Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Fisika => Topik dimulai oleh: dewa ruci pada September 22, 2008, 09:21:52 PM

Judul: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: dewa ruci pada September 22, 2008, 09:21:52 PM
saya kuq pNah berpikir tentang kecepatan cahaya.
dia bisa disebut dengan "kostanta eisntein"..

namun,,yang jadi pertanyaan adalah gimana itu bisa ditentukan??
harusnya suatu nilai dapat ditentukan,,pasti ada penurunan rumus yg akhirnya mendapatkan suatu hasil..

bisakah anda membantu saya??
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada September 26, 2008, 01:35:24 PM
Nilai kecepatan cahaya itu sudah bisa dibuktikan secara eksperiment koq dan nilai yang diperoleh dari setiap eksperimentnya hampir sama dan hampir sama dengan hasil perhitungan.
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada September 26, 2008, 03:19:20 PM
kalo penurunan rumus yang sangat sederhana berdasarkan gaya magnetik dan gaya listrik yang pernah kita pelajari waktu SMA dulu, karena cahaya merupakan gabungan antara medan magnetik dan medan listrik.

kita tahu bahwa gaya magnet yang dialami muatan bergerak dalam medan magnet:
F_B = Bqv
gaya listrik antar dua muatan:
F_E = k \frac {{q_1}{q_2}}{r^2}
saat ada dua muatan identik sedemikian rupa sehingga interaksi antara gaya magnet dan gaya listriknya sama:
F_B = F_E
sehingga:
Bqv = k \frac {{q_1}{q_2}}{r^2} dengan medan magnet: B = \frac{\mu _o I}{2\pi r}
maka:
\left( \frac{\mu _o I}{2\pi r} \right)qv = k \frac {{q_1}{q_2}}{r^2}
dan
\left( \frac{\mu _o I}{2\pi r} \right)qv = \left( \frac1{2\pi \epsilon _o}\right) \frac {{q_1}{q_2}}{r^2}
bagian yang bisa dicoret dari kedua sisi maka:
\mu _o Iv = \frac q{\epsilon _o r} dengan I = \frac q{t}
\mu _o \frac q{t} v = \frac q{\epsilon _o r}
bagian yang dipindah ruas:
\frac r{t} v = \frac1{\mu _o \epsilon _o} dengan v = \frac r{t}
maka:
v^2 = \frac1{\mu _o \epsilon _o}
jadinya:
v = \sqrt {\frac1{\mu _o \epsilon _o}}
dengan nilai permitivity ruang hampa \epsilon _o = 8.8541878176 x 10^{-12} F/m
dan nilai permeability ruang hampa \mu _o = 4 \pi 10^{-7} NA^{-2}
jika dimasukkan ke persamaan tersebut maka diperoleh kecepatan v = c (kecepatan cahaya)
:kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo:
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: dewa ruci pada September 26, 2008, 08:07:12 PM
oke2..

makacih atas infonYa.. ;)
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: Mtk Kerajaan Mataram pada September 27, 2008, 10:20:06 AM
Kutip dari: superstring39 pada September 26, 2008, 03:19:20 PM
\left( \frac{\mu _o I}{2\pi r} \right)qv = \left( \frac1{2\pi \epsilon _o}\right) \frac {{q_1}{q_2}}{r^2}
bagian yang bisa dicoret dari kedua sisi maka:
\mu _o Iv = \frac q{\epsilon _o r} dengan I = \frac q{t}
Apa alasannya sehingga  \frac {{q_1}{q_2}}{q}=q ?
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada Oktober 14, 2008, 02:31:26 PM
Karena q1 = q2 = q
muatan yang bergerak dan diam adalah sama hanya berbeda sudut pandangnya saja
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: zonsopgang pada Oktober 14, 2008, 10:32:04 PM
Kutip dari: superstring39 pada September 26, 2008, 03:19:20 PM
karena cahaya merupakan gabungan antara medan magnetik dan medan listrik.

