Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 25, 2020, 12:29:37 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139599
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 30
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Penulis Topik: kenapa bumi punya gravitasi?  (Dibaca 82968 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #15 pada: Juli 22, 2008, 06:09:55 AM »
Menurut saya sh klo gravitasi tjd krn rotasi(ini yg diajarkan disekolah) tapi sori blm dpt referensinya,tapi klo cuma rotasi saja yg menghasilkan gaya sentripetal tak cukup, pendapat saya musti ada revolusi jg sbg konsekuensi dari rotasi itu sendiri, bayangkan jk sebuah bulatan tanah liat yg diputar maka akan terpental pecah, tapi bayangkan klo selain diputar juga memutari suatu pusat atau benda tersebut berputar tapi jg memutari (berrotasi dan berevolusi thd suatu pusat)maka akan terbentuk jg gaya sentripetal dan sentrifugal yg mempertahankan keutuhan dari benda tsbt.
sorry klo salah...hehehe
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #16 pada: Juli 22, 2008, 12:28:24 PM »
Menurut saya sh klo gravitasi tjd krn rotasi(ini yg diajarkan disekolah) tapi sori blm dpt referensinya

wew.... sori, tolong dibaca ulang tuh dapat darimana. salah ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #17 pada: Juli 22, 2008, 11:50:30 PM »
mungkin aja magnet bumi terkuat ada di segitiga bermuda. magnet tolak-menolak kan karena kutub yg berhadapan sama muatannya. jadi dua magnet selama muatan ujungnya beda masi bisa ditempelkan sejajar.
gambar kasarnya gini:
U ---- S
S ---- U

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #18 pada: Juli 23, 2008, 12:56:02 AM »
lho sis, kok tiba-tiba bahas segitiga bermuda? Apa maksudnya mo reply topik sebelah?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #19 pada: Juli 23, 2008, 08:44:24 AM »
lho? ini kan cuma hipotesis titik magnet terkuat bumi... bisa jadi ini alasan kenapa kapal ato pesawat terbang ngilang di daerah itu. gara-gara medan magnet yg kuat. itu salah satu penjelasan logis dari segitiga bermuda.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #20 pada: Juli 23, 2008, 08:47:01 AM »
wekss.... beneran salah posting dia ;D ini topik gravitasi, segitiga bermuda di topik sebelah... haha, abis berapa meeting hr ini nih ;D
Jadi bener ini utk reply bermuda? dipindah ke topiknya ya?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #21 pada: Juli 23, 2008, 08:51:39 AM »
bukaaan... itu gw bahas gravitasi bumi.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #22 pada: Juli 23, 2008, 08:55:15 AM »
ohhh.... baru mudeng  :-X sampe tereeak dia ;D
Beda kasus sepertinya. Gravitasi bukan gaya magnet. Gravitasi ada pada setiap benda yang memiliki massa.
Bisa dibilang, gravitasi itu sifatnya massa. Nah, kenapa bisa massa memiliki gravitasi, ini blm terjawab. Beberapa orang menyebut penyebabnya graviton, tetapi si graviton ini sampe skrg blm ada yg bisa buktiin. Begitulah ceritanya.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #23 pada: Juli 23, 2008, 08:58:59 PM »
waw..........
 tulisan2 diatas menginspirasi saya . coba kita lihat air yang di obok obok. maka pasir yang didalam air itu akan menuju ke tengah. semakin cepat air diobok obok maka pasir akan semakin cepat ke tengah .
    jadi kesimpulanya pasir ke tengah karena perputaran air.
    -sory kalo ip nya sama ma cadab tapi kita fair kok . soale kita lagi di warnet indiglo deket  kampus ums . aku ma dia temen bareng-

berarti klo buat bumi, gravitasi bisa tercipta karena perputaran inti bumi atau ya massa inti bumi itu sendiri. Klo saya lebih condong mengatakan terjadi karena massa Bumi

