Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 25, 2020, 12:41:30 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139599
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 30
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 24
Total: 24

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Penulis Topik: kenapa bumi punya gravitasi?  (Dibaca 82969 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline muhmus88

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 123
  • IQ: 18
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #90 pada: April 14, 2009, 12:09:44 AM »
saya setuju kalo magnet ma gravitasi ga bisa disamakan..

alnya belum tentu ada gravitasi pasti ada magnet..

kayak di bulan contohnya..

apa dibulan ada medan magnet??

hehehe ga tau deh....
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #91 pada: April 14, 2009, 02:54:37 AM »
bumi memiliki medan magnet karena di perut bumi banyak mengandung besi. kalo bulan apakah perutnya mengandung besi pula?

masalah teori tentang gravitasi ini masih terus berlanjut, mencari hal paling fundamental dari gravitasi yang masih misteri. itukan kerjaannya orang fisika teori, mencari hal paling fundamental dari sesuatu apapun?!
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #92 pada: April 14, 2009, 08:49:18 AM »
slaen itu, kalo' Gravitasi hanya diakibatkan oleh benda bermassa dan hanya menarik benda bermassa, maka ga ada yang namanya Blackhole dong....

Black Hole kan bermassa?

Black Hole itu akibat dari bintang yang mati, lalu massanya menarik dirinya sendiri sehingga dia amat massif dan kerapatan massanya tinggi, sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang besar juga.

sori, jawaban gw tu ada yang salah, tadi belom nurunin rumus, tar deh dicari bates-batesnya.
ada bates dimana kalo
R = sekian maka t'tarik ke bumi,
R = Sekian maka dia akan menuju jarak yang statis(untuk one-on-one force)
R = Sekian, minggat dari orbital

Tambahan j, momentum sudut juga sangat mempengaruhi bentuk orbit.

1. kalo |r x v| = 0
    benda akan ditarik gravitasi menuju pusat massa
2. kalo |r x v| < |r||v|
    benda akan berrevolusi dengan lintasan berbentuk ellips
3. kalo |r x v| = |r||v|
    benda akasn berrevolusi dengan lintasan berbentuk lingkaran

gitu kira-kira...



Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #93 pada: April 15, 2009, 05:42:26 PM »
Kutip
Black Hole kan bermassa?

Black Hole itu akibat dari bintang yang mati, lalu massanya menarik dirinya sendiri sehingga dia amat massif dan kerapatan massanya tinggi, sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang besar juga.
kan narik cahaya, padahal cahayanya ngga' bermassa...
maksut ane gtu
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #94 pada: April 17, 2009, 01:42:30 AM »
berdasarkan relativitas umum gravitasi digambarkan sebagai kelengkungan ruang, sedangkan cahaya bergerak lurus dalam ruang. karena ruang melengkung jadinya cahaya mengikuti kelengkungan ruang dengan kata lain dibelokkan oleh gravitasi.

Offline muhmus88

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 123
  • IQ: 18
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #95 pada: April 17, 2009, 04:16:56 AM »
ya benar pada black hole massa sangat besar, medan magnet yang sangat besar..densitas batuan sangat besar.. jadi gravitasi besar pula..

kembali ya..
menurut saya tu karena perputaran(rotasi)sangat cepat jadi densitas besar massa besar dan jari2 mengecil dan gravitasi membesar..karena putaran yang cepat tu mengakibatkan hal tersebut mampat..
mungkin kalo lambat benda tersebut sangatlah besar..jari2 besar...densitas mengecil..
mungkin untuk massanya tetap..

menurut saya begitu..
tapi ga bisa buktiin nieh..
ngaco yah...hahahaha maaf..