Maap saia mau nanya, coz udah lupa ama yg begituan, lupa atau memang gak tau sama sajalah

kenapa cara menghitung kecepatan cahaya pake rumus medan magnet, emangnya cahaya dipengaruhi medan magnet??

trus apakah caha memiliki percepatan??
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada Oktober 15, 2008, 07:57:14 AM
cahaya merupakan propagasi antara medan magnet dan medan listrik yang memiliki fasa yang sama namun memiliki amplitudo yang berbeda, arah gelombangnya saling tegak lurus dan menjalar dengan kecepatan yang sama dalam arah yang sama dan lurus. kurang lebih ilustrasi perubahan medan magnet dan medan listrik dalam cahaya seperti ini:


dalam ruang vacum kecepatan cahaya tetap tidak bergantung dari keadaan pengamat dalam kerangka acuan inersial. bukan berarti kecepatan cahaya dimana saja tetap lho. misal cahaya yang masuk dari udara ke medium air cahaya memiliki kecepatan yang lebih lambat namun sebagai konsekuensinya ia berbelok (refraksi). perubahan kecepatan cahaya ini berlangsung sekonyong-konyong (ngerti gak maksudnya  ???) tanpa mengalami proses perlambatan. kalo cahaya dipercepat, hmmm  :-\ saya juga gak tahu yang kayak begituan ada apa enggak, soalnya batas ilmu kita baru sampai kecepatan cahaya sich, kalo diatas itu belom ada yang nemuin kayaknya.  ^-^
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: h4ry pada November 07, 2008, 11:18:53 AM
Kk klo ini :  "kenapa bwt menembus ddimensi waktu hrus kecepatan cahaya yang di pake?"


tolong minta detailnya , , thx ,  ,^0^
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: humaam dz. pada November 09, 2008, 10:11:07 AM
karena kecepatan cahaya kan kecepatan yang tercepat......

ketika bergerak mendekati kecepatan cahaya..

hanya mendekati saja maka benda akan merasakan waktu melambat dan ruang memendek.
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: Pi-One pada November 09, 2008, 08:52:22 PM
Masalahnya, dalam rumus, bentuk asli rumus ada dalam bentuk limit mendekati kecepatan cahaya. Karean meski teoritis kita bisa menyamai kecepatan cahaya, dalam praktek semakin cepat materi hingga mendekati kecepatan cahaya, justru massanya yang akan membesar...

Ini seingatku, karena sudah lama jadi rada lupa...
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada November 10, 2008, 06:41:22 AM
Kutip dari: humaam dz. pada November 09, 2008, 10:11:07 AM
karena kecepatan cahaya kan kecepatan yang tercepat......

sedikit koreksi, kecepatan cahaya bukan yang tercepat tetapi seperti yang suday saya sebutkan bahwa kecepatan cahaya merupakan batas pengetahuan kita sampai saat ini berdasarkan teori relativitas Einstein. Namun ada teori yang menyebutkan bahwa ada objek bergerak melebihi kecepatan cahaya disebut dengan tachyon (kata dosen gw dulu sich diambil dari kata takhayul). kurang lebih animasinya seperti ini:

Visualisasi dari tachyon, analogi dengan suara yang dihasilkan dari pesawat jet supersonic. karena tachyon bergerak melebihi kecepatan cahaya, maka kita tidak dapat melihatnya saat mendekat. setelah tachyon melewati posisi kita, maka kita dapat melihat dua bayangannya, keduanya muncul dan bergerak pada arah yang berlawanan. garis hitam pada gambar adalah gelombang kejut dari radiasi Cherenkov (analogi dengan dentuman suara), ditunjukkan hanya sesaat. efek bayangan ganda ini paling tampak jika diamati oleh pengamat yang berada pada lintasan objek tersebut (dalam contoh ini digambarkan dalam bola berwarna abu-abu). bagian sebelah kanan yang berwarna biru adalah bayangan yang terbentuk karena pergeseran biru-dopler yang diterima oleh pengamat - yang berada pada puncak garis hitam Cherenkov - dari bola yang bergerak dengan kecepatan lebih dari cahaya saat mendekat; objek bergerak menjauh saat cahaya tiba dari posisi awal cahaya sebelum sampai ke pengamat. bagian kiri yang berwarna kemerahan yang meninggalkan bola setelah melewati pengamat; bergerak maju mengikuti arah bola sebelumnya. karena objek sampai sebelum cahaya pengamat tidak melihat apapun sampai saat bola melewati pengamat, yaitu setelah bayangan dilihat oleh pengamat, maka objek perlahan terbelah menjadi dua yang satu bergerak ke dupan dan yang lain bergerak ke belakang.
(wikipedia)
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: h4ry pada November 10, 2008, 09:43:44 AM
Hmm mmm .. . .gitu yah ??