mungkin aja kan

kan gaya gravitasi tercipta dari adanya dua benda yang bermassa
nah, gaya gravitasi ini selain dipengaruhi oleh massanya juga dipengaruhi oleh jarak kedua benda

anggap saja bumi punya dua komponen, inti dan beberapa kulit panas diatasnya, serta tanah manusia dan lain-lain yang berada diatasnya sebgai koponen kedua

dengan jarak dua komponen itu yang sangat dekat dan dengan perbedaan massa yang suaangat jauh, berati akan tercipta gaya tarik menarik yang besar yang mengarah ke komponen pertama(yaitu inti bumi dan beberapa lapisan panas diatasnya).

nah kalo perputaran inti bumi saya rasa berfungsi banyak untuk menciptakan ato menyetabilkan medan magnet bumi karena gravitasinya. Klo gak salah pernah liat masalah ini di Metro TV trus juga pernah dibikin pelem ama Harun Yahya.

bahkan tubuh manusia pun punya gravitasi (terhadap partikel debu di sekelilingnya),

jadi, bumi dan benda-benda diatasnya dapat dianalogikan sebagai
       manusia dengan debu-debu di sekitarnya
« Edit Terakhir: Juli 23, 2008, 09:25:30 PM oleh Idad »
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #24 pada: Juli 24, 2008, 05:35:22 AM »
kan gaya gravitasi tercipta dari adanya dua benda yang bermassa
nah, gaya gravitasi ini selain dipengaruhi oleh massanya juga dipengaruhi oleh jarak kedua benda

Tepat sekali. Ini yang gw mau coba bilang.

Offline cadab

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 2
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #25 pada: Juli 26, 2008, 04:41:51 AM »
lalu klo bulan tuh kasusnya gimana??bukankah dy juga punya kulit luar dan inti tapi koq tidak punya gravitasi?? ???

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #26 pada: Juli 26, 2008, 04:46:04 AM »
Lho, bulan punya gravitasi kok. Setiap benda bermassa memiliki gravitasi, besarnya seperti dirumuskan Newton (udah ditulis sama  rawWARus)  :

Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta.

Hukum gravitasi universal Newton dirumuskan sebagai berikut:

    Setiap massa titik menarik semua massa titik lainnya dengan gaya segaris dengan garis yang menghubungkan kedua titik. Besar gaya tersebut berbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua massa titik tersebut.

    F = G \frac{m_1 m_2}{r^2}

    F adalah besar dari gaya gravitasi antara kedua massa titik tersebut
    G adalah konstanta gravitasi
    m1 adalah besar massa titik pertama
    m2 adalah besar massa titik kedua
    r adalah jarak antara kedua massa titik

Offline cadab

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 2
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #27 pada: Juli 26, 2008, 04:59:47 AM »
lha terus kenapa neil amstrong cs harus memakai pakaian yang berat agar bisa berjalan dibulan?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #28 pada: Juli 26, 2008, 05:08:32 AM »
coba liat lagi persamaannya. Ada m1 dan m2, mungkin karena massa bulan terlalu kecil?
Coba cari tahu, berapa besar gravitasi di bulan, seinget gw di sma dulu juga ada pelajarannya.

Offline cadab

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 2
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #29 pada: Juli 26, 2008, 05:31:15 AM »
benar bulan punya gravitasi
tapi lebih kecil dari bumi sekitar 1/6nya bumi.. ;D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
33 Jawaban
47313 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 28, 2011, 08:16:29 AM
oleh hery_hunterz
8 Jawaban
13891 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2014, 08:54:58 AM
oleh Dr.F
7 Jawaban
16097 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 23, 2009, 04:38:44 PM
oleh Sky
16 Jawaban
15597 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 24, 2012, 05:15:47 AM
oleh mhyworld
0 Jawaban
250 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2020, 03:25:47 AM
oleh Muhammad Habib Annajar