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #96 pada: April 17, 2009, 06:13:15 AM »
wah kalo' maw maenan hipotesis tentang blackhole sih,
kalo' gw ngarang sih judulnya

Legenda Terjadinya BlackHole
pada jaman dahulu kala(sekarang juga ada) hiduplah "seorang" bintang tua, umurnya sudah mencapai milyaran tahun, saking tuanya, tubuhnya tidak lagi dapat melaksanakan reaksi fusinya dengan baik, hingga akhirnya tibalah saat ajal menjemputnya, saat itu elektron-elektron yang tadinya dengan giat mengelilingi inti layaknya planet mengelilingi bintang, kedinginan dan kehabisan energi, dalam keadaan yang sangat menyedihkan itu terjadilah insiden elektron-elektron yang mati berjamaah, dan jatuh dan terkubur untuk selamanya kedalam inti.

nah, tadinya kan orbit elektron itu yang mengakibatkan adanya jarak antar partikel elementer(weqs, apaan lagi nih -_-) namun dengan jatuhnya elektron ke inti atom maka jarak antar partikel mendekati 0 yang kemudian mengakibatkan bintang tersebut sangat massif
« Edit Terakhir: April 17, 2009, 06:33:23 AM oleh HyawehHoshikawa »

Offline muhmus88

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 123
  • IQ: 18
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #97 pada: April 18, 2009, 05:38:04 AM »
tu kenapa bisa mati begitu???bisa dijelaskan secara ilmiah ga???

pa cuma kehabisan energi???

kan ada hukum apa tu lupa..

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #98 pada: April 18, 2009, 09:51:29 AM »
ya...menurut legenda yang saya karang ini sih iya, ;D


Offline Rosyid

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 21
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
  • Mengumpulkan hal2 kecil untuk ciptakan hal besar
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #99 pada: April 19, 2009, 02:39:57 AM »
Putaran yang menyebabkan benda terlempar keluar atau ke dalam itu tergantung di mana poros putarnya, jika pada air yang di obok-obok ia memiliki poros putar di pinggir, sehingga benda terlempar ke luar poros yaitu ke tengah. Sedangkan pada mesin cuci, poros putarnya ada di tengah sehingga, air dah baju terlempar ke arah luar poros atau keluar dari baju (karena baju terikat pada poros).
Mengenai asal gravitasi, sebenarnya dimulai pada teori dua partikel bermuatan pada hukum coulomb. Bumi sendiri merupakan kumpulan partikel-partikel yang angat banyak sehingga medan yang dihasilkan merupakan jumlah dari gaya coulomb setiap partikel. Putaran dalam tata surya dapat diidentikkan dengan putaran elektron terhadap inti atom, yang disana ada pengruh gaya ikat inti, sehingga bersifat tetap; tidak bergeser ke luar atau ke dalam.
Lalu gaya yang mengikat planet terhadap matahari, saya sendiri masih mencari referensinya.

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #100 pada: Juli 04, 2009, 06:50:16 AM »
sori gua aktifin lagi abis aku bingung nyari referensi di internet gak bulet2

menurut newtonkan gaya grafitasi akibat gaya sentripental F = V/r kuadrat (yo pokoe ngono lah) trus mbah newton menganalogikan dengan menambahkan massa masing2 benda maka ketemu rumus gaya grafitasi yg seperti kita kenal sekarang
klo kelengkungan ruang einstein yg gua baca dari buku kenet krane (maaf klo salah tulisannya, kan yg penting ada referensinya jadi klo salah ya salahin bukunya) yg judulnya fisika modern dia bilang klo kelengkungan itu terjadi akibat percepatan, misalnya aja klo qta lempar kelereng ke ruang yg bergerak maka pengamat yg berada didalam ruang tsb akan melihat kelereng bergerak melengkung. jadi sama aja dong maksudnya klo gaya grafitasi terjadi akibat percepatan sentripental (bumi berputar) 

nah klo qta liat itung2anya memang resultan fektor gaya sentripental menuju pusat tapi klo qta lakukan percobaan misalnya pada mesin cuci ternyata gayanya keluarkan bukan kedalem ato percobaan yg lain dikuis galileo dulu ada percobaan klo benda diputar ya mentalnya keluar bukan kedalem

yg aku tanyain kok ada perbedaan kaya gitu antara percobaan dan teori? kekeliruan aku dimanasih tolong perbaiki

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #101 pada: Juli 04, 2009, 06:14:00 PM »
menurut newtonkan gaya grafitasi akibat gaya sentripental F = V/r kuadrat (yo pokoe ngono lah) trus mbah newton menganalogikan dengan menambahkan massa masing2 benda maka ketemu rumus gaya grafitasi yg seperti kita kenal sekarang
klo kelengkungan ruang einstein yg gua baca dari buku kenet krane (maaf klo salah tulisannya, kan yg penting ada referensinya jadi klo salah ya salahin bukunya) yg judulnya fisika modern dia bilang klo kelengkungan itu terjadi akibat percepatan, misalnya aja klo qta lempar kelereng ke ruang yg bergerak maka pengamat yg berada didalam ruang tsb akan melihat kelereng bergerak melengkung. jadi sama aja dong maksudnya klo gaya grafitasi terjadi akibat percepatan sentripental (bumi berputar) 