berarti jika kita dalam kecepatan cahaya , ,pa bnar waktu akn serasa berhenti , , ,  ;D ;D ;D
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada November 10, 2008, 02:30:40 PM
Kutip dari: h4ry pada November 10, 2008, 09:43:44 AM
Hmm mmm .. . .gitu yah ??



berarti jika kita dalam kecepatan cahaya , ,pa bnar waktu akn serasa berhenti , , ,  ;D ;D ;D

hmm... secara teori iya
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: caca pada November 18, 2008, 06:50:33 PM
Kutip dari: superstring39 pada November 10, 2008, 06:41:22 AM
sedikit koreksi, kecepatan cahaya bukan yang tercepat tetapi seperti yang suday saya sebutkan bahwa kecepatan cahaya merupakan batas pengetahuan kita sampai saat ini berdasarkan teori relativitas Einstein. Namun ada teori yang menyebutkan bahwa ada objek bergerak melebihi kecepatan cahaya disebut dengan tachyon (kata dosen gw dulu sich diambil dari kata takhayul). kurang lebih animasinya seperti ini:

Visualisasi dari tachyon, analogi dengan suara yang dihasilkan dari pesawat jet supersonic. karena tachyon bergerak melebihi kecepatan cahaya, maka kita tidak dapat melihatnya saat mendekat. setelah tachyon melewati posisi kita, maka kita dapat melihat dua bayangannya, keduanya muncul dan bergerak pada arah yang berlawanan. garis hitam pada gambar adalah gelombang kejut dari radiasi Cherenkov (analogi dengan dentuman suara), ditunjukkan hanya sesaat. efek bayangan ganda ini paling tampak jika diamati oleh pengamat yang berada pada lintasan objek tersebut (dalam contoh ini digambarkan dalam bola berwarna abu-abu). bagian sebelah kanan yang berwarna biru adalah bayangan yang terbentuk karena pergeseran biru-dopler yang diterima oleh pengamat - yang berada pada puncak garis hitam Cherenkov - dari bola yang bergerak dengan kecepatan lebih dari cahaya saat mendekat; objek bergerak menjauh saat cahaya tiba dari posisi awal cahaya sebelum sampai ke pengamat. bagian kiri yang berwarna kemerahan yang meninggalkan bola setelah melewati pengamat; bergerak maju mengikuti arah bola sebelumnya. karena objek sampai sebelum cahaya pengamat tidak melihat apapun sampai saat bola melewati pengamat, yaitu setelah bayangan dilihat oleh pengamat, maka objek perlahan terbelah menjadi dua yang satu bergerak ke dupan dan yang lain bergerak ke belakang.
(wikipedia)

nah, itu pernah ada di otak gw... kalo kita berhadapan sama pesawat supersonic, dengan mata tertutup dan hanya mengandalkan pendengaran untuk menghindar, kita akan tertabrak pesawat sebelum bisa mendengan suaranya... trus kalo FTL emang sepeti itu, berarti kyk setan dong...? :D

ngga kliatan gerak geriknya, tau tau udah lewat aja... :D
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: arkanlasida pada November 23, 2008, 06:55:38 AM
tunggu deh, kalo gitu secara logic tachyon bakalan sampe ke tujuannya sebelum meninggalkan tempat awal dong?
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada November 24, 2008, 07:54:11 AM
Kutip dari: arkanlasida pada November 23, 2008, 06:55:38 AM
tunggu deh, kalo gitu secara logic tachyon bakalan sampe ke tujuannya sebelum meninggalkan tempat awal dong?

