Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Fisika => Topik dimulai oleh: Farabi pada September 24, 2011, 04:05:50 AM

Judul: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Farabi pada September 24, 2011, 04:05:50 AM
http://www.newsdaily.com/stories/tre78l4fh-us-light/

Neutrino diketemukan lebih cepat dari cahaya, bedanya sekitar 60 picodetik, memang tidak terasa, dan sangat sedikit, tapi ini adalah penemuan awal, dan masih bisa dikembangkan. Kita lihat saja ;D
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada September 24, 2011, 07:48:49 AM
Setelah ada nanochip yang lebih kuat dari intan, sekarang malah ada neutrino yg lebih cepat dari cahaya. Berikutnya apa lagi ya?
Oya, kalo' dia bisa melampaui kecepatan cahaya, berarti dia bisa melakukan perjalanan lintas waktu dong (pernah baca di majalah,entah bener atau nggak)? Atau jangan2 ini emang partikel dari masa depan yang melintasi waktu ke masa ini? *pseudo-science mode: ON*
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada September 24, 2011, 10:38:30 AM
koreksi: bukan 60 pikodetik tapi 60 nanodetik

hasilnya belum official ya, nunggu konfirmasi (http://www.engadget.com/2011/09/23/cern-scientists-discover-particle-traveling-faster-than-the-spee/)

tapi itu eksperimennya membandingkan waktu tempuh cahaya dan neutrino, ya? (ga terlalu jelas juga sih, ato saya yg kurang ngerti).
berarti bukan di ruang hampa dong.
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Jim Heart pada September 24, 2011, 11:43:53 AM
hmm ... keren
lagi neutrino ini bikin kejutan ! neutrino memang menarik ...  :o

koreksi: bukan 60 pikodetik tapi 60 nanodetik

hasilnya belum official ya, nunggu konfirmasi (http://www.engadget.com/2011/09/23/cern-scientists-discover-particle-traveling-faster-than-the-spee/)

tapi itu eksperimennya membandingkan waktu tempuh cahaya dan neutrino, ya? (ga terlalu jelas juga sih, ato saya yg kurang ngerti).
berarti bukan di ruang hampa dong.
kalo ngga salah saya tadi baca, katanya yang dilebihi itu memang kecepatan cahaya dalam vakum kok mas ...  :)

saya kurang mengerti, bagaimana skema penembakan neutrino itu ...
apa neutrino nya memang "dipercepat" ? atau kecepatan itu konstan dari awal neutrino tersebut tercipta ?
kalo kecepatannya konstan, saya rasa masih tak ada yang perlu diperbaiki dari relativitas eintein, soalnya di relativitas itu yang tak diizinkan adalah "dipercepat dari kurang sampai melebihi kecepatan cahaya", bukan "melebihi kecepatan cahaya" ...
kalo neutrinonya memang "dipercepat", baru itu gebrakan besar ...
bagaimana skema pembuatan dan penembakan neutrino itu ? ada yang lebih tau ?  ???
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: topazo pada September 24, 2011, 11:58:32 AM
entah ya saya denger dari mana... Saya google gak dapat2... Kayaknya saya dengar dari orang lab yang lagi ngobrol sama temannya...

Jadi ceritanya begini, sebuah percobaan di suatu negara menembakkan neutrino ke sebuah danau untuk mengukur kecepatan neutrino tersebut... Akhirnya terjadi kesimpulan yang bikin bingung... Neutrino telah sampai ke danau sebelum tombol tembakan ditekan... Aneh ya?

