Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 15, 2022, 11:00:48 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,765
  • Latest: KlausKep
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 46
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Adakah hubungan massa dan suhu zat

Dimulai oleh Flor1n4da, April 27, 2009, 04:48:00 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

HyawehHoshikawa

Kutip dari: ksatriabajuhitam pada April 29, 2009, 07:59:51 PM
suhu itu berhubungan sama kecepatan, makin cepat partikel bergetar maka makin panas
(dalam konsep fisika klasik pun begitu, bukan cuma relatifistik)
kita kan mbahas massanya dengan suhu...kayaknya kalo' di fisika klasik, suhu ama massa ngga berhubungan deh.

Kutip
udah jadi apapun juga masih bisa (kalo diitung)
kalo ditimbang mungkin iya, coba bedakan antara "massa" dan "massa yang disetarakan dengan berat"
iya sih, cuman ga kebayang aja ngitung nya....haha.....kebayangnya pake neraca gitu sih kalo' ngitung massa.

Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Karno Giyantono

bentar sudut pandang saya tuh seperti ini

1. suatu kursi "a" di suatu ruangan bermassa 1 kg dan kursi "b" bermassa 1000 kg. kira-kira mana yang mempunyai suhu lebih tinggi???

2. di dalam suatu kotak yang ter isolasi pada keadaan mula-mula berisi 1 kg udara, lalu kita tambahkan udara dengan tekanan dan volume yang tetap sehingga massa udara di dalam kotak tersebut menjadi 100 kg. kira-kira mana yang mempunyai suhu lebih tinggi???

3. suatu kursi bersuhu 0 C dan 100 C, mana yang mempunyai massa lebih besar?

4. suatu kotak berisi udara 0 C lalu kita panasi sampai 100 C, mana yang mempunyai massa udara lebih besar?

no 1 gak mempengaruhi udah jelaskan,
no 2 dan 3 ada kemungkinan
no 4 jika benar maka kita BISA MENCIPTAKAN MASSA DARI ENERGI  :o

jeng jeng.... heheheheheheheheheheh

ketawa sendiri kayak orang ..... tengah malem,  ::)  :o
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

HyawehHoshikawa

nah akhirnya...
jelas juga kalo' udah dikasih contoh....
tapi
Kutipno 4 jika benar maka kita BISA MENCIPTAKAN MASSA DARI ENERGI 
bukannya itu emang bisa yah?maksudnya dari reaksi nuklir...
Kutipketawa sendiri kayak orang ..... tengah malem,   
lah berarti aslinya bukan??? ;D

Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Karno Giyantono

reaksi nuklir bukankah merubah massa menjadi energi? iya gak?
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah


superstring39

Kutip dari: Sky pada Mei 01, 2009, 09:33:29 AM
Kalo reaksi fusi?
Kan intinya bergabung, harusnya massanya lebih besar?
sedikit meluruskan. pada reaksi fusi total massa partikel-partikel yang bergabung lebih besar daripada massa total setelah fusi. sisa massanya berubah menjadi energi. simpelnya sih begitu.

HyawehHoshikawa

#21
hmm...kalo menurut yang saya baca dari buku karangannya om the Houw Liong "konsep Fisika Modern", sih katanya dari energi foton bisa diciptakan sepasang elektron ama positron. karena energi diemnya elektron = 0,51 meV maka diperlukan minimal 1,02 meV dalam proses tsb.

loh...sejak kapan OOT begini, pertanyaannya kan hubungan massa dan suhu zat... ;D
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

embud2006

Oh..ya asyik juga nih diskusinya.....
Setelah menyimak beberapa masukan dari teman2, saya punya pendapat gini..(tapi panjang neehh.)
Klo masih ada yang salah tolong ditanggapi...

Pertambahan massa diikuti pula dengan pertambahan banykanya partikel yang bergerak / bergetar. Berarti makin besar pula jumlah total Ek partikel yang cenderung menaikan suhu benda.
Kejadian ini sangat mirip dengan fenomena benda yang mendapat energi kalor dari luar, kemudian kalor tadi meningkatkan kecepatan gerak partikel yang akhirnya meningkatkan suhu benda.
Kejadian kedua sangat mirip dengan yg pertama, keduanya sama-sama melukiskan pertambahan jumlah total Ek partikel yang mengakibatkan kenaikan suhu benda. Cuma yang pertama: Jumlah total Ek bertambah karena jumlah partikel bertambah (Ek tiap partikel tetap). Sementara yag kedua: Jmlah Total Ek bertambah krn kecepatan gerak partikel bertambah akibat pemanasan (Juml partikel tetap).