Berdasarkan teori tachyon, jika partikel tersebut bergerak dari titik A ke titik B maka yang kita lihat adalah saat partikel tersebut sedang mulai meninggalkan titik A bisa jadi sebenarnya dia sudah sampai ke titik B. jika partikel tersebut berhenti di titik B maka dia bisa melihat dirinya sendiri sedang menuju ke tempatnya, spooky or cool  :D ;D
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: Shinichi pada November 24, 2008, 08:40:45 AM
Kutip dari: superstring39 pada November 24, 2008, 07:54:11 AM
Berdasarkan teori tachyon, jika partikel tersebut bergerak dari titik A ke titik B maka yang kita lihat adalah saat partikel tersebut sedang mulai meninggalkan titik A bisa jadi sebenarnya dia sudah sampai ke titik B. jika partikel tersebut berhenti di titik B maka dia bisa melihat dirinya sendiri sedang menuju ke tempatnya, spooky or cool  :D ;D

wah... menarik sekali
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: comporGas pada Februari 06, 2009, 02:51:35 PM
duh, itu kan kalau dia bergerak melewati kecepatan cahaya maka cahaya yg dipantlkan olehnya akan sampai lebih lambat dari dia sendiri. makanya dia bisa melihat dia sendiri.

namun kejanggalannya adalah seharusnya dia tidak bisa melihat karena bagaimana mungkin cahaya dapat dipantulkan dari benda yg melebihi kecepatannya?
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada Februari 06, 2009, 03:00:36 PM
Kutip dari: comporGas pada Februari 06, 2009, 02:51:35 PM
duh, itu kan kalau dia bergerak melewati kecepatan cahaya maka cahaya yg dipantlkan olehnya akan sampai lebih lambat dari dia sendiri. makanya dia bisa melihat dia sendiri.
jangankan dipantulkan mengejarnya saja cahaya tidak bisa

Kutip dari: comporGas pada Februari 06, 2009, 02:51:35 PM
namun kejanggalannya adalah seharusnya dia tidak bisa melihat karena bagaimana mungkin cahaya dapat dipantulkan dari benda yg melebihi kecepatannya?
memang dia tidak perlu melihat karena tachyon tidak punya mata ;)
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: comporGas pada Februari 06, 2009, 03:22:33 PM
 :D   haha.. tentu aja om.

kalo tachyon punya mata, nanti dikira nama monster  :D

sekalian mo nanya juga.

perjalanan waktu itu apakah dapat diberikan argumennya?
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: utusan langit pada Maret 09, 2009, 01:24:57 PM
apakah gerak dari foton adalah GLBB atau GLB?
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: ZeroFour pada Maret 09, 2009, 09:51:53 PM
Kutip dari: comporGas pada Februari 06, 2009, 03:22:33 PM

perjalanan waktu itu apakah dapat diberikan argumennya?

maaf y, klo salah mahaminnya....
klo yang di maksud knp orang yg tinggal d luar angkasa lebih muda dr org yg tinggal d bumi, itu sebab kecepatan cahaya mempengaruhi kinerja sel2 dalam tubuh, hal itu terjadi ketika makhluk hidup bergerak pada kecepatan cahaya. Pada saat itu sel2 dalam tubuh g bkerja scara maksimal kaya pas di bumi...
Nah, makanya itu yang di maksud menembus dimensi waktu....
;D ;D
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada Maret 10, 2009, 06:58:51 AM
Kutip dari: ZeroFour pada Maret 09, 2009, 09:51:53 PM
maaf y, klo salah mahaminnya....
klo yang di maksud knp orang yg tinggal d luar angkasa lebih muda dr org yg tinggal d bumi, ...

hm.. bagian yang ditebalkan itu rasanya kurang pas kalo dibilang kayak begitu... coba lihat jawaban tentang waktu:
http://www.forumsains.com/fisika/waktu-di-bumi-dan-luar-angkasa/msg21776/#msg21776
http://www.forumsains.com/fisika/waktu-di-bumi-dan-luar-angkasa/msg21875/#msg21875
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: utusan langit pada Maret 10, 2009, 02:56:43 PM
cahaya punya massa, cahaya punya kecepatan, kenapa tidak digolongkan sebagai Energi kinetik?
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada Maret 10, 2009, 03:04:48 PM
Kutip dari: utusan langit pada Maret 10, 2009, 02:56:43 PM
cahaya punya massa, cahaya punya kecepatan, kenapa tidak digolongkan sebagai Energi kinetik?
memang nilai massa relativistik cahaya itu diperoleh atau diturunkan dari energi kinetik relativistik dan atau momentum relativistik dari cahaya.
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: utusan langit pada Maret 10, 2009, 03:35:06 PM
Kutip dari: superstring39 pada Maret 10, 2009, 03:04:48 PM
memang nilai massa relativistik cahaya itu diperoleh atau diturunkan dari energi kinetik relativistik dan atau momentum relativistik dari cahaya.
apakah energi cahaya = energi kinetik?
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada Maret 11, 2009, 06:34:23 AM
Kutip dari: utusan langit pada Maret 10, 2009, 03:35:06 PM
apakah energi cahaya = energi kinetik?
ini pertanyaan yang sulit. karena sifat cahaya yang mendua (dualisme cahaya) hanya satu keadaan dari cahaya memiliki sifat seperti partikel dan keadaan yang lain bersifat seperti gelombang, namun ia tidak dapat memiliki kedua sifat tersebut secara bersamaan. jika dalam keadaan dimana cahaya berlaku seperti partikel maka ia memiliki energi kinetik relativistik pengartian ini memiliki perbedaan dengan energi kinetik secara klasik. namun menurut saya tidak sama antara energi cahaya dengan energi kinetik.
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: utusan langit pada Maret 11, 2009, 05:33:54 PM
Bukankah cahaya juga dapat dipengaruhi grafitasi?
itu artinya sifat partikel cahaya muncul saat gelombang cahaya merambat kan!