Saya penasaran apa cerita yang saya denger ini urban legend atau memang pernah ada percobaan seperti ini...
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada September 24, 2011, 11:59:39 AM
sumber yang lain:
http://www.newscientist.com/article/dn20957-dimensionhop-may-allow-neutrinos-to-cheat-light-speed.html

lagi,
http://www.nature.com/news/2011/110922/full/news.2011.554.html

lagi (joke2 an),
http://xkcd.com/955/

ada lagi, ada link2 tambahan tapi masih di website yang sama,
http://www.telegraph.co.uk/science/science-news/8783011/Speed-of-light-broken-at-CERN-scientists-claim.html

percobaannya mau diulang di tempat lain katanya,
Kutip
http://www.telegraph.co.uk/science/science-news/8783264/Speed-of-light-broken-an-experts-view.html

Prof Thomas added: "I think everyone is sceptical. The scientists themselves have admitted they are sceptical but they cannot see what they have done wrong.
"We will repeat our experiment with higher precision, hopefully in the next six months."
The Fermilab team will then begin a second stage of their experiment, called Minos Plus, which is even more similar to the Cern trial and will deliver results accurate to one nanosecond, she said.

tambah berita lagi,
http://www.reuters.com/article/2011/09/23/us-science-light-idUSTRE78L4FH20110923

kayaknya lagi rame nih
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada September 24, 2011, 12:45:39 PM
belum sempet dibaca2 tapi,
ini dia papernya tentang percobaan yang dilakukan oleh team OPERA di CERN
http://static.arxiv.org/pdf/1109.4897.pdf

mari2...
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: reborn pada September 24, 2011, 03:49:31 PM
wew... gila juga nih hasil eksperimennya. Gak sabar nunggu hasil eksperimen lainnya. Kalo sampe hasilnya sama, waduh... geger dunia persilatan dong. Star trek bukan lagi sci-fi, trus apa tuh dulu yg di tv... Quantum Leap, time travel juga bisa dilakukan dong jadinya ya. Hehe... tapi sabar dulu, jgn tergesa-gesa berkhayal.

Satu lagi yang bikin bingung, kalo benda memiliki kecepatan lebih dari kecepatan cahaya, seharusnya massanya tak hingga. Tapi neutrino justru sebaliknya, massanya sangat sangat mini. Kok bisa begini?
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Farabi pada September 25, 2011, 01:24:24 AM
wew... gila juga nih hasil eksperimennya. Gak sabar nunggu hasil eksperimen lainnya. Kalo sampe hasilnya sama, waduh... geger dunia persilatan dong. Star trek bukan lagi sci-fi, trus apa tuh dulu yg di tv... Quantum Leap, time travel juga bisa dilakukan dong jadinya ya. Hehe... tapi sabar dulu, jgn tergesa-gesa berkhayal.

Satu lagi yang bikin bingung, kalo benda memiliki kecepatan lebih dari kecepatan cahaya, seharusnya massanya tak hingga. Tapi neutrino justru sebaliknya, massanya sangat sangat mini. Kok bisa begini?

Dunia ini emang aneh, besi aja bisa nguap kena sinar matahari, tapi tanah di mars tidak.
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Farabi pada September 25, 2011, 01:29:34 AM
Oh iya, awalnya saya bilang nuklir mungkin lebih cepat dari cahaya, tapi ternyata sinar X mempunyai daya hidup yang pendek, lebih pendek daripada cahaya tampak.
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Jim Heart pada September 26, 2011, 12:10:31 AM
sumber yang lain:
http://www.newscientist.com/article/dn20957-dimensionhop-may-allow-neutrinos-to-cheat-light-speed.html

dari judul kayaknya ini ide bahwa neutrino itu menembus dimensi lain ya sehingga sampai lebih cepat daripada seharusnya ...
tapi apa itu agak tidak aneh, apa tidak terlalu kebetulan jika 'lubang dimensi' ada di jalur tersebut ?
dan andaikata neutrino sendiri yang menciptakan 'lubang', kenapa neutrino bisa tahu "dimana keluarnya" ? apa neutrino punya kesadaran ? hehe ...  ;D

atau saya yang memang ngga paham ini ... ?  ???
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: danzJr pada September 26, 2011, 09:35:32 AM
bukannya itu ilmiah yah? jika sesuatu kecepatan melebihi batas dimensi maka dia akan menimbulkan gesekan antar dimensi dengan kecepatan tersebut sehingga terjadinya worm hole dalam "size khusus" bisa saja terjadi.

