Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 30, 2022, 10:59:41 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 66
Total: 66

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

kenapa harus ada anomali?

Dimulai oleh fitrie, September 22, 2008, 01:54:41 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

fitrie

kita sering mendengar banyaknya anomali-anomali dalam fisika, salah satunya:
adalah anomali, dimana pada keadaan ini terjadi pada saat air dipanaskan pada suhu +4º Celcius. Ternyata air tidak memuai. Sebaliknya, air tersebut menyusut. Demikian juga pada saat air didinginkan pada suhu -4º Celcius, sebaliknya dari menyusut, eh.. dia malah mengembang

mengapa ini bisa terjadi?
ada yang tau gak ada berapa anomali dalam fisika?
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........

ksatriabajuhitam

untuk anomali air, bisa coba liat-liat http://www.forumsains.com/kimia-smu/air/msg10700/#msg10700, kali aja membantu

hm,,, anomali, seringkali yang disebut anomali itu gejala yang teori saat itu tidak bisa menjelaskannya,
contoh Anomali Efek Zeeman, yaitu garis-garis spektrum atom hidrogen ternyata terdiri dari garis-garis yang lebih halus (disebut fine structure), padahal satu garis mewakili satu keadaan energi, berarti model atom Bohr yang sudah teruji itu cacat dong...
anomali ini tidak lagi menjadi anomali setelah diusulkan konsep spin yang memungkinkan satu keadaan energi Bohr pecah menjadi keadaan energi dengan selisih yang sedikit,

anomali lain? mungkin seperti sifat superkonduktifitas,

8)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

reborn

Setuju sama kbh. Anomali mungkin bisa diliat semacem trik para ilmuwan untuk ngejelasin fenomena yang "menyimpang" dari aturan mainnya. Mereka mengembangkan teori-teori yang berlaku pada hampir setiap kejadian, kecuali pada beberapa kasus khusus. Nah, untuk kasus-kasus khusus ini dibuatlah pengecualian atau anomali ini. Teorinya tetep berlaku tapi ada anomali untuk ngejelasin fenomena yang ga ikut aturan.

fitrie

artinya ketika ada fenomena anomali, sesuatu tidak bisa dikatakan sebagai eksak dong yah....

kalo ternyata ada anomalinya apa masih bisa dibuat hkumnya?  ??? ???
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........

ksatriabajuhitam

Kutip dari: fitrie pada September 23, 2008, 04:35:19 AM
artinya ketika ada fenomena anomali, sesuatu tidak bisa dikatakan sebagai eksak dong yah....
kalo ternyata ada anomalinya apa masih bisa dibuat hkumnya?  ??? ???
jadi inget iklan apa gitu, "bisa bisa ajaaa...;D

emang ada yang eksak yah? perasaan ilmu alam itu semuanya pendapat deh,
makanya dari dulu saya ga suka nyebut fisika+kimia+biologi+etc sebagai ilmu eksak, orang isinya pendapat doang, ganti generasi juga di-update lagi

dibuat hukumnya? ga tau ya apa sih sebetulnya definisi hukum. yang jelas kalo dimodelkan ya bisa2 aja,,,
contohnya, sebelum muncul teori atom Bohr (jah Bohr lagi...) dikiranya spektrum atom hidrogen itu kontinyu, ga taunya ternyata diskrit; dibuatlah rule-nya sama si Balmer yang bisa memprediksi spektrum diskrit hidrogen (dikenal sebagai Persamaan Balmer), tapi ga ada yang tau kenapa bisa begitu (jadi anomali juga). semuanya terjawab setelah Bohr mengusulkan model atom Bohr (modifikasi model Rutherford)

@fitrie
hallo fitrie, selamat idul fitrie (eh masih seminggu lagi deh)  :D
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

fitrie

Kutip dari: ksatriabajuhitam pada September 23, 2008, 07:24:44 PM

@fitrie
hallo fitrie, selamat idul fitrie (eh masih seminggu lagi deh)  :D


duhhh dah kangen sama idul fitri yah??
kangen sama keluarga ato kangen dibeliin baju barunya? ;D ;D ;D

Kutip dari: ksatriabajuhitam pada September 23, 2008, 07:24:44 PM
jadi inget iklan apa gitu, "bisa bisa ajaaa...;D

emang ada yang eksak yah? perasaan ilmu alam itu semuanya pendapat deh,
makanya dari dulu saya ga suka nyebut fisika+kimia+biologi+etc sebagai ilmu eksak, orang isinya pendapat doang, ganti generasi juga di-update lagi

dibuat hukumnya? ga tau ya apa sih sebetulnya definisi hukum. yang jelas kalo dimodelkan ya bisa2 aja,,,
contohnya, sebelum muncul teori atom Bohr (jah Bohr lagi...) dikiranya spektrum atom hidrogen itu kontinyu, ga taunya ternyata diskrit; dibuatlah rule-nya sama si Balmer yang bisa memprediksi spektrum diskrit hidrogen (dikenal sebagai Persamaan Balmer), tapi ga ada yang tau kenapa bisa begitu (jadi anomali juga). semuanya terjawab setelah Bohr mengusulkan model atom Bohr (modifikasi model Rutherford)

betul sih, gak ada yang eksak. cuma kalo ini yang diceritain sama yang belum paham bisa bikin bingung  dong yah......  :D :D :D
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........

superstring39

a = tidak
nomal = (orang cadel yang bilang) normal
kata anomali artinya tidak normal tapi ada sedikit kontradiksi disini, jika gejala (yang kita sebut) anomali ini terjadi secara alami, jadi yang tidak normal itu alamnya atau manusianya.  :P :P :P