lagi, energi apa yang melontarkan partikel cahaya sampai mencapai kecepatan 3 . 10^8?
misal peluru, bisa bergerak mencapai kecepatan 300km/jam, nah yang melontarkan kan pistol,..

sekarang cahaya, apa yang melontarkannya?

mungkin dengan mempelajari bagaimana cahaya terlontar sampai kecepatan c, kita bisa membuat kendaraan secepat cahaya!
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: HyawehHoshikawa pada Maret 18, 2009, 10:48:23 PM
ada yang bisa jelasin kenapa:
hasil dari:
sqrt{1-(v^2/c^2)}
harus diambil nilai positifnya?
pdhl
4^(1/2) = 2 dan -2, to?
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: utusan langit pada Maret 20, 2009, 01:07:26 PM
karena hasilnya merupakan konstanta untuk kemudian dikali ataupun jadi pembagi suatu besaran skalar, jadi sifat negatif tidak diperkenankan.
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: HyawehHoshikawa pada Maret 20, 2009, 09:41:07 PM
wah...
padahal gw sempet "berkhayal" ada massa/waktu dan ruang yang nilainya negatif  ;D
siapa taw ada time traveler gitu ;D

btw, ane pernah dengar ni (kaykna) ad juga di forum ini cuman lupa dimana...
tentang sebuah partikel yang namanya (kalo ga salah) tachyon, dia bisa membelah diri jadi ada dua, warnanya juga beruba gitu, ada yang ber-red-shift frequency ama blue-shift gitu...


Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: dopamine pada Maret 24, 2009, 08:20:09 PM
maaf kalo pertanyaan saya konyol.. saya sangat awam tapi ingin tahu mungkinkah :

Cahaya bisa dipadatkan?


beberapa film dan game sci-fi membuat jembatan cahaya yang dapat dipijak. sekedar suara dari yang awam, maukah Anda menjelaskannya? thx
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: utusan langit pada Maret 26, 2009, 05:52:10 PM
sepertinya tidak mungkin dipadatkan, mengingat masa diam dari partikel cahaya adalah nol.
;D ;D,
asik kali ya kalau cahaya bisa dipadatkan, lalu tinggal beli berapa kilo cahaya! hehehehehe
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: HyawehHoshikawa pada Maret 30, 2009, 07:00:29 PM
ga' au deh, kalo' soal cahaya dipadatkan,
tapi kalo' buat senjata sih jelas bisa, entah dengan cara bagaimana (atau malah udah ada) "damage" bisa disebabkan oleh panasnya ataupun momentumnya...
Menurut gw gitu...


Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada Maret 31, 2009, 09:29:12 AM
Cahaya dipadatkan sepertinya belum ada, tapi kalo cahaya diperlambat bahkan di"pause" sudah ada coba lihat:
http://www.jupiterscientific.org/sciinfo/slowlight.html
http://www.aip.org/pnu/2001/split/521-1.html
http://forum-fisika.blogspot.com/2009_01_01_archive.html
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: fathul pada Juni 17, 2010, 11:58:09 AM
agan minta izin share di facebook ya
trimakasih
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: muhsatrio pada Juni 18, 2010, 01:31:53 PM
Bisa aja diterangkan secara logika..
Dalam 1 detik cahaya bergerak dengan kecepatan 300.000 Km/Jam
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: Blue_Rain pada Juni 18, 2010, 02:06:39 PM
Kutip dari: muhsatrio pada Juni 18, 2010, 01:31:53 PM