konsepnya sama saja seperti dalam flim "battle galaxi" cuma sampai sekarang belum ada 1pun manusia yang dapat "bermain-main" dengan kecepatan yang secepat itu
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Jim Heart pada September 26, 2011, 09:44:38 AM
ya, saya juga berpikir jika kecepatan suatu benda melebihi batas yang diizinkan di dimensi itu, maka dia akan 'musnah' atau 'meninggalkan' dimensi itu ... ya, mungkin bisa lewat yang namanya lubang dimensi ...

tapi masalahnya kenapa si neutrino balik lagi dan menuju 'finish' ? apa penyebabnya ?
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: danzJr pada September 26, 2011, 09:56:03 AM
anggap saja neutrino itu sebagai biji besi.
jika tidak di kelola maka tidak akan bisa di pakai  ;D.
Judul: Partikel Ini Bergerak Lebih Cepat dari Cahaya
Ditulis oleh: Im pada Oktober 01, 2011, 11:28:54 PM
Para fisikawan di Laboratorium Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) di Geneva, Swiss, Jumat (23/9/2011) waktu setempat, mengumumkan keberhasilan mereka menemukan keberadaan partikel yang bisa bergerak lebih cepat daripada kecepatan cahaya.

Partikel yang disebut sebagai neutrino ini memiliki kecepatan 20 per 1 juta di atas kecepatan cahaya. Berdasarkan teori relativitas khusus yang dikemukakan Albert Einstein pada 1905, kecepatan cahaya mencapai 299.792 kilometer per detik atau yang sering dibulatkan menjadi 300.000 kilometer per detik. Ini merupakan kecepatan tertinggi di alam semesta. Neutrino merupakan partikel elementer yang memiliki massa sangat kecil, nyaris mendekati nol.

Eksperimen untuk menguji kecepatan neutrino ini dinamai Oscillation Project with Emulsion-tRacking Apparatus (OPERA) yang dilakukan di Gran Sasso National Laboratory, Italia, pada kedalaman 1.400 meter. Tujuan penelitian adalah menguji neutrino yang ditembakkan dari CERN.

Juru Bicara OPERA, Antonio Ereditato, dari Universitas Bern, Swiss, mengatakan, temuan ini sebagai kejutan yang sempurna. Para peneliti mengakui, hasil penelitian ini akan menimbulkan pro-kontra karena melawan hukum fisika yang sudah mapan selama lebih dari 100 tahun.

Untuk itu, pengukuran lain yang independen diperlukan guna menguji temuan ini. Direktur Penelitian CERN Sergio Bertolucci mengatakan, jika hasil pengukuran mereka bisa dikonfirmasi oleh ilmuwan lain, temuan ini akan mengubah pandangan umat manusia tentang fisika. (CERN.CH/LIVESCIENCE.COM/MZW)
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: DewiiDM pada Oktober 02, 2011, 10:12:25 PM
waktu itu aku pernah baca kalo kecepatan elektron melebihi cahaya,cz elekron penyebab terjadinnya cahaya
(kata guruku sii) .. apa iy NEUTRINO lebih cepat dari elektron?..
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Jim Heart pada Oktober 03, 2011, 12:30:35 AM
waktu itu aku pernah baca kalo kecepatan elektron melebihi cahaya,cz elekron penyebab terjadinnya cahaya
(kata guruku sii) .. apa iy NEUTRINO lebih cepat dari elektron?..

tidak ! elektron tak pernah tercatat mampu melebihi kecepatan cahaya di vakum ...
apa benar gurumu bicara seperti itu ? saya tak yakin ...
elektron saja tak pernah bisa mengalahkan cahaya, sedang neutrino kemungkinan besar iya mengalahkan kecepatan cahaya ... jadi jawabannya ?
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada Oktober 03, 2011, 08:42:35 PM
news : Fermilab akan fokus ke neutrino.

http://www.newscientist.com/article/mg21128323.000-fermilab-stops-hunting-higgs-starts-neutrino-quest.html?DCMP=OTC-rss&nsref=magcontents

Kutip
Fermilab stops hunting Higgs, starts neutrino quest

28 September 2011 by David Shiga, Fermilab, Illinois and Chelsea Whyte

Once top dog, the Tevatron particle accelerator is shutting down – from now on, the US lab that houses it will focus on neutrinos

ROGER DIXON gestures, bringing his hand alarmingly close to the big red button that has the power to shut down one of the world's most powerful particle accelerators forever. "It's already hooked up," he says, in response to my nervous questions.

