Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 26, 2022, 10:18:33 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 38
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

mana yang benar?

Dimulai oleh 12, Februari 26, 2011, 11:00:10 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

12

Newton mengatakan bahwa buah apel jatuh ke bumi karena ada gaya yang tidak kelihatan antara apel dan bumi yaitu gaya gravitasi. sedangkan Einstein mengatakan bahwa apel itu jatuh ke bumi karena ruang-waktu yg ditempati apel dan bumi melengkung sedemikian rupa sehingga keduanya saling bersentuhan. Mana yang benar?
#12

ngajakmikir

sebenarnya newton tidak menjelaskan mengapa apel bisa jatuh ke bumi. newton hanya menamakan penyebabnya yaitu gravitasi dan menghitung persamaannya.
einstein lah yang menjelaskan apa yang dimaksud gravitasi, yaitu akibat ruang-waktu yang melengkung.
Aku adalah sesuatu yang tersembunyi. Aku berkehendak untuk dikenal, maka Aku ciptakan makhluk agar mereka mengenalKu

Farabi

Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

superstring39

Cuma perbedaan persepsi tentang gravitasi. intinya/esensinya sih sama.

12

kalo ga salah Einstein menggunakan Persamaan Medan Einstein (PME) untuk menjelaskan gravitasi sedangkan Newton menggunakan persamaan gravitasinya yang terkenal itu.

<tolong dikoreksi kalo salah>

kalo ga salah didalam PME tidak ada gaya yang bekerja pada benda ketika sebuah benda jatuh bebas. sedangkan dalam teori Newton dijealskan bahwa benda jatuh bebas karena ada gaya gravitasi yg bekerja pada benda tersebut.

dalam teori einstein dijelaskan bahwa masa mendistorsi geometri ruang-waktu. sedangkan dalam teori Newton masa menarik benda-benda yg juga bermasa.

tapi teori einstein kayaknya lebih akurat. cuma masalanya mungkin perihtunagnnya sangat tidak praktis.

sebenernya bagaimana perhitungan gravitasi menurut einstein?
#12

12

#5
adakah yang bisa sedikit saja menjelaskan tentang persamaan medan Einstein untuk orang awam seperti saya ?

saya tau sedikit tentang relativitas khusus tapi belum belajar tensor
#12

Haryanto

tapi tidak tertutup kemungkinan ide Einstein bahwa ruang-waktu lengkung yang menyebabkan dinamika dalam interaksi "massa" belum 100% benar..
kita harus tetap berpikiran terbuka, konsep Einsteinian ttg gravitasi adalah bagus, bahkan sangat indah, tapi belum menyentuh semua skala dalam fisika, yaitu skala partikel (elementer).. dulu org berpikiran konsep gaya Newtonian sudah finish, meski ada anomali thd prediksi lintasan Merkuri..
yaa... teori Newton sangat sakti dalam skala kehidupan sehari-hari.. teori ini mampu menjelaskan 3 hukum Kepler (luar biasa bukan).. tidak perlu hitung2 tensor dalam kerangka Newton.. kalau Teori Einstein lebih benar dari Newton, maka dalam kasus fisika (gravitasi sangat lemah) di mana hukum Newton valid, teori Einstein harus (garis bawahi kata harus ini) bisa mengeluarkan hukum Newton, dan ini memang demikian.. persamaan tensor Einstein, dalam kasus gravitasi lemah, kembali ke hukum gravitasi Newton..

ttg persamaan Einstein dan arti kasar nya, rasanya saya pernah nulis di forum ini, cuma lupa di mana.. mungkin 12 bisa lihat2 tulisan saya.. klo 12 org Bandung, silahkan main ke kantor saya - Jl. Ciumbuleuit 94, Bandung - dengan senang hati akan saya jelaskan esensi persamaan Einstein.. :)
We must know — we will know!
-David Hilbert -

Scorpion

gaya gravitasi bukan gaya dorong atau gaya tarik. gravitasi sebab kelengkungan wakturuang, interaksi antar 2 massa menyebabkan kelengkungan semakin besar sehingga mereka (massa) semakin dekat jaraknya hingga jatuh (antar massa menempel).

Haryanto

Kutip dari: Scorpion pada April 30, 2011, 08:01:56 PM
interaksi antar 2 massa menyebabkan kelengkungan semakin besar sehingga mereka (massa) semakin dekat jaraknya hingga jatuh (antar massa menempel).
ini ga bener.. ga perlu 2 massa untuk melengkungkan ruang.. massa/energi akan melengkungkan ruang-waktu, ini esensi persamaan Einstein.. ^^
well, if you have already read popular books on Einstein gravity, and it seems that you understand it, I suggest you to start reading the complete explanations of this beautiful theory, master all the maths.. it wouldn't be easy, but leads you to a better understanding.. I start reading Einstein GR textbook in my junior (3rd) year in college.. clearly better if you can start earlier, just like Pauli.. :D
We must know — we will know!
-David Hilbert -