Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

November 26, 2022, 10:45:44 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,847
  • Latest: Fordemah
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 30
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 26
Total: 26

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

kecepatan cahaya

Dimulai oleh dewa ruci, September 22, 2008, 09:21:52 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

dewa ruci

saya kuq pNah berpikir tentang kecepatan cahaya.
dia bisa disebut dengan "kostanta eisntein"..

namun,,yang jadi pertanyaan adalah gimana itu bisa ditentukan??
harusnya suatu nilai dapat ditentukan,,pasti ada penurunan rumus yg akhirnya mendapatkan suatu hasil..

bisakah anda membantu saya??
read in the name of your Lord who created

superstring39

Nilai kecepatan cahaya itu sudah bisa dibuktikan secara eksperiment koq dan nilai yang diperoleh dari setiap eksperimentnya hampir sama dan hampir sama dengan hasil perhitungan.

superstring39

kalo penurunan rumus yang sangat sederhana berdasarkan gaya magnetik dan gaya listrik yang pernah kita pelajari waktu SMA dulu, karena cahaya merupakan gabungan antara medan magnetik dan medan listrik.

kita tahu bahwa gaya magnet yang dialami muatan bergerak dalam medan magnet:
F_B = Bqv
gaya listrik antar dua muatan:
F_E = k \frac {{q_1}{q_2}}{r^2}
saat ada dua muatan identik sedemikian rupa sehingga interaksi antara gaya magnet dan gaya listriknya sama:
F_B = F_E
sehingga:
Bqv = k \frac {{q_1}{q_2}}{r^2} dengan medan magnet: B = \frac{\mu _o I}{2\pi r}
maka:
\left( \frac{\mu _o I}{2\pi r} \right)qv = k \frac {{q_1}{q_2}}{r^2}
dan
\left( \frac{\mu _o I}{2\pi r} \right)qv = \left( \frac1{2\pi \epsilon _o}\right) \frac {{q_1}{q_2}}{r^2}
bagian yang bisa dicoret dari kedua sisi maka:
\mu _o Iv = \frac q{\epsilon _o r} dengan I = \frac q{t}
\mu _o \frac q{t} v = \frac q{\epsilon _o r}
bagian yang dipindah ruas:
\frac r{t} v = \frac1{\mu _o \epsilon _o} dengan v = \frac r{t}
maka:
v^2 = \frac1{\mu _o \epsilon _o}
jadinya:
v = \sqrt {\frac1{\mu _o \epsilon _o}}
dengan nilai permitivity ruang hampa \epsilon _o = 8.8541878176 x 10^{-12} F/m
dan nilai permeability ruang hampa \mu _o = 4 \pi 10^{-7} NA^{-2}
jika dimasukkan ke persamaan tersebut maka diperoleh kecepatan v = c (kecepatan cahaya)
:kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo: :kribo:

dewa ruci

oke2..

makacih atas infonYa.. ;)
read in the name of your Lord who created

Mtk Kerajaan Mataram

Kutip dari: superstring39 pada September 26, 2008, 03:19:20 PM
\left( \frac{\mu _o I}{2\pi r} \right)qv = \left( \frac1{2\pi \epsilon _o}\right) \frac {{q_1}{q_2}}{r^2}
bagian yang bisa dicoret dari kedua sisi maka:
\mu _o Iv = \frac q{\epsilon _o r} dengan I = \frac q{t}
Apa alasannya sehingga  \frac {{q_1}{q_2}}{q}=q ?

superstring39

Karena q1 = q2 = q
muatan yang bergerak dan diam adalah sama hanya berbeda sudut pandangnya saja

zonsopgang

Kutip dari: superstring39 pada September 26, 2008, 03:19:20 PM
karena cahaya merupakan gabungan antara medan magnetik dan medan listrik.

Maap saia mau nanya, coz udah lupa ama yg begituan, lupa atau memang gak tau sama sajalah

kenapa cara menghitung kecepatan cahaya pake rumus medan magnet, emangnya cahaya dipengaruhi medan magnet??

trus apakah caha memiliki percepatan??
Playing a lion being led to a cage
I turn from surreal to seclusion
From love to disdain
From belief to delusion
From a thief to a beggar From a god to God save me

superstring39

cahaya merupakan propagasi antara medan magnet dan medan listrik yang memiliki fasa yang sama namun memiliki amplitudo yang berbeda, arah gelombangnya saling tegak lurus dan menjalar dengan kecepatan yang sama dalam arah yang sama dan lurus. kurang lebih ilustrasi perubahan medan magnet dan medan listrik dalam cahaya seperti ini:


dalam ruang vacum kecepatan cahaya tetap tidak bergantung dari keadaan pengamat dalam kerangka acuan inersial. bukan berarti kecepatan cahaya dimana saja tetap lho. misal cahaya yang masuk dari udara ke medium air cahaya memiliki kecepatan yang lebih lambat namun sebagai konsekuensinya ia berbelok (refraksi). perubahan kecepatan cahaya ini berlangsung sekonyong-konyong (ngerti gak maksudnya  ???) tanpa mengalami proses perlambatan. kalo cahaya dipercepat, hmmm  :-\ saya juga gak tahu yang kayak begituan ada apa enggak, soalnya batas ilmu kita baru sampai kecepatan cahaya sich, kalo diatas itu belom ada yang nemuin kayaknya.  ^-^

h4ry

Kk klo ini :  "kenapa bwt menembus ddimensi waktu hrus kecepatan cahaya yang di pake?"


tolong minta detailnya , , thx ,  ,^0^
_Don't Be Affraid_

humaam dz.

karena kecepatan cahaya kan kecepatan yang tercepat......

ketika bergerak mendekati kecepatan cahaya..

hanya mendekati saja maka benda akan merasakan waktu melambat dan ruang memendek.
[move]akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.[/move]

Pi-One

Masalahnya, dalam rumus, bentuk asli rumus ada dalam bentuk limit mendekati kecepatan cahaya. Karean meski teoritis kita bisa menyamai kecepatan cahaya, dalam praktek semakin cepat materi hingga mendekati kecepatan cahaya, justru massanya yang akan membesar...