Berbicara ttg kenaikan suhu benda, qta hrs ingat besaran c (kalor jenis). Kenaikan suhu benda ternyat berbanding terbalik dengan kalor jenis dan massa-nya. Bukankah   delta t = Q / (m.c), ya khan..? dan ingat pula kapasitas kalor benda (C) = m.c
utk menyederhanakan persoalan, mari kita berangkat dari pertambahan Ek partikel (tanpa melihat penyebabnya) yang cederung menaikan suhu benda. Makin besar massa, makin besar kapasitas kalor (C), makin besar energi untuk meningkatkan suhu benda.

Sekarang kita tinjau dlam kaitannya dengan perbedaan massa benda:
Anggap benda bermassa m1=1 kg mengadung n partikel. Ketika ditempeli massa lagi (dari jenis yg sama) sebesar m2=0,5 kg, berarti ada tambahan jumlah partikel sebesar n/2 partikel (bendanya sejenis). Jdi total partikel dalam total massa sekrang menjadi 1,5 x n partikel. Tapi tambahan n/2 partikel tadi bertanggung jawab dalam memanaskan ato memelihara suhu m2 itu sendiri. Ingatlah nilai C benda sekarng juga makin besar. Artinya butuh energi lebih besar tuk memelihara ato meningkatkan suhu benda, Nah energi ini diperolah dari Ek tambahan tadi, jadi impas deh...... bayangkan ndiri. susah diungkapkan dengan kata2. Ato aku yang ga pinter nerangin ya...?

KESIMPULAN SAYA:

  • Jika Juml partikel bertambah, tapi massa tetap (andaikan bisa terjadi demikian), maka suhu benda naik,karena Ek partikel meningkat, massa tetap ,kapasitas kalor (C) tetap
  • Jika massa bertambah, tapi jumlah partikel tetap (andaikan bisa terjadi demikian juga), maka suhu benda turun, karena sebagian Ek partikel digunakan untuk memanaskan massa yang ditambahkan
  • Jika massa bertambah, tapi jumlah partikel bertambah (demikainlah yang logis), maka suhu benda tetap , sebagai akibat kapasitas kalor (C) yang juga bertambah, dalam pengertian lain Ek partikel tambahan bertanggung jawab terhadap suhu massa yang ditambahkan, sehingga tidak sempat meningkatkan suhu benda secara kesuluruhan. INGAT makin besar massa, makin bnayak pula energi untuk meningkatkan suhunya JADI makin banyak massa, makin banyak partikel,makin besar total Ek partikel, TAPI makin besar pula energi untuk mempertahankan ato meningkatkan suhu, ... IMPAS deh... 1 lawan 1.
JADI:
PERTAMBAHAN MASSA TIDAK PERLU MENGAKIBATKAN KENAIKAN SUHU BENDA.

Jadi mekanika klasik pun masih cukup untuk menjawab pertanyaan ini... (barangkali...)
bagaimana pendapat anda?

Flor1n4da

Oh...ya... setelah mengikuti diskusi di sini dan juga sambil merenung-renung ( 'n mengenyutkan jidat  ??? ???) saya jadi agak ma'.. byar and ada pencerahan di kepala....

Walaupun di tengah-2 diskusi saya sempat bengong 'n ga bisa ngomong apa2. Jadi cuma gikut arus ja...

Terima kasih semuanya....
:) :) :)

HyawehHoshikawa

Kutip dari: Flor1n4da pada Mei 03, 2009, 06:25:48 PM
Oh...ya... setelah mengikuti diskusi di sini dan juga sambil merenung-renung ( 'n mengenyutkan jidat  ??? ???) saya jadi agak ma'.. byar and ada pencerahan di kepala....

Walaupun di tengah-2 diskusi saya sempat bengong 'n ga bisa ngomong apa2. Jadi cuma gikut arus ja...

Terima kasih semuanya....
:) :) :)
hwakakak...
tuh kan udah saya duga, pasti TS kalo' belom sampe pelajaran tentang fisika modern bakalan bingung deh....

@TS
jadi menurut ente gimana kesimpulannya???
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Flor1n4da

Aku sih condong ke kesimpulan massa tidak mempengaruhi suhu benda, karena ada nya besaran c (kalor jenis) dan C 9(kapsitas kalor) tsb.. jadi bagian energi kinetik partikel bertambah, tapi kebutuhan kalor juga bertambah. jadi suhu benda tetep gittoooo x ye...???

ga tau yah . yg bEner spa neh....
Tpi aq yqn ke situ
pa otaku yg belon nyampe x ye....... ??? ??? ???