Dalam 1 detik cahaya bergerak dengan kecepatan 300.000 Km/Jam


Nah, menurut saya agak rancu ini....
kalo mau pake detik gunakan m/s jadi kecepatannya mendekati 3x10^8m/s

Kalo kecepatan itu kan perbandingan jarak terhadap waktu jadi menyatakan jarak yang dapat ditempuh terhadap satu satuan waktu
Contoh. 5m/s ==> maksudnya dalam satu sekon dapat menempuh 5 meter

Maka, dalam satu detik cahaya dapat menempuh jarak 3x10^8 meter
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: muhsatrio pada Juni 18, 2010, 07:48:42 PM
Kutip dari: Blue_Rain pada Juni 18, 2010, 02:06:39 PM
Kutip dari: muhsatrio pada Juni 18, 2010, 01:31:53 PM

Dalam 1 detik cahaya bergerak dengan kecepatan 300.000 Km/Jam


Nah, menurut saya agak rancu ini....
kalo mau pake detik gunakan m/s jadi kecepatannya mendekati 3x10^8m/s

Kalo kecepatan itu kan perbandingan jarak terhadap waktu jadi menyatakan jarak yang dapat ditempuh terhadap satu satuan waktu
Contoh. 5m/s ==> maksudnya dalam satu sekon dapat menempuh 5 meter

Maka, dalam satu detik cahaya dapat menempuh jarak 3x10^8 meter

ka,maksudnya kalau tanda ^ itu apa sih ?
Maaf,kalau agak tanya soal hal yang agak gx penting..hehe..
tapi saya memang benar² gx tahu..
terinakasih bila anda menjawab..
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: muhsatrio pada Juni 18, 2010, 07:55:26 PM
cahaya sekarang malah sudah dijadikan senjata loh..
buktinya Pedang Cahaya yang ada di Star Wars..!
Sekarang benar² sudah dibuat.!
Kutip

Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: Blue_Rain pada Juni 21, 2010, 12:40:27 AM
Kutip dari: muhsatrio pada Juni 18, 2010, 07:48:42 PM
ka,maksudnya kalau tanda ^ itu apa sih ?
Maaf,kalau agak tanya soal hal yang agak gx penting..hehe..
tapi saya memang benar² gx tahu..

Ntu notasi pangkat maksudnya 10 pangkat 8

or..

gini nih 108
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: milkqwe pada Juli 26, 2010, 12:49:44 PM
Kutip dari: utusan langit pada Maret 11, 2009, 05:33:54 PM
Bukankah cahaya juga dapat dipengaruhi grafitasi?
itu artinya sifat partikel cahaya muncul saat gelombang cahaya merambat kan!

setau saya, cahaya terpengaruh gravitasi karena geometri ruang disekitarnya.. ???
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Juli 26, 2010, 03:35:41 PM
Besar kecepatan cahaya (dalam vakum) selalu sama dengan c walaupun berada dalam medan gravitasi, namun energi kinetik E bisa berubah karena dipengaruhi oleh medan gravitasi.

E = h.f
Jika E berubah, maka f akan berubah. Bisa terjadi red shift , ketika cahaya meninggalkan sebuah bintang yang massanya besar.
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: ajicoolkid pada September 12, 2010, 09:31:45 PM
kecepatan cahaya kan 300.000.000 m/s, itu titik acuannya apa ya?
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: faiqhr pada September 21, 2010, 01:43:44 PM
Kutip dari: muhsatrio pada Juni 18, 2010, 07:55:26 PM
cahaya sekarang malah sudah dijadikan senjata loh..
buktinya Pedang Cahaya yang ada di Star Wars..!
Sekarang benar² sudah dibuat.!

g deh, dapet mana?
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: Roseman1224 pada Desember 07, 2010, 10:55:40 PM
O.... Kya pulpen yg d'grak"kin... Jdi'a kliatan bengkok y ?
Setan brgerak jga dalam kcpatan cahaya.
Jdi kcepatan visual itu ke cepatan bayangan ?
Kyak'a msih bimbang mna yg lbih cpat cahaya ato visual ?
Mohon bantuan'a
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada Desember 14, 2010, 08:31:16 AM
Kutip dari: milkqwe pada Juli 26, 2010, 12:49:44 PM
Kutip dari: utusan langit pada Maret 11, 2009, 05:33:54 PM
Bukankah cahaya juga dapat dipengaruhi grafitasi?
itu artinya sifat partikel cahaya muncul saat gelombang cahaya merambat kan!
setau saya, cahaya terpengaruh gravitasi karena geometri ruang disekitarnya.. ???