Ini seingatku, karena sudah lama jadi rada lupa...

superstring39

Kutip dari: humaam dz. pada November 09, 2008, 10:11:07 AM
karena kecepatan cahaya kan kecepatan yang tercepat......

sedikit koreksi, kecepatan cahaya bukan yang tercepat tetapi seperti yang suday saya sebutkan bahwa kecepatan cahaya merupakan batas pengetahuan kita sampai saat ini berdasarkan teori relativitas Einstein. Namun ada teori yang menyebutkan bahwa ada objek bergerak melebihi kecepatan cahaya disebut dengan tachyon (kata dosen gw dulu sich diambil dari kata takhayul). kurang lebih animasinya seperti ini:

Visualisasi dari tachyon, analogi dengan suara yang dihasilkan dari pesawat jet supersonic. karena tachyon bergerak melebihi kecepatan cahaya, maka kita tidak dapat melihatnya saat mendekat. setelah tachyon melewati posisi kita, maka kita dapat melihat dua bayangannya, keduanya muncul dan bergerak pada arah yang berlawanan. garis hitam pada gambar adalah gelombang kejut dari radiasi Cherenkov (analogi dengan dentuman suara), ditunjukkan hanya sesaat. efek bayangan ganda ini paling tampak jika diamati oleh pengamat yang berada pada lintasan objek tersebut (dalam contoh ini digambarkan dalam bola berwarna abu-abu). bagian sebelah kanan yang berwarna biru adalah bayangan yang terbentuk karena pergeseran biru-dopler yang diterima oleh pengamat - yang berada pada puncak garis hitam Cherenkov - dari bola yang bergerak dengan kecepatan lebih dari cahaya saat mendekat; objek bergerak menjauh saat cahaya tiba dari posisi awal cahaya sebelum sampai ke pengamat. bagian kiri yang berwarna kemerahan yang meninggalkan bola setelah melewati pengamat; bergerak maju mengikuti arah bola sebelumnya. karena objek sampai sebelum cahaya pengamat tidak melihat apapun sampai saat bola melewati pengamat, yaitu setelah bayangan dilihat oleh pengamat, maka objek perlahan terbelah menjadi dua yang satu bergerak ke dupan dan yang lain bergerak ke belakang.
(wikipedia)

h4ry

Hmm mmm .. . .gitu yah ??



berarti jika kita dalam kecepatan cahaya , ,pa bnar waktu akn serasa berhenti , , ,  ;D ;D ;D
_Don't Be Affraid_

superstring39

Kutip dari: h4ry pada November 10, 2008, 09:43:44 AM
Hmm mmm .. . .gitu yah ??



berarti jika kita dalam kecepatan cahaya , ,pa bnar waktu akn serasa berhenti , , ,  ;D ;D ;D

hmm... secara teori iya

caca

Kutip dari: superstring39 pada November 10, 2008, 06:41:22 AM
sedikit koreksi, kecepatan cahaya bukan yang tercepat tetapi seperti yang suday saya sebutkan bahwa kecepatan cahaya merupakan batas pengetahuan kita sampai saat ini berdasarkan teori relativitas Einstein. Namun ada teori yang menyebutkan bahwa ada objek bergerak melebihi kecepatan cahaya disebut dengan tachyon (kata dosen gw dulu sich diambil dari kata takhayul). kurang lebih animasinya seperti ini:

Visualisasi dari tachyon, analogi dengan suara yang dihasilkan dari pesawat jet supersonic. karena tachyon bergerak melebihi kecepatan cahaya, maka kita tidak dapat melihatnya saat mendekat. setelah tachyon melewati posisi kita, maka kita dapat melihat dua bayangannya, keduanya muncul dan bergerak pada arah yang berlawanan. garis hitam pada gambar adalah gelombang kejut dari radiasi Cherenkov (analogi dengan dentuman suara), ditunjukkan hanya sesaat. efek bayangan ganda ini paling tampak jika diamati oleh pengamat yang berada pada lintasan objek tersebut (dalam contoh ini digambarkan dalam bola berwarna abu-abu). bagian sebelah kanan yang berwarna biru adalah bayangan yang terbentuk karena pergeseran biru-dopler yang diterima oleh pengamat - yang berada pada puncak garis hitam Cherenkov - dari bola yang bergerak dengan kecepatan lebih dari cahaya saat mendekat; objek bergerak menjauh saat cahaya tiba dari posisi awal cahaya sebelum sampai ke pengamat. bagian kiri yang berwarna kemerahan yang meninggalkan bola setelah melewati pengamat; bergerak maju mengikuti arah bola sebelumnya. karena objek sampai sebelum cahaya pengamat tidak melihat apapun sampai saat bola melewati pengamat, yaitu setelah bayangan dilihat oleh pengamat, maka objek perlahan terbelah menjadi dua yang satu bergerak ke dupan dan yang lain bergerak ke belakang.
(wikipedia)

nah, itu pernah ada di otak gw... kalo kita berhadapan sama pesawat supersonic, dengan mata tertutup dan hanya mengandalkan pendengaran untuk menghindar, kita akan tertabrak pesawat sebelum bisa mendengan suaranya... trus kalo FTL emang sepeti itu, berarti kyk setan dong...? :D

ngga kliatan gerak geriknya, tau tau udah lewat aja... :D