Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 07:54:45 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 37
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 13
Total: 13

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

kapasitor ga ngebaca arus DC?

Dimulai oleh Schrodinger, Desember 05, 2006, 08:48:33 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Schrodinger

kapasitor berfungsi membatasi arus DC yang mengalir ke kapasitor tsb.ada yang tw ga? knapa sih kapasitor itu ga bisa ngebaca arus DC?.
klo ada yg tw, jelasin sejelas-jelasnya yah..

Davidhutasoit

Sebuah kapasitor terdiri dari dua lempeng konduktor, dengan bahan dielektrik diantaranya. Jika kita menyambungkan kedua lempeng kapasitor dengan sebuah sumber arus, arus tidaklah mengalir di antara keduanya karena bahan dielektrik adalah bahan non-konduktor, tetapi di satu lempeng akan mengumpul elektron (sehingga lempengnya menjadi bermuatan negatif), dan di sisi lain elektron akan berkurang (sehingga lempengnya menjadi bermuatan positif). Misalkan sumber arus DC bertegangan V_0, maka muatan akan mengumpul di kedua lempeng sampai beda tegangan antara kedua lempeng besarnya V_0, dan besarnya muatan di masing-masing lempeng adalah +Q_0 dan -Q_0 (Q_0 = C x V_0). Setelah beda tegangan antara kedua lempeng mencapai besar maksikmum V_0, maka tidak akan ada lagi arus yang mengalir dari sumber DC. Ketika inilah dikatakan bahwa kapasitor tidak mengalirkan arus DC.

reborn

Penjelasan di atas buat saya sih dah cukup jelas. Moga2 Schrodinger juga merasa cukup jelas :)

Buat tambahan, kapasitor biasanya dipakai dalam rangkaian listrik, misalnya untuk meningkatkan efisiensi transmisi daya arus AC, sistem starter mesin mobil, melancarkan jalannya arus terektifikasi dari suatu sumber tenaga listrik, dll.

Buat bahan dielektriknya juga bisa macem2. Kita mengenal kapasitor plat paralel di mana kedua lempeng hanya dipisahkan oleh jarak (ruang vakum/udara) dan kapasitor yang dipisahkan oleh bahan dielektrik tertentu (biasanya benda padat). Beberapa fungsi dielektrik adalah mencegah kedua lempeng konduktor bersentuhan, maksimum beda potensial yang dapat ditahan kapasitor bertambah karena kuat sifat dielektrik lebih besar dari kuat sifat dielektrik udara, dan melipatgandakan kapasitansi sebuah kapasitor.

ksatriabajuhitam

#3
wah...ini dia the last topics di thread fisika, udah jadul ya, desember 2006,
angkat lagi ah... biar kayak Kartu As, ga ada matinya... :D

Kutip dari: Schrodinger pada Desember 05, 2006, 08:48:33 AM
kapasitor berfungsi membatasi arus DC yang mengalir ke kapasitor tsb.ada yang tw ga? knapa sih kapasitor itu ga bisa ngebaca arus DC?.
klo ada yg tw, jelasin sejelas-jelasnya yah..

penjelasan mengenai komponen dalam kapasitor sudah dijelaskan oleh masterdavy+reborn,
saya cuma ingin menambahkan, bahwa sebetulnya arus DC pun mengalir di kapasitor, hanya saja waktunya yang sangat singkat, disebut arus transient,
kurva berikut (di spoiler) memberi bukti bahwa arus mengalir melalui kapasitor, hanya saja sesaat, sehingga ketika kita ukur ya mungkin kapasitornya sudah jenuh (penuh terisi, setimbang)

mengapa bisa mengalir? padahal di antara kapasitor ada isolator; yaitu karena mengalir melalui medan listrik yang melintasi isolator. kelakuan medan listrik inilah yang dipengaruhi sifat isolator, jadi nilai kapasitansi bisa diubah dengan mengubah jenis isolator.
tambahan informasi: bagi elektronika signal processing, arus transient inilah yang sering diperhatikan, yakni dalam mendisain suatu filter analog.
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2