...

Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Oktober 08, 2011, 06:21:55 AM
Kemungkinan penjelasan neutrino yang bergerak lebih cepat dari cahaya. Baca :

http://motls.blogspot.com/2011/09/superluminal-neutrinos-from.html
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Fariz Abdullah pada Oktober 08, 2011, 10:07:27 AM
Maaf pertanyaannya awam sekali..Saya ingat dulu pelajaran di SMA ttg Faktor Lorentz..Jika v > c, jadinya factor lorentz nya imaginer ya gan..Terus, dampaknya pada relatifitas khusus gimana.. Apakah pemahaman realitas fisika dalam satu abad ini akan berubah total?
Maaf kalau pertanyaannya salah atau sdh pernah dijawab..Soalnya pengin tahu.. neutrino ini kayaknya cukup menggemparkan juga..
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Oktober 10, 2011, 09:58:59 PM
Maaf pertanyaannya awam sekali..Saya ingat dulu pelajaran di SMA ttg Faktor Lorentz..Jika v > c, jadinya factor lorentz nya imaginer ya gan..Terus, dampaknya pada relatifitas khusus gimana.. Apakah pemahaman realitas fisika dalam satu abad ini akan berubah total?
Maaf kalau pertanyaannya salah atau sdh pernah dijawab..Soalnya pengin tahu.. neutrino ini kayaknya cukup menggemparkan juga..
Betul, ketika v> c, maka faktor Lorentz negatif, sebelum menjadi negatif, faktor Lorentz akan menjadi nol. Energi partikel ketika v mendekati c akan menjadi tak berhingga, sehingga dinyatakan tidak mungkin terjadi. Namun, jika transformasi Lorentz dimodifikasi, maka hal ini dapat dihindari.
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Fariz Abdullah pada Oktober 15, 2011, 04:11:12 AM
Betul, ketika v> c, maka faktor Lorentz negatif, sebelum menjadi negatif, faktor Lorentz akan menjadi nol. Energi partikel ketika v mendekati c akan menjadi tak berhingga, sehingga dinyatakan tidak mungkin terjadi. Namun, jika transformasi Lorentz dimodifikasi, maka hal ini dapat dihindari.
Berarti jika ada kecepatan di atas kecepatan cahaya, perumusan Faktor Lorentz harus dimodifikasi / direvisi ya gan..Apakah dengan demikian perumusan matematis (dan pemahaman fisik ?) relatifitas harus juga dikoreksi?
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Oktober 15, 2011, 05:20:54 AM
Berarti jika ada kecepatan di atas kecepatan cahaya, perumusan Faktor Lorentz harus dimodifikasi / direvisi ya gan..Apakah dengan demikian perumusan matematis (dan pemahaman fisik ?) relatifitas harus juga dikoreksi?
Ada tambahan suku koreksi, namun suku ini sangat kecil dan hanya berperan untuk neutrino yang massa diamnya mendekati nol.
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Fariz Abdullah pada Oktober 15, 2011, 05:44:24 AM
Ada tambahan suku koreksi, namun suku ini sangat kecil dan hanya berperan untuk neutrino yang massa diamnya mendekati nol.
Jadi tidak sampai merombak drastis perumusan matematis fisika modern yang telah dianut 1 abad ini ya gan?

Tadinya saya pikir jika Faktor Lorenz menunjukkan akar bilangan negatif, dimana secara matematis ini menghasilkan bilangan imajiner, maka relativitas tidak bisa dijelaskan..Dengan kata lain, dulu menurut guru SMA saya, penjelasan fisiknya adalah : tidak mungkin ada kecepatan melebihi kecepatan cahaya..(menurut fisika modern)..

