Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 25, 2020, 12:55:53 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139604
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 240
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 90
Total: 90

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Listrik  (Dibaca 8919 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

swaziland

  • Pengunjung
Listrik
« pada: Desember 28, 2007, 09:15:19 AM »
Mau tanya neh..... Bisa ga yah listrik dialiri tanpa menggunakan kabel...?? Alias wireless.... Tapi ya ga nyetrum.....  ;D ;D ;D

Thx....

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Listrik
« Jawab #1 pada: Desember 30, 2007, 09:51:34 AM »
menarik nih, jadi listrik bisa lebih mudah masuk daerah2 terpencil ya?
Tapi bukannya arus listrik butuh media (konduktor) supaya mengalir ya?
Rada ga kebayang sih gimana jadinya, andai ada arus listrik di sekitar kita, trus taunya mana yg "nyetrum" mana yg ngga dari mana ???

Mungkin ada yg lebih ngerti bisa kasih masukan?

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
may be
« Jawab #2 pada: Januari 19, 2008, 04:25:41 AM »
mungkin aja bs dgn cara ditembakkan tapi butuh energi yg besar
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

aoko

  • Pengunjung
Re: Listrik
« Jawab #3 pada: Februari 08, 2008, 06:16:38 AM »
Mau tanya neh..... Bisa ga yah listrik dialiri tanpa menggunakan kabel...?? Alias wireless.... Tapi ya ga nyetrum.....  ;D ;D ;D

Thx....

bisa aja...listrik memang butuh perantara untuk bisa mengalir, tapi tak selamany menggunakan kabel kan? remot salah satu contohny ^^

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Listrik
« Jawab #4 pada: Maret 30, 2008, 04:06:28 AM »
Arus listrik kan timbul karena adanya elektron yang mengalir pada penghantar.

Kalo coba ngebandingin sama teknologi handphone. Maka sinyal suara dikonversi dulu
ke frekuensi, kemudian dengan menggunakan frekuensi carrier dimodulasi sehingga
keterima di tempat lain yang kemudian didemodulasi antara frekuensi carrier dan frekuensi aslinya.
Nah.. frekuensi yang terfilter di dekonversi lagi sehingga kembali menjadi suara.

* sederhananya begitulah..! walaupun nyatanya tidak segampang itu.

Back to topic, transfer arus listrik dengan wireless.
Mungkin gak elektron-elektron itu dikirim dari satu tempat ke tempat lain? Tanpa harus bersentuhan
dengan benda-benda lain? Harusnya bisa, cuman belum kepikiran!! hehe...  ;D
Ntar deh, saya ngimpi dulu, siapa tahu dapet ilham.. hahaha...  :D
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Listrik
« Jawab #5 pada: April 04, 2008, 03:15:46 AM »
bisa aja...listrik memang butuh perantara untuk bisa mengalir, tapi tak selamany menggunakan kabel kan? remot salah satu contohny ^^

Kalo remote control itu menggunakan gelombang elektromagnet berupa sinar infrared. sedangkan listrik merupakan aliran elektron, dan elektron adalah partikel bermuatan (beda dengan gelombang elektromagnetik). sebenarnya setiap saat disekitar kita banyak elektron dimana-mana, di udara, air dlsb. pada logam penghantar, elektro-elektronnya bebas "berkeliaran" karena ikatan antar atomnya ionik. namun pada udara (gas), elektron-elektronnya terikat pada molekul (tidak bebas), hal inilah yang menyebabkan listrik sangat sulit mengalir di udara, walaupun bisa membutuhkan beda potensial yang sangat besar dan kalo ada orang di sekitar medan listrik (yang mengalir) akan kesetrum, contohnya petir.  :) ;) :D ;D >:( :( :o 8) ??? ::) :P :-[ :-X :-\ :-* :'(
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Listrik
« Jawab #6 pada: April 04, 2008, 03:17:59 AM »
Kalo remote control itu menggunakan gelombang elektromagnet berupa sinar infrared. sedangkan listrik merupakan aliran elektron, dan elektron adalah partikel bermuatan (beda dengan gelombang elektromagnetik). sebenarnya setiap saat disekitar kita banyak elektron dimana-mana, di udara, air dlsb. pada logam penghantar, elektro-elektronnya bebas "berkeliaran" karena ikatan antar atomnya ionik. namun pada udara (gas), elektron-elektronnya terikat pada molekul (tidak bebas), hal inilah yang menyebabkan listrik sangat sulit mengalir di udara, walaupun bisa membutuhkan beda potensial yang sangat besar dan kalo ada orang di sekitar medan listrik (yang mengalir) akan kesetrum, contohnya petir. 

tapi saya bukannya bilang gak mungkin. kalo kita berani mencurahkan segenap waktu dan pikiran kita maka kita pasti akan menghasilkan sesuatu.  ;D

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re: Listrik
« Jawab #7 pada: April 04, 2008, 07:12:30 PM »
hm..cobain link ini....
pernah denger solar power satelite ta?
nah...salah satu konsepnya kan foton dari sinar matahari ditangkep trus disuruh gerakin elektron di silikon...
aliran elektron tersebut trus dipakai untuk membangkitkan sinyal gelombang mikrowave guna mengalirkan daya dalam jarak jauh ke arah antena penerima untuk dikembalikan lagi menjadi aliran elektron...

dengan cara ini maka wireless aliran elektron bisa terjadi kan..!?!...he666x...
tapi hambatan SPS ini banyak banget...
konversi energinya terlalu banyak...jadi efisiensinya cukup rendah.....dan pembangunan instalasinya mahaaaal banget.....

mungkin ada ide lain..??..
ada yg nemu?...
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”-- RATM, 1999.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
8611 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 30, 2008, 01:00:13 PM
oleh rawWARus
14 Jawaban
14008 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 30, 2009, 08:50:28 PM
oleh Idad
6 Jawaban
10683 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2011, 01:35:29 PM
oleh Izat_Faraday
0 Jawaban
3769 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 26, 2011, 11:28:08 PM
oleh rawWARus
7 Jawaban
8025 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2020, 12:52:25 PM
oleh lheisms32