bisa gitu..
woke..
TQ ya... ^^
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

The Houw Liong

Kutip dari: sisca, chemistry pada Maret 21, 2010, 02:52:52 AM
tanya donk
inti atom itu kan kumpulan proton dan neutron ya...
kalo gitu proton yg b'muatan positive itu kok bisa b'gabung.. padahal kan sama2 positive.. seharusnya mreka tolak menolak...
jadi kenapa bisa gitu..
woke..
TQ ya... ^^
Selain interaksi Coulomb terdapat juga interaksi kuat yang jauh lebih besar dari interaksi Coulomb pada jarak dekat. Pada jarak jauh interaksi Coulomb lebih kuat.
HouwLiong

sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Hand15

Ini sih sudah menyangkut ke fisika partikel dan kuantum~
pokoknya bukan sesuatu yang bisa dijelasin make pengetahuan biasa.

Huriah M Putra

Tolong dijelaskan sesederhana mungkin...
wa orang awam di kimia, dan itu sebenarnya pertanyaan wa...
Diwakilkan..
Ayo ayo...
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

sisca, chemistry

yeee~
dasarr..
iye deh.. pertanyaannya huriah..
pinter fisika jg dia...
dulu..

ayok donk abang2.. mas2... koko2...
ajarin... T.,T
penasaran penasaran..
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Hand15

Dari Wikipedia Indonesia:
Inti atom terdiri dari proton dan neutron yang terikat bersama pada pusat atom. Secara kolektif, proton dan neutron tersebut disebut sebagai nukleon (partikel penyusun inti). Jari-jari inti diperkirakan sama dengan 1,07 A^1/3  fm, dengan A  adalah jumlah nukleon. Hal ini sangatlah kecil dibandingkan dengan jari-jari atom. Nukleon-nukleon tersebut terikat bersama oleh gaya tarik-menarik potensial yang disebut gaya kuat residual. Pada jarak lebih kecil daripada 2,5 fm, gaya ini lebih kuat daripada gaya elektrostatik yang menyebabkan proton saling tolak menolak.

sisca, chemistry

owh....
jadi jadi...
yg bikin proton2 b'satu itu karna ada gaya kuat residual..
yg buat tolak menolak itu gaya elektrostatik...

jadi... gaya residual itu datang dari mana.?
apa yg mempengaruhi shingga bisa ada gaya macam itu..?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

ngajakmikir

Gaya kuat adalah salah satu dari empat gaya fundamental di alam ini.
gaya kuat menjaga agar proton2 tetap berada dalam inti atom.

kalau ditanya gaya itu datang darimana? singkatnya, berdasarkan teori kuantum, gaya ini adalah akibat pertukaran partikel pembawa energi yang disebut gluon.
Aku adalah sesuatu yang tersembunyi. Aku berkehendak untuk dikenal, maka Aku ciptakan makhluk agar mereka mengenalKu

sisca, chemistry


"kalau ditanya gaya itu datang darimana? singkatnya, berdasarkan teori kuantum, gaya ini adalah akibat pertukaran partikel pembawa energi yang disebut gluon."
wah wah.. keren ini kyknya... bisa jelaskan lagi ttg gluon.?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

ngajakmikir

kalau dalam gaya elektromagnetik, dua buah partikel bisa tarik-menarik atau tolak-menolak karena partikel tersebut punya muatan. Dalam hal ini ada dua buah muatan yaitu muatan positif dan negatif. Muatan ini memancarkan partikel pembawa energi yang disebut foton.

nah dalam gaya kuat juga sama. di dalam proton dan neutron itu terdapat partikel elementer yang disebut quark.
quark ini punya "sejenis muatan" yang disebut "muatan warna". kalau dalam elektromagnetik muatannya ada dua yaitu positif dan negatif, tapi kalau dalam quark, "muatannya" ada enam. merah, hijau, biru dan antinya yaitu anti-merah, anti-hijau, anti-biru. Quark memancarkan gluon yang pada hakikatnya adalah terdiri dari dua warna. Setiap kali quark memancarkan gluon maka quark tersebut akan berubah warna. begitu juga kalau quark menyerap gluon.

CMIIW
Aku adalah sesuatu yang tersembunyi. Aku berkehendak untuk dikenal, maka Aku ciptakan makhluk agar mereka mengenalKu

sisca, chemistry

ya ya ya... setelah baca beberapa artikel....
memang gaya nuklir kuat merupaka gaya yg paling kuat dari ke4 gaya yg ada... (namanya aja uda kuat ya.. haha~)
lanjut...

truz truz.. setelah baca ttg proton... proton itu diikat sama yg namanya quark.. quark di jaga oleh gaya nuklir kuat...
oh ya.. uda dijelaskan rupanya sama mas ngajakmikir..
jadi jadi...
quark yg memancarkan dua warna (gluon) itu gunanya untuk apa ya mas..?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

ngajakmikir

Kutip dari: sisca, chemistry pada Maret 22, 2010, 07:03:35 PM
proton itu diikat sama yg namanya quark
lebih tepatnya proton itu terdiri dari quark.

quark memancarkan gluon yang menyebabkan terjadinya interaksi kuat. dan inilah yang menjaga inti atom tetap ada.

coba baca artikel ini [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
mungkin bisa cukup membantuk menerangkan tentang interaksi kuat.
Aku adalah sesuatu yang tersembunyi. Aku berkehendak untuk dikenal, maka Aku ciptakan makhluk agar mereka mengenalKu

Scorpion

quark ntu materi bkan? gluon energi yang ngikat bkan?

sisca, chemistry

0h... iya... ya.. uda baca di wiki tadi...

tapi masi bingung kesimpulannya...
proton bisa tetep tahan(ga saling tolak menolak) karna ada gaya nuklir kuat... 
juga karna dalam proton sendiri terdiri dari quark....
quark itu memancarkan gluon dan gluon itu yg membuat adanya gaya nuklir kuat.?

tul ga.?
=.,="a
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]