Kutip dari: The Houw Liong pada Juli 26, 2010, 03:35:41 PM
Besar kecepatan cahaya (dalam vakum) selalu sama dengan c walaupun berada dalam medan gravitasi, namun energi kinetik E bisa berubah karena dipengaruhi oleh medan gravitasi.

E = h.f
Jika E berubah, maka f akan berubah. Bisa terjadi red shift , ketika cahaya meninggalkan sebuah bintang yang massanya besar.

kelajuan cahaya dekat medan gravitasi yang sangat besar akan menjadi sangat absurd karena lonceng waktu telah bergeser dan kerapatan ruang tidak lagi sama semuanya berubah secara non linear maka disini dibutuhan teori relativitas umum (yang sampe sekarang saya juga belom ngerti) sebagai tool untuk menhubungkan berbagai kerangka acuan baik inersial maupun non inersial.

Kutip dari: ajicoolkid pada September 12, 2010, 09:31:45 PM
kecepatan cahaya kan 300.000.000 m/s, itu titik acuannya apa ya?
acuannya adalah semua kerangka inersial yang bergerak relatif terhadap cahaya.
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: BadutBingung pada Desember 26, 2010, 10:54:01 AM
pernah denger pohon pengganti lampu jalanan??
ada yang bisa minta tolong cari tahu gmn cara kerja nya??
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: milkqwe pada Januari 05, 2011, 07:36:31 PM
Kutip dari: utusan langit pada Maret 11, 2009, 05:33:54 PM
energi apa yang melontarkan partikel cahaya sampai mencapai kecepatan 3 . 10^8?
misal peluru, bisa bergerak mencapai kecepatan 300km/jam, nah yang melontarkan kan pistol,..

sekarang cahaya, apa yang melontarkannya?

mungkin dengan mempelajari bagaimana cahaya terlontar sampai kecepatan c, kita bisa membuat kendaraan secepat cahaya!

ada yang bisa jawab??
karena saya juga punya pertanyaan yang sama..hee
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: Im pada Januari 06, 2011, 12:03:14 PM
 :) Notasi kecepatan cahaya (c) mempunyai makna "konstan" atau tetap[21]  yang digunakan sebagai notasi kecepatan cahaya dalam ruang hampa udara, namun terdapat juga penggunaan notasi c untuk kecepatan cahaya dalam medium material sedangkan c0 untuk kecepatan cahaya dalam ruang hampa udara.[22]  Notasi subskrip ini dimaklumkan karena dalam literatur SI [23]  sebagai bentuk standar notasi pada suatu konstanta, ada juga berbentuk seperti: konstanta magnetik µ0, konstanta elektrik e0, impedansi ruang kamar Z0.

Menurut Albert Einstein dalam teori relativitas, c adalah konstanta penting yang menghubungkan ruang dan waktu dalam satu kesatuan struktur dimensi ruang waktu. Di dalamnya, c mendefinisikan konversi antara materi dan energi[24] E=mc2.[25], dan batas tercepat waktu tempuh materi dan energi tersebut.[26][27] c juga merupakan kecepatan tempuh semua radiasi elektromagnetik dalam ruang kamar[28] dan diduga juga merupakan kecepatan gelombang gravitasi.[29][30] Dalam teori ini, sering digunakan satuan natural units di mana c=1, [31][32] sehingga notasi c tidak lagi digunakan.
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: BadutBingung pada Januari 24, 2011, 01:30:56 AM
bila pada ruang hampa cahaya merambat dengan kecepatan c,,, apakah bila saat dy melalui medium yang berbeda c tersebut berubah??
atau tetap?
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: raitucarp pada Januari 24, 2011, 01:53:19 PM
hmm sebenarnya soal tachyon itu hanyalah partikel spekulasi, sifatnya sebagai pelengkap dalam teori string tipe bosonic, partikel tachyon ini mempunyai masa imaginary, beda dengan foton yang tak bermasa