Jika pertanyaannya kagak nyambung mohon maaf gan, harap maklum..
Judul: Partikel Neutrino
Ditulis oleh: Chanz99 pada Oktober 18, 2011, 05:12:18 AM
Partikel Ini Bergerak Lebih Cepat dari Cahaya
Tri Wahono
Para fisikawan di Laboratorium Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) di Geneva, Swiss, Jumat (23/9/2011) waktu setempat, mengumumkan keberhasilan mereka menemukan keberadaan partikel yang bisa bergerak lebih cepat daripada kecepatan cahaya.

Partikel yang disebut sebagai neutrino ini memiliki kecepatan 20 per 1 juta di atas kecepatan cahaya. Berdasarkan teori relativitas khusus yang dikemukakan Albert Einstein pada 1905, kecepatan cahaya mencapai 299.792 kilometer per detik atau yang sering dibulatkan menjadi 300.000 kilometer per detik. Ini merupakan kecepatan tertinggi di alam semesta. Neutrino merupakan partikel elementer yang memiliki massa sangat kecil, nyaris mendekati nol.

Eksperimen untuk menguji kecepatan neutrino ini dinamai Oscillation Project with Emulsion-tRacking Apparatus (OPERA) yang dilakukan di Gran Sasso National Laboratory, Italia, pada kedalaman 1.400 meter. Tujuan penelitian adalah menguji neutrino yang ditembakkan dari CERN.

Juru Bicara OPERA, Antonio Ereditato, dari Universitas Bern, Swiss, mengatakan, temuan ini sebagai kejutan yang sempurna. Para peneliti mengakui, hasil penelitian ini akan menimbulkan pro-kontra karena melawan hukum fisika yang sudah mapan selama lebih dari 100 tahun.

Untuk itu, pengukuran lain yang independen diperlukan guna menguji temuan ini. Direktur Penelitian CERN Sergio Bertolucci mengatakan, jika hasil pengukuran mereka bisa dikonfirmasi oleh ilmuwan lain, temuan ini akan mengubah pandangan umat manusia tentang fisika. (CERN.CH/LIVESCIENCE.COM/MZW)
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Chanz99 pada Oktober 19, 2011, 06:05:42 AM
Betul sekali gan , rumus2 fisika modern seperti faktor lorentz memang harus dimodifikasi seiring dg adanya penemuan baru . Memang beginilah ilmu , selalu berkembang dan terus berkembang seiring perkembangan zaman . Tapi disitulah keluasan ilmu
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada Oktober 19, 2011, 11:55:37 AM
Betul sekali gan , rumus2 fisika modern seperti faktor lorentz memang harus dimodifikasi seiring dg adanya penemuan baru . Memang beginilah ilmu , selalu berkembang dan terus berkembang seiring perkembangan zaman . Tapi disitulah keluasan ilmu
ikutan OOT juga ah :P
di sisi lain justru menunjukkan bahwa kita tidak perlu 'mengagung-agungkan' atau fanatik terhadap suatu ilmu/teori;
sejak manusia pake cawat sampe manusia pake dasi pun ya fenomena alam ya tetap begitu2 aja, hanya saja cara manusia menginterpretasikan/memodelkan/memahami -nya yang berubah seiring dengan manusia sadar oleh adanya data baru.
Judul: Re: Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Fariz Abdullah pada Oktober 19, 2011, 11:47:46 PM
ikutan OOT juga ah :P
di sisi lain justru menunjukkan bahwa kita tidak perlu 'mengagung-agungkan' atau fanatik terhadap suatu ilmu/teori;
Betul sekali..Semakin mendalami ilmu, manusia semakin rendah hati, menyadari kekurangannya..Tapi bukan berarti menyerah,terus memasrahkan intelijensianya pada sesuatu yang beyond the logic..Fanatik thd apapun tdk bagus, termasuk kpd satu kepercayaan yg bahkan belum terbukti.
Judul: Re:Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: zecklawdark pada Mei 11, 2014, 09:02:48 PM
aku sangat setuju dengan partikel neutrino mungkin neutrino merupakan kecepatan dan selama ini manusia menggunakan cahaya sebagai dasar penghitungan waktu dalam kehidupan sehari2 selama beribu2 tahun kalau teori ini benar berarti = kecepatan cahaya itu relatif dan tidak tetap karena dapat dipengaruhi G dan 3D namun bukanya akan menimbulkan kekacauan seluruh dunia kalau harus mengganti penjadwalan waktu mereka dimasa depan terhadap kosmos
Judul: Re:Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: superstring39 pada Juni 27, 2014, 01:50:13 PM
cahaya memang lambat untuk ukuran jagad raya ini. Untuk melintasi galaksi kita saja butuh waktu 100.000 tahun (cmiw). Untuk menempuh perjalanan antar galaksi bisa memakan waktu jutaan tahun. Tidak heran jika ada sesuatu yang lebih cepat dari cahaya. Bahkan seharusnya ada sesuatu yang kecepatannya jutaan kali kecepatan cahaya.
Judul: Re:Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: zecklawdark pada Januari 18, 2015, 11:42:14 AM
waktu itu aku pernah baca kalo kecepatan elektron melebihi cahaya,cz elekron penyebab terjadinnya cahaya
(kata guruku sii) .. apa iy NEUTRINO lebih cepat dari elektron?..
instrumen dari kumpulan elektron membentuk foton dan instrumen dari foton membentuk cahaya dan pigmentasi ( warna )
Judul: Re:Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: zecklawdark pada Januari 18, 2015, 09:35:18 PM
wew... gila juga nih hasil eksperimennya. Gak sabar nunggu hasil eksperimen lainnya. Kalo sampe hasilnya sama, waduh... geger dunia persilatan dong. Star trek bukan lagi sci-fi, trus apa tuh dulu yg di tv... Quantum Leap, time travel juga bisa dilakukan dong jadinya ya. Hehe... tapi sabar dulu, jgn tergesa-gesa berkhayal.

