Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2021, 11:15:39 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 30
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 32
Total: 32

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Kecepatan cahaya gak konstan?  (Dibaca 21707 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #15 pada: April 14, 2009, 04:35:35 AM »
cahaya bisa berlaku sebagai gelombang yakni saat merambat dan terjadi fenomena gelombang seperti difraksi, interferensi, polarisasi dll. namun cahaya dapat berlaku seperti partikel, misalnya pada efek fotolistrik atau pada hamburan compton. dalam medium energi cahaya semakin melemah jika mediumnya semakin rapat secara optik atau semakin tebal, semua gel elektromagnetik juga begitu koq.

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #16 pada: April 14, 2009, 06:01:42 AM »
Perlu ditegaskan bahwa besar kecepatan cahaya c=300 000 km/s ialah beasr kecepatan cahaya dalam ruang hampa, sedangkan dalam medium lain bisa saja besar kecepatannya berubah.
HouwLiong

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #17 pada: April 14, 2009, 01:12:04 PM »
Perbedaan kecepatan cahaya saat menembus benda bening itu kan karena perbedaan index bias. Seperti index bias kornea 1.35 aquous humor 1.34 lensa mata 1.44 dan vitrous humor 1.34 sehingga kecepatan pada tiap komponen mata berbeda dan menyebabkan bias cahaya. Maksud pertanyaan saya apakah cahaya berubah sifat nya dr gelombang menuju partikel karena pengurangan kecepatan cahaya?
CMIIW   
« Edit Terakhir: April 14, 2009, 01:16:31 PM oleh dark_nekron »
......i'am still stupid..... and always stupid......
----ORANG GENDENG----

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #18 pada: April 14, 2009, 09:35:31 PM »
Perbedaan kecepatan cahaya saat menembus benda bening itu kan karena perbedaan index bias. Seperti index bias kornea 1.35 aquous humor 1.34 lensa mata 1.44 dan vitrous humor 1.34 sehingga kecepatan pada tiap komponen mata berbeda dan menyebabkan bias cahaya. Maksud pertanyaan saya apakah cahaya berubah sifat nya dr gelombang menuju partikel karena pengurangan kecepatan cahaya?
CMIIW   
justru melambatnya cahaya karena melalui media yang lebih rapat itulah sifat gelombang. baca efek huygens tentang penjalaran gelombang.

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #19 pada: April 15, 2009, 12:45:36 AM »
Hmm.. Pertanyaan q kan apakah cahaya berubah sifat nya dr gelombang menuju partikel karena pengurangan cahaya?

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #20 pada: April 15, 2009, 01:24:49 AM »
Hmm.. Pertanyaan q kan apakah cahaya berubah sifat nya dr gelombang menuju partikel karena pengurangan cahaya?
kalo begitu jawabannya engak.

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #21 pada: April 15, 2009, 11:50:28 AM »
jika didinginkan 0 K cahaya akan diam (CMIIW)
bagaimana jika cahaya dipanaskan mendekati panas matahari?

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #22 pada: April 15, 2009, 05:38:59 PM »
kalo' gelombang slaen EM wave ada ga' yang berlaku sebagai partikel???
jika didinginkan 0 K cahaya akan diam (CMIIW)
bagaimana jika cahaya dipanaskan mendekati panas matahari?

kayaknya ga' tjadi apa-apa deh...(emangnya cahaya kalo' dipanasin jadi lebih cepet???) ???
stauq si ngga... :P

Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #23 pada: April 15, 2009, 10:07:40 PM »
jika didinginkan 0 K cahaya akan diam (CMIIW)

hal ini sudah pernah dibahas

Dasar saya menyatakan hal tersebut di atas adalah Kondensasi Bose Einstein. para ilmuan MIT sudah meneliti fenomena ini sejak tahun 2001 (kalo gak salah  :P). Namun telah beberapa lama sebuah tim peneliti yang berhasil memperlambat cahaya sehingga bisa lebih lambat dari atlit sepeda yang paling cepat, 60 km/jam atau 38 mil/jam.Mereka menembakkan cahaya ke dalam kondensat Bose-Einstein. Kondensat Bose-Einstein tersebut dibuat dengan mendinginkan zat sampai hanya 1/50 milyar derajat di atas suhu nol mutlak (0 Kelvin; -273,15 derajat Celsius), yang karena demikian, seluruh atom zat tersebut seakan bertindak sebagai sebuah atom besar, superatom.Pada suhu nol mutlak, karena tidak ada atom yang bergerak satu pun (semakin dingin suhu sebuah zat, semakin lambat gerak acak atom2 di dalamnya), tidak ada informasi, energi, atau partikel yang bisa dikirim dari satu 'ujung' ke 'ujung' lainnya.Bayangkan kemungkinan aplikasi eksperimen ini. Komputer super super super kencang karena CPU dan tempat penyimpanan datanya adalah sebuah kondensat Bose-Einstein, sehingga penyimpanan dan pengaliran datanya bukan lagi secara elektronik (listrik) tetapi cahaya yang kecepatannya bisa diatur (bisa ngaskus dengan tampilan baru tanpa keluhan), yang mana karena segala macam interaksi manusia zaman sekarang bergantung pada komputer, pasti berpengaruh pada semua bidang kehidupan.

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #24 pada: April 16, 2009, 01:50:58 AM »
Hmm.. cahaya gak bs berubah menjadi partikel. Tp bs d lambat kan dengan cara d dinginkan. Seingat q seh panas merambat melalui radiasi dalam bentuk gelombang karena itu nggak bs d pengaruhi oleh lingkungan. Tambah gak mudeng kie aq..

Offline zxcvb

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 65
  • IQ: 1
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #25 pada: April 16, 2009, 01:40:17 PM »
Sorry saya hanya ingin mengomentari artikel ini.

disitu dikatakan cahaya membawa informasi bahkan informasi itu bisa di edit.

Adakah yang bisa menjelaskan ini? saya ga ngerti nih.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #26 pada: April 17, 2009, 01:39:59 AM »
cahaya membawa informasi biasanya dalam bentuk frekuensi atau intensitas. gampangnya penerapan dalam morse menggunaan lampu senter ;D

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #27 pada: April 17, 2009, 06:34:11 AM »
Kutip
cahaya membawa informasi biasanya dalam bentuk frekuensi atau intensitas. gampangnya penerapan dalam morse menggunaan lampu senter nyengir
kalo' gampangnya itu, jangan-jangan maw bilang kalo' yang susahnya misalnya HP melakukan encoding terhadap suara yang diucapkan oleh penelpon, dan kemudian melesat dalam wujud EM wave, dan kemudian didecode kembali pada receiver ???

anyway, cahaya apa kabar kalo' dipanasin???(pertanyaannya utusan langit)

Offline Sakuranboaoi

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: Kecepatan cahaya gak konstan?
« Jawab #28 pada: April 23, 2009, 01:51:26 PM »
Mungkin teori kuantum planck bisa menjawabnya.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
16917 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2007, 11:24:13 PM
oleh superstring39
kecepatan cahaya

Dimulai oleh dewa ruci « 1 2 3 4 5 » Fisika

60 Jawaban
54140 Dilihat
Tulisan terakhir November 25, 2011, 06:30:29 AM
oleh mhyworld
12 Jawaban
15616 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 06, 2009, 10:00:39 PM
oleh superstring39
37 Jawaban
23436 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 02, 2011, 04:34:43 PM
oleh eka jaya harsono
6 Jawaban
6723 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 29, 2012, 05:53:42 PM
oleh mhyworld