lagian, teori string tipe bosonic sudah ditinggalkan, m-theory sudah menggabungkan teori2 string sebelumnya, kemungkinan partikel tachyon ini ada jg akan banyak menimbulkan pertanyaan lebih besar

btw, persamaan Pythagoras  jg bisa menjelaskan kenapa kecepatan cahaya itu konstan di alam semesta kita

sebenarnya kecepatan pengembangan dan gerak2 galaksi yang saling berjauhan justru melebihi kecepatan cahaya

bayangkan balon yang diberi titik sebagai gambaran cahaya, ketika balon mengembang dua kali lipat setiap detiknya, cahayanya / titiknya hanya bergerak tak secepat balong mengembang
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: orang bingung pada Januari 24, 2011, 09:37:40 PM
selamat malam semua saya ingin bertanya pada saudara2 semua, apakah benar berdasarkan experimen, telah terbukti bahwa cahaya mempunyai sifat partikel?
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: 12 pada Januari 28, 2011, 08:08:10 PM
adakah cara yg mudah untuk mempelajari teori relativitas? ::)
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: reborn pada Januari 28, 2011, 10:13:46 PM
Kutip dari: 12 pada Januari 28, 2011, 08:08:10 PM
adakah cara yg mudah untuk mempelajari teori relativitas? ::)

coba baca ini http://www.forumsains.com/fisika/103-tahun-untuk-membuktikan-teori-relativitas-einstein/msg74063/#msg74063
referensinya mayan banyak. mungkin bisa dicoba.
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: 12 pada Januari 28, 2011, 10:32:30 PM
Kutip dari: reborn pada Januari 28, 2011, 10:13:46 PM
coba baca ini http://www.forumsains.com/fisika/103-tahun-untuk-membuktikan-teori-relativitas-einstein/msg74063/#msg74063
referensinya mayan banyak. mungkin bisa dicoba.

as always, buku relativitas penuh dg notasi yg aneh :-\
itu buku bahasanya tensor abisss
tapi setidaknya ini berbahasa indonesia ;D

terimakasih buat @reborn

Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada Agustus 01, 2011, 06:51:38 AM
Kutip dari: orang bingung pada Januari 24, 2011, 09:37:40 PM
selamat malam semua saya ingin bertanya pada saudara2 semua, apakah benar berdasarkan experimen, telah terbukti bahwa cahaya mempunyai sifat partikel?
Sudah...
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: Nara pada November 16, 2011, 09:19:06 PM
Kutip dari: caca pada November 18, 2008, 06:50:33 PM
nah, itu pernah ada di otak gw... kalo kita berhadapan sama pesawat supersonic, dengan mata tertutup dan hanya mengandalkan pendengaran untuk menghindar, kita akan tertabrak pesawat sebelum bisa mendengan suaranya...
itu karena pesawat supersonic kecepatannya setara dengan suara. tapi cahaya lebih cepat sama suarakan. jadi menurutku kecepatan di atas cahaya itu tidak ada. Karena aku pernah dengar saat seseorang di kecepatan cahaya, semua terlihat berhenti. kalau misal melebihi kecepatan cahaya, apa yang akan terjadi?
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: Farabi pada November 17, 2011, 09:30:49 AM
Beberapa mesin jet menggunakan udara yang masuk untukmempercepat kecepatan pesawat, secara teori, diluar angkasa yang tanpa gravitasi dan tanpa halangan kecuali meteorit, kecepatan pesawat harusnya bisa 10 kali lipat, tapi karena ternyata mesin modern menggunakan udara yang masuk untuk mempercepat pesawat, ya kecepatannya ga ningkat. ;D
Judul: Re: kecepatan cahaya
Ditulis oleh: mhyworld pada November 24, 2011, 03:30:29 PM
Mesin jet tidak bisa digunakan di luar angkasa, karena mengkonsumsi oksigen dari udara di sekitarnya. Anda bisa lihat di film Green Lantern. Jika pesawat dipaksa naik sampai ketinggian tertentu, mesinnya akan mati, dan pesawatnya stall.

Untuk pendorong di luar angkasa, digunakan rocket, di mana oksigennya dibawa juga oleh rocket.