Satu lagi yang bikin bingung, kalo benda memiliki kecepatan lebih dari kecepatan cahaya, seharusnya massanya tak hingga. Tapi neutrino justru sebaliknya, massanya sangat sangat mini. Kok bisa begini?
yang aku tahu neutrino maasanya mendekati dan lebih kecil dari foton sendiri jadi membatahkan teori einstein sendiri sedangkan film fiksi amerika masih menggunakan standard relativitas lanjutan. pelampuan kecepatan cahaya hanya bisa dilakukan untuk transfer data yang lebih efektif seperti interner intergalaksi
Judul: Re:Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Pi-One pada Januari 19, 2015, 11:09:36 AM
yang aku tahu neutrino maasanya mendekati dan lebih kecil dari foton sendiri jadi membatahkan teori einstein sendiri sedangkan film fiksi amerika masih menggunakan standard relativitas lanjutan. pelampuan kecepatan cahaya hanya bisa dilakukan untuk transfer data yang lebih efektif seperti interner intergalaksi
AFAIK, neutrino memiliki massa, dan tak dianggap nol seperti foton.
Judul: Re:Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Farabi pada Januari 19, 2015, 01:11:53 PM
Tadinya saya sangat yakin para peneliti bisa melakukan hal tersebut. Bagi saya dulu A.I(Artificial Intelligence) adalah hal yang tidak mungkin, bahkan bisa saya sebut mustahil tapi ternyata ada. Kemudian ada berita bahwa neutrino lebih cepat daripada cahaya, membuat saya menjadi lebih yakin kalau hal tersebut memang benar benar terjadi. Tapi ternyata hasil akhir dari penelitian tersebut adalah keliru, jadi ada salah pencatatan.
Judul: Re:Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: zecklawdark pada Januari 22, 2015, 11:41:40 PM
AFAIK, neutrino memiliki massa, dan tak dianggap nol seperti foton.
https://www.youtube.com/watch?v=qJ0m13iJw0k,  https://www.youtube.com/watch?v=IiG8Jc4CY98 , https://www.youtube.com/watch?v=2NbzxtOirkU , https://www.youtube.com/watch?v=2NbzxtOirkU, https://www.youtube.com/watch?v=mkiCPMjpysc sebaiknya ada pelajarin lagi supaya mengerti
Judul: Re:Lebih cepat dari cahaya
Ditulis oleh: Pi-One pada Januari 23, 2015, 01:22:17 AM
sebaiknya ada pelajarin lagi supaya mengerti
No youtube please...