Dalam Gravitasi Newton, dikatakan bahwa Gaya gravitasi-lah yang menyebabkan percepatan benda bermassa.
Dalam Gravitasi Einstein, dikatakan bahwa Massa-lah yang menyebabkan kelengkungan ruang-waktu. Selanjutnya, kelengkungan ruang-waktu itulah yang menyebabkan perubahan kecepatan (bisa arahnya ataupun besarnya).

Gravitasi bukan disebabkan oleh percepatan sentripetal, tapi Gravitasi menyebabkan percepatan (dalam kasus ini percepatan yang terjadi adalah percepatan sentripetal).

nah klo qta liat itung2anya memang resultan fektor gaya sentripental menuju pusat tapi klo qta lakukan percobaan misalnya pada mesin cuci ternyata gayanya keluarkan bukan kedalem ato percobaan yg lain dikuis galileo dulu ada percobaan klo benda diputar ya mentalnya keluar bukan kedalem
Yang di Galileo itu ga salah, kita tidak boleh salah mengamati, yang di Galileo itu bukan mental ke luar, tapi geraknya jadi lurus.
Geraknya jadi lurus (tidak ada perubahan arah kecepatan dan besar kecepatan) karena percepatannya sudah tidak ada, percepatannya sudah tidak ada karena resultan gaya yang dialami benda itu sudah nol.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #102 pada: Juli 04, 2009, 10:02:59 PM »
sebetulnya pertanyaannya bisa digeneralisir "mengapa massa punya gravitasi?"

walaupun itu merupakan pertanyaan fundamental (dan belum terjawab) dan berbgai model diajukam (yg pling trkenal partikel graviton),
silakan berimajinasi, karena bisa menimbulkan "kecintaan" trhdap sains...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #103 pada: Juli 05, 2009, 12:05:25 AM »
Sudah pernah dipost sih. Ilustrasi sederhana tentang pelengkungan ruang-waktu, salah satunya bgini. Coba kamu hamparkan selimut di atas ranjang, dan taruh bola besi yang agak berat. Entar akan ada kerutan yang berpusat dimana bole besi tadi berada, itulah pelengkungan tadi.

Meski ilustrasinya bentuk 2d, coba bayangkan ke wujud 3dnya.

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #104 pada: Juli 06, 2009, 03:40:57 AM »
sebenarnya yg aku pingin tanyain cuma arah gaya sentripental kemana? kepusat ato keluar

Yang di Galileo itu ga salah, kita tidak boleh salah mengamati, yang di Galileo itu bukan mental ke luar, tapi geraknya jadi lurus.
Geraknya jadi lurus (tidak ada perubahan arah kecepatan dan besar kecepatan) karena percepatannya sudah tidak ada, percepatannya sudah tidak ada karena resultan gaya yang dialami benda itu sudah nol.

kaliatannya qta nonton yg edisi berbeda kali ya, bukannya klo benda bergerak melingkar selalu terjadi perubahan arah kecepatan yg pada akhirnya menimbulkan gaya, apa maksud pak sky setelah mental resultan gaya dan percepatan benda menjadi nol, bila yg dimaksud memang itu, saya masih bisa mengelak, kan yg menyebabkan gerak benda menjadi lurus karena gaya pental keluar itu sendiri yg pada akhirnya benda keluar dari orbit lingkaran   

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
33 Jawaban
47313 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 28, 2011, 08:16:29 AM
oleh hery_hunterz
8 Jawaban
13891 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2014, 08:54:58 AM
oleh Dr.F
7 Jawaban
16097 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 23, 2009, 04:38:44 PM
oleh Sky
16 Jawaban
15597 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 24, 2012, 05:15:47 AM
oleh mhyworld
0 Jawaban
250 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2020, 03:25:47 AM
oleh Muhammad Habib Annajar